setiawan.sip
TS
setiawan.sip
pilih hitam atau putih....?
hidup di dunia ini merupakan hal yang tidak mudah. dunia beserta segenap isinya menawarkan berbagai pernak perniknya yang seringkali membuat kita lupa dan terlena akan makna kehidupan. Namun demikian karena hidup adalah sebuah pilihan maka kita dapat menyaring apapun pilihan hidup ini kedalam 2 garis besar. pertama kebenaran, keadailan dan sebagainya yang dapat kita katakan sebagai sesuatu yang "hak" atau pilihan yang tidak berguna, sia-sia, berlebihan, dan hal negatif lain yang dapat kita klasifikasikan sebagai hal yang "batil"

yang yang patut menjadi renungan kita bersama adalah :
1. Bahwa hidup manusia ditujukan untuk menjadi khalifah dimuka bumi
2. Akal diberikan sebagai alat untuk memfilter kebaikan atau keburukan
3. hal baik dan buruk atau perkara "hak" dan "batil" mempunyai batas yang jelas dan tidak dapat dicari titik temunya atau persamaannya.
4. baik adalah baik sesuai hati nurani ; jika kita bertanya tentang suatu perkara kepada hati nurani dan hati nurani kita berkata itu hal baik, insya allah itu adalah kebaikan. demikian juga sebaliknya.
5. Jangan racuni hati nurani kita dengan hal yang dapat menyebabkan kekerasan hati seperti terlalu cinta kepada dunia, banyak bersenang-senang, lupa akan mati dan kesusahan dan sebagainya.

ada suatu kisah sebuah keluarga sederhana yang mempunyai 2 orang anak. selama ini mereka hidup dalam kesederhanaan bahkan seringkali kekurangan. kehidupan yang semakin keras akhirnya menuntut kepala keluarga itu untuk mencukupi kebutuhan ekonominya. suatu ketika anaknya terkena penyakit kanker yang menyebabkan ekonomi keluarga itu nyaris hancur. satu persatu barang yang ada di keluarga itu dijual tak bersisa demi buah hati tercinta. Suatu ketika seorang teman datang mengunjunginya dan menawarkan solusi bagi mereka untuk menjadi kurir narkoba dengan imbalan Rp. 10 juta sekali kirim. Disaat perbincngan antara mereka terjadi ada telfon dari rumah sakit yang memberitahukan tagihan rumah sakit selama perawatan sebesar Rp 150 juta yang menuntut untuk segera dilunasi. kalau tidak anak mereka terancam dipulangkan secara paksa. sementara itu untuk mencukupi kebutuan keluargapun nyaris tidak ada pemasukan. Jika agan menjadi kepala keluarga itu manakah yang akan agan lakukan dan apa alasannya ?

Diubah oleh setiawan.sip 31-05-2014 08:36
0
3.2K
21
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.