Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
873
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53fe665c32e2e68c4e8b456c/faktor-yang-menyebabkan-orang-menyukai-sepak-bola-lokal-opini-pribadi
Terima Kasih Untuk yang udah Ikhlas ngasi ane hadiah Apapun Kirimannya, SALAM DAMAI INDONESIA Mukaddimah Pernah bertanya kepada masyarakat kita tentang klub mana yang menjadi idolanya ?, ane
Lapor Hansip
28-08-2014 06:14

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Past Hot Thread
[CENTER]Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)[/CENTER]
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)


Quote:

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Terima Kasih Untuk yang udah Ikhlas ngasi ane hadiah
Apapun Kirimannya, SALAM DAMAI INDONESIA



Quote:
Quote:
Mukaddimah

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Pernah bertanya kepada masyarakat kita tentang klub mana yang menjadi idolanya ?, ane yakin kebanyakan akan menyebutkan klub-klub dari luar negeri, atau tanyakan kepada mereka tentang sepak bola lokal kita, yang ada pastinya adalah jawaban kekecewaan, marah, benci dan berbagai macam expresi ketidakpuasan atas sepak bola kita sendiri dengan segala permasalahannya. Tapi maaf, ane membuat thread ini bukan untuk membahas itu karena itu bukan keahlian ane, apalagi jika sudah mengarah ke dunia politik, ane hanya sekedar menulis apa yang ane rasakan, apa yang ane fikirkan dan apa yang ane harapkan, ane percaya diantara agan semua yang membaca tulisan masih memiliki harapan dan juga alasan untuk tetap menyukai dan mendukung sepak bola di Negara kita sendiri.
Semoga Thread Sederhana ini bisa bermanfaat.

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)


Quote:
Alasan mengapa Orang Menyukai Sepak Bola Lokal


Quote:
Quote:
Panggilan Jiwa

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Alasan terbesar dari masyarakat kita untuk mendukung tim dari Negara sendiri adalah karena panggilan jiwa, rasa memiliki dan juga karena tim tersebut membawa nama daerah sendiri. Siapa sih yang tidak akan bangga ketika ada tim dari daerahnya bisa tampil di kompetisi sepak bola nasional, Atau kalau pun tidak ada, mungkin masih ada tim di daerah tetangga yang masih satu provinsi, atau satu pulau atau karena ada kedekatan bathin dan lain sebagainya sehingga kita tergerak untuk mendukungnya.

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Quote:
Ikut-ikutan

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Alasan yang kedua menurut ane adalah faktor ikut-ikutan, ikut orang tua, pacar, teman atau mungkin karena tidak sengaja melihat rombongan supporter yang sedang berkumpul untuk berangkat ke stadion kemudian kita jadi tertarik dan ahirnya sampai keterusan,. Meskipun bukan murni dari keinginan sendiri, tapi dengan adanya orang seperti ini, maka akan bertambah banyak yang suka dengan tim sepak bola di Negara kita sendiri.

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Quote:
Bisa Berinteraksi secara langsung

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Kita berfikir secara realistis saja, klub yang kita dukung itu berasal dari daerah kita, di Negara kita sendiri, tentu saja kita akan dengan mudah berinteraksi secara langsung dengannya, bukan cuma sekedar bisa melihat lewat sebuah kotak ajaib bernama televisi. Ini nyata gan, kita bisa melihat langsung, menyapa, berbicara dan lain sebagainya dengan idola kita tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Quote:
Waktu Pertandingan yang wajar

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Karena tim yang kita dukung adalah dari Negara kita sendiri, tentu saja jam pertandingannya berada di waktu yang normal, yakni pada sore hari atau kalaupun malam ya masih di waktu yang wajar juga, kita tidak harus begadang sampai pagi, atau sedikit terpaksa untuk bangun pada tengah malam untuk menonton mereka bertanding. Karena jam pertandingan yang wajar itu pula kita jadi bisa menonton secara langsung ke stadion dan bisa mengajak anggota keluarga kita.

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Quote:
Bisa berperan serta secara langsung

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Dulu ketika klub masih dibiayai oleh APBD, kita memiliki andil lewat pajak atau retribusi yang kita bayarkan, atau sekarang ketika klub sudah mandiri, kita bisa memiliki andil lewat pembelian tiket, jersey atau cindera mata klub lainnya. Karena kita juga memiliki andil secara langsung, kita jadi mempunyai hak untuk mengemukakan opini secara langsung, mengemukakan kesukaan atau ketidaksukaan dan sebagainya.

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Quote:
Jika bukan kita, siapa lagi ?

Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Tanpa mendapatkan dukungan dari kita, klub luar negeri itu sudah ada yang mendukung, sedangkan klub di Negara kita ? jika bukan kita, siapa lagi ? Terlepas dari berbagai permasalahan yang ada dengan segala kerumitannya, tentu saja itu juga menjadi tanggung jawab kita bersama, apakah kita akan mengharapkan dukungan dari orang di luar negeri sana ?

Quote:
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Quote:
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

Sumber Tulisan : Tulisan Tangan TS Sendiri
Sumber ilustrasi : T K P


Quote:
Mampir Juga di Thread Sederhana Ane yang laen :




Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)

[CENTER]Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)[/CENTER]
Diubah oleh colot_nay
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 40 dari 46
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 20:05
Indonesiaaaaa
emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 20:42
Quote:Original Posted By n0eg


wah keren bener dipanggil jiwanya gan. emoticon-Big Grin


Dipanggil jiwanyanya tak bernyawa jdnya dong gan
emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
emoticon-Hammer2
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 20:45
ane gak terlalu suka sepakbola nasional,

ane kasian ama wasitnya
serng jadi bulan2an
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 20:59
kalo di indonesia malah biasanya orang yg ngerti sepak bola dalam negri udah pasti ngerti juga sama sepak bola luar, tapi kalo yg ngerti sepak bola luar negri malah belum tentu ngerti sepakbola dalam negri emoticon-Bingung
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 21:06
Ane sebagai fans bola sebenernya ngikutin liga indo juga pas sma tapi semenjak kuliah udah berhenti karena enggak ada waktu tapi sekarang lagi liburan sempetin nonton lagi emoticon-Sorry
1 0
1
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 21:08
Pake acara dibagi 2 sih...
ISL dan IPL... Jadinya masyarakat indonesia itu bingung.. mau dukung yang ISL Ato IPL emoticon-Matabelo
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 21:13
sensasi nonton langsung di stadion beda sama liat di tipi gan...
emoticon-Ngakak

tapi gw paling males sama supporter di indonesia yg klo timnya dirugiin wasit dikit aja langsung maki2 wasit & berbuat anarki lempar ini itu...
keliatan bgt klo banyak supporter bola di indonesia yg blom dewasa pemikirannya...
dikira gampang ape jadi wasit lari sana-sini ngawasin bola sama orang...
emoticon-Marah
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 21:58
ane mah panggilan jiwa dong
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 22:12
Quote:Original Posted By mangrooove
Dipanggil jiwanyanya tak bernyawa jdnya dong gan
emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
emoticon-Hammer2


wkakaka iya gan mati suri dong tuh. emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 22:12
dulu ane ikut"an gan
tapi ahkirnya jadi suka beneran emoticon-Malu (S)
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 22:28
Karena daerah tempat tinggal/lahir punya tim sepak bola gan jadi didukung emoticon-Big Grin
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 23:11
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
Emang bener tuh gan .
miris sih gan ngeliat suporter'' indonesia pada rusuh satu sama lainemoticon-Cape d... (S), bahkan ada lo gan yg bentrok sesama suporter team nya sendiri (PSPS Pekanbaru) .
ane masih berharap indonesia jauh dari kerusuhan sepakbola emoticon-Kiss (S).
HIDUP SEPAKBOLA INDONESIA!!emoticon-I Love Indonesia (S)
#AsykarTheking1955

emoticon-Request pejwan ya gan .
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 23:14
Sepak Bola indonesia mah keren , lengkap Ganemoticon-Toast

Bisa nonton Petasan + kembang api gratis
Ada kabut asap dimana2
Ada yang gebuk2an di antara suporter
Terus kadang ada tinju nya juga di lapangan waktu maen Bolaemoticon-Stick Out Tongue


.........................................emoticon-Ngacir
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 23:17
Baru tau saya
Karena saya kurang suka sepak bola
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
29-08-2014 23:31
Bisa timpuk2 an sama Suporter lawan tim dukungan kita emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
30-08-2014 00:10
Ane setuju jika bukan kita maka siapa lagi gan
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
30-08-2014 00:20
sepak bola emang olahraga manusia sejagat gan
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
30-08-2014 02:12
terpengaruh lingkungan sih gan ,, kalok banyak yang dukung tim A ya otomatis ane jg suka Tim A
dan juga atmosfer , liga lokal jg bagus dan gak kalah dibanding liga luar

Btw Nice Thread

emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
30-08-2014 02:40
sepak bola lokal dlm kota asal di dukung kali gan kalau emg pecinta bola emoticon-Malu (S)
pejwan gan
0 0
0
Faktor yang menyebabkan Orang Menyukai Sepak Bola Lokal (Opini Pribadi)
30-08-2014 05:16
sebenarnya aku sudah suka bola dari kecil gan emoticon-Baby Boy 1
0 0
0
Halaman 40 dari 46
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia