chatarinneAvatar border
TS
chatarinne
Jawa Barat yg Miliki Pemilih Terbesar (18%), Etnis Sunda Condong ke Prabowo-Hatta
Etnis Sunda Condong ke Prabowo-Hatta, Jawa ke Jokowi-JK
Senin, 07 Juli 2014, 21:52 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyatakan, dua pasangan capres-cawapresw masing-masing unggul di segmen kesukuan. LSI mengambil dua suku terbesar di Indonesia, yaitu Sunda dan Jawa.

"Kita ambil suku terbesar di Indonesia, karena mewakili sebagian besar pemilih di kota besar," kata peneliti senior LSI Fiitri Heri di Jakarta Timur, Senin (7/7).

Bagi Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, basis partai koalisi di Jawa Barat membuat pasangan tersebut unggul di segmen pemilih Sunda. Pasangan nomor urut satu itu mendapat 61,40 persen dukungan dari pemilih sunda.

Sedangkan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) hanya mendapat 34,14 persen. Sementara yang belum menentukan sebesar 4,46 persen.

Di segmen pemilih Jawa, Jokowi-JK mampu mengungguli Prabowo-Hatta. Pasangan nomor urut dua tersebut mendapat 52,18 persen. Sedangkan Prabowo-Hatta mendapat 39,10 persen dengan pemilih mengambang sebesar 8,72 persen.

"Kita tahu base PDIP berada di Jawa, jadi bisa kita lihat bahwa dukungan terhadap Jokowi cukup kuat di sana," ujar Fiitri.

Survei dikumpulkan 2-5 juli 2014 dengan metode multistage random sampling dengan metode tatap muka dan kuisioner. Margin of error sekitar dua persen dengan jumlah responden sebanyak 2.400 dilakukan

Survei juga dilengkapi juga riset kualitatif melalui FGD, depth interview dan media analisis.
http://www.republika.co.id/berita/pe...wa-ke-jokowijk


Aher: Jawa Barat Milik Prabowo-Hatta
Minggu, 29 Juni 2014 00:04:00 WIB

Bandung, HanTer - Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta wilayah Jabar Ahmad Heryawan mengumumkan beberapa hasil survei elektabilitas calon Presiden/Wakil Presiden Prabowo-Hatta terus meningkat di Jabar mengungguli calon lainnya Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

"Saat ini elektabilitas Prabowo jauh dari Jokowi. Beberapa survei menyebutkan pasangan JKW-JK kalah," kata Heryawan saat menghadiri Deklarasi Dukungan Gusdurian, komunitas pendukung almarhum KH. Abdurrachman Wahid di GOR Citra Arena, Kota Bandung, Sabtu (28/6).

Ia menuturkan hasil survei itu diyakini Prabowo-Hatta menang meraih suara terbanyak pada pemilihan presiden 2014 di Jabar. Bahkan, lanjut dia, kemenangan Prabowo-Hatta akan terjadi di tingkat kota/kabupaten yang menjadi basis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) partai pengusung Jokowi-JK.

"Meski pusat merah, kampanye Prabowo-Hatta lebih hebat dibanding Jokowi. Ini pertanda kalau di kandang merah (basis PDIP) Prabowo-Hatta akan menang," kata Gubernur Jabar dikutip Antara.

Adik kandung Prabowo, Hasyim Djojohadikusumo yang hadir dalam deklarasi itu menyatakan sama bahwa Prabowo-Hatta akan menang di Jabar.

Berdasarkan hasil survei di Kota Bandung, ujarnya, Prabowo-Hatta unggul sebesar 21 persen atau di atas calon lainnya Jokowi-JK. "Selain di Jabar, Prabowo-Hatta unggul di Jawa Timur serta provinsi lainnya," katanya.

Pemilu 2014 diikuti dua pasang kandidat, yaitu Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK. Prabowo-Hatta didukung enam partai, Jokowi-JK didukung lima partai
http://www.harianterbit.com/read/201...-Prabowo-Hatta

Ini Rekaman Denny JA yang menyebut Jokowi Kalah
Selasa , 08 Juli 2014 02:37

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Jelang pencoblosan Pilpres 2014 beredar rekaman dari CEO Lingkaran Survai Indonesia (LSI), Denny JA yang menyebut pasangan nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla jauh tertinggal dari pasangan nomor urut 1, Prabowo-Hatta. Pernyataan itu diungkapkan di tim pemenangan di salah satu kota Jawa Barat.

Rekaman yang juga ditemukan Rakyat Sulsel Online, tersebut, Denny menyebut inilah kondisi 13 hari dari pemilihan. Dia juga menyebut provinsi Jawa Barat dengan populasi yang terbesar. “Kita punya 33 provinsi di Indonesia. Populasi rata-rata 3 persen. Tapi di Jawa Barat, sendiri populasinya 18 persen. Berarti Secara nasional, tanah provinsi Jawa Barat itu sama dengan 6 provinsi di tempat lain.” kata Jenny
http://rakyatsulsel.com/ini-rekaman-...owi-kalah.html

--------------------------

Mana maulah orang Sunda memilih Jokowi, sebab ibarat Raja, kalau mengangkat jokowi sebagai Presiden, berarti orang Sunda punya raja orang jawa lagi!


emoticon-Ngakak
0
4.9K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.