Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
1495
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53c5976e128b464e788b45cb/berlaku-adil-kepada-quraish-syihab--pembenci-quraish-shihab-masuk
Assalaamu 'alaykum warrahmatullaahi wabarakaatuh. Bismillaahirrahmaanirrahiimi. Tanggal 15 Juli 2014 adalah hari yg sangat melelahkan bagi diri saya. Sungguh sangat menguras tenaga pikiran dalam me
Lapor Hansip
16-07-2014 04:04

Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )

Assalaamu 'alaykum warrahmatullaahi wabarakaatuh. Bismillaahirrahmaanirrahiimi.



Tanggal 15 Juli 2014 adalah hari yg sangat melelahkan bagi diri saya. Sungguh sangat menguras tenaga pikiran dalam memahami suatu isu yang berkenaan dengan video tayangan dari Metro TV pada acara Tafsir Al Misbah. Kurang lebih video yang membuat geger tsb adalah video seperti diatas.

Pada hari ini juga isu mengenai video tsb sudah beredar di WA yang di share oleh teman-teman kuliahan di Stiddi Al Hikmah. Hampir semua teman-teman sekelas di kuliahan mengatakan bahwa Quraish Shihab telah berbuat salah dengan mengatakan bahwa "tidak benar nabi muhammad dijamin surga".

Saking penasaran, saya coba membuat tulisan percakapan dari yg tayangan video tsb dan seperti inilah bentuk percakapan dari Qurasih Shihab dalam menjawab pertanyaan dari presenternya.

"Tidak benar bahwa nabi Muhammad sudah mendapat jaminan surga. Surga itu hak prerogatif Allah. Memang kita yakin bahwa beliau akan masuk surga. Kenapa saya katakan begitu ? Pernah ada sahabat nabi dikenal orang baik terus teman-teman disekitarnya berkata 'kau akan masuk surga'. Nabi dengar dan bersabda 'siapa yang berkata begitu tadi ? Tidak seorang pun masuk surga karena amalnya............".

Perbincangan di WA pun berlanjut dan hampir semua teman-teman sekelas yang tergabung dalam grup WA menyatakan bahwa QS sudah salah dengan menyelisihi akidah ahlus sunnah wal jamaah. Kalau dilihat didalam handout perkuliahan mata kuliah Aqidah 2 dalam bab Surga dan Neraka dikatakan bahwa sebenarnya Rasul semasa di dunia sudah mendapatkan berita bahwa beliau dan para sahabat nya akan dijanjika surga. Bahkan bukan cuma rasul dan sahabat-sahabat saja, namun kalau menilik dari semua hadits pada bahasan akidah, sebenarnya muslim / penganut islam itu sudah dijanjikan masuk surga dengan melalui yg namanya "pencucian" melalui neraka terlebih dahulu. Hadits yg berbicara mengenai hal ini ada didalam shahih Bukhori dari riwayat Abu Sa'id Al Khudri yang berbicara mengenai tahdziibul mu'miniina wa tanqiyatuhum qobla dukhuulu.

Nah kembali ke permasalahan QS, apakah benar beliau mengatakan bahwa tidak benar rasul itu sudah mendapat jaminan surga ?, Saya pribadi ketika melihat teks percakapan dari QS sebenarnya sudah bisa menyimpulkan bahwa sebenarnya yg QS bicarakan adalah mengenai suatu amalan yang tidak seorang pun bahkan sekalipun dia adalah nabi yang bisa memasukan dirinya kepada surga.

Disaat teman2 berfokus dalam melihat awal percakapan QS pasti akan selalu terpaku pada ucapan "tidak benar nabi Muhammad sudah mendapat jaminan surga". Namun saya dengan mudahnya memahami bahwa makna yg dituju oleh QS adalah berbicara mengenai amal.

Ya,,,kuncinya dari percakapan beliau sebenarnya berbicara mengenai amal. Sebanyak apapun amal yang dilakukan oleh seorang muslim tidak bisa menjamin dirinya masuk ke dalam surga sebab yg menyebabkan seseorang masuk surga itu bukan karena amal, namun karena rahmat Allah.

QS sebenarnya mengajak bicara mengenai suatu hadits dari riwayat bukhori no 5673 pada kitabul mardho pada bab tamanni al mariidhil maut , ketika saya buka didalam kitab Shahih Bukhori Ma'a Kasyfil Musykil Lil Imam Ibnu Jauzi itu ada didalam jilid ke - 4 halaman 47.

Arti dari hadits tsb adalah kurang lebih seperti ini, "Tidaklah seseorang itu dimasukan kedalam surga karena amalannya, berkata para sahabat, "bagaimana dengan anda wahai rasul ?. Tidak, tidak juga aku, kecuali Allah telah melimpahkan kepadaku fadhilah dan rahmat-Nya. Maka berlaku luruslah, dan mendekatlah dan janganlah salah seorang dari kalian mengharap kepada mati. Jika dia orang baik semoga bisa menambah amal baiknya. Dan jika dia orang buruk semoga bisa menjadikannya bertobat."

Dan berikut adalah sanggahan dari QS dalam web pribadinya yg meminta klarifikasi terhadap ucapannya.

"Kepada yang meminta klarifikasi langsung, berikut jawaban saya:
Uraian tersebut dalam konteks penjelasan bahwa amal bukanlah sebab masuk surga, walau saya sampaikan juga bahwa kita yakin bahwa Rasulullah akan begini (masuk surga). Penjelasan saya berdasar hadist a.l.:
لا يدخل احدكم الجنة بعمله قيل حتى انت يا رسول الله قال حتى
انا الا ان يتغمدني الله برحمنه
“Tidak seorang pun masuk surga karena amalnya. Sahabat bertanya “Engkau pun tidak?”, beliau menjawab “Saya pun tidak, kecuali berkat rahmat Allah kepadaku.”
Ini karena amal baik bukan sebab masuk surga tapi itu hak prerogatif Allah.
Uraian di atas bukan berarti tidak ada jaminan dari Allah bahwa Rasul tidak masuk surga, saya jelaskan juga di episode yang sama bahwa Allah menjamin dengan sumpah-Nya bahwa Rasulullah SAW akan diberikan anugerah-Nya sampa beliau puas, yang kita pahami sebagai Surga dan apapun yang beliau kehendaki. Wa la sawfa yu’thika rabbuka fa tharda. Itu yang saya jelaskan tapi sebagian dipelintir, dikutip sepotong dan di luar konteksnya. Silakan menyimak ulang penjelasan saya di episode tersebut. Mudah-mudahan yg menyebarkan hanya karena tidak mengerti dan bukan bermaksud memfitnah." [M. Quraish Shihab] link

Kesimpulannya adalah QS sebenarnya tidaklah salah2 banget, namun memang harus diakui bahwa bahasa yang beliau gunakan itu sedikit njelimet butuh pengamatan yg jeli. Terbukti pula dengan banyaknya yg salah paham dan hanya yg terfokus pada perkataan "Tidak benar bahwa nabi Muhammad sudah mendapat jaminan surga."

Diambil dari web seseorang. sumber

Update......website yg membicarakan pak qs secara tidak berimbang, serampangan dan penuh kebencian.

VOA


Jadi HOT TREAD,,,,Alhamdulillaah


Nasehat Untuk VOA-ISLAM. COM


Seorang muslim mesti berbuat adil sekalipun kepada orang kafir.


Alhamdulillaah saya sudah baca komen2 dari agan2 semua dan matur nuwun juga ada yg memberi abu gosok dan cendol bahkan yg ngelempat bata juga saya ucapkan terima kasih.......Saya sebenarnya heran, yang saya angkat dibicarakan disini adalah mengenai tayangan di video Metro TV yg bicara mengenai tidak benar nabi sudah dijamin surga.....lantas kenapa ada yg komen mengenai jilbab ya ???......Apakah perlu saya katakan orang yg komen tsb adalah orang yg bodoh. ???
Diubah oleh abdulazis2014
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52.2K Anggota • 911.5K Threads
Halaman 56 dari 76
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 16:31
Quote:Original Posted By Daimasive
hmmm gue dnger pak qs itu syiah. gue pdahal dmen bgt dengerin tafsir qurannya. gue mlah makin bingung, amal ga menjamin, melainkan rahmat. buat apa beramal kl gt? trs dapet rahmat gmn agan Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk ) belom kuat iman gue


Quote:Original Posted By glowgecko
hmmm ane dnger pak qs itu syiah. ane pdahal dmen bgt dengerin tafsir qurannya. ane mlah makin bingung, amal ga menjamin, melainkan rahmat. buat apa beramal kl gt? trs dapet rahmat gmn gan emoticon-Embarrassment belom kuat iman ane


ente sodara kembar ye gan? emoticon-Ngakak
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 16:55
sudah jelas, dalam peradaban islam
dikenal sebagai agama yang suka
perang, islampun dibawa oleh
peperangan, mereka lahir dengan
darah dan mati dengan darah.
maka jangan heran, muslim di
seluruh dunia berperilaku barbar.
namun sesungguhnya mereka lupa,
sejarah dunia mencatat, jika amarah
umat nasrani sudah dipuncak, Maka
darah pun akan dijadikan minuman
Kristen itu sabar aja, ga mau bertele
tele dan banyak tingkah.
jika sudah keterlaluan dan pantas
dihabisi, maka habislah muslim
diseluruh dunia
dan dunia ini akan menjadi lautan
darah muslim emoticon-Cool
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 17:04
Quote:Original Posted By henny.sondakh
sudah jelas, dalam peradaban islam
dikenal sebagai agama yang suka
perang, islampun dibawa oleh
peperangan, mereka lahir dengan
darah dan mati dengan darah.
maka jangan heran, muslim di
seluruh dunia berperilaku barbar.
namun sesungguhnya mereka lupa,
sejarah dunia mencatat, jika amarah
umat nasrani sudah dipuncak, Maka
darah pun akan dijadikan minuman
Kristen itu sabar aja, ga mau bertele
tele dan banyak tingkah.
jika sudah keterlaluan dan pantas
dihabisi, maka habislah muslim
diseluruh dunia
dan dunia ini akan menjadi lautan
darah muslim emoticon-Cool


Gak ah buktinya ane toleransi
Diubah oleh pembela77
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 17:15
manusia wajar untuk salah. yang penting kita jangan merendahkan orang lain atas kesalahannya, karena kita tak tau apakah kita benar
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 17:16
Quote:Original Posted By henny.sondakh
sudah jelas, dalam peradaban islam
dikenal sebagai agama yang suka
perang, islampun dibawa oleh
peperangan, mereka lahir dengan
darah dan mati dengan darah.
maka jangan heran, muslim di
seluruh dunia berperilaku barbar.
namun sesungguhnya mereka lupa,
sejarah dunia mencatat, jika amarah
umat nasrani sudah dipuncak, Maka
darah pun akan dijadikan minuman
Kristen itu sabar aja, ga mau bertele
tele dan banyak tingkah.
jika sudah keterlaluan dan pantas
dihabisi, maka habislah muslim
diseluruh dunia
dan dunia ini akan menjadi lautan
darah muslim emoticon-Cool


dripada debat sesama muslim. nih yg dah keliatan orang mau profokasi
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 17:20
Kayanya nilai bahasa indonesianya kurang nih..emoticon-Ngakak (S)
banyak pernyataan dia yg aneh. Kaya yg jilbab itu tidak wajib, kata dia..emoticon-Big Grin
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 17:35
ane ga ngerti
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 17:35
Ikut pantau aja gan
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 17:39
Postingan yang cukup bagus bangt Gan...
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 17:39
Ijin Mantau ya Gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 17:45
Emng bener gan... Masalah masuk surga ato neraka tu haknya allah swt.... Al quran adalah panduan agar masuk surga dan tidak masuk neraka tapi tetep aja allah SWT yang menentukan.... Mangkanya kalo belajar tu cari guru sama temen diskusi yg banyak... Biar ga kaya katak dalam tempurung
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 17:49
ada ada baca juga tuh gan di sumber lain katanya orang-orang ga ngerti maksud perkataan beliau, cuman sepenggal aja gitu ngambil statementnya beliau, alhasil jd salah paham gitu mengenai maksud perkataan beliau
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 17:54

ane orang indonesia gan, dan ane orang yg setuju dengan agan yg ini.
emoticon-Cool

Quote:Original Posted By agusgakgokil
begitulah orang indonesia gan, lebih menangkap apa yang di-"ucap" daripada apa yang di-"maksud"

Diubah oleh alwanrasacoklat
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 18:18
mungkin mereka kurang memahami kalimatnya, kakak..
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 18:19
Begitulah orang Indonesia gan emoticon-Gila
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 18:25
semoga cepat selesai emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 18:30
saya udah lama gak ngikutin pak prof QS ini gan,sejak beliau bilang di acara talk show bahwa jilbab tidak penting bagi wanita yang penting adalah pakaian terhormat...
ya udah gitu deh... cek ricek aja di yutub gan...
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 18:34
,kalo beramal hanya ingin masuk surga? Surga bukan tujuan hidup bray emoticon-Cool
sorry kalo ane ada salah-salah kata
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 18:38
Quote:Original Posted By rtsetempat
Kayanya nilai bahasa indonesianya kurang nih..emoticon-Ngakak (S)
banyak pernyataan dia yg aneh. Kaya yg jilbab itu tidak wajib, kata dia..emoticon-Big Grin


emang jilbab ngga wajib gan, yang wajib ntu nutup aurat.. *cmiiw
0 0
0
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
17-07-2014 18:42
ilmu sepotong sepotong bagai nieztce yg tak bersimpak,
0 0
0
Halaman 56 dari 76
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia