mosquit0Avatar border
TS
mosquit0
Black Hawk Down
Quote:


Operation Gothic Serpent



1993: US forces killed in Somali gun battle

At least five US soldiers have been killed and two Blackhawk helicopters shot down in a heavy firefight in the capital of Somalia, Mogadishu.

Pentagon sources say the helicopters were carrying elite US Army Ranger units on a mission to capture a local warlord in the east African state.

One US soldier is believed to have been taken hostage. In an earlier incident three marines were wounded and a Somali killed when a remote-controlled mine exploded under their vehicle.

'Vital humanitarian mission'

The deaths bring to 16 the number of Americans killed in combat in Somalia since the United States intervened in December last year.

President Clinton released a statement expressing his sympathy over the deaths of "brave Americans engaged in a vital humanitarian mission".

The helicopters were shot down at around 1545 local time yesterday (1245 GMT) at the start of an operation to take into UN custody members of a faction led by General Muhammad Aideed.

selengkapnya di: http://news.bbc.co.uk/onthisday/hi/d...00/2486909.stm

Quote:





Operation Restore Hope

Kronologis Tejadinya Pertempuran Mogadishu 1993

1992

pada Desember 1992, dengan banyaknya bantuan kemanusiaan PBB yang dijarah milisi bersenjata di Somalia sebelum sampai ke para pengunsi dan rakyat sipil yang membutuhkan, PBB meminta bantuan pada Amerika -yang menjelang proses pergantian presiden - untuk mengatasi hal itu yang direspon oleh presiden Bush (pertama) dengan mengirimkan pasukan bersenjata ke Somalia.

1993


- pada bulan Maret, PBB mengadakan pertemuan di Addis Ababa yang dihadiri fraksi fraksi dan pemimpin perang Somalia yang bertujuan untuk menghentikan aksi kekerasan disana.

- Mei, PBB berharap Somalia dapat pulih dan berdiri sendiri juga mempunyai pemerintahan sendiri yang sah, ketika itu 28 negara bergabung dengan pasukan keamanan PBB di Somalia, tentara Amerika di sana jumlahnya berkisar antara 4200 personil.

- tanggal 5 Juni, 24 tentara Pakistan yang sedang bertugas, disergap dan tewas, milisi Aidid ditengarai di belakang penyergapan tersebut, sehingga ia menjadi incaran pasukan internasional di Somalia, termasuk dengan penawaran hadiah $25.000 untuk informasi keberadaannya.

- di bulan yang sama pasukan internasional PBB sudah mulai berperang dengan milisi Somalia. permintaan akan pasukan khusus muncul, pada bulan Agustus Task Force Ranger mulai menggelar lapak di Somalia.

- Juli diwarnai dengan serangan helikopter bersenjata yang menewaskan beberapa pemimpin milisi, jendral Aidid menghilang.

- Agustus, serangan ranjau / IED menewaskan 4 tentara Amerika dan pada peristiwa yang lain melukai 6 lainnya, perburuan Aidid oleh pasukan khusus dimulai.

- pada bulan September, diam diam tanpa setahu komandan militer Amerika disana, pemerintah AS berusaha bernegosiasi dengan Aidid dimotori oleh bekas presiden Amrik Jimmy Carter, di bulan itu juga permintaan pasukan disana untuk pengadaan kendaraan lapis baja ditolak.

- 3 - 4 Oktober, pertempuran Mogadishu meletus saat operasi Gothic Serpent dengan kode "Irene" berakhir dengan kekacauan, 2 helikopter Black Hawk rontok dan pasukan AS terkepung di Olympic Hotel, Mogadishu, total 18 tentara AS tewas dan 84 lainnya luka berat ringan serta ada pilot Heli yang ditawan milisi Somalia.

tanggal 7 Oktober, perburuan tehadap Aidid dihentikan dan Clinton mengumumkan penarikan mundur pasukan AS dari Somalia beberapa bulan ke depan, jendral Garrison, komandan militer disana menyatakan bertanggung jawab penuh atas apa yang terjadi beberapa hari sebelumnya.

14 Oktober CWO Mike Durant yang ditawan milisi dibebaskan.

1994

- Maret 1994, pasukan AS meninggalkan Somalia, pasukan PBB yang bertugas disana didominasi oleh pasukan dari kontingen Asia dan Afrika yang berjumlah sekitar 20.000 personil.

selengkapnya di http://www.pbs.org/wgbh/pages/frontl.../etc/cron.html

Quote:


-

rizkyfm05
rizkyfm05 memberi reputasi
1
31.6K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.