Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
320
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5336c5475acb17c613000005/share-uniknya-londa-makam-gua-batu-yang-terletak-di-atas-tebing-di-toraja-utara
:iloveindonesia:iloveindonesia terima kasih momod, mimin n officer yang membuat thread ini jadi HT. semoga bisa turut meramaikan SF Budaya, karena banyak juga thread-thread keren dimari :thumbup
Lapor Hansip
29-03-2014 20:06

[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara

Past Hot Thread
emoticon-I Love Indonesia[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utaraemoticon-I Love Indonesia
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara



terima kasih momod, mimin n officer yang membuat thread ini jadi HT.
semoga bisa turut meramaikan SF Budaya, karena banyak juga thread-thread keren dimari emoticon-thumbsup



[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara



Quote:
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara

Gua Londa adalah makam unik dari leluhur masyarakat Toraja yang terletak di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi Kab. Toraja Utara yang merupakan wilayah pemekaran dari Kabupaten Toraja. Terletak sekitar 6 km dari pusat Kota Rantepao sebagai ibukota kabupaten, Londa sangat mudah diakses dengan transportasi darat.

Keunikan dari tempat ini adalah karena Londa merupakan “kompleks pemakaman” disebuah tebing yang mempunyai gua alami, selain beberapa gua yang dipahat di tebing batu tersebut untuk meletakkan peti-peti mati. Makam Londa telah berumur lebih dari 550 tahun dan sudah 25 generasi masyarakat Toraja dikuburkan disini. Bagi masyarakat Toraja tempat ini dikeramatkan, tapi siapa saja boleh masuk asal tetap menjaga tata krama disana. Mengunjungi tempat ini berarti agan dapat sekaligus merasakan wisata alam dan wisata budaya, yang terasa sejak dari gerbang masuk.

Untuk mencapai lokasi gua, agan terlebih dulu harus menuruni beberapa anak tangga dan langsung dapat menikmati suasana hutan alami dan sejuknya udara disana.

Selain itu ada juga masyarakat yang bertanam padi di lokasi tersebut.

Ketika sudah sampai dibawah, suasana mistis sudah mulai terasa. Tapi jangan takut gan, suasana itu selain karena pemandangan tebing yang terdapat peti-peti mati yang bersusun, juga karena suasana hutan yang masih alami dengan pohon-pohon yang rimbun.

Peti-peti mati tersebut dalam bahasa Toraja disebut Erong, yang sampai saat ini peti itu masih berisi tulang belulang yang telah berumur ratusan tahun, namun beberapa Erong terlihat sudah rusak termakan usia. Peletakan Erong juga tidak sembarang gan, jadi semakin tinggi status sosialnya, semakin tinggi pula Erong tersebut diletakkan diatas tebing. Didalam Erong, selain dimasukkan mayat, juga dimasukkan beberapa harta dari orang yang sudah meninggal. Ada kepercayaan orang Toraja dulu, bahwa orang yang meninggal dapat membawa hartanya ke kehidupan setelah mati. Inilah salah satu alasan mengapa mereka mengubur peti-peti mati di tempat-tempat yang tinggi. Selain untuk melindungi harta yang ikut dikubur, mereka juga percaya bahwa semakin tinggi letak peti mati maka semakin dekat perjalanan roh yang meninggal menuju tempatnya setelah mati (nirwana/puya). (referensi)

Oh ya gan, tadi sempat liat orang-orang yang seperti mumi ya?
Itu bukan mumi, tapi disebut Tau-tau. Tau-tau merupakan patung yang dipahat dari batang kayu, biasanya dari kayu nangka karena warnanya yang kuning seperti warna kulit manusia. Pada awalnya Tau-tau dibuat untuk menandai orang yang meninggal, dimana apabila yang meninggal wanita, maka dibuat patung yang menyerupai wanita, demikian pula bila yang meninggal laki-laki, dan biasanya diberi pakaian sesuai gendernya.

Namun belakangan Tau-tau dibuat menyerupai aslinya, beberapa bahkan dibuat dengan detail seperti kerutan dan tata rambut.

Bersama Tau-tau ini juga biasanya disertakan barang-barang kesayangan dari orang yang telah meninggal. Jadi kalo difoto diatas agan liat ada Tau-tau yang pakai kacamata, kalung, ikat kepala, bisa jadi itu adalah barang-barang yang dipakai almarhum sebelum meninggal. Tau-tau disusun berderet di tebing, ditempat yang menyerupai jendela. Disekitarnya juga terdapat peti mati (Erong) yang biasanya merupakan peti mati untuk kaum bangsawan atau terpandang. Tau-tau juga dibuat biasanya untuk kalangan bangsawan di Tana Toraja.

Tidak jauh dibawah Tau-tau terdapat mulut gua sebagai akses masuk. Karena didalam gelap, sebaiknya agan menyewa petromakas atau sekalian dengan pemilik petromaks sebagai guide yang akan menceritakan tentang serba-serbi tentang Londa mulai dari sejarah sampai siapa-siapa saja yang dimakamkan disitu (salah satunya dia bercerita tentang pasangan muda-mudi Toraja yang bunuh diri karena hubungan mereka tidak direstui dan akhirnya dimakamkan disitu secara berdampingan di dalam gua sambil menunjukkan tengkoraknya). Mereka tidak menetapkan tarif, tapi biasanya diberi Rp. 25.000-30.000 sebagai jasa mereka memberi penerangan dan penjelasan.

Bagi yang penakut sepertinya perjalanannya cukup sampai disini saja ya gan. Dikhawatirkan kalau sampai kedalam bisa jantungan atau jadi sesak nafas liat pemandangan di dalam. Kalo digambar-gambar awal tadi ada agan liat tengkorak berserakan, didalam lebih banyak lagi gan! emoticon-Takut
Dimulut gua aja udah ada yang akan menyambut agan..

Memasuki gua yang gelap dan penuh tengkorak dan tulang belulang memang cukup menyeramkan, tapi kalo rame-rame jadi gak begitu terasa kok gan. emoticon-Big Grin
Gua ini katanya memiliki kedalaman sampai 1000 meter, tapi sewaktu TS kesana yang bisa dijelajahi dengan ditemani guide kayaknya gak sampai 50 meter.

Dinding dan langit-langit gua dipenuhi stalaktit dan stalakmit sehingga untuk melewatinya terkadang kita harus membungkuk. Di dalam juga guanya bercabang-cabang menyerupai labirin, sehingga dikhawatirkan bila terlalu jauh kita bisa tersesat. Menurut bang gondrong guide lokal yang kami sewa, terowongan-terowongan tersebut sebenarnya bisa ditelusuri sampai jauh bahkan tembus keluar, tapi harus sambil merayap dan medannya curam, sehingga bisa membahayakan bagi wisatawan biasa.

Meskipun didalam banyak tengkorak dan tulang-belulang yang berserakan, pengunjung dilarang keras untuk memindahkannya, karena itu adalah salah satu pantangan (pamali) disana. Jadi jangan punya pikiran untuk bisa membawa pulang tengkorak atau tulang itu sebagai souvenir ya gan... emoticon-Ngakak (S)

Tengkorak dan tulang belulang yang berserakan itu sebenarnya dari dalam peti. Akan tetapi karena termakan usia peti yang biasanya ditempatkan dibagian atas itu rusak sehingga isinya keluar. Untuk menempatkannya kembali kedalam peti yang baru harus dilakukan dengan upacara khusus yang juga membutuhkan banyak biaya, sehingga tengkorak dan tulang belulang tersebut hanya ditata supaya rapi. Lagipula sudah tidak diketahui lagi tengkorak-tengkorak tersebut berasal dari rumpun keluarga yang mana.

Dibeberapa sudut gua juga terlihat peti-peti mati yang disusun sedemikian rupa. Hal itu menunjukkan bahwa yang dimakamkan disitu berasal dari satu rumpun keluarga. Biasanya semakin mewah petinya menunjukkan status sosial yang lebih tinggi pula.

Melihat foto terakhir diatas mungkin agan bertanya-tanya kok ada beberapa lembar uang diatas batu?
Pada waktu-waktu tertentu keluarga dari yang dimakamkan datang berziarah dengan membawa semacam sesajen seperti uang, rokok, air putih atau sirih. Hal ini untuk menghormati orang yang telah meninggal dengan membawa barang-barang yang disenangi oleh orang tersebut semasa hidup. Terkadang sesajen itu juga berasal dari pengunjung sebagai tanda penghormatan atau permisi.

Agan juga mungkin bertanya-tanya, apa didalam gua tidak pengap dan bau karena banyak mayat disana? emoticon-Bingung
Sama sekali tidak gan. sepanjang agan tidak takut melihat tengkorak dan tulang belulang, suasana didalam cukup menyenangkan kok.

Tidak ada bau mungkin karena sebagian besar mayat sudah berupa tulang belulang. Alasan lain adalah karena mayat dibalsam agar awet dan tidak bau sebelum dimakamkan. Dikalangan orang Toraja, memakamkan mayat dilakukan dengan upacara Rambu Solo. Upacara ini membutuhkan biaya yang cukup besar sampai ratusan juta karena harus menyembelih kerbau dan babi puluhan sampai ratusan ekor. Jangka waktu meninggal sampai dikuburkan itu bisa sampai tahunan, disamping untuk mengumpulkan uang juga untuk mengumpulkan seluruh keluarga besar agar bisa hadir.

Terakhir agan mungkin bertanya-tanya, amankah berkunjung didaerah makam seperti itu? apakah tidak ada penampakan atau gangguan-gangguan halus lain?
Aman gan, asal agan juga menjaga sikap selama disana. Ane juga kesana tahun lalu gak pake sajen, Alhamdulillah sampai sekarang masih sehat wal afiat. Yang penting disana gak bikin yang aneh-aneh, kalau mau bawa pulang souvenir jangan tengkoraknya ya gan, agan bisa beli di toko yang terdapat di areal tersebut.
emoticon-Cendol (S)

emoticon-Shakehand2



Quote:
demikian thread ane gan. karena ini dokumentasi dan tulisan TS sendiri pasti tidak sempurna, jadi kalo ada tambahan dari agan yang pernah kesana atau memang orang sana dengan senang hati akan TS tampilkan disini emoticon-Cendol (S)

TAMBAHAN GAMBAR DARI GOOGLE IMAGES GAN....


TAMBAHAN INFO & KOMENG KASKUSER DI POST #2 YA...... emoticon-I Love Indonesia (S)



[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara

[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara




Diubah oleh jimenisti
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 17
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:24
keren gan, jadi terbawa cerita ni.. emoticon-Big Grin
kumpulin dana untuk kesana aaah... emoticon-Traveller
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:26
wah ane pernah lihat di tipi

emoticon-Matabelo
emoticon-Matabelo
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:28
katanya orang yg meninggal dibuat jalan sendirian ke tebing itu yak? emoticon-Takut

0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:30
Tapi sekarang sudah banyak yang di curi... emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:31
wuiihhh.... keren sekaligus emoticon-Takut.. btw itu kalo ada yang bilang mayatnya bisa bangkit dan jalan sendiri bener gak si gan ? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:31
benar2 unik gan
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:37
wah pemandangannya serem2 gimana gtu. tp g seseram makam umum.
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:37
Sudah pemakamannya tidak manusiawi, pake acara sajen2an segala pula. emoticon-Mad (S)
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:39
baru tau skrg kerbau ini dalam bahasa Toraja disebut Tedong Bonga.emoticon-Matabelo
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:40
buset dah
serem bener
post asli 4kacaw4
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:40
Wow ada kebo bule emoticon-Belo , baru tau kl kebo bule harga nya mahal banget,
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:41
saya juga orang sana bro emoticon-Big Grin
sebagian orang psti mikir seram, tp kalo udah acara adat ya harus di jalanin hehe emoticon-Big Grin
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:42
emoticon-Matabelo keren yaaaa
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:43
Buset..
Kampung Halaman dan tanah kelahiran gue emoticon-Ngakak (S)

Malemosau!!
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:45
Kalo g dikubur,apa gak bau gan ?
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:49
Tau-tau-nya makin mirip makin serem gan menurut aneemoticon-Takut
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:52
budaya yg harus terus dilestarikan nih
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:56
Serem banget gan
Kok ada kerbau warna putin gitu sih gan
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:56
Kalo untuk yang beragama Islam, Kristen dan Katolik dimakaminnya sama ga Gan? Islam, Kristen dan Katolik kan dimakaminnya di dalam Tanah.. trus nunggu 6 Bulan juga ga?
0 0
0
[share] Uniknya Londa, Makam Gua Batu yang Terletak di Atas Tebing di Toraja Utara
03-04-2014 13:56
baru tau ane gan, unik juga emoticon-Matabelo
0 0
0
Halaman 7 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia