Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
81
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53d341a7138b46504c8b4784/tips-cara-bertahan-hidup-di-hutan-jika-tersesat
Hutan merupakan suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur dan lain sebagainya serta menempati daerah yang cukup luas. Karena saking luasnya itu, pernahkah agan semuanya berfikir gimana rasanya jika kita tersesat di dalamnya ?? :travel 1. Mencari air yang aman di minum Jika tersesat di hutan rimba mungkin banyak akar-ak
Lapor Hansip
26-07-2014 12:50

Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat

Hutan merupakan suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur dan lain sebagainya serta menempati daerah yang cukup luas. Karena saking luasnya itu, pernahkah agan semuanya berfikir gimana rasanya jika kita tersesat di dalamnya ?? emoticon-Traveller


1. Mencari air yang aman di minum

Jika tersesat di hutan rimba mungkin banyak akar-akar yang mengandung air dan aman di minum, tetapi jika di hutan kecil tentu tidak ada. Nah berikut ciri-ciri air yang aman di minum di hutan. Airnya bening dan di dalamnya terdapat tanda kehidupan, jika di dalam air tersebut terdapat jentik-jentik nyamuk ataupun sebangsa ikan, itu berarti air aman untuk kita minum. Jangan sekali-kali mencoba meminum air yang ada di hutan tanpa adanya tanda kehidupan di air tersebut, bisa jadi air itu beracun.


2. Mencari buah yang bisa di makan

Nah kalau ciri ini sih agak mudah gan, tentunya membedakan mana buah yang aman dan beracun. Ciri buah beracun itu tentunya dengan rasanya yang pait, dan jika dia masak atau sudah ranum, tak ada satupun hewan memakanya, termasuk serangga kecil. Jika buah yang aman di konsumsi adalah buah dengan rasa asam atau manis, jika buah itu masak dan ada bekas hewan memakan tentu aman juga kita makan, hewan yang bisa jadi patokan adalah tupai, kelelawar, burung, dan yang paling ampuh memilih makanan beracun atau tidak adalah kera/monyet.

3. Menentukan arah Barat dan Timur

Nah jika agan tidak membawa kompas dan kehilangan arah atau tak ada sinar matahari, silahkan berpatokan pada alga atau tumbuhan lumut di pohon, di bagian sisi sebelah manakah yang paling banyak dan subur di tumbuhi lumut ini menandakan arah TIMUR, karna semua tumbuhan pucuknya akan mengarah ke arah matahari terbit, sukur-sukur ketemu bunga matahari. Cara kedua melihat dari warna salah satu sisi batang pohon, jika jam tangan menunjukan pukul 12 ke bawah warna pohon yang terang akan mengarah ke TIMUR, dan biasanya bagian yang agak gelap selalu menandakan ke BARAT. Jika masih kurang jelas ke TRIT ini aja gan Sini gan


4. Jangan lupa buat api

Binatang buas keluar pada malam hari dan takut pada api. Untuk itu, jangan lupa untuk membuat api unggun. Tak perlu besar, yang penting apinya cukup untuk menyinari Anda dan bisa menghalau binatang mendekat

5. Buat tempat istirahat

Membuat tempat istirahat dadakan menjadi penting ketika tersesat dan hari mulai gelap. Jika ingin sedikit bersusah payah, Anda bisa membuat tempat perlindungan berupa panggung sederhana dari bambu yang diikat dengan tali. Kalau bisa, panggung dibuat lebih tinggi untuk menghindari serangan binatang buas.

6. Hemat Baterai Ponsel
Meminta pertolongan dengan menelepon rekan perjalanan jadi cara paling mudah untuk kembali bersama rombongan. Sebelum melakukan hal itu, sebaiknya periksa dulu baterai ponsel Anda.

Jika baterai ponsel masih cukup dan sinyal stabil, silakan menghubungi rekan perjalanan secepatnya. Namun jika baterai tinggal sedikit dan sinyal tidak stabil, sebaiknya hemat baterai yang ada. Jika hari sudah sore, segera cari tempat perlindungan yang lebih terbuka dan lanjutkan usaha menghubungi rekan esok hari.



Jika berkenan boleh minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan ane ga nerima emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
swiitdebby memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 12:51
nice tips gan
bsok ane mau ke Rinjani jga emoticon-Big Grin
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 13:05
ane malahan
gak pernah sama sekali ke Hutan emoticon-Amazed
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 13:07
ngapain juga ke hutan emoticon-Ngakak (S)
mau jadi pembalak liar emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 13:30
ane gak pernah ke hutan emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 13:36
Gimana mau tersesat, wong hutannya jadi kebon sawit
0 0
0
Post ini ditandai sebagai spam
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 20:36
Quote:Original Posted By danauers
nice tips gan
bsok ane mau ke Rinjani jga emoticon-Big Grin


hehe makasih gan...
wah ane blm kesampean kesana karna faktor dana wkwk emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 20:39
Kalo aku sih tipsnya mending coba cari jalan keluar aja kalau tersesat di hutan. Kalau kita tips bertahan hidup di hutan berarti niat lama tersesatnya.

Kecuali bertahan hidup di hutan itu kalau kecelakaan pesawat jatuh baru butuh tips bertahan hidup sambil berusaha kontak dunia luar.

Tapi kalau cuma tersesat berarti kan kita sengaja masuk di awal. Jadi tipsnya ya usahakan cari jalan keluar aja jangan bertahan hidup

emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 20:40
Quote:Original Posted By kkaebsong
ane malahan
gak pernah sama sekali ke Hutan emoticon-Amazed


ya kali aja suatu saat agan bakal travel ke gunung
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 20:43
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
ngapain juga ke hutan emoticon-Ngakak (S)
mau jadi pembalak liar emoticon-Ngakak (S)


ya agan mainannya di mall kali emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 20:45
Quote:Original Posted By royz88
ane gak pernah ke hutan emoticon-Hammer (S)


ya kali aja suatu saat agan travel ke gunung emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 20:48
Quote:Original Posted By brainvora
Gimana mau tersesat, wong hutannya jadi kebon sawit


haha itu mah udah permainan gan emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 20:50
Quote:Original Posted By ihardiman
Kalo aku sih tipsnya mending coba cari jalan keluar aja kalau tersesat di hutan. Kalau kita tips bertahan hidup di hutan berarti niat lama tersesatnya.

Kecuali bertahan hidup di hutan itu kalau kecelakaan pesawat jatuh baru butuh tips bertahan hidup sambil berusaha kontak dunia luar.

Tapi kalau cuma tersesat berarti kan kita sengaja masuk di awal. Jadi tipsnya ya usahakan cari jalan keluar aja jangan bertahan hidup

emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)


makasih buat masukannya ganemoticon-Smilie
ga itu maksut ane kalo yg buat pemula naik gunung, misalnya dia beda jalur/misah sama rombongan. ya mungkin dari salah satu tips diatas bisa dipakai gan hehe
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 21:15
kaya pernah baca nih tritnya emoticon-Smilie
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 21:24
nice tips gan, tambah gambar biar lebih menarikemoticon-Jempol
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 22:36
nice tips gan ..


JANGAN DIBUKA
[/SPOILER]
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 22:49
Quote:Original Posted By babon.kece
kaya pernah baca nih tritnya emoticon-Smilie


iya gan, ane sebagian copas dari gugel. cuma niat nge share aja hehe
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 22:51
Quote:Original Posted By notidol
nice tips gan, tambah gambar biar lebih menarikemoticon-Jempol


hehe cuma sekedar share aja gan, ijo2 kalo boleh gan hehe
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 22:51
ane gk pernah ke hutan emoticon-Hammer2
0 0
0
Tips cara bertahan hidup di hutan jika tersesat
26-07-2014 22:54
Quote:Original Posted By anakgeblek88
nice tips gan ..


JANGAN DIBUKA
[/SPOILER]


makasih gan
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia