News
Batal
KATEGORI
link has been copied
170
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52fc89c23fcb17b2098b45dc/tahukah-anda-berapa-luas-alam-semesta
Jika ada yang bertanya, berapa luas bumi? maka kita dengan mudah menjawab, luas bumi adalah 510.100.000 kilometer persegi. Namun jika pertanyaan tersebut dikembangkan berapa luas alam semesta atau dimanakah batas terakhir alam semesta ini? jawabannya akan menjadi perdebatan yang berkepanjangan dan cukup menarik untuk di teliti. Mengapa? karena alam semesta terus meluas dan berkembang atau artinya
Lapor Hansip
13-02-2014 16:00

tahukah anda berapa luas alam semesta??

Jika ada yang bertanya, berapa luas bumi? maka kita dengan mudah menjawab, luas bumi adalah 510.100.000 kilometer persegi. Namun jika pertanyaan tersebut dikembangkan berapa luas alam semesta atau dimanakah batas terakhir alam semesta ini? jawabannya akan menjadi perdebatan yang berkepanjangan dan cukup menarik untuk di teliti.
Mengapa? karena alam semesta terus meluas dan berkembang atau artinya luas alam semesta terus bertambah tanpa terhenti sejak pertama kali tercipta miliyaran tahun yang lalu.
tahukah anda berapa luas alam semesta??
Sepanjang sejarah manusia berbagai metode dan cara telah di lakukan untuk mengukur seberapa besar dan seberapa jauh alam semesta ini. Sebagai perbandingan salah satu bintang yang terdekat kita yaitu matahari berjarak 120 juta kilometer dari bumi. Sementara sistem tata surya kita ini adalah hanya setitik debu yang berada di pinggir galaksi bima sakti alias kabut susu, yang terdiri dari atas 300.000 bintang seperti matahari.
tahukah anda berapa luas alam semesta??
Jarak antara matahari dengan pusat galaksi bima sakti adalah 30.000 tahun cahaya atau setara dengan 2.850.000 triliyun kilometer. Atau mudahnya jarak 30.000 tahun cahaya sama artinya dengan jika seberkas sinar cahaya terpancar dari pusat galaksi bima sakti akan membutuhkan 30.000 tahun untuk sampai ke matahari dan bisa terlihat ke mata kita. Lalu bagaimana dengan alam semesta kita? saat ini di alam semesta di perkirakan terdapat 500 miliyar galaksi yang jaraknya terpaut sangat jauh. Untuk menduga seberapa luas atau seberapa tua alam semesta kita, maka para ilmuwan menghitung dengan cara yang sederhana, yaitu mengukur jarak terjauh dari galaksi. hasilnya adalah 14 Miliyar tahun cahaya. Sederhananya jika sesorang mengendarai pesawat ruang angkasa berkeepatan cahaya maka ia baru bisa mencapai ujung semesta ini dalam waktu 14 Miliyar Tahun. Namun jarak ini bersifat dinamis, yang artinya ukuran panjang semesta terus bertambah dari waktu ke waktu.

Jarak 14 Miliyar tahun cahaya adalah jarak semesta 14 Milyar tahun yang lalu karena cahaya yang keluar dari galaksi terjauh membutuhkan waktu 14 milyar tahun untuk sampai ke mata kita. Dengan kata lain jarak tersebut bisa saja kini 16, 17 atau 20 miliyar tahun cahaya atau mungkin galaksi terjauh tersbut kini sudah hancur. Namun untuk membuktikannya kita membutuhkan miliyaran tahun lagi. Meski demikian ada yang patut kita renungkan dari luasnya alam semesta ini, bahwa bumi hanyalah setetes air di antara samudera yang sedemikian luas. Lalu bagaimana mungkin manusiabisa pongah berada diatas bumi yang ternyata sangat kecil diantara alam semesta ini?
profile-picture
profile-picture
aurora.. dan candidat.master memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 9
tahukah anda berapa luas alam semesta??
21-04-2014 16:35
Jangankan alam semesta gan... emoticon-Cape d... Luas galaksi bimasakti aja ane g tahu emoticon-Sorry
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
21-04-2014 19:37
walaupun suatu saat terungkap luas alam semesta ..
dikatakan ditrit ente akan terus berubah-ubah
maka sama ajah bohong , cuma jadi sekedar TEORI dan jika salah bisa banyak terjadi pertikaian, dengan kata lain alam semesta itu "TAK TERBATAS"
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
21-04-2014 22:30
dengan meledaknya populasi,maka kita akan termotivasi membuat teknologi baru untuk mencari planet baru yg mungkin di galaksi lainemoticon-Cool
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
21-04-2014 22:54
cuma yang Maha Kuasa gan yang tau emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
21-04-2014 23:27
Klo ngeliat dari gambar kliatannya luasnya tak terbatas gan...
Tuhan bener2 luar biasa... emoticon-Big Grin
emoticon-2 Jempol
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
21-04-2014 23:47
penasaran jg sm luas alam semesta sekarang. ngebaca thread ini ane jadi teringat ama bouraq yaitu kendaraan yg digunakan Nabi Muhammad SAW saat perjalanan Isra Mi'raj. Dari perjalanan tsb, maka bukan tidak mungkin kalo suatu saat nanti kita bakalan tau luas alam semesta yang sbenarnya, karena pengetahuan akan sllau bertambah dan berkembang, teknologi akan semakin maju, yang jelas brapapun luas alam semesta ini patut kita jadikan renungan kalo kita hanya lah makhluk yg sangt kecil bersama dgn jutaan makhluk lain di alam semesta ini maka dr itu janganlah kita sombong brjalann di muka bumi, krn kesombongan hanyalah milik Tuhan semata....
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
22-04-2014 13:09
makin yakin ane pasti ada manusia lain selain dibumi..dan mungkin di planet itu masi jaman purba..atau udah jaman modern..pantes aja malaikat dibuat dr cahaya ya..biar cepet pergerakannya antar planet emoticon-Big Grin
Diubah oleh ARMAD1LLO
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
22-04-2014 14:48
kalo berhubungan sains dan kepercayaan terhadap agama mungkin tiada batas emoticon-cystg
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
22-04-2014 15:08
sains jgn digabungin ama religi
pasti susah nyambung, ujung2nya sara
emoticon-Cape d...
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
22-04-2014 17:26
setau ane sih seluas cintaku pada nya gan emoticon-Kissemoticon-Ngakak
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
22-04-2014 17:29
Gak bisa ditebak ya gan, gak bisa dikira-kira [removed]void(0);
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
23-04-2014 06:23
Subhanallah,,, betapa maha Kuasanya sang Pencipta
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
23-04-2014 06:30
Meterannya kurang panjang kalok diitung luasnya alam semesta emoticon-Ngakak
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
23-04-2014 07:49
Quote:Original Posted By mazvoy
teori laennya mengatakan,, tak terbatas,


dikatakan tak terbatas itu karena manusia penuh keterbatasan, coba kalau kemampuan manusia tak terbatas, hal-hal yang tak terbatas akan jadi terbatas emoticon-Malu (S)
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
23-04-2014 08:30
nggk ada batasnya mngkin, kalau emang ada, apa batasannya? hitam/kegelapan? kalau iya, sampai manakah luas kegelapan itu?? atau apa?? hanya Allah yg menciptakan semua ini yg tau, betapa agungnya Sang Pencipta!
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
23-04-2014 08:49
yang jelas udah di jelasin di alquran bahwa langit itu 7 lapis gan
emoticon-Matabelo
emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
23-04-2014 20:46
Quote:Original Posted By dandsay
Meterannya kurang panjang kalok diitung luasnya alam semesta emoticon-Ngakak


Meterannya siapa gan ? emoticon-Bingung (S), cahaya sebagai meteran kita. emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S), kalo mengembang seperti apa yang dikatakan TS, berarti luas alam semesta ( universe ) adalah "To Infinity and beyond" << Buzz Lightyear. emoticon-Cape d... (S) emoticon-Ngakak (S)

Bagaimana dengan multiverse ? emoticon-Bingung (S) emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
23-04-2014 21:10
Maaf gan otak manusia gk sampe situ
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
24-04-2014 00:28
tahukah anda berapa luas alam semesta??
0 0
0
tahukah anda berapa luas alam semesta??
25-04-2014 21:58
pasti ada planet yg jarak ke bintangnya hampir sama dengan jarak bumi ke matahari
sehingga memungkinkan adanya zat cair di planet tersebut
yg memungkinkan terbentuknya asam nukleat dan organisme2 lain yg mendukung adanya kehidupan
0 0
0
Halaman 6 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia