Dark.CloudAvatar border
TS
Dark.Cloud
kampanye terselubung Jokowi di soal UN



udah curang di lembar C1 ....eh sekarang malah nyusup ke soal UN

ckckckckkckck


UPDATE

untuk sementara baru ada berita ini doank...tumben yang ginian media mainstream agak lama ngeberitain ... emoticon-Big Grin

BSNP: semestinya tidak ada soal UN tentang Jokowi

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan Prof Dr Edy Baskoro mengatakan seharusnya tidak ada soal mengenai politik praktis pada soal Ujian NasionaL (UN).

"Semestinya tidak ada soal mengenai Jokowi itu," ujar Edy di Jakarta, Senin.

Di berbagai jejaring sosial seperti Twitter ramai diberitakan mengenai soal UN mata pelajaran Bahasa Indonesia yang membahas mengenai biografi Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi.

"Prinsipnya soal itu harus netral," kata dia.

Dalam membuat soal, kata dia, ada kisi-kisi mengenai soal UN tersebut. Kemudian dilakukan seleksi kembali.

"Saya akan melakukan pengecekan terhadap hal itu," jelas dia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh juga mengatakan akan segera melakukan pengecekan terhadap hal itu.

"Nanti saja komentarnya, kami akan cek dulu," kata Mendikbud.

UN tingkat SMA/SMK/MA dilangsungkan dari Senin (14/4) hingga Rabu (16/4).

Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama adalah Bahasa Indonesia dan Biologi untuk IPA dan Geografi untuk IPS.

Sebelumnya, saat ujian akhir SMA di Tangerang juga terdapat nama partai politik yakni Partai Keadilan Sejahtera.

Dalam soal ujian itu, nama PKS menjadi salah satu jawaban dari soal mata pelajaran IPS.
Editor: Fitri Supratiwi

http://www.antaranews.com/berita/429...tentang-jokowi

update Lagi



UPDATE JOKOWI NGELESemoticon-Big Grin

Jokowi Tak Tahu Ada Soal UN tentang Dirinya

Jakarta - Siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) menghadapi Ujian Nasional (UN) secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, hari ini, Senin (14/4).

Pada hari pertama UN, mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama adalah Bahasa Indonesia dan Biologi untuk IPA dan Geografi untuk IPS.

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, terselip pertanyaan berkaitan dengan partai politik dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Pertanyaan tersebut ada dalam soal ujian di Jawa Tengah.

Ketika ditanya mengenai adanya soal bahasa Indonesia yang menyangkut dirinya, pria yang akrab disapa Jokowi ini menyatakan tidak tahu menahu mengenai hal itu. Justru dia meminta wartawan untuk menanyakan langsung pada pihak yang membuat soal-soal tersebut.

“Nggak tahu saya. Nggak tahu, tanya yang buat. Siapa yang buat soal itu, ya tanya yang buat lah,” kata Jokowi di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (14/4).

Mantan Wali Kota Solo ini menyayangkan adanya soal yang menyangkut tentang dirinya. Dia lebih setuju, soal-soal dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tersebut lebih mengarah pada pahlawan nasional.

“Tapi mestinya pertanyaan itu kalau masalah tokoh. Sebenarnya lebih bagus yang berkaitan dengan pahlawan nasional. Ya kan, apa dari Aceh, Maluku, dari daerah yang lain. Saya kira lebih relevan. Sehingga jejak sejarah lebih tertanggap oleh anak-anak kita,” ujarnya.

Dalam soal mata pelajaran di Jawa Tengah terdapat teks kutipan biografi Jokowi dalam naskah soal UN SMA. Teks ini menjadi bahan untuk dua pertanyaan.

Inilah kutipan teks biografi tersebut :

“Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak 15 Oktober, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu bekerja keras ini dikenal dengan gaya blusukannya ke pelosok ibu kota. Berbagai penghargaan telah beliau raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik dalam pengabdiannya kepada rakyat.”

“Sebagai tokoh seni dan budaya, beliau dinilai paling bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang Upah Minimun Provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung. Buah dari pertemuan tersebut dewan pengupahan menetapkan UMP sebesar Rp2,2 juta”

Dua pertanyaan yang harus dijawab peserta UN, adalah, pada nomor 15, tertulis “Keteladanan Jokowi pada kutipan wacana tersebut adalah” dan “Masalah yang dihadapi tokoh Joko Widodo berdasarkan paragraf tersebut adalah”.

http://www.beritasatu.com/nasional/1...g-dirinya.html

COMMENT YANG IKUT UN





UPDATE KEMENDIKBUD DAN MENTRI PENDIDIKAN NGGA TAU ??

VIVAnews - Beredarnya foto yang menunjukkan sebuah soal ujian nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat SLTA/sederajat dengan isi narasi yang menyanjung-nyanjung sosok calon presiden PDIP, Joko Widodo, cukup mengejutkan.

Bila benar, maka soal tersebut bisa diindikasikan sebagai kampanye terselubung. Karena siswa-siswa yang mengerjakan soal tersebut secara usia sudah mempunyai hak pilih dalam Pemilihan Presiden 9 Juli 2014.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Mohammad Nuh mengaku belum melihat soal UN yang diindikasikan sebagai sebagai kampanye terselubung tersebut.
"Saya belum lihat itu. Nanti saya lihat dulu. Kita akan membuat itu sebagai catatan bagi pembuat soal. Oleh karena itu beri waktu kita. Sebenarnya ada standarnya dalam pembuatan soal itu," kata M Nuh saat sidak pelaksanaan UN Kejar Paket C di Lapas Anak Pria Tangerang, Senin, 14 April 2014.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Furqon, yang juga ikut mendampingi dalam sidak pelaksanaan ke Lapas Anak Tangerang juga mengaku belum melihat isi soal UN yang dipermasalahkan itu. "Nanti kita coba lihat dulu ya. Saya belum bisa bekerja sebelum saya melihat langsung," ujar Furqon.

Furqon mengatakan, dalam menyusun soal untuk UN seharusnya bersikap netral dan mengambil materi dari buku-buku pelajaran maupun soal ujian siswa. Disamping itu Ia menegaskan soal dalam UN juga harus bebas dari apapun yang berbau politik praktis.

"Dalam menyusun soal kita punya kisi-kisi. Penyusunan soal itu semuanya mengacu pada kisi-kisi yang telah disepakati, kemudian dibuat soalnya oleh tim yang dibentuk BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Jadi sebenarnya harusnya bebas dari politik praktis," tegasnya.

Ia sendiri belum mengetahui mengapa soal tersebut bisa lolos ke naskah soal UN. "Kita belum tahu, ya makanya nanti akan saya analisis dulu mengenai persoalan ini. Mau kita analisis kenapa bisa terjadi. Kita belum bisa ambil kesimpulan saat ini," ujarnya.

Perihal narasi Jokowi dalam soal ujian nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia diunggah pertama kali ke situs jejaring sosial twitter oleh @AliPopalia. Sampai berita ini diturunkan yang bersangkutan belum bisa dihubungi. (umi)

http://nasional.news.viva.co.id/news...ujian-nasional


Wow ternyata hot thread....emoticon-Matabelo




ada yang minta di page one..kasih dah...

Quote:


ada tambahan barbuk ..... emoticon-Big Grin




SAKSI HIDUP DARI KASKUSER

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



SEBENARNYA YANG MENJADI PERTANYAAN ADALAH...

Quote:


emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


ini kan soal bahasa indonesia... tapi menurut agan ini malah tata bahasanya malah amburadul, emoticon-Big Grin

Quote:


ini ane page one juga deh biar adil emoticon-Big Grin

Quote:


Quote:



so..... emoticon-Big Grin

Total perolehan skor sampai saat ini emoticon-Big Grin



kok ngga keliatan semua yg udah nimpuk ya?? apa musti donat dulu ya??

ahh what eva lah emoticon-Big Grin


update skor sebelum bubu emoticon-Big Grin



maacih ya??? emoticon-Big Grin

update skor dooloo... banyak yg terguncang emoticon-Big Grin




UPDATE BERITA

KPAI Minta Mendikbud Segera Investigasi Kasus Munculnya Jokowi di Soal UN

Jakarta - Munculnya cerita tentang Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam soal Ujian Nasional (UN) sangat disesalkan. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendesak agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan investigasi atas hal tersebut.

"Terkait dengan adanya cerita tentang Jokowi dalam salah satu naskah soal Bahasa Indonesia UN SMA, dan setelah melakukan telaahan mengenai isinya, KPAI meminta adanya investigasi lebih lanjut, karena ini jelas terindikasi susupan kepentingan politik," ujar Ketua KPAI Asrorun Ni'am Sholeh dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (14/4/2014).

Asror mengatakan KPAI menduga adanya upaya politisasi UN melalui soal Bahasa Indonesia yang berisi cerita tentang Joko Widodo, yang isinya terdapat framing dan cenderung penggiringan opini. KPAI menegaskan, ranah pendidikan jangan disusupi oleh kepentingan politik.

"UN adalah instrumen akademik, sehingga menjadi bermasalah jika ditunggangi kepentingan politik," tegasnya.

Untuk itu, KPAI meminta Mendikbud sebagai penanggung jawab pendidikan nasional segera melakukan investigasi lebih lanjut, terkait dengan munculnya bacaan bernuansa politik tersebut. Asror juga mengatakan KPAI sudah melakukan komunikasi dengan Kadisdik DKI,

"Siapa pembuatnya, atas motivasi apa, dan dengan gentle bertanggung jawab. Harus ada sanksi tegas agar kejadian serupa tidak terus terulang. Kabalitbang dan Ketua BSNP tidak boleh lepas tangan. Jangan susupi masalah akademik dengan urusan politik," ucap Asror.

http://news.detik.com/read/2014/04/1...owi-di-soal-un

ada yang masih keukeuh...

Quote:


jawabannya ini emoticon-Big Grin



pegangan yang kuat gan kalo terguncang emoticon-Big Grin


Update skor....



UPDATE UN HARI INI 16/04/2014



ANALISA DARI KASKUSER

Quote:



Update skor dulu... emoticon-Malu (S)




Update skor dulu....ada yg ngamuk hari ini sepertinya : D






Quote:


Diubah oleh Dark.Cloud 06-05-2014 06:45
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
167.9K
2.7K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.