News
Batal
KATEGORI
link has been copied
2464
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/535e82c48f07e7223f8b456a/diskusi-apakah-ujian-nasional-dihapus-saja
Kenapa UN Sistem pendidikan nasional sudah di undangkan sejak tahun 2003 yang dijabarkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah
Lapor Hansip
28-04-2014 23:33

[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA

Past Hot Thread
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA


Kenapa UN
Sistem pendidikan nasional sudah di undangkan sejak tahun 2003 yang dijabarkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Secara bertahap SNP (standar pendidikan nasional) di terapkan di semua jenjang pendidikan di indonesia salah satunya adalah Standar kompetensi kelulusan sehingga untuk mengetahui sampai dimana penerapan SNP di sekolah salah satunya adalah dengan penyelenggaraan UN

Perubahan mainset sistem pendidikan
Sejak diberlakukan KTSP (kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) sekolah diberi wewenang penuh untuk membuat kurikulum sendiri dengan rambu rambu SNP yang di kontrol oleh Dinas Pendidikan setempat yang seharusnya sekolah sebagai tempat "pendidikan berbasis proses" mulai bergeser menjadi pendidikan berbasis nilai dengan munculnya KKM ( kriteria ketuntasan minimal ) disini sekolah mulai kedodoran karena dinas pendidikan setempat lebih senang mengontrol nilai bukan proses apalagi pemerintah daerah tidak mampu melengkapi standar proses dalam bentuk kelengkapan sarana dan prasarana sehingga berakibat
  • Banyak sekolah yang tidak memenuhi syarat sesuai dengan SNP
  • Munculnya lembaga lembaga bimbingan belajar yang berbasis nilai
  • Kemampuan siswa sudah tidak wajarlagi karena untuk memenuhi KKM guru dipacu untuk menyelesaikan kurikulum dengan keterbatasan waktu sehingga lebih mementingkan pendidikan berbasis nilai. Bukan lagi berbasis proses apalagi tanpa sarana yang mendukungnya.


Perkembangan Ujian di Indonesia
  1. Tahun 1965-1971
    Pada tahun itu, sistem ujian dinamakan sebagai Ujian Negara. Hampir berlaku untuk semua mata pelajaran, semua jenjang yang ada di Indonesia, yang berada pada satu kebijakan pemerintah pusat.
  2. Tahun 1972-1979
    Pada tahun itu, Ujian Negara ditiadakan, lalu dirubahmenjadi Ujian sekolah. Sehingga, sekolah lah yang menyelenggarakan ujian sendiri. Semuanya diserahkan kepada sekolah, sedangkan pemerintah pusat hanya membuat kebijakan-kebijakan umum terkait dengan ujian yang akan dilaksanakan oleh pihak sekolah.
  3. Tahun 1980-2000
    Pada tahun itu, untuk mengendalikan, mengevaluasi, dan mengembangkan mutu pendidikan, Ujian sekolah diganti lagi menjadi Evaluasi Belajat Tahap Akhir Nasional (EBTANAS). Dalam EBTANAS ini, dikembangkan perangkat ujian paralale untuk setiap mata pelajaran yang diujikan. Sedangkan yang menyelenggarakan dan monitoring soal dilaksanakan oleh daerah masing-masing.
  4. Tahun 2001-2004
    Pada tahun itu, EBTANAS diganti lagi menjadi Ujian Akhir Nasional (UNAS). Hal yang menonjol dalam peralihan dari EBTANAS menjadi UNAS adalah dalam penentuan kelulusan siswa, yaitu ketika masih menganut sistem Ebtanas kelulusan berdasarkan nilai 2 semester raport terakhir dan nilai EBTANAS murni, sedangkan dalam kelulusan UNAS ditentukan oleh mata pelajaran secara individual.
  5. Tahun 2005-2009
    Terjadi perubahan sistem yaitu pada target wajib belajar pendidikan (SD/MI/SD-LB/MTs/SMP/SMP-LB/SMA/MA/SMK/SMA-LB) sehingga nilai kelulusan ada target minimal.
  6. Tahun 2010-Sekarang
    UNAS diganti menjadi Ujian Nasional (UN). Untuk UN tahun 2012, ada ujian susulan bagi siswa yang tidak lulus UN tahap pertama. Dengan target, siswa yang melaksanakan UN dapat mencapai nilai standar minimal UN sehingga mendapatkan lulusan UN dengan baik ini berlaku sampai sekarang

Terlihat bahwa pendidikan di sekolah mulai bergeser tahun 2005 diberlakukan target kelulusan minimal disini sekolah mulai terganggu yang seharusnya pendidikan berbasis proses secara perlahan menjadi pendidikan berbasis nilai
Lembar Kerja Siswa yang seharusnya menitik beratkan pada pendidikan berbasis proses semakin menjamur (kebijakan dinas pendidikan daerah)dan beralih menjadi pendidikan berbasis nilai. Isi LKS bukan lagi lembar Praktek berganti menjadi ringkasan materi dan soal soal latihan yang lebih parah lagi Isi LKS menjadi aneh aneh dan lagi lagi yang disalahkan adalah Kemendiknas.

Seiring dengan perubahan mainset pendidikan berbasis proses menjadi berbasis nilai maka setiap akan ada penyelenggaraan UN maka yang dipersiapkan adalah:
  1. bimbingan belajar, try out yang berkali kali, kerja sama dengan lembaga bimbingan belajar yang semuanya adalah untuk mengejar nilai terbaik bahkan pendidikan berbasis proses semakin dijauhkan dari siswa apa lagi kelas akhir.
  2. kecurangan secara masif
  3. menaikkan nilai siswa

semua keadaan ini sepertinya didukung oleh pemerintah daerah, sekolah dan orang tua siswa karena harapannya adalah hasil kelulusan 100% dengan nilai yang baik

[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA


Upaya Pemerintah ( kemendiknas )
  1. pengamanan yang ketat dengan cara kerja sama dengan kepolisian untuk pengamanan soal. sebenarnya disinilah kebocoran soal bisa terlacak karena soal milai dari pusat sampai ke sekolah fihak kepolisian selalu mendampinginya
  2. membuat paket soal yang beragaman
  3. meminimalkan peran UN pada proses kelulusan maksudnya kelulusan siswa tidak hanya faktor UN saja


kesimpulan awal bahwa Ujian Nasional adalah perlu untuk mengukur SNP sampai dimana perkembang sekolah itu untuk memenuhi SNP. oleh karena perubahan mainset dari berbasis proses menjadi berbasis nilai maka "pelaksanaan" UN menjadi kedodoran terus menerus

diambil dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi

ane coba untuk diklasifikasikan semua pendapat sampai masa HT trit ini habis dan nanti kita diskusikan lagi emoticon-Shakehand2

jawaban setuju dengan penghapusan UN dengan alasan :
1. Proyek untuk di korupsi
2. merasa tidak meratanya pendidikan di Indonesia
3. banyak kecurangan baik oleh siswa atau pelaksana UN
4. Soal sulit tidak sesuai dengan SKL ( standar kompetensi kelulusan )
5. dicobanya soal dengan standar PISA
6. UN satu satu satu penentu kelulusan
7. UN ikut menentukan kelulusan
8. yang nentukan kelulusan itu hanya gurunya
9. negara maju tidak melaksanakan UN
10. tanpa alasan emoticon-Big Grin

jawaban yang tidak setuju UN dihapus dengan alasan :
1. benahi sistemnya saja karena UN perlu
2. UN untuk menilai kemampuan siswa
3. UN sebagai alat evaluasi perkembangan pendidikan di Indonesia
4. UN sebagai standar minimal kemampuan siswa atau sekolah
5. Kegagalan UN bukan karena substansi UNnya tapi pada pelaksanan UNnya jadi tinggal benahi cara pelaksanaannya
6. siswanya yang gak bisa kok UNnya harus dihapus
7. sementara ini dulu mari kita diskusikan masalah ini demi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia

Quote:Original Posted By malfasih45
Klo kata saya selaku anak senior class juga mendingan jangan dihapus bro Nanti standar kita di negara itu bisa terlihat Contoh Nanti ada saudara dateng ke rumah sambil nanya " Nem kamu brp " Dari contoh di atas bisa dilihat berarti Nem itu standar negara kita Juga bisa dibandingi dengan org lain Bukan bermaksud menjelekkan org lain juga tentunya Page one boleh kali bro

Diubah oleh aviep
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 96 dari 125
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 13:22
jangan dihapus gan, cz rasanya gak enak klo lulus sekolah tanpa mengikuti Un dulu,, ibaratnya pepatah, bersusah payah dulu baru senangnya kemudian emoticon-Smilie
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 13:25
Quote:Original Posted By blue_lionx
UN tuh kira2 gini gan..

[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA


Baca comment gue :

Analogi yang gak tepat menurut gue...
Itu binatang gak diajarin hal yang sama tapi dikasih ujian yang sama. Ya terang aja gak bisa.
Lha ini, diajarin pelajaran yang sama, sama2 punya otak...ya wajar klo dikasih ujian yang sama.
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 13:34
Quote:Original Posted By papa_kodok


Baca comment gue :

Analogi yang gak tepat menurut gue...
Itu binatang gak diajarin hal yang sama tapi dikasih ujian yang sama. Ya terang aja gak bisa.
Lha ini, diajarin pelajaran yang sama, sama2 punya otak...ya wajar klo dikasih ujian yang sama.


Baca comment gue :
Lo tau dari mana kalau mereka ga diajarin yg sama? Kalau keseluruhan binatang itu diajarin cara manjat pohon dan itu saat final test gimana?
Setiap manusia diciptakan unik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.
okelah sama-sama punya otak dan diajarin pelajaran yang sama, tapi talenta yg dimiliki beda-beda.
Ambil contoh si A yg jago matematika tapi badannya lemah dalam pelajaran olahraga..
Lalu ada si B yang jago olahraga tapi nilai matematikanya suram..
mereka sama2 dapat pelajaran yg sama dan sama2 berotak, tapi talent mereka berbeda dalam menerima masing2 program studi. Cuma karena Matematika jadi syarat kelulusan, lantas si B ga bisa lulus gitu? lol. cetek sekali.
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 13:38
Jangan dihapus dong UN-nya, asalkan bukan jadi acuan kelulusan siswa..
Kasihan yang tinggal di daerah gans kalo soal UN-nya sekelas internasional.. emoticon-Mewek

0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 13:43
hapuskan sajah Gan,

Ujian Cukup Internal sekolah masing2 aja.

ribet ikut pemerintah, materinya suka beda.
emoticon-Ngakak
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 13:43
Quote:Original Posted By mikunee

ya karna itu, kalopun minta UN, gw bilang ga usah dijadiin standar kelulusan, tapi jadi standar pendidikan di wilayah atau sekolah tersebut, nilai itupun juga boleh dipakek pertimbangan pabrik, terserah pabriknya mau ngambil berdasar apa, mau test ulang juga oke emoticon-Big Grin

Google search: My mind is full of F***
UN itu uuhhhhh gatel, UN itu digunakan biar lulusan itu ada standar mutunya biar nanti setelah lulus ni orang-orang tu ketauan bisanya apa tanpa test et cetera yang butuh biaya tambahan. Kalo tiap daerah dibedain, kasian lulusan dari daerah yang standarnya rendah, gak bisa nyari kerja di daerah yang lebih tinggi.
Lu bayangin "Oh kamu dari Manokwari ya? yang standar lulusnya gampang. Kamu tidak saya terima bekerja di perusahaan ini" WTF?
pabrik ngadain test mandiri = butuh dana = investor pikir-pikir dahulu

ah capek banget ngomong sama ginian

Quote:Original Posted By mikunee

lah emang kalo gw yang minta dibawa trus gw ga boleh menilai kesamaan argumen disana dengan punya gw ?? emoticon-Cape d... (S)

Ya jangan dibilang kalo "argumen gw gak sama menyemenyemnye xxxx" di sini karena itu gw nilai sebagai argumen lu di post itu soalnya lu sendiri yang tulis. kalo gak sama ya udah siapa juga yang nyamain

GOD PLEASE BLESS US.
Diubah oleh FeikunaHayate
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 13:51
Quote:Original Posted By mikunee
http://tolakujiannasional.com/2014/0...jian-nasional/

jangan menggeneralisir begitu gan,
ingat ini masyarakat ga mungkin ditemukan kata "pasti", tidak ada yang 100%

dan kasih solusi dong,
dari tadi gw baca cuma ada debat ga penting doang, paling cuma beberapa yang ngasih solusi, dan itupun yang gw liat cuma dari pihak pro penghapusan UN / UN tidak dijadikan penentu kelulusan lagi
dan jangan bilang gw ga ngasih solusi ya
I did


ane baca berulang ulang situs tolak ujian nasional seperti tidak jauh dari rekapitulasi responden (hasil HT) yang tidak setuju UN.

UN memang banyak terjadi kecurangan hal ini dikarenakan pandangan yang ada bahwa UN adalah "vonis akhir" dari siswa sekolah. makanya lembaga bimbel menjamur untuk mewadahi pandangan ini
akibatnya
1. adanya usaha guru yang melemparkan tanggung jawab kegagalan siswanya pada UN. bukannya memproses siswanya agar berhasil dengan evaluasi rutin, remidi, atau dengan teknik mengajar yang sesuai dengan kondisi siswa dan sarana sekolahnya. tapi dengan cara yang tidak terpuji yaitu menaikkan nilai sejak awal yang disesuaikan dengan KKM.
2. adanya usaha sekolah untuk menutupi kelemahan lembaganya bukannya memacu warganya untuk berbuat lebih baik dengan cara memaksakan guru untuk memberi nilai tinggi dengan harapan siswanya "wajib lulus" karena ini termasuk akreditasi sekolah itu berdasarkan pelaksanaan SNP.
3. kebanggaan dinas pendidikan setempat jika satuan kerja (sekolah) yang dipimpinnya lulus 100% dengan cara menutup mata jika ada pelanggaran penyelenggaraan UN. seharusnya memacu sekolah yang dinaunginya agar lebih baik dengan cara monitoring secara rutin perkembangan sekolahnya bila perlu merotasi kepala sekolah yang tidak mampu membawa sekolah yang dipimpinnya menjadi lebih baik.
dari ketiga faktor inilah dijadikan peluang oleh siswa menjadi tidak bekerja keras untuk belajar karena berpandangan nanti pasti lulus, nanti pasti dibantu oleh gurunya, oleh pengawasnya oleh siapa saja yang merasa malu kalau siswanya gak lulus.
peluang ini dimanfaatkan oleh lembaga bimbingan belajar, tryout massal, penerbit buku buku soal siap UN atau yang lebih keji menjual kunci jawaban dan hebatnya itu "valid"

kembali ane lemparkan untuk di diskusikan, apakah kondisi seperti ini UN masih bisa dipertahankan ? atau di ubah dulu mainset tentang UN sebagai "vonis" ,sementara kemendikbud berdasarkan evaluasi pelaksanaan UN selalu memperbaiki diri cara pelaksanaannya mulai dari
1. pengawasan silang penuh
2. paket soal yang banyak
3. memilih pembuat soal yang kredibel ( ingat Perguruan tinggi negeri turut dilibatkan ), percetakan yang kredibel,
4. soal dijamin rahasia dari hulu sampai ke hilir dengan mempercayakan pada polisi
5. melokalisasi jenis soal sehingga satu daerah dengan daerah yang lain beda
6. mengkarantina pekerja pencetak soal
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 13:53
ane bukan setuju ato tidak setuju, tapi malah pengennya kurikulum pendirikan dan materi pendidikan yg tak perlu yang perlu diganti.
sekarang ini banyak ilmu tingkat dasar yng cuma buat dihapal saja gak ada relasinya sama kebutuhan dasar siswa. terlalu banyak ilmu yg tidak berguna yg sangat memberatkan siswa
(hehehe.. ini cuman pendapat ane aja.. kok. gak ngaruh sama sekali) emoticon-Big Grin
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 13:53
Quote:Original Posted By blue_lionx


Baca comment gue :
Lo tau dari mana kalau mereka ga diajarin yg sama? Kalau keseluruhan binatang itu diajarin cara manjat pohon dan itu saat final test gimana?
Setiap manusia diciptakan unik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.
okelah sama-sama punya otak dan diajarin pelajaran yang sama, tapi talenta yg dimiliki beda-beda.
Ambil contoh si A yg jago matematika tapi badannya lemah dalam pelajaran olahraga..
Lalu ada si B yang jago olahraga tapi nilai matematikanya suram..
mereka sama2 dapat pelajaran yg sama dan sama2 berotak, tapi talent mereka berbeda dalam menerima masing2 program studi. Cuma karena Matematika jadi syarat kelulusan, lantas si B ga bisa lulus gitu? lol. cetek sekali.

Baca comment gue emoticon-Hammer2 :

Lo ngerti kagak analogi di gambar itu tuh gak tepat? IRL sekolah itu ngajarin hal yang sama ke smua murid, setelah penjurusan juga sama kan materinya? Ngacu ke kurikulum kan? Mate, bio, kimia, ekon, sejarah, ips, dll.
Setiap manusia emang diciptakan unik, tetapi itu terserah lu. Kalo lu merasa lu butuh pekerjaan yang layak yang memerlukan pendidikan dari sekolah, lu bisa simpen itu bakat lu dan keluarin nanti kalo lu udah sukses. Atau kedua, lu bisa keluar dari sekolah, kejar pekerjaan impian lu dan jadi sukses yang tentu resikonya lebih tinggi. Terserah kita kok. Bagi para pencari jalan aman lewat sekolah gak usah protes kalo ada UN.

bah

Quote:Original Posted By papa_kodok


Klo sekolah yang nentuin kelulusan, pasti lulus semua tong.......
Mana mau sekolah ngurusin siswa bego....cuman jadi beban doank....
Mending dilulusin....ilang beban...


nip it in the bud brother emoticon-thumbsup:
Diubah oleh FeikunaHayate
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 13:54
yah intinya kalau UN msih ada, ga usah ada sekolah..
ambil aja les khusus buat UN doank.. anggap aja mau test TOEFL gitu..

eskrim.. eh ekstrim gila.. emoticon-Ngacir

Quote:Original Posted By FeikunaHayate

Baca comment gue emoticon-Hammer2 :

Lo ngerti kagak analogi di gambar itu tuh gak tepat? IRL sekolah itu ngajarin hal yang sama ke smua murid, setelah penjurusan juga sama kan materinya? Ngacu ke kurikulum kan? Mate, bio, kimia, ekon, sejarah, ips, dll.
Setiap manusia emang diciptakan unik, tetapi itu terserah lu. Kalo lu merasa lu butuh pekerjaan yang layak yang memerlukan pendidikan dari sekolah, lu bisa simpen itu bakat lu dan keluarin nanti kalo lu udah sukses. Atau kedua, lu bisa keluar dari sekolah, kejar pekerjaan impian lu dan jadi sukses yang tentu resikonya lebih tinggi. Terserah kita kok. Bagi para pencari jalan aman lewat sekolah gak usah protes kalo ada UN.

bah

[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA

my time machine works! we went back to orde baru... emoticon-EEK!
Diubah oleh blue_lionx
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 14:09
Quote:Original Posted By FeikunaHayate
Google search: My mind is full of F***
UN itu uuhhhhh gatel, UN itu digunakan biar lulusan itu ada standar mutunya biar nanti setelah lulus ni orang-orang tu ketauan bisanya apa tanpa test et cetera yang butuh biaya tambahan. Kalo tiap daerah dibedain, kasian lulusan dari daerah yang standarnya rendah, gak bisa nyari kerja di daerah yang lebih tinggi.
Lu bayangin "Oh kamu dari Manokwari ya? yang standar lulusnya gampang. Kamu tidak saya terima bekerja di perusahaan ini" WTF?
pabrik ngadain test mandiri = butuh dana = investor pikir-pikir dahulu

ah capek banget ngomong sama ginian


makanya gw bilang kalo mau standar UN oke,
tapi bukan penentu kelulusan, kalo pabrik mau nilai dari UN terserah, kalo mau bikin test sendiri terserah emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By FeikunaHayate
Ya jangan dibilang kalo "argumen gw gak sama menyemenyemnye xxxx" di sini karena itu gw nilai sebagai argumen lu di post itu soalnya lu sendiri yang tulis. kalo gak sama ya udah siapa juga yang nyamain

GOD PLEASE BLESS US.


yah elah tong serius amat ginian dimasukin sebagai argumen,
udah macam debat aja (debat kusir lebih tepatnya karna out-topic) padahal ini tret diskusi emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 14:13
Quote:Original Posted By blue_lionx
Baca comment gue :
Lo tau dari mana kalau mereka ga diajarin yg sama? Kalau keseluruhan binatang itu diajarin cara manjat pohon dan itu saat final test gimana?
Setiap manusia diciptakan unik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.
okelah sama-sama punya otak dan diajarin pelajaran yang sama, tapi talenta yg dimiliki beda-beda.
Ambil contoh si A yg jago matematika tapi badannya lemah dalam pelajaran olahraga..
Lalu ada si B yang jago olahraga tapi nilai matematikanya suram..
mereka sama2 dapat pelajaran yg sama dan sama2 berotak, tapi talent mereka berbeda dalam menerima masing2 program studi. Cuma karena Matematika jadi syarat kelulusan, lantas si B ga bisa lulus gitu? lol. cetek sekali.


kalau agan menganalogikan UN seperti gambar itu kok kurang tepat.
yang diujikan di UN kan pengetahuan umum, matematika, bahasa indonesia, IPA, bahasa inggris. bukan ketrampilan khusus jika yang di ujikan kertampilan khusus pasti diberikan pada siswa yang homogen. soal UN kimia nggak di ujikan pada siswa IPS atau soal UN ekonomi nggak diujikan di siswa IPA. jadi talenta itu di ujikan di UN yang homogen. lagian agan baca kembali persyaratan kelulusan (baca kriterianya) biar bisa menganalogikan yang benar emoticon-Smilie
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 14:15
Quote:Original Posted By blue_lionx
yah intinya kalau UN msih ada, ga usah ada sekolah..
ambil aja les khusus buat UN doank.. anggap aja mau test TOEFL gitu..

eskrim.. eh ekstrim gila.. emoticon-Ngacir



[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA

my time machine works! we went back to orde baru... emoticon-EEK!


inilah kalau mainset tentang UN keliru emoticon-Smilie
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 14:16
Quote:Original Posted By blue_lionx


Baca comment gue :
Lo tau dari mana kalau mereka ga diajarin yg sama? Kalau keseluruhan binatang itu diajarin cara manjat pohon dan itu saat final test gimana?
Setiap manusia diciptakan unik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.
okelah sama-sama punya otak dan diajarin pelajaran yang sama, tapi talenta yg dimiliki beda-beda.
Ambil contoh si A yg jago matematika tapi badannya lemah dalam pelajaran olahraga..
Lalu ada si B yang jago olahraga tapi nilai matematikanya suram..
mereka sama2 dapat pelajaran yg sama dan sama2 berotak, tapi talent mereka berbeda dalam menerima masing2 program studi. Cuma karena Matematika jadi syarat kelulusan, lantas si B ga bisa lulus gitu? lol. cetek sekali.


ato kalo pingin lebih criticalnya contohin anak yang pinter mat tapi down di bio, anak yang minat di psikologi tapi ga mudeng di geo, etc

Quote:Original Posted By aviep


ane baca berulang ulang situs tolak ujian nasional seperti tidak jauh dari rekapitulasi responden (hasil HT) yang tidak setuju UN.

UN memang banyak terjadi kecurangan hal ini dikarenakan pandangan yang ada bahwa UN adalah "vonis akhir" dari siswa sekolah. makanya lembaga bimbel menjamur untuk mewadahi pandangan ini
akibatnya
1. adanya usaha guru yang melemparkan tanggung jawab kegagalan siswanya pada UN. bukannya memproses siswanya agar berhasil dengan evaluasi rutin, remidi, atau dengan teknik mengajar yang sesuai dengan kondisi siswa dan sarana sekolahnya. tapi dengan cara yang tidak terpuji yaitu menaikkan nilai sejak awal yang disesuaikan dengan KKM.
2. adanya usaha sekolah untuk menutupi kelemahan lembaganya bukannya memacu warganya untuk berbuat lebih baik dengan cara memaksakan guru untuk memberi nilai tinggi dengan harapan siswanya "wajib lulus" karena ini termasuk akreditasi sekolah itu berdasarkan pelaksanaan SNP.
3. kebanggaan dinas pendidikan setempat jika satuan kerja (sekolah) yang dipimpinnya lulus 100% dengan cara menutup mata jika ada pelanggaran penyelenggaraan UN. seharusnya memacu sekolah yang dinaunginya agar lebih baik dengan cara monitoring secara rutin perkembangan sekolahnya bila perlu merotasi kepala sekolah yang tidak mampu membawa sekolah yang dipimpinnya menjadi lebih baik.
dari ketiga faktor inilah dijadikan peluang oleh siswa menjadi tidak bekerja keras untuk belajar karena berpandangan nanti pasti lulus, nanti pasti dibantu oleh gurunya, oleh pengawasnya oleh siapa saja yang merasa malu kalau siswanya gak lulus.
peluang ini dimanfaatkan oleh lembaga bimbingan belajar, tryout massal, penerbit buku buku soal siap UN atau yang lebih keji menjual kunci jawaban dan hebatnya itu "valid"

kembali ane lemparkan untuk di diskusikan, apakah kondisi seperti ini UN masih bisa dipertahankan ? atau di ubah dulu mainset tentang UN sebagai "vonis" ,sementara kemendikbud berdasarkan evaluasi pelaksanaan UN selalu memperbaiki diri cara pelaksanaannya mulai dari
1. pengawasan silang penuh
2. paket soal yang banyak
3. memilih pembuat soal yang kredibel ( ingat Perguruan tinggi negeri turut dilibatkan ), percetakan yang kredibel,
4. soal dijamin rahasia dari hulu sampai ke hilir dengan mempercayakan pada polisi
5. melokalisasi jenis soal sehingga satu daerah dengan daerah yang lain beda
6. mengkarantina pekerja pencetak soal


sebenernya tuh surat gw kasih biar dia tau kalo ada anak yang ga males dan ehem2 tapi nolak UN,

thanks buat lemparannya,
mungkin ntar kalo gw lagi ga males emoticon-Smilie
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 14:45
Quote:Original Posted By aviep


kalau agan menganalogikan UN seperti gambar itu kok kurang tepat.
yang diujikan di UN kan pengetahuan umum, matematika, bahasa indonesia, IPA, bahasa inggris. bukan ketrampilan khusus jika yang di ujikan kertampilan khusus pasti diberikan pada siswa yang homogen. soal UN kimia nggak di ujikan pada siswa IPS atau soal UN ekonomi nggak diujikan di siswa IPA. jadi talenta itu di ujikan di UN yang homogen. lagian agan baca kembali persyaratan kelulusan (baca kriterianya) biar bisa menganalogikan yang benar emoticon-Smilie


kalau gitu kita ambil jalan tengah yah gan.. emoticon-Smilie
UN TETAP KITA BUTUHKAN untuk PEMETAAN PENDIDIKAN, Tetapi BUKAN SEBAGAI PENENTU KELULUSAN.

gimana gan? emoticon-Smilie
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 15:06
hapus aja bikin anak depresi n orang tua was2,,eheheheh,, dari raport juga udah keliatan lah,, ntr juga ujung2nya tes lagi mau masuk ke sekolah negeri emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 15:06
tetep diadakan om emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 15:16
menurut saya UN tetep ada tapi hanya untuk mengetahui standar nilai saja, tidak untuk standar kelulusan. emoticon-I Love Indonesia

ya sama aja dong, ujung2nya juga nilai doang, terus prosesnya selama 3 tahun terlupakan emoticon-Sorry

0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 15:52
Quote:Original Posted By blue_lionx
kalau gitu kita ambil jalan tengah yah gan.. emoticon-Smilie
UN TETAP KITA BUTUHKAN untuk PEMETAAN PENDIDIKAN, Tetapi BUKAN SEBAGAI PENENTU KELULUSAN.

gimana gan? emoticon-Smilie


sepakat
jika nantinya sekolah sudah bisa memenuhi "Standar Kompetensi Kelulusan", masalahnya dengan menjamurnya lembaga sekolah maka banyak sekolah abal abal yang hanya cari siswa saja tanpa peduli dengan standar nasional pendidikan, mendidik siswa seadanya hak hak siswa nggak dipenuhi, kalau tetap seperti ini "UN masih tetap di perlukan untuk penentu sebagian kelulusan". jadi intinya kebijakan daerah harus benar benar selektif untuk mengijinkan pendirian sekolah. emoticon-Smilie
0 0
0
[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA
02-05-2014 15:56
Quote:Original Posted By blue_lionx
yah intinya kalau UN msih ada, ga usah ada sekolah..
ambil aja les khusus buat UN doank.. anggap aja mau test TOEFL gitu..

eskrim.. eh ekstrim gila.. emoticon-Ngacir


[DISKUSI] APAKAH UJIAN NASIONAL DIHAPUS SAJA

my time machine works! we went back to orde baru... emoticon-EEK!


yang milih jalan aman lewat sekolah itu siapa? UN itu sebagai konsekuensi karena mlih jalan aman. Mau gak ada UN, gak usah sekolah. Kalo ngerasa punya solusi laen mendingan belajar, belajar, belajar, raih gelar doktor, lu masuk partai, jadi mendiknas nah lu ubah tuh sistem.

Kenapa gw bilang gak usah protes, kalo apa-apa diprotes, negara gak bisa stabil, kadang yang bener diprotes. Lu kira kelakuan buruh yang sampe minta uang pulsa sama parfum itu kenapa sebabnya kalo bukan gegara demokrasi yang kebablasan? emoticon-Cape d...

Cita-cita reformasi yang sebenarnya itu bukan semata nambah 8 bab di UUD. emoticon-Gila Opresif dikit-dikit orba? Aturan diprotes? Beradab apa gak sih?

Quote:Original Posted By mikunee

makanya gw bilang kalo mau standar UN oke,
tapi bukan penentu kelulusan, kalo pabrik mau nilai dari UN terserah, kalo mau bikin test sendiri terserah emoticon-Cape d... (S)

yah elah tong serius amat ginian dimasukin sebagai argumen,
udah macam debat aja (debat kusir lebih tepatnya karna out-topic) padahal ini tret diskusi emoticon-Cape d... (S)

ya gw ngomong di sini gak santai juga lah, ini masalah standardisasi SDM Indonesia kedepannya lho, jangan main-main lho. 2015 itu besok men, Pasar Bebas ASEAN mulai berlaku, SDM Indonesia kira-kira bisa bersaing kagak?

sekali lagi gw tekankan, kalo UN dihapus, standardisasi nasional kualitas lulusan sekolah nanti kayak gimana? Pabrik kalo mau ngadain tes berarti mereka harus ngeluarin biaya tambahan yang bisa tidak dibutuhkan jikad UN tetap ada kayak sekarang. Biaya tambahan yang diperlukan buat tes tersebut bakalan jadi pertimbangan para investor dan pelaku usaha. "Daripada gw rugi bangun pabrik di Indonesia yang musti ada tesnya, mendingan gw bikin di Cina, atau Malaysia aja lah yang lebih bebas. " Nah lo mau makan apa besok?
Diubah oleh FeikunaHayate
0 0
0
Halaman 96 dari 125
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia