cancalitaputriAvatar border
TS
cancalitaputri
Pengalaman Mistis Pendakian Gunung Semeru
Malam agan/wati sekalian , abis baca thread tentang porter yang jadi hot thread ane jadi keinget sama seorang porter yang berjasa banget buat ane gan

waktu itu bulan agustus 2013, ane sama beberapa temen ane,
ane @cancanindya, temen ane @asdikurniawan@dyannicholas @bizalsaputro @tikameira @pendikleank @raden_aii @krejidrimer dan temen2 lain yang ngga punya twitter
kita mendaki Gunung Semeru bareng-bareng. Kita berangkat dari Solo nya ngga bareng-bareng jadi kita ketemunya di terminal di kota malang , terus ke ranupane bareng-bareng

ini bukan kali pertama ane mendaki, tapi kali pertama ane mendaki pake hal-hal yang berbau makhluk astral. Jujur ane sebelumnya belum pernah diliatin kejadian-kejadian aneh di gunung selama mendaki , mau itu di gunung yang terkenal angker pun.

dari Ranupane , kemudian kita jalan ke ranukumbolo, tempat camp pertama kita , semua pada capek bawa kulkas dua pintu haha semua bawa carrier , ngga cowo ngga cewe, nah ane jalan duluan sama asdi , bizal , sama dian, terus di perjalanan kita lihat porter yang lagi evakuasi orang, ane lihat kakinya udah pucet banget terus ane tanya "itu kenapa pak?" , porter nya cuma jawab "sakit mbak, ayo semangat mbak" sambil senyumin ane, ane udah deg-degan banget rasanya gan, padahal itu siang hari lho.

Sampailah kita di Ranukumbolo, dan kita nge camp disana sehari, ngga ada kejadian aneh-aneh sih disini , esok paginya abis sarapan kita lanjut jalan , tanjakan cinta, oro-oro ombo, cemoro kandang, jambangan , dan ... kita berhenti sebentar disitu ngeliatin Mahameru yang udah kacak pinggang didepan kita semua, rasanya udah merinding-merinding ngga jelas , beberapa lainnya masih dibelakang , karena ada yang bawa tas khusus logistik yang ga tau lagi itu berapa kilo beratnya .

sampailah di Kalimati, rencananya kita mau camp di Arcopodo, tapi karena lihat sikon waktu itu musim pendakian, dan nyampe kalimati aja udah rame banget , akhirnya kita ganti ke plan B, kita camp di Kalimati. Kita-kita yang nyampe duluan bangun tenda, terus ambil air di Sumber air mani, abis itu masak air buat yang datengnya belakangan.
Kalimati sore itu dingin banget gan, kita langsung bikin makanan, terus bikin puding, minuman anget dan lain-lain.
Jam 8 malem kita lihat udah banyak banget yang mulai jalan ke puncak, kita sekelompok ngerasa kalo ini masih kepagian, tapi ternyata ngga dinyana-nyana , dari kalimati udah kelihatan lampu-lampu kaya jalur tol menuju puncak gan.
nah kita itu khan lagi bakar-bakar , tiba-tiba ada salah satu temen yang mau nambahin spirtus , eh terus kena ke jaket temen ane yang namanya pendi, langsung lah dia kebakar dari ujung kaki sampe ujung rambut, kita langsung gebuk-gebukin, untungnya jaketnya tebel dan cuma alisnya kebakar, mungkin itu udah satu pertanda buruk kali ya gan, abis itu kita mutusin buat tidur karena jam 11 - 12 kita mau summit.

Jam 11, semua bangun dan siap-siap, kak tika tinggal di tenda karena kakinya keseleo, kak tika ini cewe tangguh banget yang gantian carrier sama pacarnya , plus carriernya itu dua-duanya carrier logistik kita sekelompok.
cus lah kita jalan summit, dan emang macet banget banget banget gan , mulai memasuki kawasan berpasir itu mulai dingin dan sedikit gerimis, tapi dari atas situ kita bisa lihat lampu-lampu yang ajib banget

mulai angin kenceng dan mulai banyak orang-orang berselimut alumuniom foil sambil teriak "evakuasi evakuasi" dan dibawa turun , ane menghela nafas panjang, ngeliat sekitar pada tumbang-tumbang, paling deoan ada Asdi yang entah udah dimana, terus ada dyan didepan ane , ane, dibelakang ane ada bizal dan mas deni , yang lain jauh dibelakang dan ada yang mutusin balik ke tenda.

perjalanan badai dan dingin, angin, gerimis, mental udah down semua, dan puncak . Nangis-nangis-nangis-nangis cuma itu yang bisa ane lakuin waktu itu , ngga ada yang lain.
terus kita turun kebawah karena udah disuruh rangernya, beberapa turunnya lari karena dingin, tapi ane jalan santai aja , ditemenin kak pendi sama dyan , dyan sibuk foto-foto karena dia fotografer
foto-fotoan lah kita

Dan kejadian itu dimulai dari sini, di Arcopodo, entah kenapa yang turun waktu itu sepi banget , terus ada cewe yang udah digendong sambil lari-larian di evakuasi , ane masih jalan santai sampe kaki kiri ane kaya lumpuh "kok kaki kiriku berat banget ya" , terus kak pendi jawab "capek mungkin dek" , masih jalan ane seret , terus gantian sebelah kanan, terus ane mual , ane tetep jalan sambil ane seret-seret kakinya , terus dyan bilang "ca duduk dulu deh, minum ini minumku masih dikit" terus ane minum , nah dari sini ane ga bisa cerita yang menurut ane ya, ini diceritain temen-temen , jadi katanya ane mulai ga nyambung kalo diajak ngomong, beberapa kali ane jalan hampir jatoh ke jurang, akhirnya ane digendong sama dyan dan kek pendi, gantian, padahal dua-duanya badannya kecil, mereka gendong ane sampe di kalimati.

sesampainya di Kalimati ane di suruh sama para porter di taruh di Shelter karena disana ada api unggun, ane ditaruh deket banget sama api unggung sampe katanya baju ane mau kebakar, ane di angetin , digantiin baju, perut ane dimasukin botol yang isinya air mendidih, digampar-gampar tapi ga sadar juga, dan itu berlangsung selama 4 jam.
Akhirnya katanya ane kalo di bacain doa tuh langsung berontak , dari situlah seorang porter yang sehariannya ngajar ngaji akhirnya ngeluarin makhluk dari badan ane, katanya susah banget gan, karena makhluknya ini cewe, dan udah ngrasa pas banget di badan ane , jadi istilahnya ane sama itu makhluk rebutan badan.

Semua orang pada ngumpul di Shelter ngeliatin ane yang lagi dimasukin, semuanya gan ga ada terkecuali, akhirnya ane dibawa keluar dari Shelter dipindah ke tengah kalimati, disitu porternya mulai baca-baca doa mencet-mencet jempol ane , terus salah satu porter bilang "lho, mbaknya ada lemah jantung ya ? bahaya ini bisa kalah kalo 30 menit lagi ga sadar"
akhirnya mereka pada berusaha ngeluarin itu makhluk perempuan dari badan ane, cukup lama , sampe akhirnya ane kebangun dengan posisi kaget , ane sambil bilang "lhoh, tadi kalian khan ninggal aku balik, aku jalan sendirian tau sampe di oro-oro ombo, kalian tega banget sih" , semua temen ane yang disitu pada bingung
akhirnya ane diceritain kronologisnya gimana

porter : "mbak, mau nanya , kemarin pas naik ada lihat apa gtu ngga ?"
ane : " engga pak, eh .. ane kaya lihat orang turun pak cewe, tapi dari longsoran sebelah kiri itu pak"
porter : " mbaknya ada keturunan darah biru ngga ? namanya siapa mbak "
ane : " mm iya pak ibu saya orang kraton, Cancalita pak , nama saya juga jawa banget pak"
porter : " pantes mbak dia kebetahan , untung mbak nya kuat jadi mbaknya diajak jalan-jalan, badannya mau diminta mbak"


dari situ kepala ane pusing banget , orang-orang masih pada ngliatin ane, ada yang ngasih jahe panas, susu panas, ada yang ngasih nasi sayur.
Bapak Porter yang punya pondok pesantren kecil ini ngasih ane air, terus bilang "ini mbak diminum aja "
disitu ane liat ada anak kecil yang mijitin tangan kaki ane , ane liatin terus porter nya bilang "ini anak saya 2 , ini istri saya, tadi sebenernya saya udah tau mbaknya ngga hypothermia, tapi mbaknya dimasukin dari Arcopodo , tapi saya berani ambil alihnya setelah bapak-bapak tentara bawa orang yang meninggal kedinginan tadi turun, soalnya tadi mbaknya ditanganin sama tentara jadi saya ga berani"

ane : "pak kalo saya turun kira-kira dia ngikutin ngga ?"
porter : "insyaallah ngga kok mbak, tadi udah saya bilangin mbaknya orang baik-baik, ngga ganggu, jadi dia udah saya suruh pulang"


Siang hari nya ane turun gan , langsung ngga pake camp lagui dari Kalimati ke ranupane, kita campnya di ranupane, sepanjang perjalanan ane kaya ada yang ngikutin gan, ngga tenang banget rasanya, carrier juga tambah berat aja. nyampe diranupane udah ada yang bangun camp, ane tidur langsung, disitu ane mimpi ada cewe cantik banget banget banget, dan dibelakangnya ada tiga bayangan gede-gede banget , cewenya senyum ke ane , terus megang rambut ane, sama ngelus dada ane , terus senyum lagi , terus itu cewe ngasih bunga warna ungu ke ane , pagi hari nya ane bangun dalam keadaan demam, langsung pada nyariin ane obat, dan pas ane pertama kali buka mata , keluar tenda yang ane lihat adalah bapak Porter yang punya pondok tadi sambil senyum ngeliatin kearah ane, sambil nganggukin kepala.
terus deh ada anak-anak nya bapak porter itu tadi yang deket-deket ane godain ane, duduk dideapn tenda ane , kita jajan bakso bareng , terus ane ajak ngobrol

anaknya porter : "mbak airnya bapak kemarin masih ada?"
ane jadi inget bapak porternya ngasih air kemarin, ane cari di carrier ngga ada, ane tanya ketemen-temen juga ga liat
ane : "ngga tau dek, ngga ada botolnya.."
anaknya porter :"oh udah pulang brarti mbak "
ane cuma ngeliatin itu anak yang ngelanjutin makan bakso tadi.


ane udah mau pulang tuh , terus anaknya nyamperin

anaknya porter : "mbak main kesini lagi ya mbak, kata bapak juga disuruh main ke pondok"
ane dikasih tuh kartu namanya tapi ilang juga gan emoticon-Frown((((

semenjak kejadian itu , tiap naik gunung gan , selalu ada kejadian aneh , tapi kejadian aneh yang positif , kata temen ane @uyanscooteriest
ane itu ada yg jagain , cowo, jadi kadang bantuin ane bawa carrier, dan itu kerasa banget gan

nah katanya no pic hoax, temen ane ngga kepikiran ngambil foto keadaan udah tegang banget gan, cuma itu ada nama-nama mereka , agan bisa search di twitter dan nanyain perihal kejadian ini

sekiaaan

maaf kalo berantakan hehe

oh iya cewe yang dibawa lari yg ane ketemu pas di arcopodo itu meninggal dunia gan , karena katanya pas disuruh porter-porter taruh di shelter aja, temen2nya malah bawa ke tenda mereka gan

emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown

0
49.8K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.