[Shadow]LenZAvatar border
TS
[Shadow]LenZ
MINDSET yang SALAH = PENJARA PIKIRAN yang tidak terlihat
MINDSET yang SALAH = PENJARA PIKIRAN yang tidak terlihat




Mindset ? Apa itu ? Saya yakin, kebanyakan Entrepreneur Indonesia meremehkan hal kecil ini, bahkan, some of us mencibir bila ada yang membicarakan mengenai "mindset". Yup, tema mindset bisa dikatakan hanya populer di kalangan para MLM-ers. Dan karena populer di kalangan MLM-ers, kebanyakan pebisnis malah enggan alias merasa jijik untuk "menyentuhnya". Kita2 para pebisnis, seringkali lebih suka tema2 teknis, seperti "bagaimana mengatur karyawan", "apa saja yang perlu dipersiapkan bila mau memulai bisnis A", "berapa modal yang diperlukan untuk startup bisnis X", dan sebagainya.

Saya setuju, hal-hal tersebut sangat penting, dan memang sangat diperlukan, BILA KITA SUDAH MENGUASAI BASICNYA. Lantas apa basicnya ? Yup, basicnya adalah MINDSET itu sendiri. Beberapa tahun yang lalu, di forum ini juga, saya sudah berkoar-koar mengenai mindset ini. Namun saat itu, saya masih pebisnis yang terlalu kecil untuk bicara banyak, alias "belum punya banyak bukti untuk diceritakan" emoticon-Big Grin

Nah, kali ini saya mau bicara dengan bukti. Beberapa tahun yang lalu, tepatnya bulan Nov 2010, di saat Gathering pertama Entrepreneur Corner, terkumpul sekitar 60 orang Entrepreneur di Mall Central Park. Dari Gathering tersebut, saya pertama kalinya berkenalan (kopi darat) dengan pebisnis2 dari kaskus ini. Dan sama seperti sekarang, tema "mindset" bukanlah tema yang terlalu populer, karena dianggap sebagai tema "motivasi" yang entah kenapa kebanyakan pebisnis "sok alergi" atau mencibir dengan hal2 seperti ini, padahal tidak ada yang salah koq dengan tema2 seperti ini selama kita menggunakannya dengan benar. Dari sebanyak 60 orang tersebut, yang saat ini menjadi pebisnis yang JAUH LEBIH BESAR atau tumbuh puluhan kali lipat, ternyata hanya segelintir orang saja.

Dan saya pun mulai mencari kesamaan dari orang2 yang berhasil survive dan bertumbuh puluhan kali lipat ini, lalu saya mendapat 3 jawaban, yaitu MINDSET, PASSION, dan ACTION. Yup, bukan "cara Anda handle karyawan", "bagaimana cara memulai bisnis A", dsb. Melainkan betul2 MINDSET, PASSION, dan ACTION, karena itu memang basicnya.

Untuk 2 yang terakhir, saya akan bahas di lain thread. Tapi di sini kita akan bahas, apa itu Mindset, dan mengapa hal kecil ini bisa begitu berpengaruh terhadap Bisnis Anda ?

Dilihat dari kata2nya, mind berarti pikiran, dan set berarti mengatur. So, mudahnya diartikan langsung saja, mindset adalah bagaimana cara kita mengatur pikiran. Dan mengapa mindset begitu penting ?
Simple karena semua yang kita lakukan dalam bisnis, dimulai dari pikiran kita.

Saat Anda akan melakukan startup bisnis, mindset Anda diposisikan untuk selalu "takut gagal", maka batal-lah Anda memulai bisnis.

Saat Anda mengalami masalah di bisnis, mindset Anda diposisikan untuk selalu menyalahkan keadaan, maka bangkrutlah Anda sambil terus menggerutu menyalahkan keadaan. Ini sering terjadi pada Anda toh, ngaku saja d.. emoticon-Big Grinsaya sering banget koq dengar pebisnis2 yang hobinya menyalahkan pemerintah, menyalahkan kompetitor, menyalahkan karyawan, yang pasti yang salah selalu orang lain. Padahal mindset-nya sendiri lah yang salah, karena mindset Anda "disetting" untuk selalu cari kambing hitam emoticon-Stick Out Tongue

Saat Anda sudah terlalu sibuk di bisnis dan "menjadi superman", lalu mindset Anda "Saya tidak pernah percaya orang lain", maka stuck lah Anda sebagai superman, dan bisnis Anda pun sulit untuk maju.

Saat Anda memiliki mindset bahwa "membaca buku hanyalah teori dan hanya bullshit", maka itulah yang akan terjadi.

Saat Anda memiliki mindset bahwa Anda sudah cukup dengan bisnis Anda yang sekarang, maka cukuplah Anda dan menjadi stuck.

Saat Anda memiliki mindset bahwa menjadi kaya adalah dosa, maka secara otomatis Anda akan menjauhi kekayaan.

Saat Anda sudah memiliki mindset bahwa "tulisan ini adalah bullshit", maka jadilah tulisan ini sebuah bullshit yang tidak akan pernah mengubah hidup Anda emoticon-Big Grin

Dan masih banyak sekali contoh2 kasus lainnya, yang, disadari atau tidak, bahwa tindakan2 kita sangat dipengaruhi oleh mindset.

Dari beberapa contoh di atas, dapat kita pelajari, bahwa sebuah hal kecil yang sering diabaikan ini, adalah hal yang sangat penting untuk dipahami, oleh siapapun yang mau bertumbuh dalam bisnisnya. Karena mindset inilah salah satu yang membedakan antara, Chairul Tanjung si anak singkong, dengan anak singkong - anak singkong lainnya, yang saat ini tetap saja masih jadi anak singkong. Mindset inilah yang membedakan Dahlan Iskan yang lahir sangat miskin, dengan teman2nya yang lahir miskin juga dan sampai saat masih tetap miskin. Mindset inilah pula yang membedakan, speaker2 di Kaskus Gath 04 kemarin yang bisnisnya sudah jauh sekali bertumbuh, dengan entrepreneur2 yang sepertinya sudah tidak survive lagi.

Dan sebagai pebisnis, tentunya sangat bahaya bila mindset kita saat ini masih "salah setting".

So...masih mau meremehkan mindset ? Bila jawabannya masih ya, maka ada baiknya Anda undur diri dari dunia Entrepreneur. Karena dalam dunia Entrepreneur, kita mesti paham dengan mindset : "Belajar setiap saat, setiap waktu, dan belajar semua yang bisa dipelajari dari setiap kejadian" alias bahasa kerennya almarhum Steve Jobs "Stay Hungry, Stay Foolish".

See u at THE TOP !!





Spoiler for My Business:


Spoiler for My Writings:



*Saya bukanlah seorang motivator, bukan juga speaker di seminar-seminar. Saya adalah seorang Entrepreneur murni yang betul-betul bertumbuh dari minus, dan merasakan perjuangan berat sampai bisa jadi seperti saat ini. So, apa yang saya bagikan adalah berdasarkan pengalaman Bisnis yang saya miliki, juga hasil pengamatan saya terhadap bisnis2 lainnya. Enjoy ! emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh [Shadow]LenZ 17-05-2014 05:32
0
31.7K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur Corner
icon
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.