robusthreadAvatar border
TS
robusthread
Menjadi Enterprenuer Produsen Plastik




Spoiler for produk plastik:

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sudah mengenal dengan istilah plastik, apa lagi di Indonesia penggunaan plastik sangat melimpah mulai spare part otomotif hingga botol-botol minuman pun terbuat dari plastik. Bagi beberapa orang yang berjiwa enterprenur banyak yang melihat hal tersebut sebai peluang bisnis yang sangat besar mengingat banyak produk yang bisa dibuat tergantung kebutuhan .
Spoiler for produk plastik:

Plastik dapat diartikan sebagai polimer bercabang atau linear yang dapat dilelehkan atau dilunakkan dengan menggunakan api atau suhu panas lainnya. Dengan kata lain, plastik memiliki derajat kekristalan yang lebih rendah daripada serat.
Spoiler for plastik:

Material plastik pertama kali digunakan sejak abad ke-19. Hal ini terlihat dari banyaknya plastik yang dibuat dan dicetak. Akan tetapi, pada tahun 1990-an, plastik menjadi bahan atau bagian kebutuhan yang sangat diinginkan. Hal ini terbukti dari banyaknya plastik yang dibuat dan dicetak.
Tiap tahun, kebutuhan akan plastik semakin bertambah. Pada tahun 2005 plastik dicetak sebanyak 220 juta ton. Terbayang bukan, betapa banyaknya kebutuhan orang akan plastik sebab hampir semua bahan dan alat yang kita gunakan terbuat dari plastik, semisal botol, sandal, tas, keranjang, ember, dan gelas.

Plastik menjadi primadona karena dianggap awet, kuat, dan ringan. Meski bersifat hampir sama dengan logam (awet dan kuat), logam dianggap terlalu berat dan mahal. Akhirnya, hal itu yang membuat kebutuhan plastik di dunia semakin tinggi.
Salah satu cara dalam membuat produk plastik diperlukan sebuah cetakan yang biasa disebut mould. Pada dasarnya mould terbuat besi baik besi lunak maupun lebih keras tergantung dari jumlah produksi dan umur cetakan yang diinginkan.
Spoiler for cetakan / Mould:

Spoiler for Desain Mould:

Dalam produksinya sendiri, salah satu cara yang paling sering digunakan untuk produk masal adalah mesin injeksi plastic. Yang biasanya menggunakan bahan mentah thermoplastic.
Spoiler for plastic injection machine:



Apabila bisa kita resume dari awal pembuatan adalah :
- desain produk yang diinginkan.
Spoiler for produk plastik:

- Desain mould
Spoiler for desain mould:

- Pembuatan mould

- Pemasukan material plastic / injeksi plastic


Selamat berkreasi entrepreneur- enterprenur Indonesia

Silakan Mampir ke posting lain

Spoiler for :
Diubah oleh robusthread 23-05-2014 04:21
0
38.7K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur Corner
icon
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.