alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
32
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/540fd3a296bde6dc608b4572/setuju-kepala-daerah-dipilih-dprd-kurangi-pembodohan-rakyat
SAMARINDA, KOMPAS.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari setuju dengan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada). Dia menilai pemilihan kepala daerah yang dikembalikan kepada DPRD akan mengurangi pembodohan kepada rakyat. Tidak hanya itu, RUU Pilkada pun akan mengurangi konflik dan aksi politik uang. “RUU Pilkada bisa mengurangi pembodohan pada rakyat, juga m
Lapor Hansip
10-09-2014 11:29

[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat

SAMARINDA, KOMPAS.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari setuju dengan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada). Dia menilai pemilihan kepala daerah yang dikembalikan kepada DPRD akan mengurangi pembodohan kepada rakyat. Tidak hanya itu, RUU Pilkada pun akan mengurangi konflik dan aksi politik uang.

“RUU Pilkada bisa mengurangi pembodohan pada rakyat, juga money politics. Demokrasi memang di tangan rakyat, tapi kalau dicemari pembodohan dan money politics, masyarakat dibayar untuk memilih, lalu demokrasi yang mana yang kita percaya,” kata Rita, Rabu (10/9/2014).

Meski demikian, Bupati usungan Partai Golkar yang akan kembali maju pada Pilbup 2015 ini, tidak menyetujui jika RUU Pilkada disahkan karena alasan untuk menghemat biaya dan anggaran Pemilu.

Menurut dia, pemerintah wajib memberi anggaran pemilu. “Saya setuju RUU disahkan, dengan catatan alasannya harus jelas. Jangan karena alasan menghemat biaya pemilu,” ujar dia.

Disinggung masalah mandat di tangan anggota DPRD, Rita mengatakan, jika mengawasi puluhan anggota dewan lebih gampang ketimbang mengawasi jutaan rakyat. Menurut dia, jika khawatir anggota DPR akan bermain pada pasangan calon yang maju, pemerintah dapat mengupayakan jalan pengawasan ekstra ketat.

“Puluhan anggota dewan bisa disadap teleponnya, bisa dipasang CCTV di tiap sudut rumah dan kantornya. Lebih gampang ketimbang kita mengawasi jutaan rakyat, mereka dibodohi dengan money politics. Demokrasi itu pun tercoreng,” tandas dia.

Lagipula, lanjut dia, anggota DPR pun dipilih oleh rakyat. Sehingga suara DPR adalah suara rakyat. “Satu orang anggota DPR mewakili delapan ribu suara rakyat. Rakyat yang memilih, dan anggota dewan pun asalnya dari rakyat juga. Jadi asalkan anggota dewannya jujur, jadi RUU Pilkada akan baik,” kata dia.

Disinggung kemenangan Joko Widodo sebagai presiden tanpa uang, Rita sangat menyetujui hal itu. Namun Rita meragukan setiap kepala daerah akan seperti Jokowi. Menurut dia, figur Jokowi sudah merakyat, jika setiap kepala daerah bisa seperti Jokowi, Rita juga akan mendukung Pemilu langsung oleh rakyat.

“Nah beda dengan Pak Jokowi, okelah Pak Jokowi bisa menang tanpa money politics. Tapi apakah setiap kepala daerah bisa seperti Pak Jokowi? Saya ikut saja, RUU Pilkada disahkan oke, masih dengan demokrasi juga oke. Yang penting setiap pasangan yang ingin menyalonkan diri, monggo saja asal siap membawa daerah yang dipimpinnya ke arah yang lebih baik,” kata dia.
kompas.com

gimana pendapat agan2?..
Polling
32 Suara
apakah tidak setuju dengan pemilihan kepala daerah langsung? 
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 2
[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat
11-09-2014 01:25
Ane gak mau polling dari monyet, kera dan koalisinya emoticon-Najis
0 0
0
[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat
11-09-2014 01:33
TS gebleg
0 0
0
[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat
11-09-2014 01:41
Quote:Original Posted By sarawita


Bold:
Syaratnya berat banget nih kayaknya gan...


kaya ngarep prabowo dan konco2nya legowo itu susahnya emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat
11-09-2014 08:09
Quote:Original Posted By danu.bentol


trus evaluasi 30 tahun terakhir dianggep angin lalu ? emoticon-Ngakak


Justru setelah lihat 30 tahun orba, kita coba versi 10 tahun terakhir. versi terakhir juga perlu dievaluasi.

System hukum gak bole statis dia berkembang sesuai kebutuhan.
Kalo pelajaran hukum dikenal mazhab "law as a tool of social engineering".

Makanya lihat lagi pelan2 opsinya ?
Apakah cara yang sekarang, persis sama dengan cara 30 tahun?

Elo lihat lagi deh, jangan naif, baru sekedar denger "Pilkada Dipilih DPRD" trus mikirnya balik kucing nih.

Itu RUU sebelum disusun khan udah konsultasi ama akademisi, udah didahului penelitian.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak




0 0
0
[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat
11-09-2014 16:25
gimana kalo gak usah pake dprd emoticon-Shakehand2sekarang faktanya produk dprd yang menguntungkan rakyat apaan?
0 0
0
[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat
11-09-2014 16:33
kalo ada yg mendukung pilkadal tak langsung dengan alesan mengurangi money politic berarti isi otaknya cuma suap suap dan suap
0 0
0
[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat
11-09-2014 16:49
Gimana Kalo Calon DPRD Dan DPR RI setiap partai max hanya 3-5anggota saja yang di calon kan? biar gak bingung milih cecunguk-cecunguk ini
Diubah oleh tiancaesar
0 0
0
[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat
16-09-2014 21:40
jadi rakyat kita jangan sampai terbawa arus....
ane setuju2 aja kalu pemilihan diwakilkan, asal memenuhi bebagai syarat,salah satunya jika dikemudian hari ditemukan tidakan yang merugikan negara (korupsi ato apalah), sang partai yang mengusung berani membubarkan partainya karena dianggap gagal dalam misi mengemban tugas, dan kekayaan (aset) seluruh anggota partai akan di bekukan, ini bertujuan untuk mengganti kerugian yang diakibatkan oleh kadernya. ini bertujuan agar partai tidak mengusung sembarang calon, apa lagi ingin mengeruk kekayaan negara.

pemilihan secara langsung menurut saya yang terbaik untuk saat ini, mau dibilang masyarakatnya bisa dibodoh2hi ya gpp, tar kan gbakalan dipilih lg di priode berikutnya, kesalah adalah pelajaran berharga... harap anggota dewan bisa memahami.
0 0
0
[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat
16-09-2014 22:39
ternyata bupati begok gak nyesel warganya tuh
0 0
0
[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat
16-09-2014 22:45
INI GIMANA!!
KEDUA OPSI POLLNYA BERARTI SETUJU

BLEGUG!
emoticon-Najis
0 0
0
[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat
16-09-2014 23:16
Gw setuju kalo ts otaknya lg stroke jadi ngaco pendapatnya,udah nga benar jln pikirannya,masa depan kita jgn kita taruh diotak busuk para politikus,skrg mereka berusaha merampas hak kita bersuara, ngak tahu besok apa yg mereka berusaha rampas lg dari kita????? Dpr seharusnya jadi wakil kita bukan jadi perampas hak kita
0 0
0
[ Setuju!!! ]Kepala Daerah Dipilih DPRD Kurangi Pembodohan Rakyat
16-09-2014 23:31
Quote:Original Posted By w4sh33
otak ny TS lg tengkurap gan


Ada "bug" dikit di dalam otak TS.
Mungkin harus di-upgrade dulu, gan. emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.