Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
871
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52dd7dc259cb17a3518b4a94/kenapa-negara-tidak-cetak-uang-sebanyaknya-agar-bisa-bayar-hutang-ini-jawabnya
Disini TS membahas hutang negara-inflansi mungkin repost ada yang membahas inflansi atau judul sama tapi isinya beda kok gan ada yang saya tambahkan. ts mencoba menjelaskan hubungan ekonomi dan sistem politik agak berat gan kalau gak suka baca mendinng gak usah di teruskan bacanya Sudah waktunya kita membuka mata lebar-lebar, datangnya gerombolan Neolib bukan omong kosong, bila kita tidak hati-hat
Lapor Hansip
21-01-2014 02:49

Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya

Disini TS membahas hutang negara-inflansi mungkin repost ada yang membahas inflansi atau judul sama tapi isinya beda kok gan ada yang saya tambahkan. ts mencoba menjelaskan hubungan ekonomi dan sistem politik agak berat gan kalau gak suka baca mendinng gak usah di teruskan bacanya

Sudah waktunya kita membuka mata lebar-lebar, datangnya gerombolan Neolib bukan omong kosong, bila kita tidak hati-hati kita bisa menjadi negara budak selama ratusan tahun.

hutang negara


Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya !!

Dalam menerbitkan atau mencetak uang, terdapat dua macam sistem, yang disebut.“pseudo gold” dan “uang fiat”

pseudo gold”


“uang fiat


Dalam ekonomi, kita tahu, harga barang akan tergantung pada perbandingan jumlah uang dan jumlah persediaan barang. Jika barang lebih banyak dari jumlah uang yang beredar, maka harga akan cenderung turun. Sebaliknya, jika jumlah barang lebih sedikit dibanding jumlah uang yang beredar, maka harga-harga akan cenderung naik. Karena itulah, pencetakan uang secara tak langsung juga ditentukan oleh hal tersebut, agar tidak terjadi inflasi.

Apabila suatu negara—dengan alasan miskin—mencetak uang sebanyak-banyaknya, yang terjadi bukan negara itu menjadi kaya, tetapi justru akan semakin miskin. Karena, ketika jumlah uang yang beredar semakin banyak, harga-harga barang akan melambung tinggi, dan inflasi terjadi. Akibatnya, meski uang dicetak terus-menerus, uang itu tidak bisa disebut kekayaan, karena nilainya terus merosot turun.

Indonesia pernah melakukan pencetakan uang dalam jumlah banyak, pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Karena pemerintah belum bisa maksimal memungut pajak dari rakyat waktu itu, Soekarno pun mengambil kebijakan untuk mencetak uang secara berlebih. Hasilnya tentu inflasi. Semakin banyak uang dicetak, harga barang semakin tinggi, dan terjadi hiperinflasi. Sampai akhirnya mahasiswa berdemonstrasi yang terkenal dengan sebutan Tritura (tiga tuntutan rakyat), yang salah satunya permintaan agar harga-harga diturunkan.

Kasus yang terbaru terjadi di Zimbabwe. Pada 2008, pemerintah Zimbabwe mengeluarkan kebijakan untuk mencetak uang dalam jumlah sangat banyak, yang ditujukan untuk memperbanyak pegawai negeri yang diharapkan akan mendukung pemerintah. Hasilnya adalah inflasi yang gila-gilaan. Negara itu bahkan memegang rekor dalam hal inflasi tertinggi di dunia, yaitu 2.200.000% (2,2 juta persen) pada 2008.

Sebegitu cepatnya tingkat inflasi terjadi, hingga kenaikan harga di Zimbabwe tidak terjadi dalam hitungan minggu atau bulan, tetapi menit bahkan detik. Dalam setiap beberapa detik, para pegawai di toko-toko Zimbabwe terus sibuk mengganti label-label harga pada barang-barang yang mereka jual, karena terus terjadi pergantian harga akibat inflasi yang menggila.

Pada 20 Juli 2008, Bank Sentral Zimbabwe bahkan menerbitkan pecahan uang senilai 100 milyar dollar, yang merupakan rekor pecahan uang dengan nominal terbesar di dunia. Uang dengan nominal besar itu, ironisnya, tidak memiliki nilai yang sama besarnya, karena digerus oleh inflasi akibat harga-harga yang melambung luar biasa tinggi. Untuk membeli sembako, misalnya, orang di Zimbabwe harus membawa uang sampai seember.

Jadi, negara miskin (ataupun negara yang tidak miskin) tidak mencetak uang dalam jumlah berlebihan, karena adanya pertimbangan seperti yang digambarkan di atas.

Lalu Kenapa Suatu Negara Tidak Mencetak Uang Sebanyak-Banyaknya?

kenapa ya ?


Apa gan hubunganya dengan politik ?


disini mulai agak berat gan


Kini lihat berapa hutang , politik anggaran hutang dilakukan dengan cara amat cerdas dan njelimet, mereka menggunakan hutang obligasi yang suatu saat akan jadi junk bond, karena jeleknya ekonomi Indonesia, lalu dengan apa hutang itu dibayar? dalam istilah keuangan ada konversi obligasi menjadi ekuitas, sementara kemarin sudah diputuskan ada "DNI" Daftar Negatif Investasi yang dihapus besar-besaran bahkan asing bisa melakukan pemilikan 100%, disinilah kemungkinan intervensi pemodal bisa masuk tanpa membayar apapun dan hanya melakukan konversi obligasi menjadi ekuitas.

Dengan hutang kisaran Rp. 2.023 Trilyun tiap bayi yang dilahirkan akan menanggung hutang Rp. 8,5 juta perkelapa. Sementara Abraham Samad bilang bila sektor migas dikuasai oleh Republik dan tidak dikorupsi tiap orang Indonesia mendapatkan jatah Rp. 20 juta/kepala.

Sudah waktunya kita membuka mata lebar-lebar, datangnya gerombolan Neolib bukan omong kosong, bila kita tidak hati-hati kita bisa menjadi negara budak selama ratusan tahun.
aset negara yang di kuasi asing


sistem bagi hasil jangan buka deh

(Ekuitas/modal (equity) adalah hak pemilik atas aktiva perusahaan yang merupakan kekayaan bersih (jumlah aktiva dikurangi kewajiban). Ekuitas terdiri dari setoran pemilik dan sisa laba yang ditahan (retained earning).

TS mohon kesangupanya di rate 5 ya gan biar di baca temen-temen yang lainya

wasalam semoga bermafaat...

sumber

The International Monetary System,EDITORS:
Peter B. Kenen, Princeton University, New JerseyFrancesco PapadiaFabrizio Saccomanni

http://www.novaglobe.org/2011/12/01/...ds-flowconomy/

Globalizing Capital: A History of the International Monetary System (Second Edition) [NOOK Book]
by Barry Eichengreen

'Globalizing Capital: A History of the International Monetary System,' by Barry Eichengreen

forum kompas dan dari berbagai sumber

Quote:Original Posted By hirota
nice trit gan.. ane baru tw mski sedikit bingung...

tapi yang ane ga mengerti.. knp rupiah kita semakin bergerak liar? padahal jaman dulu kenaikan harga ga seperti ini..

misal: dulu kalo naik harga masih brkisar 100rupiah.. tapi semakin lama inflasi jadi tiap kenaikan 1000rupiah.. semakin lama semakin mahal.. tapi dolar nilainya tetep mahal n kayak ga ada inflasi trhadap dolar..


Tinggi rendahnya nilai mata uang suatu negara ditentukan oleh tingkat inflasi, kebijakan moneter, dan kebijakan-kebijakan lainnya.
Jika tingkat inflasi di suatu negara terbilang tinggi maka nilai mata uangnya akan menurun. Di banyak negara berkembang termasuk Indonesia, tingkat inflasinya tinggi. semoga bermanfaat

Inflasi bisa terjadi jika ada penambahan volume uang beredar. Gampangnya gini: jika hanya ada 1 kg beras, dan uang hanya Rp. 10 ribu, maka harga 1 kg beras ada;ah Rp. 10 ribu Trus, apa yang terjadi jika terjadi penambahan duit lagi sebesar Rp. 10 rebu, sehingga total duitnya Rp. 20 rebu? Harga yang tadinya cuma 10 rebubisa menjadi Rp. 20 rebu per 1 kg beras. Jadi pengertian gampangnya adalah inflasi terjadi oleh karena terjadinya penambahan volume uang beredar tanpa diimbangi dengan penambahan barang/jasa. semoga bermanfaat

Quote:Original Posted By f4ckj4r
Bukan cuma itu aja gan efeknya, ane coba nambahin nih.

Setiap uang di negara mana pun itu, memiliki nilai (jual-beli) terhadap negara-negara lainnya (KURS UANG), karena itu kurs uang tiap-tiap negara berbeda-beda nilai-nya.

Seandainya Negara mem-produksi uang dengan nilai gila-gila'an, dengan tujuan untuk membayar hutang. Maka uang tersebut otomatis akan di konversi terlebih dahulu (baca;beli kurs mata uang asing), anggaplah Dollar Amerika (USD).

Jadi untuk membayar hutang tersebut, negara harus menukarkan uang RP menjadi USD sesuai nilai kurs mata uang yang berlaku. Nah pembelian/penukaran mata uang asing secara gila-gila'an ini pun bisa memacu efek yang lebih "BAHAYA" lagi.

Karena nilai kurs mata uang rupiah jelas akan merosot drastis nilainya bila di bandingkan dengan kurs mata uang negara lain.

Asumsi sederhana:
Uang rupiah itu beredar tidak hanya di negara kita, tapi di seluruh dunia.
Jadi apabila banyak uang rupiah yang di tukarkan menjadi mata uang asing, maka nilai rupiah itu sendiri akan merosot karena semakin tidak ada harganya.

Mau buat apaan negara asing beli banyak-banyak uang rupiah, kalau tidak ada nilai tukarnya terhadap kurs mata uang asing.

CMIIW

(pajang pejwan kalo berkenan).


Quote:Original Posted By irv23
Ikut nimbrung Gan...
Yes ane setuju bgt sm ulasan di mengenai inflasi dkk serta neo lib

Setiap negara emang ga be seenaknya nyetak yang kecuali Amerika Serikat. ulasan yg luar biasa detail dan betul itu game bakal berlaku di AS kenapa, karena kalaupun the fed nyetak uang sebanyak apapun itu ga gt ngaruh sm tngkt inflasi di AS. Ya itu merupakan sebuah konsekuensi logis dari status yg disandang USD sebagai Mata uang internasional. Jadi, sebanyak apapun USD dicetak Dan di edarin, itu pst laris Karena berlaku dia internasional apalagi selama perdagangan dunia masih menggunkan USD. Itulah knp the fed bbrp wkt lalu negluarin wacana pencetakan hang dlm jmlh besar untk diedarkan di luar AS dgn istilah quantitative easing....

Soap neo lib, ane cm bs sdkt Tuker pikiran. Neo lib memang sudah mulai berkuasa di idn itu keliatan dr sektor investasi yg belkangan di fokuskan ke pasar modal (saham obligasi dll). Kenapa itu dikatain neo lib, krn salah satu misi neo lib adalah menggeser investasi dr sektor rill ke pasar saham.
Bukti selanjutnya adalah subsidi yg makin sini makin di ilangin. Subsidi bbm yg di pangkas, subsidi tarif listrik yg makin dikikis, ilangnya kereta api kelas ekonomi yg dl selalu mndapat tuslah kl jelang lebaran yg d ganti dgn sisstem tariff batas atas dan batas bawah. APA hubungannya sm neo lib?sm ky yg td, misi neolib ngilangin subsidi di negara2 berkmbang

CMIIW agan2 sekalian biar and jd Pinter

Pejwan ah kl game ngerepotin

Diubah oleh rivermaya.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 39 dari 45
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 16:46
jadi ada aturan2nya emoticon-Matabelo
kadang sih ane mikir gitu juga , knp ga cetak uang banyak emoticon-Ngakak
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 16:50
zimbabwe ekstrim banget ya, kacau juga beli sembako perlu uang seember.. emoticon-Hammer2
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:02
baru tau ane, ternyata kalau diliat kaya gitu, justru nilai uang itu ga berguna dibanding objek yg notabenenya menggunakan jasa dan waktu buat ngebuatnya sangat berharga emoticon-Matabelo
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:05
yg gw bingung, sbegitu boodohnya kita dalam menjual aset negara dgn tidak mmproleh keuntungan scara maksimal?
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:10
sby makin parah aja gan utangnya emoticon-Cape d...
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:12
nice trit gan.. ane jadi tau alesannya begitu.
meskipun ane orang teknik, ane tertarik juga sama ilmu2 ekonomi gan..
ane punya mimpi, semua kekayaan bangsa kita (kalo belum abis) bisa di kelola oleh perusahaan-perusahaan dalam negeri dan tentu hasilnya untuk lebih mensejahterakan negeri sendiri.. emoticon-army
emoticon-2 Jempol
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:14
anak ekonomi mesti udah ngerti nih
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:14
ane baru tau gan...emoticon-Matabelo
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:16
Lumayan gan nambah inpo. Kenapa kita ga produksi emas sebanyak2nya aja?
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:17
agan pinter gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:17
Ulasan yang menarik gan. Pantes, utang nya Indonesia makin nambah yakk..selain ga punya lahan untuk menambah IDR (karena sumber2 potensi penghasil IDR di Indonesia sudah abis dikuasain asing) ternyta tiap detik tiap waktu, jumlah utang di konversi sesuai dengan keadaan ekonomi saat penghitungan jumlah utang kali yakk gan.....mksd ane, jadi bilakah Indonesia ga nambah pinjaman/utang ke World Bank, tapi jika suatu saat nilai rupiah turun, (apabila hutang Indonesia dihitung kembali menggunakan kurs yang saat itu sedang berjalan)..dan bisa aja utang Indonesia semakin tinggi karena menurun nya nilai mata uang kita yaaa???

emoticon-Sorry emoticon-Sorry emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh megaherra
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:17
baru tau ternyata udah di atur sama world bank emoticon-Matabelo
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:21
Baru tau ane gan emoticon-Matabelo nais trit broh emoticon-Jempol
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:27
wuih dari 2008 grafiknya mantap, terus aja nanti suatu waktu pasti grafiknya jeblok.
Jeblok itu tandanya gimana ya? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:28
Kalau seenaknya nyetak uang nggak ada yang miskin ntar rakyatnya gan.
Bagiin aja tuh lembaran kertas emoticon-Ngakak
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:30
infonya sangat bermanfaat gan, ane jadi sedikit paham mengenai peredaran uang, dan inflasi
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:35
nice trit gan nambah wawassn ane emoticon-Sundul
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:36
nah bener ini. pekerjaan apapun pasti punya andil dalam pembangunan dan kehidupan manusia. kalo petani pada ninggalin kerjaannya karna pasti bakal dapet duit, kita ga makan emoticon-Big Grin
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:38
masuk akal jg seh
0 0
0
Kenapa Negara Tidak Cetak Uang Sebanyaknya (Agar Bisa Bayar Hutang). Ini jawabnya
16-04-2014 17:42
solusi?
0 0
0
Halaman 39 dari 45
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia