eCIPUTRA.comAvatar border
TS
eCIPUTRA.com
Berapa Persentase Perusahaan yang Bisa Ditawarkan ke Investor?


Saat saya berbincang dengan para entrepreneur yang menjalani proses mengumpulkan modal, saya selalu ingin bertanya,"Berapa persentase perusahaan yang Anda bisa serahkan ke investor?"

Jawaban yang saya terima bervariasi, dari 25 sampai 35 persen. Para entrepreneur juga sering mengutip kisaran jumlah uang yang mereka kumpulkan misalnya mengumpulkan 2 sampai 3 juta dollar dengan valuasi pra-dana? 4 juta dollar.

Berikut adalah beberapa pilihan mengenai persentase perusahaan yang bisa ditawarkan ke pihak penanam modal.

Para entrepreneur seharusnya mengumpulkan cukup modal untuk menjalankan bisnis dengan skala tertentu selama 12 sampai 18 bulan untuk mencapai tonggak prestasi tertentu agar bisa mengumpulkan dana lebih banyak atau mencapai profitabilitas yang lebih baik.

Startup seringkali membutuhkan banyak putaran pendanaan sehingga akan lebih baik untuk memikirkan penjualan sebagian perusahaan di setiap langkah dalam proses yang berjalan, dan seperti apa kelihatannya terkait dengan dilusi/ pencairan aset.

Sebagian investor akan "mengharuskan" persentase tertentu dari perusahaan untuk mereka jadikan investasi. Jika mungkin hal ini perlu dihindari karena investor memiliki fleksibilitas mengenai jumlah persentase bagian perusahaan yang mereka akan beli jika mereka yakin mereka akan bisa meraup untung tinggi.

Satu pendapat lainnya ialah dengan mengumpulkan sebanyak mungkin dana, kapan pun memungkinkan, karena Anda tidak tahu saat pengumpulan dana akan habis, dan agar tidak cemas mengenai pencairan aset (saya tidak sepakat dengan hal ini tetapi yang lain setuju). Jawaban terbaik untuk pertanyaan ini ialah bahwa entrepreneur seharusnya menawarkan sekecil mungkin bagian perusahaannya bagi investor saat masih mengumpulkan dana untuk mencapai titik pencapaian berikutnya.

Pada kenyataannya, para entrepreneur biasanya menjual antara 1/4 dan 1/3 bagian perusahaannya dalam setiap putaran pendanaan. (david cummings/ap)

sumber
0
864
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur Corner
icon
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.