bisnis76aAvatar border
TS
bisnis76a
Anies: Relawan Tak Berbayar Jadi Modal Besar Jokowi-JK
Anies: Relawan Tak Berbayar Jadi Modal Besar Jokowi-JK


Perempuan cantik dan seksi yang tergabung dalam Relawan Jokowi Fans Club, lakukan aksi simpati bagikan bunga dan poster pasangan Jokowi-JK ke pengguna jalan, di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (16/6/2014). Aksi tersebut untuk dukungan dan pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam Pilpres 9 Juli 2014. Warta Kota/angga bhagya nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan ribu relawan yang bergabung ke Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) menjadi modal penting yang akan memastikan kemenangan pasangan itu di Pilpres 2014 mendatang.

Juru Bicara Tim Pemenangan Jokowi-JK, Anies Baswedan, menjelaskan para relawan Jokowi yang tersebar di seluruh Indonesia adalah sebuah fenomena baru di Indonesia.

Sebab mereka datang dari berbagai latar belakang profesi dan pekerjaan. Sebagian diantaranya bahkan bersedia meninggalkan pekerjaannya untuk sementara demi membantu proses pemenangan Jokowi-JK.

"Kekuatan relawan sangat penting dalam perjalanan Jokowi-JK. Relawan-relawan ini bukan bayaran. Mereka tak dibayar bukan karena tak bernilai, tapi karena tak ternilai dengan uang," ujar Anies, di Jakarta, Selasa (17/6/2014).

Anies mengatakan bahwa kerelawanan memang perlu didorong. Karena bangsa Indonesia juga dibangun dengan semangat kerelawanan.

Di dalam konteks itu, harus ada satu semangat yang sama yang menyatukan kerelawanan itu. Dan itu bisa muncul ketika Jokowi-JK muncul sebagai calon pemimpin Indonesia.

Anies menyatakan para relawan bersedia membantu karena memiliki kepercayaan pada kedua sosok itu. Mereka mampu melihat gambaran dirinya sendiri yang tulus pada Jokowi-JK.

Sekaligus melihat bahwa kedua orang baik itu akan kalah apabila tak dibela oleh masyarakat awam seperti mereka sendiri.

"Ini era kebangkitan politik baru, dimana masyarakat non parpol mau terlibat di dalam proses politik. Jadi dia tak mau lagi sekedar menjadi pemilih, namun harus terlibat dan bergerak memperjuangkannya," jelasnya.

Anies menyebutkan bahwa tantangan yang dihadapi relawan Jokowi-JK bukanlah hal kecil. Di berbagai tempat terjadi banyak serangan fisik. Di Cengkareng, Jakarta, kendaraan para relawan dirusak oleh massa tak bertanggung jawab. Di Yogyakarta, rumah relawan Jokowi-JK diserang dengan mengatasnamakan isu SARA.

"Bila relawan dibegitukan mereka akan semakin yakin bahwa yang mereka bantu ini (Jokowi-JK) adalah benar-benar orang baik. Relawan semakin yakin bila tak dibantu, pasangan ini bisa gagal," kata Anies.

"Pengalaman negatif itu justru makin membuka mata mereka, bahwa apa yang mereka lakukan adalah pekerjaan yang baik."

Dia juga memastikan bahwa para relawan Jokowi-JK sepenuhnya menyadari perjuangan ini bukan hanya sekedar mengkampanyekan pasangan itu. Namun juga memastikan pengawasan atas proses pemilu berlangsung yang harus jujur dan adil.

"Relawan harus terpanggil untuk bekerja mengawasi dan memastikan suara aman. Kerja kita harus tuntas, termasuk mengawasi agar suara tak dicurangi," tandasnya.

Sementara itu, kekuatan relawan pendukung Jokowi-JK semakin tampak menguat. Dalam kunjungannya ke Lapangan Situbuleud, Purwakarta, Jawa Barat, hari ini, ribuan relawan pendukung Jokowi hadir untuk mendukungnya.

Selain mengonfirmasi berbagai fitnah mengenai dirinya, Jokowi juga meminta para relawan untuk bergerak aktif mengkampanyekan dirinya di lingkungan sekitar mereka.

"Yang bisa kita lakukan, datangi tetangga, saudara, lalu ketuk pintu mereka. Diberitahu tanggal 9 Juli ada Jokowi-JK. Ceritakan tentang Jokowi-JK nomor urut dua," kata Jokowi.

"Pokoknya setelah cerita, bilang kalau ingin Indonesia ke depan lebih baik pilih yang nomor dua. Tugas utama kita itu, sekali lagi harus ketuk pintu tetangga."

Sumber

Sebab mereka datang dari berbagai latar belakang profesi dan pekerjaan. Sebagian diantaranya bahkan bersedia meninggalkan pekerjaannya untuk sementara demi membantu proses pemenangan Jokowi-JK.

Kayak Ane meninggalkan pekerjaan untuk sementara agar Jokowi-JK bisa menang emoticon-Malu (S)
Karena Alasan Ane adalah:




Diubah oleh bisnis76a 17-06-2014 15:23
0
6.5K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.