News
Batal
KATEGORI
link has been copied
45
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5404534b118b46394f8b4567/secuil-kisah-muhailil-penakluk-ratusan-pencopet-dari-tirtonadi
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi Pertama bekerja di Terminal Tirtonadi, Solo, dia ditempatkan sebagai pengurus masjid terminal. Namun justru dari tempat itulah 'reputasi', Muhammad Muhailil Churi melambung hingga kini dipercaya sosok andalan sebagai sang penakluk copet. Tak jarang lelaki tenaga harian lepas itu harus adu fisik ketika menangkap copet. Hingga saat ini,
Lapor Hansip
01-09-2014 18:06

Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi

Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi

Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
Pertama bekerja di Terminal Tirtonadi, Solo, dia ditempatkan sebagai pengurus masjid terminal. Namun justru dari tempat itulah 'reputasi', Muhammad Muhailil Churi melambung hingga kini dipercaya sosok andalan sebagai sang penakluk copet. Tak jarang lelaki tenaga harian lepas itu harus adu fisik ketika menangkap copet. Hingga saat ini, Muhailil sudah membekuk 311 pencopet.

Umurnya sudah 50-an tahun dan sudah 22 tahun bekerja sebagai petugas honorer harian lepas di Tirtonadi. Muhailil sejak awal diketahui memiliki kemampuan agama yang lebih memadai dibanding yang lain-lainnya. Karena itulah dia kemudian ditempatkan sebagai petugas yang bertanggung jawab pada kebersihan masjid dan menjadi imam salat wajib di masjid terminal.

Justru dari penempatan itulah Muhailil pertama kali bersentuhan dengan para pencopet. Dia sering melihat copet menggerayangi tas milik penumpang yang sedang singgah untuk salat di masjid. Lama-lama dia bisa memahami dan hapal dengan gerak-gerik copet yang hendak maupun sedang beroperasi.

Dia akan menguntit orang-orang yang dicurigainya dan sejauh pengalamannya, orang yang menunjukkan perilaku khusus itu memang akan berbuat jahat. Untuk menjamin kenyamanan penumpang, akhirnya Muhailil memberanikan diri melawan aksi para pencopet. Dia menangkap pencopet-pencopet itu lalu diserahkan kepada polisi di pos jaga terminal paling sibuk di Jateng tersebut.

Mengetahui seringnya Muhailil menangkap copet, pimpinan pengelola terminal akhirnya memutuskan memindahkan lelaki santun berperawakan kecil tersebut ke bagian keamanan dan ketertiban. Di bagian inilah Muhailil semakin sering berhadapan dengan para pelaku kriminal tersebut. Muhailil menghitung sejak bertugas di terminal selama 22 tahun, dia sudah 311 kali menangkap copet.

"Biasanya mereka beraksi berkelompok empat hingga lima orang. Kadang ya terpaksa harus berkelahi dengan mereka kalau memergoki mereka sedang beraksi. Seringkali juga dapat ancaman, tapi ya tidak apa-apa. Saya hitung sudah 311 kali menangkap pencopet. Untuk itu saya harus sering bolak-balik ke pengadilan untuk menjadi saksi persidangan. Rasanya, kantor saya ini ada dua, di terminal dan di pengadilan," ujar Muhailil saat ditemui di Terminal Tirtonadi, Selasa (22/7/2014).

Kepala Terminal Tirtonadi, Eko Agus Susanto, punya penilaian tersendiri terhadap anggota andalannya yang selalu gagal seleksi PNS dari jalur honorer tersebut. Padahal, menurutnya, kinerja Muhailil jauh lebih bagus dari karyawan lain yang sudah diangkat menjadi PNS.

"Dia salah satu petugas andalan kami. Dia orang yang tulus bekerja dan bahkan seringkali harus bertaruh keselamatannya demi menjamin keamanan para penumpang di terminal," ujarnya.

sumber : http://news.detik.com/read/2014/07/2...dari-tirtonadi

pemerintah harus mengangkat orang ini jadi PNS emoticon-Cendol (S)
0
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 3
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:11
emoticon-Matabelo

udah 22thn masih honorer aja emoticon-Cape d... (S)
dulu emang biasa kadis mbuka lowongan tenaga honorer pake uang nyogok, moga kali ini dihapus. kasian udah taunan susah diangkatnya
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:13
salut buat bapak ini, kapan2 berguru ah...
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:14
Salut ane gan sama beliau.
emoticon-2 Jempol

Semoga sehat selalu.
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:15
mudah mudahan dpt penghargaan yg setimpal atas jasa jasanya. .. goog job pak muhailil emoticon-2 Jempol
Diubah oleh tigaduasepuluh
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:18
udah lah pak, anda pehlawan tidak harus jadi PNS.. warga tentu bangga ama bapak..
buat kepala terminal: tolong kasih 1 kios di tempat strategis bebas biaya buat bapak ini
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:18
andai polisi kita berjiwa seperti beliau emoticon-Matabelo
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:21
sudah bray kalo dari jalur honorer cuma ngandelin tulus, giat kerja, dapat diandalkan,,,, modar di jalan iya,,,, emoticon-Big Grin
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:31
Secara normal memang harus ada test lah utk menentukan seseorang emg punya kompetensi di bidang yg akan digelutinya..

Namun tentunya, bila memang seseorang itu secara etos kerja memang bagus dan memiliki akhlak yg baik pula bahkan diiringi sederetan "prestasi", tidak ada salahnya bahwa org dengan kualifikasi ini seharusnya bisa diterima secara spesial karena tidak lulus lewat jalur normal. Tentunya setelah dilakukan pertimbangan, pengecekan, pembuktian kebenaran kabar tsb (etos kerja akhlak yg baik dan prestasi). Yang sayangnya cara spesial ini, hanya bisa terjadi bila org2 yg terlibat dalam penilaian juga punya etos kerja dan akhlak yg baik pula, karena bila tidak maka rentan disalahgunakan oleh oknum2 yg tidak bertanggung jawab emoticon-Hammer
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:31
Good job pak emoticon-Toast
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:36

SALUT...

Orang2 spt Pak Hailil inilah yg membuat Indonesia tetap terkendali meskipun sedang "AutoPilot" ... Terima kasih Pak. Hanya Tuhan YME yg bisa membalas kinerja Anda. Saya cuma bisa salut dan berdo'a semoga lekas diangkat jadi PNS. Amin.
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:38
musti di mutasi ke jakarta nih emoticon-Matabelo
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:42
Jempol buat pak Muhalil... emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:43
Quote:Original Posted By HOAXAWARD
Orang2 spt Pak Hailil inilah yg membuat Indonesia tetap terkendali meskipun sedang "AutoPilot" ... Terima kasih Pak. Hanya Tuhan YME yg bisa membalas kinerja Anda. Saya cuma bisa salut dan berdo'a semoga lekas diangkat jadi PNS. Amin.


maksudnya SBY disuruh nangkepin copet diterminal yah gan.... biar gak autopilot emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:44
terminal tirtonadi ya...

kapa-kapan maen kesana ah, buat ngobrol sama bapak ini emoticon-Big Grin
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:47
semoga saja mimin mengambil pak muhalil ini untuk dipekerjakan di kaskus

buat menangkap pecundang2 sara yg msh byk berkeliaran di kaskus
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 18:55
Quote:Original Posted By appple
semoga saja mimin mengambil pak muhalil ini untuk dipekerjakan di kaskus

buat menangkap pecundang2 sara yg msh byk berkeliaran di kaskus

Wew....ampe sgitunya om...emoticon-Smilie
emoticon-Sundul Up
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 19:01
ajegile 311 emoticon-Belo
kudunya dapet rekor muri nihhh
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 19:03
Salut deh,biasanya yang ada kebanyakan petugas malah tutup mata emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 19:04
keren pak
ane pernah kecopetan di terminal sono,, ahh sayang ga ketemu Bapak
klo yg dicopet duit sih ane ikhlasin..tapi yg diambil tuh barang kenangan ..
0 0
0
Secuil Kisah Muhailil, Penakluk Ratusan Pencopet dari Tirtonadi
01-09-2014 19:09
Andai polisi2 kita seperti bapak ini.emoticon-Mewek
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia