hackersmooth88
TS
hackersmooth88
[ SHARE MODULE UNIK ] Share Module untuk Sertifikasi Internasional
Dalam dunia IT, mungkin kita terampil dalam menggunakan aplikasi Microsoft Office, atau mahir dalam mengoperasikan Linux, atau expert dalam mengelola sebuah database. Tapi saat masuk ke dunia kerja, adakah yg tau bahwa kita memang menguasai atau ahli dalam bidang-bidang tersebut? Nah, sebagai salah satu sarana pembuktian bahwa kita memang menguasai bidang tertentu dalam dunia IT ini adalah dengan Sertifikasi IT.




Definisi

Secara garis besar sertifikasi IT adalah "sebuah bentuk penghargaan yang diberikan kepada seorang individu yang dianggap memiliki keahlian dalam bidang IT tertentu / spesifik". Bentuk penghargaan ini berupa sertifikat khusus yang umumnya disertai dengan titel tertentu. Jika pernah mendengar istilah semacam CCNA, MCTS, CEH, OCP, dlsb, itulah contoh titel bagi seorang pemegang sertifikat IT. Sertifikat IT ini berlaku Internasional dan dirilis / diterbitkan oleh vendor atau organisasi khusus yang tentunya sudah diakui secara Internasional juga. Bidangnya sendiri beragam, mulai dari sistem operasi, aplikasi, networking, programming, database, hingga IT management.

Spoiler for Contoh Logo & Titel Sertifikasi IT:


Pertanyaan pertama yg pastinya diajukan adalah "bagaimana cara mendapatkan sertifikat ini?"
Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengikuti ujian di tempat2 khusus ujian resmi. Cara mengikuti ujian ini berikut hal2 lainnya yg terkait akan dibahas dibawah ini.


Jenis Sertifikasi IT

Pada dasarnya sertifikasi IT ini dibagi kedalam 2 kelompok, yaitu Vendor Baseddan Vendor Neutral.

Vendor Based
Sertifikasi vendor based adalah sertifikasi IT yg dikeluarkan oleh vendor tertentu dan materi ujiannya jelas mengacu pada produk atau teknologi yg memang dirilis oleh vendor tersebut. Contoh vendor yang merilis sertifikasi ini diantaranya Microsoft, Cisco, Oracle, Symantec, HP, Huawei, dst. Contoh title sertifikasinya misalnya MCTS, MCITP, OCP, CCNA, dst.

Vendor Neutral
Sesuai namanya, sertifikasi ini dirilis oleh suatu badan atau organisasi yg tidak terikat ke vendor manapun, dengan kata lain cakupannya global. Materi ujian untuk sertifikasi ini jelas sangat luas dan tentunya kita juga harus mengetahui produk dan teknologi dari multiple vendor. Dan karena cakupannya global maka sertifikasi Vendor Neutral umumnya memiliki rating yang lebih tinggi dibandingkan sertifikasi Vendor Based. Contoh organisasi yg merilis sertifikasi ini misalnya CompTIA serta EC-Council, dan contoh title sertifikasinya misalnya A+, Network+, CEP, CEH, dst.

Mohon untuk tidak di salah gunakan..
Semua File dalam bentuk PDF


1. OSI Model-
Pada Pelajaran ini akan di bahas banyak mengenai 7 Layer OSI dan juga TCP/IP... Yang belum mengerti benar bisa baca ini
Download

2. Management Router
Siapa yang tidak tahu Router. Router adalah perangkat yang efektif untuk melakukan monitoring IP dan traffic.. Tentu yang dipelajari mesin CISCO. Untuk Mikrotik dan Juniper akan segera saya publish ya
- Download

3. LAN Switching
Yang mau belajar VLAN dan Trunking bisa coba tutorial ini
- Download

4. Security -
Security merupakan hal yang urgent. Tanpa security semua sistem akan mudah di jebol.
Download

5. Wireless
Teknologi ini merupakan teknologi nirkabel. Dengan kecanggihan ada sisi di pada broadcast tidak bisa terelakan.. Pelajari lebih lanjut
- Download

6. WAN
Yang suka PPTP, PPP, VPN, bisa di baca tutorial ini ya
- Download

Apabila butuh ebook ini silahkan post di sini nanti akan saya PM. Karena keterbatasan bandwidth di server jadi saya batasi download nya


Mohon untuk tidak di salah gunakan..
Semua File dalam bentuk PDF

0
69K
2.2K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Internet Service & Networking
Internet Service & Networking
icon
21.2KThread3.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.