Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1436
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54125f18a1cb17bb748b4569/sadar-gak-sadar-hampir-semua-orang-adalah-pembuang-dan-penyia-makanan
Ane ketemu artikel ini di net, udah banyak yang share, mungkin juga di Kaskus ini, tapi td ane cek search belom nemu yang begini, kalo misal repos ane mohon mangap :malus dan kalo berkenan sama trit i
Lapor Hansip
12-09-2014 09:48

[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan

Past Hot Thread
Ane ketemu artikel ini di net, udah banyak yang share, mungkin juga di Kaskus ini, tapi td ane cek search belom nemu yang begini, kalo misal repos ane mohon mangap emoticon-Malu (S) dan kalo berkenan sama trit ini ane minta BATA-nya dan jangan lupa di RATE yah gan emoticon-Malu (S)

UPDATE--------------------------
Quote:
setelah baca komen2 kaskuser, ini rata2 alesan tdk ngabisin makanan:
1. Gengsi dibilang rakus kalo ngabisin makanan, dibilang kelaperan atau udah gak makan berapa hari, terutama kalo makan rame2 misal di kondangan
2. Lauknya gak suka atau kebanyakan, biasanya kalo gak ngambil sendiri atau udah dari sananya porsinya segitu

dan alesan buat ngabisin makanan:
1. paling banyak karena udah didikan dari kecil, dari keluarganya diajarkan menghabiskan makanan, menurut TS ini ini bener2 penting untuk dilakukan dari generasi ke generasi, ke anak agan2, ke keponakan, ke anak tetangga, intinya yg ke anak2 yg memerlukan contoh dan didikan yg tepat
2. ada jg yg sadar pas karena momen tertentu, sadar karena lihat komik, ceramah, dll yg mengajarkan menghabiskan makanan


gambar ane catut dari google, tidak untuk kepentingan komersil

-----------------------------------------------

Ceritanya mengenai bagaimana budaya Orang Jerman dalam mengkonsumsi makanan.

Cekidot artikel dalam bahasa inggrisnya gan, dah ane bantu terjemahin.

Quote:
bahasa inggrisnya


Jerman adalah sebuah negara yang sangat terindustrialisasi .
Di negara seperti ini, banyak yang akan berpikir bahwa orang di negara tersebut hidup dalam kemewahan.

Ketika saya tiba di Hamburg, rekan saya berjalan ke sebuah restoran, kami melihat banyak meja yang kosong. Ketika itu ada sebuah meja diisi oleh pasangan muda mudi yang sedang menikmati makanannya. Di meja itu hanya ada dua piring makanan dan dua kaleng bir. Aku membayangkan apakah bisa makanan simpel seperti itu dibilang romantis, dan mungkin saja si gadis akan meninggalkan si pemuda yang pelit tersebut.

Di sana juga ada beberapa wanita tua di meja yang lain. Ketika makanan disajikan, si pelayan akan membagi makanan tersebut ke piring mereka masing2, dan mereka akan menghabiskan makanan mereka sampai tidak tersisa di atas piringnya.

Karena kami lapar, rekan saya tadi yang juga orang lokal (mungkin orang Jerman mungkin tidak), memesan makanan yang cukup banyak untuk kami. Ketika kami selesai dan pergi, masih ada makanan yang tersisa kira2 sepertiga dari porsi awalnya.

Kami mau meninggalkan restoran ketika tiba2 seorang wanita tua berbicara dalam bahasa inggris kepada kami, dan kami sadari ternyata mereka tidak senang dengan kami yang menyisakan makanan kami di atas meja tadi, dan dalam jumlah yang cukup banyak.

“Kami kan sudah bayar makanan tadi, bukan urusan kamu berapa banyak kami menyisakan makanan”, kata rekan kami bilang kepada wanita tua tersebut. Wanita tersebut menjadi geram, dan salah satu dari wanita tersebut dengan seketika mengambil handphone nya dan menelpon seseorang. Beberapa saat kemudian, seorang petugas pria dengan seragam Organisasi Keamanan Sosial tiba. Dia sudah mengetahui masalahnya, dan dengan seketika mengeluarkan surat denda sebesar 50Euro (kira2 800rb rupiah). Kami semua terdiam.

Petugas tersebut berbicara dengan tegas dan keras “PESAN APA YANG BISA KAMU HABISKAN, UANG ITU MEMANG MILIK KAMU TAPI SUPPLY MAKANANNYA MILIK MASYARAKAT. MASIH BANYAK ORANG DI DUNIA YANG MENGHADAPI KEKURANGAN MAKANAN. KAMU TIDAK MEMILIKI ALASAN UNTUK MENYIAKAN MAKANAN TERSEBUT.

Pola pikir masyarakat di sebuah negara yang kaya seperti Jerman ini telah membuat kami malu pada diri kami sendiri. KITA PERLU MERENUNGI HAL INI. Kami berasal dari negara yang tidak seberapa kaya sumber dayanya. Untuk menahan rasa malu karena gengsi, kami sering memesan dan mentraktir orang dengan makanan yang banyak dan disaat setelah makan kita membuang sisanya dengan sia-sia.

CERITA INI MEMBERI PELAJARAN KEPADA KITA UNTUK BERPIKIR SERIUS DAN MERUBAH KEBIASAAN BURUK KITA.

“UANG ITU MEMANG MILIK KAMU TAPI SUPPLY MAKANANNYA (SUMBER DAYANYA) MILIK MASYARAKAT”

Jadi teman, di saat berlimpah makanan, cobalah untuk sedikit mungkin dan kalau bisa tidak ada makanan sisa yang terbuang percuma.


Gan, ada yang harus kita rubah mengenai kebiasaan kita, ada beberapa hal yang gak kita sadari kita sudah menjadi orang yang menyia-nyiakan makanan, padahal kita tidak berniat membuang makanan lho, cuma saja kita gak sadar kalo kita telah menjadi bagian orang penyia makanan.

Nih gan kebiasaan kita:
Quote:
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan

Kebiasaan menyisakan satu makanan terakhir di atas piring, ini kebiasaan kita sebagai orang timur, ada rasa malu dan sungkan kalo kita menjadi orang yang terakhir menghabiskan makanan, harus kita rubah, sehari kita sisain satu gorengan, satu sate, satu martabak, satu roti, bayangin coba setahun kita membuang berapa?


Quote:
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan

Kebiasaan makan melebihi porsi kemampuan perut, ngambil banyak tapi gak habis, ini disebut juga hawa mata, nafsu makan akibat mata melihat makanan tapi perut gak sanggup ngabisin


Quote:
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan

Sering lihat pasangan makan berdua kan. Saya sih sering lihat dan sayangnya kenapa banyak laki2nya malu ngabisin makan, pasti ada sisanya! Malu didepan cewek? Lucu nya kalo sudah nikah bisa kebalikan, gak malu2 minta nambah, hehehe
-maaf bagi yang fotonya merasa di catut-


Padahal agama mengajarkan untuk tidak membuang makanan kita.
Quote:
http://goo.gl/FHwF78
Islam mengajarkan tidak membuang makanan
http://goo.gl/aK0CiD
Agama Kristen pun demikian melarang hal tersebut


Dan ini cara2 yang dapat digunakan untuk menghindari kita membuang makanan sisa, menurut ane:
Quote:
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan

Bawa bekal dari rumah, membawa makanan yang dibuat oleh orang yang kita sayangi, dengan lauk yang kita sukai, dan porsi yang sesuai, dijamin pulang ke rumah bersih isinya, asal jangan kemakan aja ya box-nya


Quote:
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan

Menghabiskan makanan sampai tidak tersisa dan menjadi orang yang terakhir menghabiskan makanan bukanlah dosa dan melanggar etika justru membuang makanan itu yang dosa, sejak kapan menghabiskan makanan menjadi disebut melanggar etika?


Quote:
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan

Ketika makan di luar kita cenderung memesan banyak makanan, selalu lebih dari kemampuan perut kita, ketika anda mulai sadar bahwa makanan tersebut tidak akan habis, maka jalan keluar paling baik adalah sisakan cukup banyak dan mintalah untuk dibungkus kepada pelayan.

Kenapa sisakan agak banyak untuk dibungkus? Karena ketika makanan sisa sedikit orang menjadi malas untuk meminta di bungkus, dan akhirnya akan menjadi makanan terbuang yang sia2.


Quote:
KOMITMEN, JANJI, DAN BERPIKIR untuk tidak menjadi orang yang menyisakan makanan dan membuangnya dengan sia2 lagi


KOMENG KASKUSER, SAMPE PAGE 10 doang, banyak soalnya yg bagus2, bingung milihnya:
Quote:Original Posted By kratingdieng
Alhamdulillah... syariat agama Islam dan juga didikan orang tua mengajarkan ane untuk tidak menyia-nyiakan makanan. Dan di jaman sekarang, orang banyak yg salah kaprah.. ketika misal menhadiri suatu acara, dan kita makan sampai habis.. sebagian orang melihat dengan ekpresi mengejek dan ngomongin yg kurang lebihnya "gak pernah makan enak, ampe tinggal piringnya doang". Padahal sebenarnya org2 spt itu adalah org yg sombong dan takabur atas rizki Allah berupa makanan.


Quote:Original Posted By 3770372
orang orang kaya yang manja biasanya yg ga abis makannya, coba mereka tau betapa sulitnya mencari uang hanya sekedar untuk MAKAN
orang kaya banyak yang pinter tapi sedikit yang peduli dengan sesama, yang prihatin banyak emoticon-Wink


Quote:Original Posted By H_J
Ane sih ga pernah buang2 makanan gan. Karena ane selalu ingat quote ini : Sebutir nasi, sejuta keringat emoticon-Sorry


Quote:Original Posted By bleedingfinger
Nice thread gan. Jujur ane suka nyesel kalo makanan ane gak abis, walaupun itu lalap sekalipun. *ada beberapa jenis lalap yang ane gak suka
Untuk makanan besar, ane usahain untuk pilih2 sebelum makan karna ane tau batasan makan ane dan apa yang ane suka atau enggak. *sebenernya gak baik untuk milih2 tapi ane mikir kalau ane pilih2 makanan, makanan yang ane kurang suka siapa tau bisa bermanfaat buat orang lain

Ane berpikir kenapa kita bisa ber mindset untuk tidak menghabiskan makanan.
Indonesia negara yang kaya dimana banyak sumber daya alam yang melimpah. Contohnya pulau jawa yang dikenal sebagai lumbung beras di jaman dahulu. Itu menandakan kalau pulau jawa adalah pulau yang subur.
Selain itu, kita bisa nemuin rempah2 yang melimpah ruah di selain pulau jawa dan beberapa tanaman yang hanya di Indonesia (bisa diliat kayak pembuatan mie aceh atau nasi goreng aceh yang kaya akan rempah2)
Hal ini sampe membuat ekspedisi2 dari eropa yang kurang akan sumber daya jadi iri. *salah satu alasan penjajahan emoticon-Cape d... (S)

Darisini, menurut ane kebentuk mindset secara gak langsung kalau "santai aja, walaupun buang2 tetep masi banyak stok. Kan banyak persediaan gak usah repot2 nyari, tinggal nanam terus nunggu."
Beda halnya dengan jerman sebagai contoh agan. Disana tanahnya beda banget sama di Indonesia ini dimana gak semua tanaman bisa tumbuh dan iklim juga nentuin banget untuk bercocok tanam (ane liat di discovery channel gan hehe emoticon-Stick Out Tongueeace), darisitu menurut ane timbul kesadaran kalo mereka kekurangan sumber daya dan lebih baik untuk berhemat demi masa selanjutnya karna gak tau keadaannya gimana.

Balik lagi ke mindset gan menurut ane, slama kita sadar kalau makanan itu source yang terbatas dan kita ngeliat kebawah dimana masih banyak orang yang gak bisa makan atau mau makan harus nyari kesana kemari (entah itu lagi perang atau wabah atau kemiskinan atau keadaannya tidak memungkinkan). Kita wajib bersyukur punya Indonesia yang kaya terhadap sumber daya emoticon-Smilie
CMIIW gan
page one kalo berkenan gan hehe


Quote:Original Posted By thekookers
harusnya negara ini harus di benahi nilai sosialnya, kebanyakan belajar kurikulum nya maksa biar semua org harus bisa semua pelajaaran. Giliran dlm kehidupan, nilai sosial nya buruk. semoga semoga aja lahemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By lockeyman
Ane dr kecil udh dibiasain makan habis.
Kalau gak habis, ane yg habis sama emak ane.
emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By bobulboy
ane dibesarkan td keluarga tanpa ad bdaya menyisakan makanan.. dulu ane dulu sering bertanya tanya, kenapa sih banyak orang yg kalo makan ayam gag bersih, makan ikan ga bersih, makan sate disisain satu, makan prasmanan ambil sendiri tapi masi nyisa. seakan akan itu kalo org jawa bilang, itu perilaku priayi..tpi ane dan keluarga ane bilang itu MUBAZIR!!! perilaku sok malu pada makanan itulah yg ane gag pernah dapet.. menghabiskan makanan bukan rakus. bukan celamitan.. jadi tolong stop menyisakan Satu butir Nasipun di piring anda.. kalo emmang banyak makanan dan anda ga sanggup buat menghabiskan..berikanlah ke orang lain ..tetangga atau yg lebih butuh.


Quote:Original Posted By polikredia
nih gan ane ada infografiknya tentang makanan yang kebuang sia-sia
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
Diubah oleh 9ondes
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 33 dari 74
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 03:35
kebiasaan menyisakan makanan itu salah dan harus dirubah, sopan aja kok ngabisin makanan kita sampai bersih, daripada itu makanan kebuang percuma, inget banyak orang kelaperan jadi kita harus mensyukuri makanan yg kita punya

jangan rakus ambil kebanyakan, tapi sedikit dulu secukupnya, kalau kita suka dan berasa kurang baru nambah lagi, dan juga jangan nyisain makanan karena kesopanan atau mitos supaya anak cucu nanti ngga keabisan rezeki
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 03:40
emoticon-Smilie Ane nga pernah sia-sia in makanan tu gan, ambil secukupnya, apabila kelebihan ya harus habiskan. Apabila makanan itu sudah diambil ya harus bertanggung jawab untuk menghabiskannya.
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 03:49
Alhamdulillah saya termasuk org yg ga pernah nyia2kan makanan, walau itu hanya sebutir nasi, atau bahkan setengah butir nasi pun. selama itu memungkinkan terjangkau dan terlihat mata.

Kalau dijumlah2 dlm setahun mungkin ga lebih dr 10 butir nasi yg luput dr piring ane.
berpegang pada hadits Rasulullah:

“Apabila salah seorang dari kalian makan, maka janganlah dia mengusap tangannya sampai dia menjilatnya atau memberikan kepada orang lain untuk menjilatnya, karena sesungguhnya dia tidak mengetahui tempat terletaknya barakah.”
HR. Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ad-Darimi. Shahih.
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 03:50
Selalu abis bersih, cuek aja mau dibilang rakus or ga mau rugi (pernah ada temen yang ngatain beneran soalnya).
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:03
Sebenarnya mindset kita yang harus diubah, di keluarga saya, makanan, mau murah atau mahal semua hrs dihabiskan, bahkan utk makanan yg cepat basi udah dikasih peringatan utk segera habisi kalo gak sayang terbuang, gak semua orang bs dapat makanan di dunia ini, bahkan yang ane kesal malah kadang diledekin teman kalo makan di resto, nyeletuk ihh, bersih banget piringnya ampek abis total gitu
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:06
ane termasuk orang yg sering makan gk habis gan emoticon-Sorry
terutama bagian lauk, yg bagian kepala sama ekor sering ane buang, bagian badan lauk yg warna hitam juga ane buang. ane terlalu banyak milih2 makanan. Ane usahain biar gk mubazir lagi gan, do'ain ya
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:11
senangnya bukan termasuk golongan orang yang mubajir !!! kan sayang tuh kalo prediksi nya beneran!
emoticon-Mewek
masih banyak yang kelaparan diluaran sana
emoticon-Mewekemoticon-Mewek
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:16
ane ya walaupun cewe, kalo makan pasti ampe habis gan. Ga malu di depan siapapun. Ya palingan kalo nyisain makanan palingan tulang gan terlebih kalo makanan yg ada tulangnya . emoticon-Ngakak (S)

Adik ane nih (dia cowok dan udah mau SMP) kalo makan ya, udah dikasih porsi dikit, nasinya terutama masih aja sisa. udah gitu berantakan pula bikin ane eneg tiap mau nyuci piring makan bekas dia. Udah sering dimarahin kalo makan tuh yang bersih, dihabisin tp susah dibilangnya. emoticon-Nohope

Oh iya ane juga kadang suka kesel kalo misalnya ada yg masak, makanannya belum habis terus niatnya disimpen buat lauk besoknya eh tau2nya sampe udah ga layak makan masih aja disimpen. Itu menurut ane juga menyia2kan makanan gan. Ujung2nya ya dibuang juga emoticon-Nohope
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:20
sayang gan kalo ga dihabisin tuh makanan,ane sich bersih nyamp ga usah dicuci lagi piringnya....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:23
wah iya ya gan
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:26
Wah berarti ajaran nyokap dari kecil " kalo makannya ga habis nanti nasi'nya nangis "
Itu udah membantu pola fikir ane dalam makan ya wkwkws
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:27
astagfirullah , untung ane kalo makan selalu ane habisin gan
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:33
“Kami kan sudah bayar makanan tadi, bukan urusan kamu berapa banyak kami menyisakan makanan”, kata rekan kami bilang kepada wanita tua tersebut. Wanita tersebut menjadi geram, dan salah satu dari wanita tersebut dengan seketika mengambil handphone nya dan menelpon seseorang. Beberapa saat kemudian, seorang petugas pria dengan seragam Organisasi Keamanan Sosial tiba. Dia sudah mengetahui masalahnya, dan dengan seketika mengeluarkan surat denda sebesar 50Euro (kira2 800rb rupiah). Kami semua terdiam.

Thread ente keren bngt gan. [Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:39
ane ga pernah gan nyia-nyiain makanan, ane kalu makan ga pernah ane sisain pasti habis gan
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:43
Apa pula hubungannya rasa malu dan sungkan atau malu sama pasangan, aneh... Mereka yg gak abis makanannya mungkin disebabkan hal lain, gak ada hub sama pasangan. Bisa juga karna makanan tersebut tdk enak atau terlalu banyak minyak, banyak hal2 lain diluar sepengetahuan kita. Lebih baik urus dulu diri sendiri daripada urus orang lain. Klo gw sih alhamdulilah selalu abis makanan, klo gak abis seperti yg gw bilang. Karna makanan itu kurang enak atau apalah alasan lainnya. Yg jelas kita tau kok membuang makanan itu dosa, lebih baik kita tanggung dosa kita sendiri, kita tanggung jawab apa yg kita lakukan terhadap itu makanan. Dan terlebih, lebih baik urus diri sendiri sbelum urus orang lain. Alias dari kita dulu ubah kebiasaan buang2 makanan, sbelum menjudge seseorang membuang makanan karna satu hal tersebut. 😁 no offense satu lagi itu bahasa goblok/ apapun yg kasar tolong dihilangkan. Emang situ selalu abisin makanan? Yakin?
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:52
alhamdulilllahnya saya selalu diajarkan untuk menghabiskan makanan sama nenek saya
kalo ga abis katanya nanti nasinya nangis, sekali begah minta ampun tetep ane paksain makan
soalnya ane pernah ngerasain makan nasi sekali 3 hari, jadi sangat disayangkan bagi mereka yang berkecukupan dan membuang-buang makanan
masih banyak saudara kita yang butuh makan
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:53
tobat deh ane makan banyak-banyak sekalian diet emoticon-Ngakak
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:54
Ane juga kadang masjh sering nyisain makanan emoticon-Mewek
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:54
iya juga ganemoticon-Sorry
0 0
0
[Sadar Gak Sadar] Hampir Semua Orang Adalah Pembuang dan Penyia Makanan
13-09-2014 04:56
well dapet fine alias denda cuma karena dimeja kita gak habisin? wtf

cuma satu kata, konyol

soalnya setiap makan udah biasa pasti ada sisa dipiring
bukannya apa juga sih daripada dimasukin semua keperut kalau udah kenyang buat apa? nambah lemak dibadan

bukan menentang ide nya sih, hal kayak gitu mau jadi manusia ngikutin idealisme didunia, apa memecahkan kelaparan di afrika, orang2 idealis dihamburg itu udah donasi ke afrika belum, emangnya greenpeace memecahkan masalah pemanasan global?

IMF emang bener2 ngebantu keuangan dunia? yang ada jadi alat nya UN bikin negara kayak indonesia tambah terbelit hutang

nah lho jadi out of topic, terlalu passionate soalnyaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 33 dari 74
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia