FIRE12345Avatar border
TS
FIRE12345
Laptop Mati Sendiri saat Bermain Game (Bukan Overheat)
seperti di judul, mau tanya gan, kenapa saat bermain game, tiba2 ng sampe 30 detik langsung mati sendiri. begitu laptop dinyalakan kembali, disuruh startup repair. setelah startup repair, hasil diagnostic menyatakan "A recent driver installation or upgrade may be preventing the system from starting"

sy kira ng mungkin ini overheat soalnya suhu selalu terpantau. laptop pun baru saja dibersihkan dan diganti thermal paste. sebelum dibersihkan padahal ng gini. barusan memang dipasang ODD baru bersamaan dengan bersihkan dan ganti thermal paste, tapi kayaknya ng ada hubungannya ya.

apakah ini vga-nya bermasalah? sy tes pake OCCT gejalanya sama, ng sampe 30 detik langsung mati sendiri. ada tes lain ng ya untuk memastikan lebih lanjut ini masalahnya kenapa?

Informasi spek laptop:
ASUS X42JR
i7 740qm
ATI 5470M
4GB RAM
Windows 7 SP1 x64

skrg kl cuma bisa dipakai utk browsing dan mengetik aja. main game sebenernya juga jarang, makanya baru nyadar juga. maaf kl salah kamar. sy cari2 sepertinya tidak ada thread yg tepat utk membahas ini.

=====================================

RALAT, ternyata memang overheat
Laptop saya kl dipake gaming sering mati sendiri. Ternyata autooff memang karena overheat vga. Kemarin sy kira bukan overheat karena melihat suhu CPU saja. Soalnya suhu CPU dan suhu VGA di laptop saya selalu relatif sama. Tapi baru kali ini ada kesenjangan dan beda suhunya jauh sekali.

Saat idle suhu CPU sekitar 50 dan VGA ternyata sudah 70. Saat gaming atau burn in, CPU naik sampe 70 dan konstan segitu tetapi VGA terus meningkat tanpa batas dan laptop autooff saat VGA pada suhu 116.

Idle
CPU 50
VGA 70

Gaming (10 detik)
CPU 70-80
VGA 100

Gaming (30 detik)
CPU 70-80
VGA 116

Spoiler for Data Gambar Pendukung:


Kemarin memang baru dibongkar ke tukang service utk ganti thermal paste dan dibersihkan dari debu. Hari2 sebelumnya sih normal. Apakah vga overheat ini terjadi karena pemasangannya kurang bener ya? Misal penghantar panasnya?

Solusinya gmn gan? Apa harus dibongkar ulang atau gimana? Makasih sebelumnya.
Diubah oleh FIRE12345 30-08-2014 01:05
zharki
zharki memberi reputasi
1
6.4K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware ComputerKASKUS Official
31KThread9.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.