Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
143
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51396de5572acfec0a000004/yuk-mengenal-bahasa-khas-quotarek-malangquot
:repostkagak repost:repost Osob kiwalan kera ngalam (boso nalawik arek Malang ) bahasa terbalik Arek Malang berasal dari pemikiran para pejuang tempo doeloe yaitu kelompok Gerilya Rakyat Kota (GRK). Bahasa khusus ini dianggap perlu untuk menjamin kerahasiaan, efektifitas komunikasi sesama pejuang selain juga sebagai pengenal identitas kawan atau lawan. Metode pengenalan ini sangat penting karena p
Lapor Hansip
08-03-2013 11:49

Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"

emoticon-Blue Repostkagak repostemoticon-Blue Repost


NO REPOST


AREK MALANG

Quote:Osob kiwalan kera ngalam (boso nalawik arek Malang ) bahasa terbalik Arek Malang berasal dari pemikiran para pejuang tempo doeloe yaitu kelompok Gerilya Rakyat Kota (GRK). Bahasa khusus ini dianggap perlu untuk menjamin kerahasiaan, efektifitas komunikasi sesama pejuang selain juga sebagai pengenal identitas kawan atau lawan. Metode pengenalan ini sangat penting karena pada masa Clash II perang kemerdekaan sekitar akhir Maret 1949 Belanda banyak menyusupkan mata-mata di dalam kelompok pejuang Malang. Mata-mata ini banyak yang mampu berkomunikasi dalam bahasa daerah dengan tujuan menyerap informasi dari kalangan pejuang GRK. penyusupan ini terutama untuk memburu sisa laskar Mayor Hamid Rusdi yang gugur pada 8 Maret 1949 dalam pertempuran dukuh Sekarputih (Desa Wonokoyo sekarang)


TUGU AT NIGHT


Quote:Seorang tokoh pejuang Malang pada saat itu yaitu Pak Suyudi Raharno mempunyai gagasan untuk menciptakan bahasa baru bagi sesama pejuang sehingga dapat menjadi suatu identitas tersendiri sekaligus menjaga keamanan informasi. Bahasa tersebut haruslah lebih kaya dari kode dan sandi serta tidak terikat pada aturan tata bahasa baik itu bahasa nasional, bahasa daerah (Jawa, Madura, Arab, Cina) maupun mengikuti istilah yang umum dan baku. Bahasa campuran tersebut hanya mengenal satu cara baik pengucapan maupun penulisan yaitu secara terbalik dari belakang dibaca kedepan


AT GAJAYANA


Quote:Karena keakraban dan pergaulan sehari-hari maka para pejuang dalam waktu singkat dapat fasih menguasai ‘bahas’ baru ini. Sedangkan lawan dan para penyusup yang tidak setiap hari bergaul dengan sendirinya akan kebingungan dan selalu ketinggalan istilah2 baru. Maka siapapun yang tidak fasih mempergunakan osob AREMA ini pasti bukan dari golongan pejuang dan pendukungnya, sehingga kehadiran para penyusup dapat diketahui dengan cepat serta rahasia komunikasi tetap terjaga


PEMERINTAHAN


Quote:Karena bahasa ini sangat bebas dan longgar aturannya maka kemungkinan pengembangannya sangat luas untuk itu perlu disepakati beberapa istilah penting dikalangan pejuang. Kesepakatan istilah ini diperlukan juga karena banyak kata penting sulit untuk dibaca terbalik sehingga harus dicari istilah dan padanan yang sesuai namun mudah diingat oleh para pelakunya. Contohnya kata ‘Belanda’ dalam bahasa Jawa disebut ‘Londho’ yang cukup sulit dibaca terbalik, maka dicari istilah padanannya yaitu ‘Nolo’. Demikian juga dengan ‘Polisi’ bukan menjadi ‘Isilop’ namun cukup ‘Silup’. Kemudian untuk ‘mata-mata’ bila dibaca terbalik menjadi ‘atam’. Namun untuk menentukan bahwa yang dimaksud dalam istilah tersebut adalah antek Belanda maka ditambahi kata ‘keat’ dari asal kata ‘****’ (kotoran). ‘Keat Atam’ atau kotoran mata dalam bahasa jawa disebut ‘ketek’ adalah sebutan yang pas untuk para penyusup ini


Berikut beberapa Kata khas Malang yang sangat sering digunakan warga Malang sehari-hari:


Quote:Masih banyak lagi kata-kata lainnya. Kalo temen2 nemuin bahasa dari Malang dan ga tau artinya bisa deh ditanyain disini
emoticon-Cool

"salam satu jiwa"


Quote:say thank's to "SUMBER"


tambahan dari agan2

Quote:Original Posted By bubbies
Hahaha ayahab ilakes gan
Ataw bahaya sekaliemoticon-Shakehand2 ni jg kata2 malang gan

Ojrit : oke
Nawak : kawan
Nakam : makan
Utem : metu atau keluar
Raimu : mukamu
Hamur : rumah
Osi-osi ae : bisa2 saja
Odis : sido atau jadi

Sisa nyusul mohon taruh di Pekiwan gan
Hehe sbnrnya ane nih campuran sunda malang tp lama dmalang and ane aremania...emoticon-Shakehand2


Quote:Original Posted By xclusf
trite kipa ilakes...
ts e mengandung ngledomemoticon-Peace

SASAJI Sam....

ngledom : belagu
kewut : tua
ketam : meninggal
uklam2: jalan jalan
halokes : sekolah
kunam : baik
kele lop : jelek sekali
lesek : capek



Quote:TAMBAHAN DARI TS (INDO - MALANG)
nakam = makan
niam = main
sam = mas/ kakak laki2 (di malang sering dipake)
kampes = sempak
slatem = slamet
ones = seno (buat nama aja jadi keren)
dimas = samid (yang namanya keren aja jadi ndeso...)
umak = kamu
ayas = saya

and many more....

trus yg lagi tren....
woles = selow = slow


Quote:Original Posted By putudarmaji
ayas asli Ngalang ker emoticon-Shakehand2 cuma sekarang lagi merantau
kaskuser ngalam salam satu jiwa kerrr emoticon-2 Jempol
ayas tambahin semoga membantu kerrr

Kata Benda
- adepes : sepeda
- rotom : motor
- libom : mobil
- utapes : sepatu
- landas : sandal
- soak : kaos


Nama Tempat
- ngalam : malang
- hamur : rumah
- ayabarus : surabaya
- arudam : madura
- rajajowas : sawojajar
- Utab : Batu


Nama Makanan/Minuman
- oskab : bakso
- oges : sego
- lecep : pecel
- ipok : kopi


Kata Kerja
- rekem : meker/mikir
- uklam : mlaku/ jalan2
- utem : metu/ keluar
- ibar : rabi
- ngayambes : sembahyang/ sholat
- rudit : tidur
- nakam : makan
- halokes : sekolah
- hailuk : kuliah
- ngalup : pulang
- ladub : budal/berangkat
- kolem : melok/ikut
- helom : moleh/pulang


Kata Sifat/Keterangan/Predikat
- licek : kecil
- komes : semok/ seksi
- nayamul : lumayan
- kadit : tidak
- itreng : ngerti
- tahes : sehat
- sinam : manis
- ewul : luweh/lapar
- kipa : apik/bagus
- kewut : tuwek/tua
- baiks : seweng/sinting


Kata Sebutan
- ebes : orangtua laki2
- memes : orangtua perempuan
- sam : mas/kakak/bro!
- ayas : saya
- umak : kamu
- kodew : wedok/cewek
- nganal : lanang/cowok
- ngonceb : bencong/ banci
- ojob : bojo/pacar/pasangan hidup
- tenyom : monyet
- ongis nade : singo edan
- nawak ewed : kawan dewe/ sahabat dekat

Kata Tanya/Sebut
- orip : piro/berapa
- oyi : iyo/ya
- napak : kapan


Yang saru diucapkan
- ngemut : ngetum
- kunam : manuk
- sulum : mulus
- kampes : sempak/ celana dalam


Diubah oleh call.me.d
profile-picture
ryansr15 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 8
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
11-06-2013 10:35
emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
16-07-2013 11:04
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
06-12-2013 05:36
Hmmm...

gawe sumak osi gan...emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
06-12-2013 11:02
Quote:Original Posted By aris.muis
Hmmm...

gawe sumak osi gan...emoticon-Sundul Gan (S)


osi di coba gan emoticon-Ngakak kalo gak pada bingung
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
09-06-2014 10:41
kipa ker nemu trit ngene ki .

emoticon-2 Jempol
Diubah oleh gopel87
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
09-06-2014 11:09
baru tau ane klo ada sejarahe
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
09-06-2014 11:11
ane separo malang....
alm bapak org sawojajar.... tapi ane ampe sekrang ga bs bs bahasa ginian
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
09-06-2014 11:13
ijin nyimak sam!
Sasaji
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
09-06-2014 13:05
Quote:Original Posted By zeianmuhammad
ijin nyimak sam!
Sasaji


masih ada yang mampir euy...emoticon-Matabelo
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
09-06-2014 13:10
Podo kera ngalam'e. salken gan emoticon-Shakehand2
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
10-06-2014 23:48
oyi sam
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
10-06-2014 23:56
trit e kipa ilakes gan.....
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
31-07-2014 13:07
Quote:Original Posted By call.me.d
emoticon-Blue Repostkagak repostemoticon-Blue Repost


NO REPOST


AREK MALANG



TUGU AT NIGHT




AT GAJAYANA




PEMERINTAHAN




Berikut beberapa Kata khas Malang yang sangat sering digunakan warga Malang sehari-hari:


emoticon-Cool

"salam satu jiwa"




tambahan dari agan2


Sasaji yo ker ayasa kera ngalam stay di bekasi emoticon-Ngakak
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
31-07-2014 13:12
cuma di balik-balik gan hurufnya emoticon-Ngakak
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
31-07-2014 17:13
wuih arema mantep juga
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
31-07-2014 17:30
pusing gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
11-08-2014 17:04
terkenal kok, tp gt berapa ni Pekiwan emoticon-norose emoticon-Nohope
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
11-08-2014 17:15
dibalik balik gitu suku katanya ya gan. emoticon-Big Grin
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
11-08-2014 17:35
sasaji ker, tekan aremania sing lagi rantau nang Jakarta emoticon-shakehand

Btw Arema dino iki ultah sing ke 27

Tamales ngalu nuhat ker... emoticon-Big Grin
0 0
0
Yuk..!!! mengenal bahasa khas "AREK MALANG"
11-08-2014 17:42
awak ku asline arek jakarta kuliah ndek ngalam sam! emoticon-Malu (S) betewe arema ulang tahun yahh.. #pitulikurarema #salamsatujiwa *sotoy* *ngerti dari tulisan pinggir jalan* emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia