ndarvianpAvatar border
TS
ndarvianp
Internet lambat, KPU Manokwari kirim dokumen pakai jasa Warnet


Merdeka.com - Jaringan internet lamban ditengarai sebagai salah satu faktor penyebab lambannya proses rekapitulasi penghitungan suara pilpres di Manokwari, ibu kota Provinsi Papua Barat.

Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari, Rustam Efendi, mengatakan jaringan internet di daerah itu sangat lamban, sehingga menghambat pekerjaan sekretariat KPU, Jumat (18/07).

Padahal menurut dia pekerjaan sekretariat KPU Manokwari membutuhkan jaringan internet karena harus mengirim data formulir berkaitan dengan pelaksanaan pilpres di Kabupaten Manokwari melalui email kepada KPU pusat di Jakarta.

Seperti diberitakan Antara, formulir yang berkaitan dengan pilpres, kata Rustam, terlambat dikirim karena jaringan internet tidak lancar bahkan saat ini jaringan internet di Kantor KPU terputus sehingga pegawai sekretariat KPU mengirim data formulir yang berkaitan dengan pilpres lewat jasa warung internet (Warnet).

Formulir C-1 pelaksanaan pilpres di 25 Distrik wilayah kerja KPU Kabupaten Manokwari, kata Rustam, telah 100 persen dikirim sedangkan formulir model DA dan DB masih dalam proses pengiriman dan belum 100 persen terkirim karena terkendala jaringan internet tidak lancar.

Pengiriman data formulir yang berkaitan dengan pelaksanaan pilpres di Kabupaten Manokwari dilakukan di Kantor KPU Manokwari. "Namun dua hari terakhir ini jaringan internet di Kantor KPU terputus sehingga terpaksa pegawai sekretariat membawa data-data tersebut untuk dikirim di Warnet," kata Rustam.

Dua jenis alat jaringan internet, lanjut Rustam, telah dipasang oleh Telkom di Kantor KPU Manokwari, namun jaringan internet tetap tersendat-sendat sehingga menghambat pengiriman formulir yang berkaitan dengan pilpres kepada KPU pusat di Jakarta.

Dia menyampaikan sesuai surat edaran KPU pusat dan Bawaslu pusat batas akhir pengiriman semua formulir terkait pilpres ke email KPU pusat 17 Juli, mamun kondisi jaringan internet tidak lancar sehingga meminta agar KPU dan Bawaslu pusat memaklumi kesulitan yang dihadapi KPU daerah Manokwari.

Kondisi jaringan internet memperlambat pengiriman formulir pilpres, tambah Rustam, bukan hanya dihadapi KPUD Kabupaten Manokwari tetapi rata-rata KPUD di Provinsi Papua Barat mengalami kendala yang sama kesulitan jaringan internet.

Masalah jaringan internet yang sangat lamban ini, juga dirasakan para pekerja media yang saban hari harus mengirim berita ke kantor pusat melalui internet.

SUMUR

INTERNET CEPAT BUAT APA!? - seseorang, sebelum masehi.
emoticon-Ngakak
0
2.7K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.