mockeryAvatar border
TS
mockery
Perbedaan Alligator dan Crocodile
Ada sedikit hal yang perlu kita ketahui:
  • SEMUAcrocodile’ adalah ‘alligator’, tapi
  • TIDAK semua 'alligator' adalah ‘crocodile’.

Terdengar membingungkan? Sebenarnya tidak jika Agan melihat taksonominya.
emoticon-Ngakak

Alligator’ dan ‘crorodile’ sama-sama merupakan anggota dari kelas Reptilia pada ordo Crocodilia, namun berbeda pada famili-nya. Seringkali orang-orang menggunakan kata ‘crocodile’ untuk mengarah pada sebutan ordo-nya, yaitu ‘Crocodilia’. Istilah ini tidak hanya mencakup ‘alligator’ dan ‘crocodile’ yang secara umum telah kita ketahui, tapi juga untuk famili yang lebih sedikit yang dikenal dengan famili Gavialidae yang mencakup ‘gavial’ dan ‘gharial’. Dari semuanya, terhitung ada 23 jenis dari Crocodilia.
emoticon-Matabelo

Kelompok Crocodilia merupakan hewan yang telah ada sejak 240 juta tahun yang lalu. Mereka telah hidup lebih lama bila dibandingkan dengan Dinosaurus, yang hanya 135 juta tahun emoticon-Hammer (S). Memiliki kehidupan di darat maupun di air, anggota dari ordo ini dapat berenang dengan kecepatan 20 mph dan berlari dengan kecepatan 11 mph. Mereka lebih sering tinggal di air dan dapat bernapas di dalam air selama 1 jam. Matanya yang selalu berada di atas permukaan air berguna untuk memperhatikan mangsanya sementara ekornya yang kuat dengan cepat menggerakkan dirinya di air.


Crocodile’ dan ‘Alligator’ merupakan pemburu paling hebat dan dapat memakan apa saja yang ditangkap dengan giginya: ikan, kura-kura, monyet, bahkan kerbau. Dengan giginya yang kuat, tidak ada siapapun yang berani mengganggunya ketika mencabik mangsanya menjadi potongan kecil atau bahkan menelannya langsung emoticon-Takut (S).


Crocodilia memiliki indra yang sangat kuat untuk mendeteksi mangsanya. Matanya yang selalu berada diatas permukaan air, dapat terbuka lebih lebar untuk menerima cahaya tambahan dan dapat juga melihat dengan baik pada malam hari. Dan meskipun kita tidak dapat melihat telinganya, janganlah tertipu - telinga kecilnya dapat mendengar suara anaknya yang masih berada di dalam telur. Bahkan indra penciumannya juga merupakan organ spesial emoticon-Bingung (S).



Nah, secara mendasar ada beberapa perbedaan antara ‘Crocodile’ dan ‘Alligator’ yaitu:

  1. Alligator’ memiliki kepala yang lebar dan hidungnya berbentuk U.
    Spoiler for Moncong huruf U, punya Alligator:

    Crocodile’ memiliki kepala lebih kecil dan ujung moncongnya lebih runcing. Hidungnya berbentuk V.
    Spoiler for Moncong V, punya Crocodile:


  2. Keduanya memiliki gigi yang besar dan rahang yang pendek, tapi gigi ‘crocodile’ terletak agak keluar pada rahang atas dan giginya masih terlihat ketika mulutnya tertutup. Pada ‘alligator’, giginya terletak agak kedalam pada rahang atas dan giginya tidak terlihat ketika mulutnya tertutup.
    Spoiler for Unjuk gigi:


  3. Crocodile’ lebih agresif emoticon-Gila, sedangkan ‘alligator’ lebih suka menghindar daripada menghadapi bahaya yang ada di depannya.emoticon-Bingung




emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star


Spoiler for Sumber:
Diubah oleh mockery 06-10-2013 15:37
0
53.9K
612
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.