News
Batal
KATEGORI
link has been copied
190
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011617018/ask-pembuatan-sertifikat-tanah-hak-milik-dari-girik
Permisi agan2, ane mo nanya nih.. bagaimanakah proses/alur pembuatan sertifikat tanah hak milik dari status girik..? apa emang harus membuat sertifikat HGB dulu baru bisa dinaikkan ke SHM..? lalu bagaimanakah standar operasi (SOP) BPN untuk menyelesaikan kasus yang sama? terima kasih sebelumnya.. :)
Lapor Hansip
23-11-2011 22:41

[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik

Permisi agan2, ane mo nanya nih..
  1. bagaimanakah proses/alur pembuatan sertifikat tanah hak milik dari status girik..?
  2. apa emang harus membuat sertifikat HGB dulu baru bisa dinaikkan ke SHM..?
  3. lalu bagaimanakah standar operasi (SOP) BPN untuk menyelesaikan kasus yang sama?


terima kasih sebelumnya.. emoticon-Smilie
profile-picture
simuruk memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 10
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
04-08-2014 01:21
Nimbrung ane daerah jakut,,, kmrin ngurus lewat rt katanya ada pemutihan,,, trus diminta 400 rb gaada serah terima,, dan bukti duit habis utk byr apa,,.kemudian stlah sbln dtg org sm rt ngakunya org camat,,, ngajak ngbrl mw urus sampe ngukur minta 1,8 jt,,, tp nih ane blm ktmu camatnya wkt itu mrk ketemu org rumah... Kenapa rumit yah mw ikut pemutihan?
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
06-08-2014 00:56
ane ninggalin jejak dulu yak.....
ane ada minat beli tanah status masih AJB
baca trit ini kok kayaknya ribet banget mau ningkatin jadi SHM
jadi keder juga mau nerusin emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
06-08-2014 09:32
Hai emoticon-Kiss (S)
Ini tugas kuliah bukan?
Langsung ke Notaris/PPAT aja klo emang mw
buat sertifikat emoticon-Smilie
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
08-08-2014 21:04
gan, mau tanya...misal ane beli tanah msh AJB 100m dr induk girik yg luas totalnya 1000m, kemudian sy berniat utk menaikkan ke SHM yg 100m saya beli itu. apakah bisa?dan kira2 prosesnya spt apa....

mohon pencerahannya gan...thanks
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
11-08-2014 11:05

coba bantu

sy kerja di salah 1 notaris&ppat. datang aja ke ppat krn dalam peralihan hak&peningkatan hak (ke shm) harus ada AJB dr notaris. bahkan nomor booking bphtb pun dr notaris. karena sdh akad jual beli jd notaris mulai dr legalisasi ttd lalu proses pengukuran dll. tdk lupa juga srt pernyataan tdk sengketa dan surat2 lain sesuai kondisi tanah dan kebutuhan pengurusan. biaya yg besar itu biasanya untuk bphtb dan ssp (pajak). kalau waris pnbpnya yg besar. kalau mau ngurus sendiri bisa ko tp AJB harus dr notaris&ppat atau camat.
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
12-08-2014 16:54
Quote:Original Posted By lukaslucky2011
sy kerja di salah 1 notaris&ppat. datang aja ke ppat krn dalam peralihan hak&peningkatan hak (ke shm) harus ada AJB dr notaris. bahkan nomor booking bphtb pun dr notaris. karena sdh akad jual beli jd notaris mulai dr legalisasi ttd lalu proses pengukuran dll. tdk lupa juga srt pernyataan tdk sengketa dan surat2 lain sesuai kondisi tanah dan kebutuhan pengurusan. biaya yg besar itu biasanya untuk bphtb dan ssp (pajak). kalau waris pnbpnya yg besar. kalau mau ngurus sendiri bisa ko tp AJB harus dr notaris&ppat atau camat.



oke thanks pak bantuannya

oiya saya dulu pas beli tanah lewat jasa ppat/notaris dapat AJB, bukti potong bayar pajak, surat ket bebas sengketa, copy an PBB 2012 (beli awal 2013), berarti bs saya naikkan lgsg ke SHM ya pak?sip lah klo begitu, tinggal tanya lbh lanjut ke ppat aja ya pengurusannya.

0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
15-08-2014 00:00
Gan ane mau tanya, rumah ane sgb mau di tingkatin jadi shm katanya ga bisa, karna daera rumah ane katanya atas nama PT, kalau pake jalur belakang supaya bisa buat shm bisa ga ya
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
15-08-2014 16:17

Balik nama sertifikat rumah

Gan sy membeli rumah dengan over kredit melalui Notaris di Ciakarang Barat. Saat ini sudah sy lunasi dan sertifikat sdh di tangan saya tetapi masih atas nama pemilik pertama. Saya berencana melakukan balik nama sekalian meningkatkan status dari HGB ke Hak Milik. Pertanyaannya:
1. Apakah proses balik nama tersebut bisa dilakukan tanpa melibatkan notaris?
2. Untuk dasar perhitungan BPHTB NJOP yg digunakan apakah angka yg dicantumkan pada saat jual beli atau kah yang dicantumkan pada tagihan PBB?

Demikian mohon pencerahannya

0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
21-08-2014 17:23
Gan, ane ada tanah Hibah, sudah ada akte hibah, bphtb, copy girik

apakah jika mau bikin SHM, ane mesti bayar BPHTB lagi ?

Mohon info nya gan, untuk urus di kelurahan, ketiga surat di bawah ini kena biaya berapa yah, ada biaya resmi ga yah ? (ane baru tanya2 orang kelurahan, jawab nya 2jt)
1. Mengurus Surat Keterangan tidak Sengketa
2. Mengurus Surat Keterangan Riwayat Tanah
3. Mengurus Surat Keterangan Penguasaan Tanah Secara Sporadik
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
09-09-2014 08:21

coba bantu

Quote:Original Posted By Cixsaa
Gan ane mau tanya, rumah ane sgb mau di tingkatin jadi shm katanya ga bisa, karna daera rumah ane katanya atas nama PT, kalau pake jalur belakang supaya bisa buat shm bisa ga ya


daerah mana bro? bisa ko. itu biasanya karena awalnya rumah itu dari developer. nah kalau sdh lunas ya tinggal naikin aja ke shm,

Quote:Original Posted By virgyvania
Gan sy membeli rumah dengan over kredit melalui Notaris di Ciakarang Barat. Saat ini sudah sy lunasi dan sertifikat sdh di tangan saya tetapi masih atas nama pemilik pertama. Saya berencana melakukan balik nama sekalian meningkatkan status dari HGB ke Hak Milik. Pertanyaannya:
1. Apakah proses balik nama tersebut bisa dilakukan tanpa melibatkan notaris?
2. Untuk dasar perhitungan BPHTB NJOP yg digunakan apakah angka yg dicantumkan pada saat jual beli atau kah yang dicantumkan pada tagihan PBB?

Demikian mohon pencerahannya



1. ada baiknya melalui notaris tp kalau ga mau juga bisa ko BN sendiri ke BPN.
2. biasanya dari harga transaksi tp ada beberapa BPN sudah pakai sistem ZNT. jadi patokan BPHTB sama SSP pakai nominal di ZNT

Quote:Original Posted By papanjah
Gan, ane ada tanah Hibah, sudah ada akte hibah, bphtb, copy girik

apakah jika mau bikin SHM, ane mesti bayar BPHTB lagi ?

Mohon info nya gan, untuk urus di kelurahan, ketiga surat di bawah ini kena biaya berapa yah, ada biaya resmi ga yah ? (ane baru tanya2 orang kelurahan, jawab nya 2jt)
1. Mengurus Surat Keterangan tidak Sengketa
2. Mengurus Surat Keterangan Riwayat Tanah
3. Mengurus Surat Keterangan Penguasaan Tanah Secara Sporadik


sudah ku balas inboxnya ya bro..
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
12-09-2014 12:02
Thx banget infonya buat agan agan di sini. Ane udah baca dari awal. Tadinya ane ada minat mau beli kapling tanah girik. Karna murah sih. Tapi abis baca di sini ane jadi ngeper juga kalo ngurus shm nya susah dan biaya lumayan gede. Thx buat share nya gan.
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
18-09-2014 12:12

coba bantu

justru enak beli tanah girik apa lg yg murah meriah. biaya sebanding lah untuk investasi bro.. daripada beli tanah shm harga selangit toh harus di urus BN nya dll juga kan mending girik aja. ada tuh di karawang tanah 70rb an per m. girik. pengurusan bisa diatur
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
18-09-2014 14:25
Rada aman ke PPAT
Kalau urus sendiri banyak calo juga biasanya
Kecuali punya sodara di BPN
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
24-09-2014 09:17
Agan-agan sekalian mhn jawabanya, Saya ada masalah dgn SHM saya dimana luas tanah saya 400 m2 sesuai surat girik yg ada, tp setelah ditingkatkan menjd SHM luasnya berkurang jadi 300 m2 . Ini terjadi krn kesalahan petugas BPN dan pegawai kelurahan dlm mengukur tanah saya mengurusnya melalui program prona dari kelurahan. SHM tsb diterbitkan tahun 2008. Sudah ditanyakan ke petugas BPN untuk melihat surat girik tanah asalnya utk konfirmasi kesalahannya tp petugas bilang tdk bisa dkasih yg bisa meminta/melihat surat girik dan surat-surat lainnya tsb hanya polisi, jaksa dan hakim. Yg mau saya tanyakan :

1. Apakah memang spt itu kita tidak bisa melihat surat tanah asalnya
meskipun untuk konfirmasi saja.

2. Bisakah merevisi SHM tsb shg menjadi luas 400 m2 sesuai dgn surat
girik awalnya.

3. Apakah memerlukan biaya lg utk merivisinya sdgkan kesalahan pada
BPN

Mhn jawaban agan-agan sekalian, terima kasih byk sebelumnya..
Diubah oleh romariotomong
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
01-10-2014 18:22

SHM

Ane telah diinformasi pihak developer untuk proses AJB(sebelum hanya PPJB).
Ane kena biaya BPHTB 40jt-an dan Biaya AJB 18,75jt,total ane harus siapin 60jt.
Apakah dasar perhitungan Biaya AJB?
Ane rencana mau request lgs peningkatan jd SHM kena biaya 3,5jt,murah,standard or mahal y segitu?
Apakah bener proses menjadi SHM butuh waktu pengurusan 6bulan ?
Mohon info.

Uk tanah 96m, bangunan 130m
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
02-10-2014 09:16

coba bantu

Quote:Original Posted By Soletha
Ane telah diinformasi pihak developer untuk proses AJB(sebelum hanya PPJB).
Ane kena biaya BPHTB 40jt-an dan Biaya AJB 18,75jt,total ane harus siapin 60jt.
Apakah dasar perhitungan Biaya AJB?
Ane rencana mau request lgs peningkatan jd SHM kena biaya 3,5jt,murah,standard or mahal y segitu?
Apakah bener proses menjadi SHM butuh waktu pengurusan 6bulan ?
Mohon info.

Uk tanah 96m, bangunan 130m


harga transaksi berapa bro? njop berapa? biaya ajb biasanya 1%-2.5% dari nilai transaksi. kalau untuk peningkatan standar lah 3.5jt itu. biasanya developer sdh deal2n dengan notaris bro. jadi harga sdh dipatok. mungkin ada peluang ganti ke notaris lain?? tanya aja developernya ya
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
02-10-2014 09:22

coba bantu

Quote:Original Posted By romariotomong
Agan-agan sekalian mhn jawabanya, Saya ada masalah dgn SHM saya dimana luas tanah saya 400 m2 sesuai surat girik yg ada, tp setelah ditingkatkan menjd SHM luasnya berkurang jadi 300 m2 . Ini terjadi krn kesalahan petugas BPN dan pegawai kelurahan dlm mengukur tanah saya mengurusnya melalui program prona dari kelurahan. SHM tsb diterbitkan tahun 2008. Sudah ditanyakan ke petugas BPN untuk melihat surat girik tanah asalnya utk konfirmasi kesalahannya tp petugas bilang tdk bisa dkasih yg bisa meminta/melihat surat girik dan surat-surat lainnya tsb hanya polisi, jaksa dan hakim. Yg mau saya tanyakan :

1. Apakah memang spt itu kita tidak bisa melihat surat tanah asalnya
meskipun untuk konfirmasi saja.

2. Bisakah merevisi SHM tsb shg menjadi luas 400 m2 sesuai dgn surat
girik awalnya.

3. Apakah memerlukan biaya lg utk merivisinya sdgkan kesalahan pada
BPN

Mhn jawaban agan-agan sekalian, terima kasih byk sebelumnya..


bisa ko bro liat surat tanah induk. bro tinggal ajukan permohonan tertulis ke BPN dengan mendasarkan pada akta girik yg bro punya.

untuk biaya besarnya kecilnya pasti ada. tp biasanya kalau kasus seperti ini dilimpahkan ke BPN Pusat (jkt). jadi agak makan waktu
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
06-10-2014 09:02
Maaf kl numpang thread orang, siapa tau ada jalan keluar nih

Ane mau tanya nih gan.
Ane ada rencana mau beli tanah girik ukuran 200 M dimana total ditanah girik tadi ada 1000 M.
Setelah ane banyak ngobrol panjang dengan penjual ditambah info kanan kiri akhirnya ane menemukan kasus
bahwa sebagian tanah tersebut (kurang lebih 400 M) sedang ada masalah dipengadilan.
Tetapi tanah yang 200 M yang ane pengen beli bukan bagian dari 400 M tadi yang bermasalah meskipun masih dalam satu girik.
Misalnya tanah tadi ukuran 1000 M dengan panjang 20 M dan lebar 50 M. Yang bermasalah adalah 8 M x 50 M sebelah kanan,
sedangkan yang ane pengen beli adalah 4 M x 50 M sebelah kirinya.
Pertanyaanya adalah kira2 bermasalah gak ya ane beli tanah itu yang 200 M?

Kemudian, ane sama penjual udah sepakat bahwa kl jadi beli tanah itu pelunasan akan dilakukan jika sertifikat sudah jadi.
Untuk awal2 kita dateng ke notaris buat akat PPJB dengan DP xxxxx.
Kira2 dengan dasar tanah girik 1000 M dimana yang ane pengen beli 200 M yang tidak bermasalah tadi bisa diurus sertifikatnya gak?
Dan status giriknya yang 1000 M tadi setelah ane ambil 200 M jadi kayak gimana ya? Kira2 kedepan ada masalah gak ya sama tanah ane?
Kalau ada yang pernah pengalaman monggo dishare gan, terutama untuk tanah yang kita beli sebagian

Mohon pencerahanya.
Terima kasih
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
07-10-2014 07:10
gan ane beli tanah sekaligus rumah 5 tahun yg lalu dengan surat AJB dari notaris dan tidak ada IMB....dikarenakan keterbatasan dana pd saat itu jd ane belum bayar pajak pembeli...nah sekarang ada rencana ningkatin ke SHM...apa pajak pembeli dikenakan sesuai dng nilai objek pajak pada saat pembelian atau dikenakan pajak pembelian sesuai nilai njop pada saat ini...?
0 0
0
[ASK] Pembuatan Sertifikat Tanah Hak Milik dari Girik
17-10-2014 15:22
Sore bro2 sekalia...

Mau tanya nih... saya minat mau beli sebidang tanah dengan status ajb dan girik, namun giriknya hilang. Apakah dengan kondisi tersebut bisa dibuatkan SHM?

Kalau memang ribet. Lebih baik saya cancel
0 0
0
Halaman 6 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia