Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1256
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53295c02138b468a438b4721/sebuah-budaya-perlawanan-terhadap-parade-kemewahan-di-masyarakat
Sebelum kita bahas, Sekiranya Agan-agan dapat terlebih Dahulu untuk :selamat :selamat :selamat Terima kasih atas Kontribusi dari Officer dan Kaskuser dalam Thread ini HT #9 Sebelumnya ane minta
Lapor Hansip
19-03-2014 15:57

SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT

Past Hot Thread
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT

Sebelum kita bahas, Sekiranya Agan-agan dapat terlebih Dahulu untuk
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT

emoticon-Selamat
emoticon-Selamat emoticon-Selamat
Terima kasih atas Kontribusi dari Officer dan Kaskuser dalam Thread ini
HT #9
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT

Sebelumnya ane minta perhatian sebentar
Quote:

emoticon-Selamat AYOOOO AGAN & SISTA emoticon-Selamat
IKUTI LOMBA DESIGN KAOS & JAKET STK-REVOLUTION
emoticon-Toast BANYAK HADIAHNYA LHO!! emoticon-Toast
LOMBA DIMULAI TANGGAL 27 MARET - 27 APRIL 2014
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
>>>SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT<<<
KLIK BANNER UNTUK KE TKP


Cek Repost

SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT

SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
KOMIK

SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT

Quote:

Pendahuluan


Ane yakin agan-agan semua pasti pernah liat mereka di jalan, tapi apakah agan tau, kenapa mereka melakukan hal tersebut, terlintas di benak ane untuk cari tau apa dan kenapa mereka bisa begitu, usut punya usut ternyata bukan tanpa alasan mereka seperti itu tapi karena ada pesan yang ingin mereka sampaikan. Tanpa basa basi lagi deh, yuk segera kita bahas....

emoticon-Request emoticon-Request


SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
Quote:

Pembahasan

Quote:Original Posted By nginguiwak
ni gan ane tambahin videonya tentang vespa gembel.. biar tambah sip trit ente emoticon-thumbsup


Disaat orang berlomba-lomba untuk memamerkan kemewahan sebagai simbol kemapanan sosial, komunitas penggemar vespa gembel justru sebaliknya. Mereka lebih suka memamerkan kegembelan dengan sengaja mengembel-gembelkan vespa dan dirinya sendiri untuk menarik perhatian dari orang lain, inilah antitesis dari parade kemewahan di sekitar kita.

Komunitas ini mudah dikenali. Mereka umumnya mengendarai vespa rombeng tahun 1970-an atau 1980-an yang dimodifikasi sesuka hati hingga bentuknya aneh-aneh. Ada yang mengganti setang vespanya dengan setang tinggi menjulang. Mereka menyebut model ini sebagai vespa setang monyet karena pengendaranya akan terlihat seperti monyet yang sedang menggelayut di batang pohon. Ada yang menambahi gerobak di samping vespanya. Ada pula yang menceperkan dan memanjangkan badan vespa hingga bermeter-meter. Inilah yang mereka sebut vespa long.

Ciri lain vespa gembel adalah kotor atau dekil. Penggemarnya sengaja tidak mencucinya berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Tampilan vespa kian kumuh karena penggemarnya kerap menempelkan aneka ”sampah” di vespa mereka, mulai dari karung goni, gombal, drum bekas, galon air, sandal jepit, CD, selongsong mortir, botol infus, tengkorak sapi, hingga (maaf) celana dalam. Bila semakin gembel maka menurut mereka semakin keren.

Solidaritas sosial adalah suatu tindakan yang membangkitkan semangat hidup bukan hanya sekedar perasaan kasihan namun tidak ada tindakan nyata. Diasumsikan bahwa solidaritas sosial komunitas vespa gembel mempunyai tingkat solidaritas sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan komunitas vespa lainnya. Hal ini dikarenakan pada komunitas vespa gembel, sebagian besar anggotanya memang benar-benar dari kalangan orang tidak mampu, dari kalangan ekonomi yang terjepit. Sesama anggota merasakan bahwa kehidupan mereka sama-sama susah sehingga muncul perasaan senasib sepenanggungan.

Jejaring yang terjalin dalam komunitas vespa gembel sudah sangat kuat, mulai dari kota-kota dalam pulau sampai lintas luar pulau. Saling mengunjungi, saling membantu dan bahkan saling mendoakan sudah menjadi hal yang lumrah. Mereka menyebut bentuk solidaritas sosial semacam ini sebagai ”perjamuan”. Dalam perjamuan, yang menjadi tuan rumah adalah “anak-anak” vespa di daerah yang dilalui selama perjalanan.



SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
Quote:

JADI BEGINI GAN


Mengapa mereka mau menggembel-gembelkan diri? Ternyata ini ada kaitannya dengan faham kebebasan yang mereka anut. Mereka ingin merombak pandangan orang yang sering menilai orang lain dari penampilan luarnya.


Dengan vespa gembel, komunitas ini bisa dengan bebas mengekspresikan diri. ”Kalau orang kaya bisa pamer kemewahan, kita bisa pamer kegembelan,” itu merupakan kutipan slogan yang sering mereka “teriakan”. Dan memang seperti itulah adanya, dengan kondisi motor yang boleh dibilang sangat aneh untuk disebut sebagai sebuah motor, di jalanan mereka menjadi pusat perhatian orang.

Lewat kegembelannya, mereka menyelipkan semacam semangat demokrasi di jalanan. Bagi mereka, jalanan yang sering digunakan orang-orang kaya untuk memamerkan mobil dan motor mewah, juga harus bisa menjadi ruang bagi rakyat jelata berkantong cekak. Kebanyakan penggemar vespa gembel memang berasal dari kelompok menengah ke bawah. Mereka umumnya pengangguran, mahasiswa, atau buruh serabutan. Namun ada pula yang berprofesi sebagai seniman, guru, atau pemilik bengkel.



Quote:


Nahhh Sekarang Udah tau kan? jadi gitu loh gan, mereka ngga cuma iseng melakukan hal tersebut, ada maksud dan tujuannya. jadi agan-agan yang udah baca thread ini, jangan sebel lagi ya kalo liat mereka, yang agan anggap ganggu mata.

emoticon-Kiss emoticon-Kiss

Quote:
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT

[CENTER]PENDAPAT KASKUSER REPLY #1

PRO vs KONTRA
[/CENTER]

Saya Ucapkan Terima Kasih Untuk Kalian Semua!


Quote:


Quote:


SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT

SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT



SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT

SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT

Diubah oleh vladimirs
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 34 dari 64
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:46
bentuk modifikasi vespa gembel kayaknya memang miris, tetapi sejatinya itu merupakan salah satu bentuk kreatifitas mereka. ane pernah melihat mereka ini dari dekat. orisinal banget modifikasinya
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:46
itu vespa modif y sadis amet smp segitunya
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:47
ada kaya ada miskin Ada kanan ada kiri ada atas ada utara ....
bagaimana cara Kita menghargai suatu perbedaan emoticon-Shakehand2
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:48
ane salut gan sama solidaritas mereka, cuma kadang2 suka ada aja yang bikin onar emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:50
ini baru cowo um*ld
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:51
gembel tapi 'bermartabat' gan emoticon-Matabelo
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:52
Kebersihan motor mencerminkan pemiliknya.. emoticon-Big Grin
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:52
ane sering liat gan emoticon-Big Grin
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:53
ane ikut angkat suara netral aja ya buat motivasi ....
biasakan dan tanamkan pada anak kalau cita cita harus digantungkan setinggi tingginya jgn dbiasakan berkata kata sederhana lebih bahagia itu salah bilang pada anak mewah itu lebih bahagia kalau didapat dengan usaha keras ... jadi tanamkan pada anak hidup akan lebih baik jika kita kaya dan kalau mau kaya itu butuh usaha biar dimotivasi untuk sukses ... bukan di buat mentalnya untuk hidup miskin maka si anak gk akan berusaha untuk hidup sukses dan kaya ... tapi gk mau usaha mencapai kekayaan dan bermindset hidup miskin itu bahagia ....

motivasi by mario teguh nih pas episode banjir jakarta emoticon-Big Grin
jadi klo liat anak vespa gembel jgn terobsesi jd seperti mereka yah
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:54
wah ternyata gitu ya gan ane kira cuma buat gaya-gayaan aja emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:56
Kalau menurut ane koq krn mrk memang anti kemapanan yah gan.....
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:56
bagus asal jangan mengganggu disekitarnya
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:58
wih gini aja HT
padahal sebenernya isi thrednya ini...........
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:58
karena jalan ke kampus naek ninja 250 sudah terlalu mainstream
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:58
Ngomongin Soal Vespa Gembel Jadi Inget Sama Temen Ane Gan,Dulu Iya Penggemar Vespa Gembel Bahkan Vespanya Rela Di Bakar Dan Di Kasih Oli Biar Jelek emoticon-Ngakak
Yang Paling Miris Karena Ketahuan Dia Penggemar Vespa Gembel Baju2nya Yang Compang Camping Dan Dekil Di Bakar Sama Bapaknya Yang Seorang Haji.emoticon-Ngakak

Untungnya Vespanya Aman Gak Ikut Di Bakar Juga emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 22:59
KEEP BROTHERHOOD GAN emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Salaman
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 23:00
Quote:Original Posted By zaacroot
wih gini aja HT
padahal sebenernya isi thrednya ini...........


kenapa gan.? ada masalah kah.?
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 23:02
Asal g anarkis ,.,. dijalan
#respectemoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Seller
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 23:03
Quote:Original Posted By ikiadit
Ngomongin Soal Vespa Gembel Jadi Inget Sama Temen Ane Gan,Dulu Iya Penggemar Vespa Gembel Bahkan Vespanya Rela Di Bakar Dan Di Kasih Oli Biar Jelek emoticon-Ngakak
Yang Paling Miris Karena Ketahuan Dia Penggemar Vespa Gembel Baju2nya Yang Compang Camping Dan Dekil Di Bakar Sama Bapaknya Yang Seorang Haji.emoticon-Ngakak

Untungnya Vespanya Aman Gak Ikut Di Bakar Juga emoticon-I Love Indonesia (S)


gilak, hampir sama kayak ane tuh gan, temen ente.. emoticon-Ngakak
emang bener kok orang tua itu, gak mau liat anaknya sengsara.. emoticon-Blue Guy Smile (S)
0 0
0
SEBUAH BUDAYA PERLAWANAN TERHADAP PARADE KEMEWAHAN DI MASYARAKAT
17-04-2014 23:03
gak layak jalan di jalanan ibukota, sangat membahayakan dan menyusahkan pengguna jalan yg lain...
0 0
0
Halaman 34 dari 64
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia