bhekaAvatar border
TS
MOD
bheka
Pasumpahan Pulau terindah di Sumatera Barat.

Sudah diakui kalau Sumatera Barat itu punya paket wisata lengkap, orang bilang gausah jauh jauh ke luar negeri. ke Sumatera Barat aja semuanya ada, mau kulineran disini tempatnya, mau melihat arsitektur dan budaya disini kental banget, mau cari pegunungan dan lembah Sumatera Barat tempatnya. kalau destinasi destinasi wisata yang saya sebutkan barusan pasti sudah banyak yang tahu, ternyata Sumatera Barat itu juga punya wisata Bahari lho. pasti engga banyak yang tahu kalau Sumatera Barat punya Kepuluan yang sangat indah dan cantik. disini saya mau sharing tentang Pulau Pasumpahan yang hanya berjarak 1jam perjalanan dari pantai di Kota Padang.


Sumatera Barat memiliki kekayaan alam serta budaya masyarakatnya yang khas dan unik. Wilayah yang terbentang dari pesisir barat hingga bagian tengah Sumatera ini menyuguhkan pengalaman yang unik dan telah menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata terbaik dan favorit di Tanah Air. Terletak di bibir pantai barat Sumatera, Padang menjadi kota terpenting di Sumbar sekaligus sebagai pusat pemerintahan provinsi. Selain kota bisnis dan pusat pemerintahan, Padang bisa menjadi tempat persinggahan yang menarik bagi para wisatawan sebelum menjelajahi tempat lain, berkat adanya sejumlah lokasi wisata di sekitarnya.


Pulau Pasumpahan adalah sebuah pulau yang berada di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. oleh karenanya Pulau ini dekat jika kita naik kapal speedboat dari Teluk Bungus yang berada dekat dari Kota Padang. Klaim akan keindahan lautnya membuat pulau ini mulai dikenal oleh wisatawan lokal dan internasional. Pulau Pasumpahan berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Pulau ini memiliki obyek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karangyang masih terjaga. selain itu pulau ini menjadi tempat berteduh atau berkumpulnya para nelayan, sehingga dipinggir pantai kita bisa melihat banyak aktivitas nelayan disini yang sedang menangkap ikan maupun menjaring ikan.


Pulau ini diharapkan akan menjadi daerah tujuan wisata unggulan di provinsi Sumatera Barat. Pulau ini terletak di sebelah barat Pulau Setan Kecil, untuk menempuh pulau ini memakan waktu 40 menit dari Pulau Pisang dengan mesin 45 PK. Potensi wisata bawah laut di kawasan wisata bahari pantai barat Kota Padang adalah kawasan ekosistem terumbu karang yang terdapat hampir di setiap pulau, di antaranya di Pulau Gosong. Selain dari terumbu karang berbagai jenis ikan karang/ikan-ikan hias juga sangat menarik untuk dinikmati oleh wisatawan. Di perairan Kota Padang ditemukan 21 jenis ikan kepe-kepe yang didominasi oleh Chaetodon trifascialis. Lokasi-Iokasi penyelaman yang sudah mulai dipasarkan kepada wisatawan antara lain Pulau Gosong, Pulau Ular, Pulau Sirandah, dan Pulan Pandan.


Karena keindahan Pulau Pasumpahan dan pulau - pulau sekitarnya kini tengah diincar banyak investor lokal maupun asing untuk dikembangkan sebagai obyek wisata yang di unggulkan di daerah sumatera barat. ya karena potensi pariwisata bahari di kepuluan Sumatera Barat ini benar benar bagus dan bisa dikembangkan.


Hamparan pasir yang lapisi sepanjang pantai Pasumpahan yang disertai deburan ombak menjadi daya utama pantai ini. Sebuah pulau mungil yang melayang di lepas pantai, menjadi bonus pemandangan yang bernilai. Bentangan pantai landainya yang dialasi miliaran butir pasir putih, suasananya yang hening memang daya tarik unggulan dari pulau ini. Dengan demikian, para wisatawan akan serasa terisolir jauh keriuhan kota meski sebenarnya hanya selangkah dari keramaian kota. Berkeliling di pulau ini bakal terasa menyenangkan. Dengan berjalan kaki wisatawan dapat menyaksikan panorama alam sekeliling pulau yang begitu memanjakan mata. maka tidak salah kalau Pulau Pasumpahan ini disebut sebagai salah satu Pulau terindah di Sumatera Barat.

Artikel & Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com(Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma
tata604
tata604 memberi reputasi
1
90.4K
870
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Domestik
Cerita Pejalan Domestik
icon
2.1KThread2.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.