0ralucuAvatar border
TS
0ralucu
[Orang Sudah Pada Hilang Akal oleh Pilpret] Gempa 5,6
Gempa 5,6 SR Guncang Pacitan Jatim


Pacitan - BMKG melaporkan bahwa telah terjadi gempa 5,6 SR pada Senin (14-7-2014) pukul 12.05 Wib di 104 km tenggara Pacitan atau 109 km barat data Trenggalek, Jawa Timur.

"Pusat gempa berada di Samudera Hindia pada kedalaman 10 km. Gempa tidak berpotensi tsunami," kata Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam rilisnya yang diterima beritajatim.com, Senin (14/07/2014).

Sedangkan (Badan Geologi Amerika (USGS) mencatat gempa 5,7 SR dengan kedalaman 59,5 km. Berdasarkan peta guncangan gempa, daerah di sekitar Pacitan hanya berskala IV MMI (Modified Mercali Intensity) atau ringan.

"Kejadian gempa disebabkan aktivitas subduksi yang terbentuk akibat tumbukan antara lempeng Benua Eurasia dan lempeng Samudera Indo-Australia,"imbuhnya.

Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke beberapa BPBD. Guncangan gempa dirasakan berintensitas sedang selama 3-10 detik di Pacitan, Trenggalek, Malang, Wonogiri, Yogyakarta, dan Tulungagung.

Sebagian masyarakat berhamburan keluar rumah dan bangunan. Kondisi saat ini sudah normal kembali. Belum ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa tersebut.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempabumi dan tsunami. Gempabumi bersifat quick on set atau cepat tanpa ada tanda-tanda sebelumnya serta berlum dapat diramalkan. Segera keluar dari bangunan dan mencari tempat yang aman saat gempa.[ted]

Quote:


di solo tadi terasa halus goyangannya emoticon-Malu (S)
waspada ...waspada...waspadalah...emoticon-Berduka (S)
0
1.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.