Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abrahamtetraAvatar border
TS
abrahamtetra
Nih Gan Tips Untuk Mengetahui Kematangan Daging yang Dipanggang
Salah satu jenis makanan yang disukai oleh banyak orang adalah daging hasil panggangan. Namun bukan hal mudah memanggang daging. Karena banyak daging yang terlihat sudah matang di luar namun ternyata mentah di dalam. Oleh karena itu, agan harus tahu cara mendeteksi daging yang udah matang. Dengan begini, agan bisa menghidangkan daging yang telah dipanggang dengan sempurna dan tentu saja enak.
Nih Gan Tips Untuk Mengetahui Kematangan Daging yang Dipanggang

Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui daging yang sudah matang:

Dengan Cara Menekan Daging

Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kematangan daging adalah dengan menekannya. Namun metode ini hanya bisa digunakan untuk daging ayam. Jika Anda ingin mengetahui apakah daging ayam yang Anda panggang sudah matang atau belum, tekanlah dagin tersebut dan perhatikan cairan yang keluar dari dalamnya. Jika warna cairan masih merah atau merah muda, berarti daging tersebut belum matang. Namun jika warna cairan telah bening atau putih, berarti daging tersebut telah matang luar dan dalam. Selain hanya bisa digunakan untuk daging ayam, kekurangan lain dari cara ini adalah banyaknya cairan yang keluar saat ditekan akan membuat daging menjadi kurang lembab.

Melihat Ukuran Daging

Cara berikutnya adalah dengan melihat ukuran daging. Daging yang telah matang akan mengalami penyusutan ukuran. Hal ini karena kadar cairannya sudah mulai berkurang. Jadi jangan pernah tertipu dan tergoda saat melihat warna daging yang telah kecoklatan namun tidak mengalami penyusutan ukuran, karena hal tersebut berarti kalau daging tersebut belum matang. Tapi pastikan juga kalau ukuran daging tidak terlalu menyusut, karena hal itu berarti kalau daging terlalu matang.

Menggunakan Termometer

Kalau agan ingin mengetahui tingkat kematangan daging yang paling tepat, maka agan bisa pake termometer yang memang dibuat khusus untuk mengetahui suhu daging. Dengan menggunakan termometer ini, agan tidak perlu lagi menebak suhu dan kematangan daging sehingga daging yang agan panggang bisa matang dengan sempurna.

Penggunaan termometer inipun cukup mudah, agan hanya perlu memasukkannya pada bagian daging yang paling tebal dan bukan pada tulang. Karena tulang adalah penghantar panas sehingga tidak bisa memberikan informasi suhu secara akurat. Adapun rekomendasi suhu daging yang telah matang adalah daging ikan, domba dan babi 63 derajat Celcius, daging sapi 71 derajat Celcius dan daging ayam, kalkun dan bebek 74 derajat Celcius.

Sumber : SegiEmpat
0
2.9K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.