Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
1310
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5200b39ef9ca17056b000002/cara-mengakhiri-kutukan-sebagai-quot-mahasiswa-abadiquot
Cara mengakhiri kutukan sebagai "Mahasiswa Abadi" Setelah kita menikmati masa-masa indah di bangku sekolah, Kuliah menjadi tujuan selanjutnya untuk menimba ilmu. Dan di Kuliah kita dapat m
Lapor Hansip
06-08-2013 15:28

Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"

Past Hot Thread
Cara mengakhiri kutukan sebagai "Mahasiswa Abadi"

Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"


Setelah kita menikmati masa-masa indah di bangku sekolah, Kuliah menjadi tujuan selanjutnya untuk menimba ilmu. Dan di Kuliah kita dapat menjadi diri kita dengan memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan dan minat kita.

Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"

Quote:Dan kebebasan pun kita dapatkan ketika memasuki bangku kuliah karena dapat mengatur jadwal kuliah sendiri. Istilahnya sesuai dengan apa yang lu mau.

Dan untuk masalah absen pun Bebas mau masuk atau tidak karena tidak ada dosen yang memarahi mahasiswanya apabila tidak masuk di mata kuliahnya.

Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"


Akan tetapi harus kita ingat bahwa Kuliah pun tetap seperti sekolah dikarenakan ada batas waktu untuk masa studi. Seperti sekolah kita wajib belajar 9 tahun. Di Kuliah pun ada masa waktunya yaitu dengan kisaran
3 - 3,5 tahun untuk masa studi normal kira-kira paling lama lulus semester 8 gan. nah tapi di kuliah Pun mahasiswa bisa dikenakan DO (dikeluarkan) apabila mencapai 14 semester tidak lulus (kira-kira 6-7 Tahun). Dan mendapat predikat sebagai "Mahasiswa Abadi".

Kalau di sekolah masa studi diakhiri dengan ujian akhir, tapi di bangku kuliah ujian terakhir selalu dikenal dengan nama yang menakutkan yaitu "SKRIPSI". Dan penyebab mahasiswa lama lulus karena tidak selesai untuk menyelesaikan skripsi.

Penyebab mengapa "Mahasiswa Abadi" lama menyelesaikan skripsi :
(Menurut pengalaman ane)

1. Dosen Yang tidak pernah mau sepaham dengan kita, apabila kita konsultasi selalu disalahkan
2.Topik yang kita mau sudah banyak diteliti oleh banyak orang, sehingga sulit untuk mendapatkan topik yang sesuai dengan minat kita
3.Bertemu dengan teman-teman yang suka jalan, jadinya skripsi ditinggal dan ikut teman hepi-hepi aja
4.Putus/ ditinggal pacar jadi terbebani dan menurunkan semangat kita untuk menyelesaikan skripsi
5.Kita sudah bekerja, jadi kita lebih baik meninggalkan bangku kuliah karena sudah bisa mendapatkan uang
6.Adanya masalah di kehidupan sehingga mengganggu kehidupan kuliah, seperti permasalahan di keluarga, dengan teman ataupun pekerjaan
7.Sudah mencapai BAB terakhir di Skripsi tetapi disuruh mengulang kembali dari awal dan dengan waktu yang mepet
8.Terlalu lama bolos kuliah sampai lupa masih kuliah atau sudah Di DO (ini yang paling parah rasanya kayak hilang ingatan)
9.Menikah dini membuat kita keluar dari perkuliahan karena sudah ada beban keluarga
10.Sudah merasa jengkel dan emosi dengan dosen sehingga malas untuk bertemu. Padahal Dosen yang membimbing mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi

Bila tidak diselesaikan dengan segera maka bisa-bisa banyak hal yang terjegal karenanya, dari mulai mencari pekerjaan, tuntutan orang tua, desakan calon mertua untuk segera menikah, banyaknya biaya serta waktu kuliah yang tidak sebentar, yang akan hilang begitu saja karena di akhir masa studi, kita tidak dapat menyelesaikan skripsi tepat pada waktunya.

Tidak jarang mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan studinya karena tersandung di urusan skripsi ini, mereka putus asa karena tidak jua dapat merampungkan skripsinya, dari mulai tidak mendapatkan judul atau tema yang tepat, dosen pembimbing yang sentimen, referensi yang kurang, buku-buku yang sulit didapatkan, biaya penelitian yang besar dan sebagainya. Sehingga tidak jarang duri dalam daging itupun masuk ke dalam pembuluh darah dan menyerang ke jantung, sehingga duri itupun benar-benar membunuh kita.

Ane sendiri membuat thread ini karena pengalaman ane sebagai mahasiswa abadi sudah sangat menyakitkan dan merasa tidak layak untuk hidup di lingkungan kampus. Ane sendiri kuliah normal 3 tahun tapi skripsi nda kelar-kelar ampe 3,5 tahun. Jujur aja banyak bertemu teman-teman yang sudah kerja ato kumpul-kumpul bertanya udah kerja ta?? atau udah usaha apa dan ane selalu bilang masi kuliah . mereka tertawa Dan bilang "kok lama lulus??".

Jujur aja ane sendiri merasa terjatuh sejatuh-jatuhnya paling dalam dengan tuntutan dari mental dan lingkungan sekitar. saya sempat 2 tahun menghilang dan tidak pernah menyentuh kampus. Dan pada suatu titik terendah ketika memasuki smstr 13 (Belum 14 gan haha) ane pun mendapat pencerahan yang tidak tahu dari mana datangnya dan ini yang mau saya bagikan untuk para teman2 mahasiswa abadi bahwa "Kita mampu untuk lulus skripsi dan menyandang gelar perkuliahan sesuai dengan jurusan yang kita pilih " jadi disini ane mau bagi tips sedikit untuk agan-agan.

Ini TIPS -TIPS UNTUK MENGAKHIRI KUTUKAN SEBAGAI MAHASISWA ABADI


1.Tips pertama,
Berdoalah kepada Allah, Terkadang kita lupa untuk berdoa, padahal doa itu bukan hanya setelah kita berikhtiar akan tetapi sebelum kita berikhtiar, ketika kita berikhtiar dan setelah kita berikhtiar, di sepanjang ikhtiar kita, dari awal hingga akhir, kita perlu berdoa kepada Allah. Sehingga skripsi kita dalam pengerjaannya selalu dapat diberikan jalan kemudahan dan dapat segera diselesaikan.

Tips yang kedua,
Bangun motivasi yang kuat dengan target yang jelas serta berkomitmenlah terhadap apa yang sudah direncanakan. Kadang-kadang kita lupa tujuan utama kita menulis skripsi itu apa. Buat motivasi yang jelas, misalnya saja, saya ingin segera menyelesaikan skripsi agar semester depan ayah ibu saya yang di kampung bisa melihat anaknya wisuda, dan mereka pun bahagia. saya harus segera selesai skripsi, supaya semester depan tidak bayaran lagi, kerena uang semesterannya dapat digunakan untuk keperluan lain, atau misalnya saya harus segera skripsi, agar tahun depan sudah bisa meminang calon isteri, dan sebagainya. Bangun motivasi, apapun itu usahakan buat sepersonal mungkin dengan anda. Kemudian buatlah target, dalam bagan atau table, misalnya saja, dua minggu pertama proposal harus selesai, dua minggu berikutnya bab I dan seterusnya. lalu berkomitmenlah dengan rencana tersebut. berikan hadiah kecil bagi diri anda, setiap anda dapat melalui tahapan rencana tersebut dengan baik. buat juga konsekwensi bagi diri anda setiap anda tidak dapat melalui tahapan rencana tersebut sesuai dengan jadwal. Ingat cerita sumpah palapanya patih Gajah Mada yang hendak menyatukan nusantara itu? ya, kira-kira seperti itu lah.

Tips ketiga,
Tentukan tema tulisan anda. Pilihlah tema yang menarik bagi anda, tema yang membuat anda penasaran. kemudian, pastikan bahan dan sumber-sumber datanya berlimpah dan mudah diperoleh. mengapa anda harus memilih tema yang menarik bagi anda? agar dalam mengerjakan skripsi, anda akan merasa senang, karena tema tersebut adalah tema yang menarik bagi anda. bila saja anda memilih tema yang tidak menarik bagi anda, maka boleh jadi anda akan merasa benar-benar sengsara dalam mengerjakan skripsi anda.

Tips keempat,
Buatlah outline. Membuat outline atau kerangka karangan sangat penting sebagai panduan, apa saja yang akan dituangkan dalam skripsi anda. Dari situ kemudian dapat dikembangkan dalam kisi-kisi yang kemudian dikembangkan lagi menjadi tulisan. Sehingga, anda dari awal sudah dapat memprediksikan apa saja yang akan anda tulis dalam skripsi anda.

Tips kelima,
Skripsi itu dikerjakan bukan dipikirkan saja, artinya jangan pernah berhenti dalam mengerjakan skripsi, bila kita rencanakan skripsi selesai dalam 3 bulan, maka di 3 bulan tersebut jangan biarkan diri kita berhenti untuk fokus menuliskan skripsi tersebut. Jangan berikan celah bagi rasa malas atau apapun itu menyelinap ke dalam pikiran kita. Kembalilah ke fokus jalan yang sudah direncanakan bila ternyata anda tergoda untuk melakukan yang lainnya.

Tips keenam,
Jangan takut salah lalu mudah menyerah. Terkadang dalam mengerjakan skripsi itu kita takut salah, padahal memang harusnya salah, karena tanpa tau yang keliru maka kita tidak tau mana yang seharusnya. Jangan sungkan untuk selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing, karena memang tugas dosen pembimbing adalah membimbing anda. Tunjukkan padanya bahwa anda adalah mahasiswa yang gigih dan memiliki daya juang yang tinggi. Jangan mudah menyerah dalam menyelesaikannya. Bila salah, segera perbaiki, salah lagi, perbaiki lagi, salah lagi, perbaiki lagi, insyaAllah sejutek apapun dosen pembimbing anda, hatinyapun akan luluh. Namun bila memang ternyata anda memiliki masalah yang tidak terpecahkan dengan dosen anda, maka anda sebenarnya memiliki hak untuk meminta pertimbangan dari dekan atau ketua program studi anda untuk mendapatkan dosen pembimbing yang lain, tentunya dengan menjunjung tinggi nilai-nilai etika agar setiap pihak merasa bahwa keputusan yang diambil adalah win-win solutions.

Tips Ketujuh,
Bekerjalah secara berkelompok, buat grup diskusi atau sejenis tim yang satu sama lain saling bersepakat untuk dapat bersama-sama menyelesaikan skripsi dengan segera, biasanya teman sekelas, seangkatan atau sepermainan. Meskipun satu dengan yang lainnya mengangkat tema yang berbeda akan tetapi keuntungan yang diperoleh dari berkelompok ini dapat bersifat moril maupun secara praktis, misalnya saja, antara satu dengan yang lain dapat saling memberikan semangat, saling membantu menemukan referensi literatur, bahkan dapat membantu dalam pengumpulan data, membuat simulasi sidang ujian, saling sharing kendala untuk mencari solusinya, dan lain sebagainya.

5 Jawaban Yang Bisa Kamu Siapkan Kalau Ditanya “Kapan Lulus?

Caranya Adalah

Sumber: Berbagai Sumber emoticon-Kaskus Radio


Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"

POKOKNYA TS BERHARAP BAGI SIAPAPUN YANG BELUM LULUS ATO MENYANDANG PREDIKAT MAHASISWA ABADI JANGAN MENYERAH.. PANTANG MUNDUR GAN emoticon-Ngakak

Quote:Agan-agan yang mau sharring juga seputar perkuliahan juga boleh gan supaya kita sama2 nambah pengalaman emoticon-Kaskus Radio

Quote:
Masukan dari Agan dan Aganwati


Pemberi Semangat - Kata Mutiara emoticon-Jempol

Kata Mutiara


Quote:Original Posted By soulthonz
nice info gan.
tp ga selamanya mahasiswa abadi itu malas. contoh aja dosen ane kuliah mpe 14 semester skg dia sukses bannyak pengalaman berharga di bandingin dosen ane yg lulus cpet tp ga bs apa2

Quote:Original Posted By awalaja
sungguh thread ini cocok banget sama keadaan ane saat ini
dah jalan 5 setengah taun ane kuliah sekarang lgi skripsian

doakan ane lulus tahun ini gan emoticon-Matabelo

ane doakan agan yang bernasib sama cepet lulus dan agan yang lain dimudahkan dalam urusannya amin
emoticon-shakehand:



Suport Mereka Gan
Need Support

Ada yang memberi dukungan emoticon-Matabelo
Penyemangat


Ada Juga Yang membongkar Aib teman emoticon-Ngakak

spoiler


Ada Juga Yang Berhasil Melepas Predikat "Mahasiswa Abadi emoticon-2 Jempol
Selamat Gan

Petikan Dari Film
Kocak Gan


TS CMN BERHARAP SEMOGA AGAN DAN AGANWATI


Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"

LULUSDan Mengejar Hidup Yang Tertunda


INILAH SAATNYA!!!


THX Min,Mod, Agan & Aganwati HT#43- 6 Juli 2014

Cara Mengakhiri Kutukan Sebagai Mahasiwa Abadi

Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"


DAFTAR THREAD HT ANE LAINNYA ADA DI #3

Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
Diubah oleh vale2009
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
47.4K Anggota • 909.5K Threads
Halaman 59 dari 67
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 09:56
Wewww, guebangetz nihh..
Dan yang bikin ane terharu tuh dosen pembimbing ane yang ga bosen bosennya ngingetin, nelfonin ane biar ntu skripsi lekas digarap.
Rasa-rasanya jarang banget model dosen yg perhatian kek gitu yah?
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 09:58
ane dulu suka ngatain kakak kelas yg g lulus lulus akhirnya ane kena karma lulusnya juga lama emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 09:58
jadi inget jaman dulu gan.
selamat berjuang yg lagi skripsi , percayalah tekanan skripsi tidak ada apa2nya dibandingkan tekanan dunia kerja.hehe
semangat!!
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:00
kerjain skripsi secepat mungkin yah gan...
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:00
Thanks ganti tipsnya walaupun ane baru mau msk kuliah
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:02
wah untung ane lulus tepat waktu, ane mah kaga kuat uang bangunan ma sks nya emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:03
buat semuanya yg masih abadi semangat ajha,nga ada koq yg nama'y selalu gagal toh bumi ajha bulat kadang di atas kitanya ada juga bisa di bawah kita nya jga,yg penting usaha nya ajha gan ya,semoga predikat mahasiswa abadi nnti akan berakhir'y.dan yg mau kuliah belajar lah dari mahasiswa abdi juga,karena nnti kita tau bagaimana supaya nga kaya mereka ,,,,,,,,,,emoticon-2 Jempolemoticon-Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-Jempolemoticon-2 Jempol
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:04
Belajar ato ambil jurusan yg kita bisa
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:04
tips dari ane
1. kerja keras
2. kerja cerdas
3. kerja tuntas
4. kerja ikhlas

silahkan dipikirkan sendiri tips dari ane emoticon-Big Grin
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:06
ane lulus 3 stgh taon gan.

yang penting niat aja sih kalau menurut ane, klo cuma mikir maen2 ente nya harus balik mikir lagi, ga kasian sama ortu dah cape2 cari duit buat kuliahin kita? masa kita buang2 uang mereka aja bisanya, padahal agan udah umur 20 lebih loh.

mendingan buruan lulusin, trus cari duit dpt kerja, daripada kuliah dilama2in cuma buat maen2 aja.. serius sayang banget umur ente bos. pas udah kerja tuh waktu kita sedikit banget untuk kumpulin duit buat modal nikah.
Belum lagi pas kerja kan ente harus kasih uang ke ortu dan kalau bisa nanggung biaya hidup dirumah.. kayak ane gini..

jadi nabung untuk nikah tuh bener2 butuh perjuangan nanti selepas ente udah lulus kuliah.
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:10
kamu joos gaan... buat obat mujarab sohib2 ane nie ciakaka..
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:10
bagus nih, ngasih pencerahan buat yg udah lama jadi mahasiswa tapi gak lulus-lulus. izin share ya gan.....

btw, ane masuk tahun ke-4 (sem.7) nih gan, walaupun blm "abadi" ane terpikir kembali untuk cepat lulus tepat waktu karena thread ini. Thx ya........ dan doain juga ane biar cepet wisuda emoticon-Big Grin

ohh ya, tips buat ngejawab pertanyaan orang yg nanya2 kapan lulus juga manteb deh. apalagi yg nyuruh remes biji. hahaha...........
Diubah oleh fadhlaniouz
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:16
lebih cepat lebih baik yah gan....
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:17
wah keren gan tips2 nya nanti kalo ane udah kuliah patut di praktekan emoticon-Big Grin
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:18
5,6,8 ane banget tuh gan.....
tapi kok ane "agak" seneng jd status mahasiswi trs ya... serasa masih muda trs emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:18
Setidaknya ane harus mempersiapkan diri sejak sekarang, biar ga dapet gelar itu emoticon-Matabelo
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:22
semoga sukses dan dibri kemudahan gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:24
skripsi hhahahhaha bikin stress gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:25
tips bermanfaat nih gan buat ane yg mau kuliah emoticon-Shakehand2
0 0
0
Cara mengakhiri kutukan sebagai " Mahasiswa Abadi"
07-07-2014 10:28
Tergantung kita dan dosen pembimbing kita juga. kita udah berusaha tapi dosen pembimbing tetep tidak puas....
0 0
0
Halaman 59 dari 67
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia