alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.69 stars - based on 55 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/538c4c38ac07e70c6c8b4574/aneka-pangan-pengganti-nasi-yang-perlu-kita-ketahui
Lapor Hansip
02-06-2014 17:04
Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Ada disekitar kita yang perlu kita ketahui bersama
Past Hot Thread
Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Alhamdulillah HT Ke-15 Ane gan


Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui
Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui


Quote:
Quote:
Mukaddimah

Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
“Belum makan kalau belum makan nasi.” Adalah uangkapan sebagian besar masyarakat Indonesia yang telah terdistorsi pola makan dan mindset-nya. Distorsi ini terjadi pada generasi tahun ’70-an dan anak-anaknya sebagai akibat dari kesalahan informasi dan persepsi tentang aneka produk lokal sebagai sumber karbohidrat.(Dr. Ir. H. Nur Mahmudi Isma’il, M.Sc. -Wali Kota Teladan Tingkat Nasional 2013 untuk kategori Diversifikasi Pangan)

Kutipan di atas ada benarnya. Hampir mayoritas masyarakat Indonesia mempunyai mind set seperti di atas. Meskipun di beberapa daerah tidak mempunyai pola pikir seperti itu, karena mereka memang tidak mengenal nasi dari beras sejak kecil disebabkan lahan sawah yang tidak ada dan pola konsumsi turun temurun. Berikut adalah beberapa jenis bahan pangan berupa umbi-umbian yang kandungan karbohidratnya sama dengan nasi bahkan, terhitung lebih sehat daripada nasi yang memiliki kandungan indeks glikemiks yang begitu tinggi. Kita ketahui bahwa kadar IG adalah salah satu penyebab timbulnya penyakit degenaratif seperti diabetes melitus dan penyakit komplikasi lainnya.

Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Aneka Pangan Pengganti Nasi Disekitar Kita

Quote:
Quote:
Ganyong


Quote:
Ganyong (Canna Edulis Kerr) merupakan tanaman herbal yang berasal dari Amerika Selatan. Seiring dengan perkembangannya, tanaman ini menyebar ke berbagai daerah di dunia. Di Indonesia, dikenal dua varietas ganyong, yaitu ganyong merah dan ganyong putih. Ganyong merah ditandai dengan warna batang, daun, dan pelepah yang berwarna hijau atau ungu. Sementara ganyong putih memiliki warna batang, daun, dan pelepah berwarna hijau, serta sisik umbinya berwarna kecokelatan. Ganyong merupakan tanaman yang cukup potensial sebagai sumber karbohidrat. Umbinya yang berasal dari tanaman yang sudah dewasa dapat dimakan dengan diolah terlebih dahulu atau diambil patinya. Sementara itu, umbi yang masih muda dapat dimakan dengan cara dibakar atau direbus terlebih dahulu. Ganyong juga dapat digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan nasi jagung.

Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Garut


Quote:
Garut merupakan tanaman penghasil karbohidrat yang potensial untuk dikembangbiakkan. Umbi garut memiliki kadar pati yang cukup tinggi sehingga tidak kalah dengan jenis umbi-umbian lain. Pati garut mempunyai tekstur yang sangat halus dan mudah dicerna karena disusun oleh amilosa dan amilopektin sehingga dapat dibuat sebagai campuran produk yang menggunakan tepung ubi kayu, seperti cendol dan kerupuk. Selain itu, dapat juga dibuat sebagai campuran pembuatan produk yang memakai campuran bahan lain seperti udang, ikan, pempek, sohun, dodol jenang, kue dadar, kue semprit, mie, roti, dan aneka kue tradisional lain.


Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Labu Kuning


Quote:
Labu kuning atau waluh (Cucurbita Moschata) dapat diolah menjadi aneka makanan. Memiliki kandungan beta karoten dan serat kasar yang tinggi. Tepung labu kuning memiliki aroma khas dan warna kuning yang dapat diolah menjadi aneka makanan. Berdasarkan nilai gizinya, tepung labu kuning memiliki kandungan gizi yang lebih unggul daripada tepung terigu dan tepung beras. Tepung ini sangat baik digunakan untuk bahan fortifikasi pangan untuk meningkatkan nilai gizi, khususnya pada anak-anak.

Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Sukun


Quote:
Sukun (Artocarpus artilis) merupakan tanaman buah yang mengandung karbohidrat. Sebelum mengenal padi, dahulu masyarakat mengonsumsi sukun sebagai makanan pokok. Sebagai buah yang mengandung karbohidrat, sejak dulu sukun juga sudah biasa dijadikan sebagai cadangan pangan sumber karohidrat jika terjadi kemarau panjang atau jika terjadi penurunan produksi padi, jagung, dan umbi-umbian. Sukun mengandung karbohidrat, sukun juga banyak mengandung unsur-unsur vitamin seperti kalsium (Ca), zat besi (Fe), vitamin B1, B2, dan vitamin C. Juga mengandung asam amino esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh manusia. Kandungan protein dan karbohidrat sukun segar lebih tinggi dari ubi kayu, ubi jalar, dan kentang. Apabila sudah dibuat dalam bentuk tepung, nilai gizinya setara dengan beras.


Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Kimpul


Quote:
Kimpul merupakan jenis umbi yang memiliki banyak kelebihan dari nilai gizinya. Dibandingkan dengan umbi lainnya, pati yang dibuat dari kimpul lebih mudah dicerna karena granula patinya berukuran kecil dan mengandung kalsium, fosfor, vitamin A, dan B. Kimpul baik digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan makanan balita karena tingkat kecernaan patinya yang tinggi, jumlah kalsium dan fosfor yang cukup untuk pembentukan tulang, adanya vitamin B kompleks dan provitamin A.


Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Ubi Kayu (Singkong)


Quote:
Ubi kayu atau dikenal juga sebagai singkong merupakan salah satu pangan sumber karbohidrat yang sudah banyak ditanam hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Singkong memiliki kandungan energi yang cukup tinggi sehingga dapat dikonsumsi sebagai makanan pokok. Di samping itu, singkong juga mempunyai indek glikemiks (IG) rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Pati singkong tidak mengandung gluten sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita autis.


Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Ubi Jalar


Quote:
Ubi jalar memiliki nilai gizi yang tinggi, kaya vitamin dan mineral. Ubi ini juga relatif tahan lama dan jika disimpan lebih lama rasanya akan semakin manis. Selain itu, ubi jalar juga sangat potensial jika dikembangkan untuk penganekaragaman konsumsi pangan. Konsumsi ubi jalar sepanjang tahun hanya ada di Papua dan Maluku. Selebihnya, di daerah lainnya di Indonesia, ubi jalar hanya dikonsumsi dalam bentuk makanan tradisional saja seperti ubi goreng, ubi rebus, kolak, getuk, dan keripik. Di negara-negara maju, ubi jalar dijadikan makanan tradisional yang dipublikasikan setara dengan pizza atau hamburger sehingga aneka makanan ubi jalar dijual di toko-toko bertaraf internasional.

Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Pisang


Quote:
Tanaman pisang berasal dari daerah tropis Asia Tenggara di sekitar kawasan Malaysia dan Indonesia. Akan tetapi sekarang, tanaman pisang telah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia dengan sentra produksi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Pisang kaya vitamin A, vitamin C, kalsium, dan posfor sehingga pisang dapat dipakai sebagai obat luka lambung, menurunkan kolesterol darah, mencegah kanker usus, menjaga kesehatan jantung, menghaluskan kulit, dan sebagainya. Dalam bentuk tepung dan pati, pisang juga kaya karbohidrat dan protein, dapat digunakan sebagai bahan campuran pembuat roti, kue, biskuit, bubur bayi, pastry, es krim, dan puding. Berbagai jenis pisang sangat baik untuk dijadikan tepung.


Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Jagung


Quote:
Jagung (Zea Mays L) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang sangat penting. Tanaman ini merupakan tanaman jenis padi-padian (serealia) seperti padi, gandum, sorgum, jewawut, cantel, jail, dan sebagainya. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang yang berhawa sedang dan panas sebagai tanaman bahan makanan dan bahan pakan ternak. Hingga saat ini, jagung masih dapat ditemui sebagai makanan pokok di beberapa daerah, seperti Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, serta beberapa wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sebagai makanan pokok, jagung biasanya dikonsumsi dalam bentuk nasi jagung.

Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Uwi


Quote:
Uwi atau ubi kelapa merupakan sejenis umbi-umbian pangan. Uwi adalah tumbuhan merambat dan memiliki banyak sekali jenisnya. Di seluruh dunia, terdapat sekitar 600 jenis uwi-uwian. Dari 600 jenis itu, hanya sekitar 20-an saja umbi-umbian yang dibudidayakan dan dimanfaatkan umbinya. Kebanyakan dimanfaatkan untuk bahan pangan. Beberapa jenis lainnya digunakan untuk kebutuhan nonpangan, seperti untuk tanaman obat tradisional, pestisida, dan pewarna pakaian.


Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Sagu


Quote:
Sagu (pati sagu) merupakan salah satu makanan pokok daerah di Indonesia Timur (Papua, Maluku, Sulawesi Utara, dan beberapa daerah di Nusa Tenggara). Konsumsi sagu sebagai makanan pokok dalam bentuk makanan tradisional, seperti papeda, kapurung, sagu bakar, dan lain-lain.


Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Gadung


Quote:
Gadung merupakan tanaman umbi-umbian yang cukup populer walaupun kurang mendapat perhatian. Gadung menghasilkan umbi yang dapat dimakan, tetapi mengandung racun yang dapat mengakibatkan pusing dan muntah apabila tidak benar pengolahannya. Produk gadung yang paling dikenal adalah dalam bentuk keripik meskipun rebusan gadung juga banyak dimakan. Umbinya dapat pula dijadikan arak (difermentasi) sehingga di Malaysia dikenal juga dengan nama ubi arak, selain taring pelandok.


Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Gembili


Quote:
Gembili adalah jenis umbi yang merambat dengan daun berwarna hijau dan batang agak berduri. Buahnya menyerupai ubi jalar dengan ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa. Berwarna coklat muda dengan kulit tipis. Umbinya cukup besar. Kulit umbinya agak getas, tetapi tipis seperti kulit kayu. Umbi gembili apabila dikukus atau direbus sangat gurih, empuk, gembur, dan enak. Gembili juga tidak beracun seperti gadung, juga tidak gatal seperti talas.

Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Talas


Quote:
Talas (Colocasia sp.) adalah umbi pokok yang terdapat di bawah batang. Talas dapat tumbuh di tempat berair sehingga dapat ditanam di pinggir selokan, di pinggir empang, pematang sawah, dan pinggiran kali. Namun, ada juga yang ditanam di tanah kering seperti kebun, tegalan, dan bentul. Manfaat utama talas adalah sebagai bahan makanan pokok juga diolah menjadi makanan, seperti talas goreng, keripik talas, dan kue talas.


Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Quote:
Quote:
Kentang


Quote:
Bahan makanan ini tentu saja cukup populer dibanding beberapa jenis tanaman di atas. Kentang memang sudah sering dikonsumsi sebagai bahan makanan, namun belum sepenuhnya difungsikan sebagai pengganti nasi. Cara mengolah yang salah dapat membuat kandungan gizi kentang menjadi tidak optimal bahkan berbalik menjadi kolesterol jahat. Kandungan GI kentang juga cukup tinggi, sehingga perlu mengkonsumsinya dengan cara yang lebih sehat. Konsumsi kentang paling sehat adalah dengan cara direbus. Namun dibanding nasi, kentang lebih banyak variasi nutrisi dan serat dengan kalori yang lebih kecil. Kentang juga mengandung vitamin C yang cukup baik.


Quote:
Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Sumber Tulisan : T K P
Sumber Gambar : T K P


Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui

Aneka Pangan Pengganti Nasi Yang Perlu Kita Ketahui
Diubah oleh colot_nay
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 44 dari 45
15-06-2014 16:44
Nasi forever emoticon-Ngakak
0
15-06-2014 21:35
Ane paling suka makan singkong
0
15-06-2014 23:02
yang garut itu ane liatnya kayak geli2 gimana gitu gan. bentuknya malah seperti (maaf) belatungemoticon-Najis. tapi. nice inpoh gan emoticon-2 Jempol
0
16-06-2014 00:56
sebenernya tinggal dibuat regulasi yg jelas aja gan,pasti semuanya lgsg nurut emoticon-Big Grin
0
16-06-2014 02:11
kadang ane makan pisang dong klok malam. jarang makan nasi skrg, malas makan berat, krn klok nasi pasti ada lauk and sayur
0
16-06-2014 06:11
ts orang mana? semuanya menu sehari hari ane apaligi kimpul. kaya daging tanpa tulang
Diubah oleh ach.wahrun
0
16-06-2014 10:51
Nice thread gan, ane sih suka banget sama sukun goreng. tapi tetep berasa belom makan kalo belum kena nasi hehe
0
16-06-2014 12:23
mantaf, nanti di pake deh infonya itu
0
16-06-2014 15:16
keren gan emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0
16-06-2014 15:30
jd laper gan hahaha emoticon-Ngakak
btw odnr hr selasa kalo di walikota depok hehe
0
16-06-2014 16:58
banyak banget ya ternyata.. hmm i like it singkong n kentang emoticon-Kiss
0
17-06-2014 22:23
biasanya aku makan ubi rebus gan
sebagai pengganti nasi nya emoticon-ricebowl
0
18-06-2014 03:58
Quote:Original Posted By ach.wahrun
ts orang mana? semuanya menu sehari hari ane apaligi kimpul. kaya daging tanpa tulang


Ane orang Indonesia Asli gan emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By pecintakuis
Nice thread gan, ane sih suka banget sama sukun goreng. tapi tetep berasa belom makan kalo belum kena nasi hehe


Udah mainseatnya gan,,, padahal itu harus diluruskan karena salah emoticon-Sorry

Quote:Original Posted By chintyadiesty
banyak banget ya ternyata.. hmm i like it singkong n kentang emoticon-Kiss


iya gan, sayang belum dibiasakan makan itu sebagai pengganti nasi

Quote:Original Posted By Puput.Permanen.
biasanya aku makan ubi rebus gan
sebagai pengganti nasi nya emoticon-ricebowl


Keren itu gan, paling enak disajikan pas masih anget emoticon-Cendol (S)
0
18-06-2014 04:06
Kebeneran ane lg diet ga makan nasi nih
0
18-06-2014 04:29
Quote:Original Posted By illusi2011
Kebeneran ane lg diet ga makan nasi nih


silahkan diganti nasinya ama pangan yang ane sebutin di thread gan emoticon-Cendol (S)
0
18-06-2014 15:33
Yang paling suka seh neh pisang emoticon-2 Jempol simple tapi kandungannya kaya raya bangeet deh , tpi ternyata masih banyak lagi jenis lainnya yg kaya akan karbo .....thank you banget inponya gan
0
18-06-2014 15:35
Quote:Original Posted By cherine.linardi
Yang paling suka seh neh pisang emoticon-2 Jempol simple tapi kandungannya kaya raya bangeet deh , tpi ternyata masih banyak lagi jenis lainnya yg kaya akan karbo .....thank you banget inponya gan


Makasi udah mampir ya gan, semoga infonya bermanfaat emoticon-Cendol (S)
0
19-06-2014 16:49
Recomendasi urutan terbaik dari apa dulu gan?
0
19-06-2014 17:20
Quote:Original Posted By musliawan
Recomendasi urutan terbaik dari apa dulu gan?


Maaf sekali gan, ane belum bisa mengurutkan sesuai permintaan, ane juga belum punya data lengkap tentang kandungan tiap-tiap bahan pangan, cuma untuk saat ini ane merekomendasikan sesuai selera dan ketersediaan pangan tersebut, maaf ya gan emoticon-Sorry
0
Post ini telah dihapus oleh big_pati
Halaman 44 dari 45
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.