Alva.MomotaroAvatar border
TS
Alva.Momotaro
Serba serbi Oprasi Lasik Mata


Miopia atau biasa disebut rabun jauh adalah suatu kondisi dimana seseorang dapat melihat objek pada jarak dekat dengan baik, tetapi mengalami gangguan ketika melihat objek yang jauh. Miopia disebabkan bentuk bolamata yang terlalu panjang sehingga cahaya jatuh di depan retina. Untuk mengatasi miopia biasanya menggunakan lensa cekung yang kemudian dipasang menjadi kacamata. Alternatif lain untuk mengatasi miopia biasanya dengan menggunakan lensa kontak dan LASIK.
Lasik ( Laser In-Situ Keratomileusis) merupakan salah satu prosedur dari Bedah Refraksi yang bertujuan untuk memperbaiki tajam penglihatan seseorang dengan mengubah bentuk (membentuk kembali) kornea sehingga sinar datang sejajar kedalam bola mata difokuskan tepat di retina dan tidak diperlukan lagi pemakaian kacamata maupun lensa kontak.

Perlu diketahui bahwa Lasik hanya merubah korena tetapi tidak merubah bentuk bola mata. Untuk melakukan oprasi lasik, perlu dilakukan beberapa tahap pemeriksaan pada pasien untuk memastikan pasien dapat di oprasi. Sehari sebelum dilakukan tindakan operasi diharuskan tidak menggunakan cream, lotion, make up atau parfum yang dapat mengganggu kerja dari sinar laser, atau jika menempel di sekitar bulu mata dapat mengakibatkan infeksi.

Syarat utama untuk calon pasien adalah berumur 18 tahun keatas, Kelainan refraksi mata stabil dalam kurun satu tahun terakhir, Mata dalam keadaan sehat, Tidak memakai soft lens minimal 14 hari berturut-turut, atau tidak memakai hard lens selama 30 hari, Bersedia kontrol ulang setelah tindakan dilakukan.

Pelaksanaan operasi tidak lebih dari 10 – 15 menit, tidak menimbulkan rasa sakit bagi penderita, dan paparan sinar laser tidak lebih dari 30 detik. Tindakan ini tidak memerlukan rawat inap di rumah sakit, tindakan dilakukan dengan pembiusan lokal, sehingga pasien tetap sadar.



Diubah oleh Alva.Momotaro 21-01-2014 13:16
0
5.5K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.