News
Batal
KATEGORI
link has been copied
137
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52f9f1f80d8b46e3448b4930/tikus-di-masa-depan-akan-sebesar-domba
Tikus bisa berkembang hingga seukuran domba atau bahkan lebih besar lagi saat mereka berevolusi untuk mengisi relung ekologi yang kosong. Teori ini dikemukakan oleh Dr Jan Zalasiewicz, ahli geologi dari University of Leicester. Menurutnya, tikus-tikus yang memiliki kemampuan beradaptasi yang luar biasa bisa mengambil keuntungan dari mamalia lebih besar yang mengalami kepunahan. "Hewan akan be
Lapor Hansip
11-02-2014 16:48

Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba

Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba

Quote:Tikus bisa berkembang hingga seukuran domba atau bahkan lebih besar lagi saat mereka berevolusi untuk mengisi relung ekologi yang kosong.

Teori ini dikemukakan oleh Dr Jan Zalasiewicz, ahli geologi dari University of Leicester. Menurutnya, tikus-tikus yang memiliki kemampuan beradaptasi yang luar biasa bisa mengambil keuntungan dari mamalia lebih besar yang mengalami kepunahan.

"Hewan akan berevolusi dari waktu ke waktu menjadi bentuk yang memungkinkan mereka bertahan hidup dan memproduksi keturunan," kata Dr Zalasiewicz.

"Sebagai contoh, pada Zaman Cretaceous, saat dinosaurus masih hidup, ada juga sejumlah mamalia, tapi mereka sangat kecil, seukuran tikus. Pasalnya, saat itu dinosaurus lah yang mengisi relung ekologi yang lebih besar.

"Baru setelah dinosaurus punah, mamalia kecil ini berevolusi menjadi berbagai bentuk termasuk yang sangat besar seperti brontotherium, kuda, mastodon, gajah, badak, dan lain-lain.

"Jika memiliki cukup waktu, tikus kemungkinan bisa berkembang minimal hingga sebesar kapibara, hewan pengerat terbesar yang hidup saat ini (di Amerika Selatan), yang beratnya bisa mencapai 80 kilogram.

"Jika ruang ekologi masih ada yang kosong, tikus-tikus ini masih bisa tumbuh menjadi lebih besar lalu."

Hewan pengerat terbesar yang telah punah, Josephoartegasia Monesi, yang pernah hidup tiga juta tahun silam, berukuran lebih besar dari seekor banteng dengan berat lebih dari satu ton.

Gambaran mengenai teori ini bisa dilihat di "pulau tikus" yaitu sebuah wilayah yang diisolasi di mana tikus-tikus dengan cepat berkembang menjadi spesies yang dominan.

“Pulau tikus” ini menjadi sebuah laboratorium untuk mempelajari evolusi hewan pengerat di masa yang akan datang.

"Tikus adalah contoh terbaik dari spesies yang telah kita sebarkan ke seluruh dunia, dan telah berhasil beradaptasi dengan banyak lingkungan baru yang menjadi tempat tinggal mereka," kata Dr Zalasiewicz.

"Tikus-tikus ini hidup di banyak pulau di seluruh dunia, dan begitu mereka ada di sana, mereka sangat sulit untuk dibasmi. Begitu ada di sana, mereka bisa bersaing dengan banyak spesies asli pulau itu dan mendorong spesies-spesies itu menuju kepunahan.

"Sebagai akibantnya, relung ekologi menjadi kosong, dan tikus-tikus ini berpeluang untuk mengisi kembali bagian yang signifikan dari relung itu."


sumber: TEMPO

wahhh benarkah? kira2 butuh waktu berapa lama lagi kita akan melihat tikus yang seperti ini? emoticon-Matabelo
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 8
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
22-04-2014 18:01
Quote:Original Posted By baggonkz
gawat banget tuh gan... sapa yang mau bersihin kotorannya klo segede domba... emoticon-Cape d...emoticon-Ngakak

lalu lubang2 yang dibuat tikus bakalan sebesar apa ya? manusia bisa dimakan lama2
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
22-04-2014 18:48
kalo mnurut ane, yang berkemungkinan tumbuh besar itu hewan2 yang hidupnya didasar laut,,,karena itu tidak terjamah tangan manusia...
contohnya lobster saja, itu sudah terbukti..
kalau dia tidak dimangsa/mati sendiri, lobster akan terus tumbuh...

kalau hewan mamalia yang biasa kita temui si kayaknya engga lo gan...
hehehe...

tapi kalau iya serem tu gan, ane biasa masang jebakan tikus soalnya...
takut dibales
:emoticon-Takut
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
22-04-2014 20:21
Setau ane sih tergantung gan. Mahluk hidup bakal evolusi dengan tujuan untuk mempertahankan hidupnya. Faktor evolusi sendiri, tergantung dari lingkungan dan kompetisi mahluk hidup lain. Jadi mereka menyesuaikan diri, mau mereka jd gede atau kecil, numbuh ekor, numbuh sayap atau bagian tubuh lainnya tergantung dari kebutuhan mereka.


CMIIW hehe.. Rada sotoy soalnya emoticon-Peace
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
22-04-2014 20:37
masa depan yah gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
22-04-2014 22:12
cuman tikus gan? gimana kaya semut, kecoa dll? jangan sampe dah kecoa gede juga emoticon-Ngakak kecil aja udah geli ane
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
22-04-2014 22:30
bisa ditunggangin gak ya gan.. emoticon-Bingung (S)

Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
22-04-2014 23:28
buat alasannya sama data sih smuanya make sense gan.... emoticon-Matabelo
waduh ==''
tikus segede domba sih makasih banyak loh wkwkwkkw
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
23-04-2014 06:10
Quote:Original Posted By pierera
karena tikus ada dan hidup di seluruh belahan bumi (kecuali kutub), dengan bertambahnya ukuran tikus kemungkinan manusia juga bisa terdesak.


tenang aja ganz, nanti muncul kok pahlawan2 tikus kek gurunye kura2 ninja nyang idup di got, jadi kita bisa berguru padanya, kl emang terdesak emoticon-Malu (S)
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
23-04-2014 06:12
Quote:Original Posted By sarigordyn
wah ngeri tuh,, nanti manusia bisa jadi santapan tikus dong emoticon-Bingung (S)


manusia dibekali akal yg sempurna kok.. emoticon-Malu (S)
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
23-04-2014 08:33
kalo tikusnya segede domba kucingnya segede apa emoticon-Bingung emoticon-Takut
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
23-04-2014 09:59
Quote:Original Posted By drakkiler
Wah kalo semut gmn gan?
Kan dia juga serangga yg ada d smua wilayah d bumi. (Kcuali kutub)

Kalo ikut gede, serem juga gan. emoticon-Takut


Kalo semut semutnya punya armor kaya armadilo gimana gan? Kuat dong di kutub emoticon-Big Grin
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
23-04-2014 11:37
kucing nya jadi segede apa gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
23-04-2014 15:52
wah kalo udah sebesar domba ngeri juga ya
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
23-04-2014 16:05
wah kalo gitu bisa-bisa anak cucu kita nanti ada yang gembala tikus dong emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
23-04-2014 16:12
Bused se-domba. DIjual bisa jutaan dong emoticon-Hammer2
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
24-04-2014 16:05
Quote:Original Posted By achmedh777
kalo mnurut ane, yang berkemungkinan tumbuh besar itu hewan2 yang hidupnya didasar laut,,,karena itu tidak terjamah tangan manusia...
contohnya lobster saja, itu sudah terbukti..
kalau dia tidak dimangsa/mati sendiri, lobster akan terus tumbuh...

kalau hewan mamalia yang biasa kita temui si kayaknya engga lo gan...
hehehe...

tapi kalau iya serem tu gan, ane biasa masang jebakan tikus soalnya...
takut dibales
:emoticon-Takut

mungkin, namanya penelitian kan jadi semuanya masih bisa ada kemungkinan tepat atau tidaknya emoticon-Smilie kita akan lihat nanti apakah penelitian ini sesuai atau tidak kedepannya
Quote:Original Posted By burungman
Setau ane sih tergantung gan. Mahluk hidup bakal evolusi dengan tujuan untuk mempertahankan hidupnya. Faktor evolusi sendiri, tergantung dari lingkungan dan kompetisi mahluk hidup lain. Jadi mereka menyesuaikan diri, mau mereka jd gede atau kecil, numbuh ekor, numbuh sayap atau bagian tubuh lainnya tergantung dari kebutuhan mereka.


CMIIW hehe.. Rada sotoy soalnya emoticon-Peace

hehe ya makanya si peneliti ini memprediksi kalau tikus akan sebesar domba, kita lihat saja apakah penelitian ini dipatahkan atau tidak
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
24-04-2014 21:20
Quote:Original Posted By red.betty
kalo tikusnya segede domba kucingnya segede apa emoticon-Bingung emoticon-Takut


kucingnya kenyang gan emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
24-04-2014 21:30
kalau itu terjadi serem banget
emoticon-Takut
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
25-04-2014 06:43
Quote:Original Posted By mortred681
lama2 bsa jadi tikus makan manusia dong nanti (tikus itu karnivora bkn ya?)


tenang gan kalau bener tikus segede itu kita udah pakai pakaian iron man semua gan
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Tikus di Masa Depan Akan Sebesar Domba
25-04-2014 13:51
manusia mahluk yang palind dominan kenapa ga bertambah gede malah semakin kerdil/mengecil
0 0
0
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia