looqmanAvatar border
TS
looqman
Tanggapan Kaskuser tentang debat perdana CAPRES CAWAPRES 9 Juni 2014
Yang saya tangkap dari debat perdana capres-cawapres malam ini:

1. Kemampuan berbicara di hadapan publik JKW mengalami peningkatan yang tajam. Tidak kaku dan gugup seperti saat deklarasi kampanye damai tempo hari.

2. #1 hanya sebatas retorika belaka yang semua orang bisa lakukan. Asalkan ada kata "Rakyat" dan "Sejahtera" semua terdengar bagus. Sangat menggelikan saat HR berbicara soal diskriminatif hukum. Lha wong anak situ aja sekarang bebas kuliah di London setelah nabrak anak orang sampai mati kok.

3. Saat disinggung tentang HAM. PS seakan kebakaran jenggot dan nada bicaranya jadi tinggi. Lihat besok kalau sudah ada yang mengupload di youtube, dengarkan lagi jawabannya. Mengambang dan membelokkan arah. Ditanya soal bagaimana permasalahan HAM ke depannya malah bahas pendidikan. Ini aneh. Menjawab pertanyaan juga ga tuntas, penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu ga dijawab, dan malah suruh tanya atasan bla3

4. #2 saling mengisi. JKW berbicara inti, JK menjabarkan. Inilah fungsi capres-cawapres yang sebenarnya. Saling mengisi. Coba bandingkan dengan #1 yang sebagian besar waktunya dihabiskan oleh PS. Tidak sekalipun PS meminta HR untuk membantu menjawab. Egois.

5. Jawaban-jawaban #2 lebih mantap. Karena didukung dengan pengalaman mereka saat menjabat. Mengetahui kondisi lapangan secara langsung dan mendetail. Ditambah lagi dengan visi misi ke depannya yang sudah ada, tinggal eksekusi. Semua bisa di-online-kan. Programmer handal di Indonesia itu sangat banyak. Tinggal tunjuk-bayar-kelar.


kalo kaskuser yg lain gmana nanggepinnya???

tolong kasih komeng yg bermutu dan argumen yg jelas

Jangan lupa dicolok pollingnya

thanks


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Polling
0 suara
Debat perdana - 9 Juni 2014 ini dimenangkan oleh?
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
13.6K
224
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & Caleg
icon
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.