paganismeAvatar border
TS
paganisme
Berita Nggak populer, Esemka Mangkrak, Solo Techno Park Buat Mesin Cetak
Esemka Mangkrak, Solo Techno Park Buat Mesin Cetak


TEMPO.CO, Surakarta - Solo Techno Park, lembaga yang pernah menaungi produksi mobil Esemka, kini merambah segmen bisnis lain. Menurut Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park Gampang Sarwono, lembaganya kini membuat mesin cetak digital atau digital printing. "Kami siap dengan teknologinya," katanya di kantornya, Senin, 10 Maret 2014.

Untuk membuat mesin cetak, Solo Techno Park bekerja sama dengan CV Bintang Terang, produsen asal Surabaya, Jawa Timur. Sarwono mengatakan produksi mesin cetak dilakukan setelah perakitan mobil Esemka menghadapi kendala teknologi dan kebijakan pemerintah. (baca:http://www.tempo.co/read/news/2013/05/30/124484494/Surakarta-Lepas-Tangan-Penjualan-Esemka).

Pembuatan mesin cetak, kata Sarwono, lebih rasional untuk diwujudkan dan pasarnya terbuka lebar. "Apalagi, saat ini kebanyakan mesin digital printing masih diimpor, terutama dari Cina," ujarnya.

Solo Techno Park hingga saat ini sudah membuat 40 mesin cetak digital. Menurut Sarwono, hampir semua komponen dibuat di Indonesia. Hanya head printer dan alat kontrol elektronik yang masih diimpor dari Jepang dan Amerika Serikat. (http://www.tempo.co/read/news/2013/0...a-Nasib-Esemka).

Sarwono mengklaim mesin buatannya punya serenceng keunggulan, seperti mampu menampung energi untuk beroperasi tanpa listrik selama enam jam. "Cocok dengan kondisi Indonesia yang kerap mengalami pemadaman listrik."

Harga jual mesin cetak buatan Solo ini mencapai Rp 200 juta per buah. Soal harga dan kualitas, Sarwono mengatakan masih bisa bersaing dengan mesin buatan Cina. Mesin buatan Solo mampu mencetak kertas hingga kain spanduk dengan lebar maksimal 3,5 meter dan panjang tak terbatas. Suku cadangnya pun tersedia karena dibuat di Indonesia. Pada masa mendatang, Solo Techno Park akan membuat mesin digital printing 3 dimensi dan mesin cetak untuk bahan kaca. "Akhir tahun jadi. Sekarang masih prototipe," kata Sarwono.

UKKY PRIMARTANTYO

Sumber
http://www.tempo.co/read/news/2014/0...t-Mesin-Cetak-

sepertinya dibanding membuat mobil nasional yang belum jelas keuntungannya lebih baik membuat barang yang pasarnya sudah jelas dan jelas - jelas menguntungkan.
mobil nasional mungkin proyek yang bagus, tapi menurut ane susuah direalisasikan oleh perusahaan lokal sekecil itu.
semoga di tahun mendatang mobil nasional bisa benar benar diwujudkan
Amin. emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh paganisme 19-05-2014 06:36
johanbaikatos
johanbaikatos memberi reputasi
1
3.9K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.