denndie.Avatar border
TS
denndie.
Elevania membingungkan dan menyesatkan pelanggan
Pada tanggal 18 Juni saya melakukan pembelian Netbook ASUS tipe X200CA warna putih, dari elevenia.co.id seharga Rp. 2.587.500 + Rp.125.000 (Ongkos kirim). dimana pesanan saya tersebut baru diantar hari sabtu 21 Juni 2014, dan karena menggunakan pengiriman ekspres maka besok malamnya tanggal 22 Juni 2014 pukul 21.00wib saya baru menerima barang itu. Pada awalnya barang tersebut terlihat tidak ada masalah, sehingga saya menitipkan ke teman saya untuk proses instal OS dan lainnya. Lalu barang tersebut baru kembali ke tangan saya pada hari selasa malam 24 Juni 2014. Karena saya lebih banyak menggunakan PC, jadi Netbook ASUS X200CA tersebut hanya saya pakai sebentar untuk test saja. Namun esok harinya tanggal 25 Juni 2014 pada malam harinya ketika saya ingin menggunakan NETBOOK tersebut ternyata di layar terdapat garis dead pixel, dan di touchpad ketika tangan saya tempelkan (tidak bergerak) kursor dapat bergerak sendiri.

Kemudian saya melakukan kontak ke elevenia untuk proses retur, CS Elevenia yang pertama (Perempuan, saya lupa namanya) mengatakan kalau barang yang sudah dikirim dan diterima baik tidak dapat dikembalikan. Saya berusaha menjelaskan kalau saya tidak melakukan tindakan ilegal apapun atas barang ini, tetapi kelihatannya pihak elevenia tidak mau tahu, dan karena saya ngotot akhirnya dia berjanji mau menyampaikan ke pihak seller (L'A TECH). dan beliau berjanji memberi saya kabar secepatnya.

Besoknya saya membawa netbook saya ke ASUS Service Center di Surabaya, pada awalnya saya mendapat masalah karena saya tidak diberikan faktur penjualan oleh seller. Sampai akhirnya saya berjanji akan mengusahakan faktur pembelian dari elevenia (yang tidak pernah diberikan kepada saya) untuk klaim garansi. Tetapi, pihak ASUS Surabaya mengatakan kalau lebih baik saya mengembalikan ke pihak toko, karena sebelum 6 hari biasanya masih tanggung jawab toko. Dan ASUS Surabaya mengatakan proses servis akan memakan waktu 3 minggu, tentu saja saya keberatan - saya baru memegang barang ini 3 hari tapi harus saya serviskan 3 minggu.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengejar pihak seller kembali dalam hal ini elevenia, karena pihak elevenia tidak mengizinkan saya berbicara dengan penjual / toko.
Kamis 26 Juni 2014 pukul 13.00wib saya menghubungi pihak elevenia kembali, waktu saya menjelaskan apa yang sudah saya lakukan sebelumnya (pembicaraan tadi malam dengan CS elevenia dan pihak ASUS Surabaya) bapak itu mengatakan kalau saya diperbolehkan melakukan retur ke alamat Mangga dua square Lantai 1 blok A no 201, Sawah Besar, Jakarta Pusat (Toko L'A TECH) lalu diminta untuk mengirimkan bukti resi pengiriman ke cs@elevenia.co.id - setelah saya menutup telefon, saya sedikit curiga, karena nanti kalau saya mengirim kesana apa bukti yang bisa saya pegang. Maka saya mengirimkan email ke cs@elevenia.co.id perihal pengembalian barang, tetapi sampai surat ini saya tulis belum juga saya mendapatkan balasannya. Akhirnya pada pukul 16.20wib pada hari yang sama saya menghubungi pihak elevenia kembali dan kali ini diterima sdr. Angga - lucunya adalah sdr. Angga mengatakan kalau pembicaraan saya dan CS yang tadi siang saya hubungi tidak benar, artinya saya harus melalui prosedur dll, padahal saya katakan kalau laporan saya sebenarnya sudah diproses. Logikanya adalah bagaimana saya bisa dapat alamat retur kalau laporan saya belum diproses. Dengan kesal saya desak sdr.Angga untuk berjanji menghubungi saya kembali, perihal konfirmasi retur. Beliau menyanggupi untuk menghubungi saya satu jam, tapi saya tunggu sampai pukul 18.00wib belum juga ada telepon dari elevenia.

Akhirnya saya menghubungi pihak elevenia kembali dan diterima oleh sdr. Eki - disini puncak kekesalan saya, beliau mengatakan kalau tidak ada CS yang bernama Angga, berarti kesimpulan saya CS yang saya call pukul 16.20wib tadi memberikan identitas palsu kepada saya, dan terpaksa saya menceritakan kembali permasalahan saya, dengan perasaan yang sangat kesal tentu saja, untung saya masih dapat menjaga kata-kata saya. Sampai akhirnya sambungan telepon tiba-tiba terputus. Kalau saya menghubungi lagi saya yakin saya harus menjelaskan permasalahannya lagi, jadi saya putuskan untuk menunggu dulu.

Pukul 19.00wib pihak Elevenia bernama Ibu Indri menghubungi saya dan menanyakan informasi dari saya kembali, beliau berjanji besok (hari ini 27 Juni 2014) akan menghubungi saya kembali setelah melakukan konfirmasi ke pihak penjual. Akhirnya mau tidak mau saya menunggu kembali, dan sampai sekarang saya masih belum mendapat kepastian apa-apa dari pihak elevenia.

Poin Keluhan saya :
1. Customer yang tidak boleh menghubungi seller langsung, hal ini bisa dimaklumi apabila CS dapat menyelesaikan masalah, tapi pada kenyataannya sangat berbeda.
2. CS yang tidak memiliki database yang bagus, sehingga tiap CS memiliki pemahaman yang berbeda tentang cara menyelesaikan persoalan.
3. CS Menggunakan nama palsu, hal ini sangat fatal dan memalukan, tidak perlu saya jelaskan lebih lanjut.
4. Pihak Elevenia tidak proaktif untuk membantu customer, padahal saya diburu waktu 6 hari yang diungkapkan oleh pihak ASUS Surabaya, tapi sepertinya pihak Elevenia tidak mau tahu akan hal ini. Dan hanya terkesan mengedepankan masalah prosedural saja.

Spoiler for barbuk email saya dan elevenia:


Tujuan saya menulis ini bukan untuk melakukan blocking, tapi saya menghimbau kepada kaskuser agar ketika berbelanja di Elevenia barang yang non garansi saja. karena untuk proses klaim garansi yang bermasalah elevenia terkesan lepas tangan.

Spoiler for barbuk 2 - Dead pixel:
Diubah oleh denndie. 30-06-2014 14:42
0
13.5K
25
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.