Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
275
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529d744b19cb17746000006c/ridereport-kaskuser-touring-santai-jakarta---lombok---bikepacker-an
RIDE REPORT JAKARTA – BANDUNG – JOGJA – SURABAYA – BALI - LOMBOK Kami bukan Biker’s kami pun bukan genk Motor, Kami adalah BIKEPACKER yang suka menikmati Indonesia menggunakan Motor. (punya-nya Motor sih :hammer:) Hai kaskuser/wati, berawal dari keinginan bersama untuk membuat perjalanan menggunakan motor ke daerah Timur, maka TS pun membuka "Trit ajakan Bikepacker-an", awalnya
Lapor Hansip
03-12-2013 13:03

[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an

RIDE REPORT
JAKARTA – BANDUNG – JOGJA – SURABAYA – BALI - LOMBOK

Kami bukan Biker’s kami pun bukan genk Motor, Kami adalah BIKEPACKER yang suka menikmati Indonesia menggunakan Motor. (punya-nya Motor sih emoticon-Hammer)



Hai kaskuser/wati, berawal dari keinginan bersama untuk membuat perjalanan menggunakan motor ke daerah Timur, maka TS pun membuka "Trit ajakan Bikepacker-an", awalnya sih nga yakin kalo ada yang minat untuk melakukan perjalanan ini, namun respon dari kaskuser pun nga tau-nya banyak, walau awalnya ada 9 yang minat. namun Setelah melalaui konsolidasi dan situasisasi maka terkumpulah 6 Bikepacker dari beberapa daerah di Jawa yang cukup gila untuk melakukan perjalanan ini, kenapa dibilang gila? Karena kami tidak ada pengalaman sama sekali untuk perjalanan 2.900km PP dengan menggunakan Motor.
Para Tersangka

Pesertanya adalah:
  1. Agan Buyung – Bandung – Yamaha Vixion Link
  2. Agan Budi – Jakarta – Honda CBR 150 Link
  3. Agan Rifki – Jakarta – Honda Streetfire Link
  4. Agan Oki – Jogjakarta – Honda Tiger Link
  5. Agan Wakit – Madiun - Yamaha Vixion Link
  6. Agan Adi – Sidoarjo – Yamaha Mio Link


Berhubung kegiatan ini dilakukan pada saat musim hujan maka, sulit bagi TS untuk menentukan waktu yang tepat, namun setelah melihat ramalan cuaca dari “mbah Google” dan temen2nya di sepakati berangkat di tanggal 21 November 2013 walau diperjalanan pulang nanti akan terkena Cuaca yang kurang bersabat. Namun niat kami untuk melakukan perjalanan sederhana ini tidak terpatahkan.

Persiapan
Persiapan TS dilakukan selama 1 bulan sebelumnya, mulai dari mencari beberapa tempat favorite, rute perjalanan, cuaca, teman perjalanan dan tentunya kesiapan kendaraan, walaupun kendaraan saya masih tergolong tahun muda namun tidak ada salahnya membawa hal2 yang diperlukan nanti didalam perjalanan terutama pada saat darurat:
  • Kunci Pass dan Ring beserta temen2nya (kunci L jgn lupa gan)
  • Senter
  • Pisau Cutter – Gunting
  • Kable Roll Listrik (buat nge-cas Gadget)
  • Kable Ties (ini paling berguna)
  • Obat – obatan dan multivitamin, P3K. (Tolak angin adalah favorite kita)
  • Kunci Motor Cadangan (jaga2 kunci utama ilang)
  • Baju ganti dan pakaian seperlunya
  • Jas Hujan (kalau bisa pakai yang breathable, jadinya bisa dipake harian atau dalam kondisi ujan, sangat membantu agar tidak bongkar pasang barang bawaan)
  • Matrass buat tidur (30rban)
  • Tali Temali (tali strap) tambang juga boleh buat jaga2
  • Safety Gear (Protector), Helm SNI (fullface), Rompi Windproff bagi yang sering masuk angin emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Big Grin
  • Jajanan buat ngemil dalam perjalanan nanti. Ane bawa yang terbuat dari Coklat karena buat menambah energi secara singkat jika tiba2 didalam perjalanan ngantuk atau mendadak lapar. Mayan-lah buat ganjel.

Peralatan perang


Persiapan yang lain pun mulai melengkapi kendaraan dengan setelan perjalanan jauh:
  • Lampu penerangan tambahan Fog lamp (karena perjalanan banyak ditemui penerangan jalan yang rusak atau bahkan tidak ada penerangan jalan)
  • Jika menggunakan Box atau sidebox pastikan dudukan kokoh karena didalam perjalanan sangat pasti kita menemukan jalan yang rusak, jika patah waaah itu PR banget… emoticon-Smilie
  • Gunakan Klakson yang kencang, jgn pake TOA gan, kasian pengguna jalan yang lain. Hella cukup.
  • Pastikan surat2 kendaraan SIM, STNK surat NIKAH atau lain2 dibawa, karena di setiap pelabuhan akan dilakukan pemeriksaan oleh Pak POLISI. Atau ketemu Razia kendaraan di perjalanan.
  • Gunakan Ban TUBELESS biar mempermudah jika terjadi sesuatu dan memimalisasir bocor ban di tengah hutan.
  • Pastikan motor dalam keadaan layak jalan, kencangkan baut2 apalagi bagi motor yang sudah di costum. Akibat getaran terus menerus sangat memungkinkan baut pun kendor. (Pengalaman)


Tidak lupa pula dalam persiapan perlu adanya Izin dan restu dari orang yang kita sayangi, Ortu, pacar, Istri, anak, engkong, tante, peliharan emoticon-Malu (S) atau siapalah, karena doa dan restu mereka ikut membantu selamatnya kita dalam perjalanan nanti. Tentunya kita semua ingin pulang secara selamat dan dalam keadaan utuh.

Ok, kita mulai RR dari hari keharinya moga2 betah bacanya.

emoticon-Malu (S)

Cihuuuuuuuyyyyy..... emoticon-Cendol (S)
"ini nih yang buat semangat"
Diubah oleh 736600
profile-picture
tata604 memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 14
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
02-07-2014 10:38

wedew

wah, jadi pengen cepet bulan desember nih boz.

Honda Bikers Day 2014 akan diadakan di bali

rencana ane berangkat dari kab. Muara Enim Sumatera Selatan kesana

pengennya sih bisa sekalian nyebrang kelombok

semoga aja ada rejeki lebih buat sangu diperjalanan

mantap dah field reportnya

btw, tu foto*nya pake kamera apa yah gan...?
emoticon-Traveller
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
03-07-2014 22:54
Quote:Original Posted By eldesa
wah, jadi pengen cepet bulan desember nih boz.



Honda Bikers Day 2014 akan diadakan di bali



rencana ane berangkat dari kab. Muara Enim Sumatera Selatan kesana



pengennya sih bisa sekalian nyebrang kelombok



semoga aja ada rejeki lebih buat sangu diperjalanan



mantap dah field reportnya



btw, tu foto*nya pake kamera apa yah gan...?
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an


wahhh mantab!!! riding maknyuss tuh dari Muara Enim. Sebagian foto di ambil dari HP gan.. sebagaian lagi dari camera SLR



Posted with kaskusQR
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
03-07-2014 23:20

hehehe...

Quote:Original Posted By 736600


wahhh mantab!!! riding maknyuss tuh dari Muara Enim. Sebagian foto di ambil dari HP gan.. sebagaian lagi dari camera SLR



Posted with kaskusQR



emoticon-Malu (S)
iya gan, doain aja semoga bisa lancar selama perjalanan nanti

lagian desember juga masih lama emoticon-Hammer2

foto*nya bagus tuh

termasuk dari hh nya juga sip hasilnya

keepposting 'gan emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
21-07-2014 22:36
keren banget gan,
salut sama jiwa travelling agan..

gan, saya juga mau mengikuti jejak agan nih,
mau mencoba travelling touring menikmati perjalanan JAKARTA - BALI,
biar beda dan bisa jadi cerita kalau tua nanti

mau nanya gan, hehe
saya baca, agan berangkat jalur selatan dan pulang jalur utara,
saya mau tanya untuk jarak KM dari Jakarta ke Bali lebih dekat lewat jalur utara jawa atau selatan yah ?
plus minus kedua jalur itu apa gan ?
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
25-07-2014 23:21
Quote:Original Posted By ForLifeBetter
keren banget gan,

salut sama jiwa travelling agan..
gan, saya juga mau mengikuti jejak agan nih,
mau mencoba travelling touring menikmati perjalanan JAKARTA - BALI,
biar beda dan bisa jadi cerita kalau tua nanti

mau nanya gan, hehe
saya baca, agan berangkat jalur selatan dan pulang jalur utara,
saya mau tanya untuk jarak KM dari Jakarta ke Bali lebih dekat lewat jalur utara jawa atau selatan yah ?
plus minus kedua jalur itu apa gan ?


yuppp... travelling in Indonesia is more fun !!!

Utara:
  • Kelebihan
  • Jalanan lebih mulus
  • Lebih besar
  • Lurus
  • Lokasi untuk istrht lebih beragam (pom bensin dan makanan)


Kekurangan:
  • Panas / gerah
  • Banyak truk besar
  • Bis Malam atau bis lintas kota kadang2 suka nyupir sembarangan


Selatan:
Kelebihan:
  • Teduh
  • tidak terlalu banyak truck dan bis
  • ane sih lewat selatan jarang kena macet alias tidak terlalu padat.
  • banyak tempat wisata di kisaran pantai selatan (kebumen sampai Jogja)


kekurangan
  • Jalanan lebih kecil
  • Berkelok - kelok
  • lokasi istrht tidak terlalu banyak kecuali agan paham banget tempat PW di selatan


ane sarankan sih ambil 2 2 nya pulang dan pergi.... overall sangat menyenangkan di 2 jalur nya....
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
26-07-2014 00:35
ngeri..............ueww
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
12-09-2014 05:05
wah..
keren gan perjalanannya..

oya mau nanyak gan..
saya orang lombok gan..
berniat untuk ke jogja dengan menggunakan motor (irit uang) untuk mengantar pasangan saya melaksanakan tes cpns..
nah, saya berangkatnya sama pasangan saya gan (pacar), sebenarnya saya belum pernah sama sekali ke daerah jawa..

yang saya mau tanyakan :
- apakah perjalanan dari pelabuhan ketapang ke jogja aman?? (dalam artian rampok, dsb), karna denger dari temen daerah setelah banyuwangi hutan dan itu rawan rampok, benarkah??
- berapa jam jika tidak istrahat berkendara motor dengan estimasi kecepatan 80 - 90 km/jam, dari pelabihan ketapang sampai di jogja??
- dan jalur mana yang saya harus lewati sebaiknya??
- ditengah perjalan dari pelabuhan ketapang menuju jogja adakah penginapan2 murah yang bisa kami singgahi, untuk beristirahat jikalau perjalanan kemaleman??
nah bagaimana saran dan pendapat agan2??

mohon pencerahan, saya sangat butuh infonya dan pengalaman2 agan2..
trims..
emoticon-Cendol (S)

emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
16-09-2014 14:29
Quote:Original Posted By coding.pemula
wah..
keren gan perjalanannya..

oya mau nanyak gan..
saya orang lombok gan..
berniat untuk ke jogja dengan menggunakan motor (irit uang) untuk mengantar pasangan saya melaksanakan tes cpns..
nah, saya berangkatnya sama pasangan saya gan (pacar), sebenarnya saya belum pernah sama sekali ke daerah jawa..

yang saya mau tanyakan :
- apakah perjalanan dari pelabuhan ketapang ke jogja aman?? (dalam artian rampok, dsb), karna denger dari temen daerah setelah banyuwangi hutan dan itu rawan rampok, benarkah??
Daerah di Taman Baluran Banyuwangi baiknya sih jalan pagi relatif aman atau siang. kalau mengenai kemanan relatif aman asalkan itu td pagi atau siang melewati jalan ini.
- berapa jam jika tidak istrahat berkendara motor dengan estimasi kecepatan 80 - 90 km/jam, dari pelabihan ketapang sampai di jogja??
Jogja - Banyuwangi ane dulu 16Jam. Ketapang - Jogja 17 Jam mungkin gan. pokoknya rata2 menggunakan motor 1jam menempuh 40-50km, walaupun kecepatan agan 80 - 90km/jam, tetap harus kena lampu merah or macet or makan kan?.
- dan jalur mana yang saya harus lewati sebaiknya??
Ketapang - Banyuwangi - probolinggo - pasuruan - mojokerto - jombang - sragen - solo - Jogja
- ditengah perjalan dari pelabuhan ketapang menuju jogja adakah penginapan2 murah yang bisa kami singgahi, untuk beristirahat jikalau perjalanan kemaleman??
Yang cocok di sidoarjo/pasuruan, banyak pilihan hotel murah, dan bisa menikmati kotanya. 150rb - 300rban.
nah bagaimana saran dan pendapat agan2??

mohon pencerahan, saya sangat butuh infonya dan pengalaman2 agan2..
trims..
emoticon-Cendol (S)

emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)


Semoga membantu gan... emoticon-shakehand

Diubah oleh 736600
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
19-09-2014 10:29

wow

gatel pengen langsung komen abis baca partisipan ada 1 matic seribu umat diantara motor sport emoticon-Toastemoticon-Traveller
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
19-09-2014 14:38
Ane juga suka bgt touring2an gini gan, cm apadaya karena keterbatasan biaya dan waktu jd ga pernah keluar jawabarat.
Sekalinya keluar itu juga sama kantor/keluarga.hehehe
Mudah2an kl ada rejeki dan waktu bisa ikut touring gni.
Amin emoticon-Kiss (S)
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
24-09-2014 11:31
Quote:Original Posted By flexyzte
gatel pengen langsung komen abis baca partisipan ada 1 matic seribu umat diantara motor sport emoticon-Toastemoticon-Traveller


yang penting semangat touring!! emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By prayitnoers.bie
Ane juga suka bgt touring2an gini gan, cm apadaya karena keterbatasan biaya dan waktu jd ga pernah keluar jawabarat.
Sekalinya keluar itu juga sama kantor/keluarga.hehehe
Mudah2an kl ada rejeki dan waktu bisa ikut touring gni.
Amin emoticon-Kiss (S)


amin amin... emoticon-Smilie emoticon-Malu (S)
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
24-09-2014 16:54
Kalau ada rencana ke Timur lagi kabari ya gan emoticon-Matabelo
Posisi ane di Surabaya barusan Agustus kemaren solo bikepacker ke Bali

Keren trip reportnya mantap dah emoticon-Matabelo

ini sdkit kenangan ane Solo Bikepacker kmren gan emoticon-I Love Kaskus (S)
Pantai Balangan Bali
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
25-09-2014 10:00
Quote:Original Posted By grizkiawan
Kalau ada rencana ke Timur lagi kabari ya gan [RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an

Posisi ane di Surabaya barusan Agustus kemaren solo bikepacker ke Bali



Keren trip reportnya mantap dah [RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an



ini sdkit kenangan ane Solo Bikepacker kmren gan [RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
""


MANTAB gannn....!! emoticon-Big Grin



Posted with kaskusQR
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
02-10-2014 20:16
yoookkk gan, tahun depan bikin ajakan lagi emoticon-Big Grin
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
22-11-2014 14:44
emoticon-thumbsup
emoticon-thumbsup
emoticon-thumbsup
emoticon-thumbsup

Sundul - dul
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
22-11-2014 16:53
Quote:Original Posted By 736600
emoticon-thumbsup
emoticon-thumbsup
emoticon-thumbsup
emoticon-thumbsup

Sundul - dul


Kata nya mo nyobain rinjani nya ..??? hayukk lah 22/23 desember tarik gassemoticon-Big Grin
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
22-11-2014 22:50
ane salut sama ente semua gan
ane aja touring denpasar-muncar pp 1 hari
kulit pantat rasanya udah lengket sama celana
emoticon-Ngakak
tp emang bener mumpung masih muda kudu ada kegiatan yg bisa dikenang diwaktu tua nanti
emoticon-2 Jempol
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
23-11-2014 09:48
mantap tripnyaa. ditunggu hari ke 10 gan maai reserved aja nih emoticon-Big Grin
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
24-11-2014 18:01
Quote:Original Posted By kurakuralaut


Kata nya mo nyobain rinjani nya ..??? hayukk lah 22/23 desember tarik gassemoticon-Big Grin


wow... Rinjani ... emoticon-I Love Indonesia (S)

pengen gan.. Desember mah di tutup Rinjani, Cuaca kurang bersahabat musim hujan.

Mending bulan Maret atau April klo mau ke Rinjani mah...
0 0
0
[RideReport] Kaskuser Touring santai Jakarta - Lombok - BIKEPACKER-an
26-11-2014 09:53
Quote:Original Posted By 736600


wow... Rinjani ... emoticon-I Love Indonesia (S)

pengen gan.. Desember mah di tutup Rinjani, Cuaca kurang bersahabat musim hujan.

Mending bulan Maret atau April klo mau ke Rinjani mah...

Desember buka kok gan.. cuma cuaca bnyak ujan aja... ane uda beberapa kali ke rinjani desember. Tp selalu naek bus dr jkt.

Mau nyoba solo touring nih ke lombok..
0 0
0
Halaman 11 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
cara-membuat-cimol
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia