Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
902
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5337389c41cb1715578b47df/sejarah-makna-serta-pelaksanaan-hari-raya-nyepi-tahun-baru-saka
Special Thanks to Kaskus Officer, Momod, agan dan sista yg telah mendukung trit ane ini mjd HT ke #19 ane :kisss :kisss Yuk Agan n Sist :kisss Ikuti Lomba Design Kaos & Jaket STK Rev Banyak Hadia
Lapor Hansip
30-03-2014 04:18

Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)

Past Hot Thread
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)


Special Thanks to Kaskus Officer, Momod, agan dan sista
yg telah mendukung trit ane ini mjd HT ke #19 ane emoticon-Kiss (S)


Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)

emoticon-Kiss (S)Yuk Agan n Sist emoticon-Kiss (S)
Ikuti Lomba Design Kaos & Jaket STK Rev
Banyak Hadiahnya Lho!!
Lomba Dimulai Tgl 27 Mrt - 27 Apr 2014
Klik Banner U/ Menuju TKP
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)


Tepat pada tanggal 31 Maret Umat Hindu akan merayakan hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1936, Perayaan Nyepi memberikan pelajaran kepada umat manusia. Untuk mendapatkan kesenangan, kedamaian dan ketenangan hati tidak harus membayar mahal dengan menuruti keinginan hawa nafsu duniawi. Kedamaian dapat diraih dengan aktivitas rohani. alangkah indahnya jika kesadaran untuk menyelaraskan diri dengan alam, sesama dan Tuhan juga dilakukan oleh seluruh umat manusia.


Quote:
emoticon-flower Sejarah Hari Raya Nyepi emoticon-flower

Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)

Hari Raya Nyepi merupakan hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Saka. Dimana pada hari ini umat hindu melakukan amati geni yaitu mengadakan Samadhi pembersihan diri lahir batin. Pembersihan atas segala dosa yang sudah diperbuat selama hidup di dunia dan memohon pada yang Maha Kuasa agar diberikan kekuatan untuk bisa menjalankan kehidupan yang lebih baik dimasa mendatang . Hari Raya Nyepi jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang diyakini saat baik untuk mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa dan dipercayai merupakan hari penyucian para dewa yang berada dipusat samudra yang akan datang kedunia dengan membawa air kehidupan (amarta ) untuk kesejahteraan manusia dan umat hindu didunia


emoticon-flower Makna Hari Raya Nyepi emoticon-flower

Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)

Jika kita renungi secara mendalam perayaan Nyepi mengandung makna dan tujuan yang sangat dalam dan mulia. Seluruh rangkaian Nyepi merupakan sebuah dialog spiritual yang dilakukan umat Hindu agar kehidupan ini selalu seimbang dan harmonis sehingga ketenangan dan kedamaian hidup bisa terwujud. Mulai dari Melasti/mekiis dan nyejer/ngaturang bakti di Balai Agung adalah dialog spiritual manusia dengan Alam dan Tuhan Yang Maha Esa, dengan segala manifetasi-Nya serta para leluhur yang telah disucikan. Tawur Agung dengan segala rangkaiannya adalah dialog spiritual manusia dengan alam sekitar dan ciptaan Tuhan yang lain yaitu para bhuta demi keseimbangan bhuana agung bhuana alit. Pelaksanaan catur brata penyepian merupakan dialog spiritual antara diri sejati (Sang Atma) umat dengan sang pendipta (Paramatma) Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Dalam diri manusia ada atman (si Dia) yang bersumber dan sang Pencipta Paramatma (Beliau Tuhan Yang Maha Esa). Dan Ngembak Geni dengan Dharma Shantinya merupakan dialog spiritual antara kita dengan sesama.

Sehingga melalui Perayaan Nyepi, dalam hening sepi kita kembai ke jati diri (mulat sarira) dan menjaga keseimbangan/keharmonisan hubungan antara kita dengan Tuhan, Alam lingkungan (Butha) dan sesama sehingga Ketenangan dan Kedamaian hidup bisa terwujud.

Hari Raya Nyepi merupakan hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Saka. Dimana pada hari ini umat hindu melakukan amati geni yaitu mengadakan Samadhi pembersihan diri lahir batin. Pembersihan atas segala dosa yang sudah diperbuat selama hidup di dunia dan memohon pada yang Maha Kuasa agar diberikan kekuatan untuk bisa menjalankan kehidupan yang lebih baik dimasa mendatang.

Hari Raya Nyepi jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang diyakini saat baik untuk mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa dan dipercayai merupakan hari penyucian para dewa yang berada dipusat samudra yang akan datang kedunia dengan membawa air kehidupan (amarta) untuk kesejahteraan manusia dan umat hindu di dunia.

Nyepi asal dari kata sepi (sunyi, senyap). yang merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan kalender Saka, kira kira dimulai sejak tahun 78 Masehi. Pada Hari Raya Nyepi ini, seluruh umat Hindu di Bali melakukan perenungan diri untuk kembali menjadi manusia manusia yang bersih , suci lahir batin. Oleh karena itu semua aktifitas di Bali ditiadakan, fasilitas umum hanya rumah sakit saja yang buka


emoticon-flower Ada beberapa upacara yang diadakan sebelum dan sesudah Hari Raya Nyepi: emoticon-flower


emoticon-flower Upacara Melasti emoticon-flower

Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)



Selang waktu dua tiga hari sebelum Hari Raya Nyepi, diadakan upacara Melasti atau disebut juga Melis/Mekiyis, dihari ini, seluruh perlengkapan persembahyang yang ada di Pura di arak ke tempat tempat yang mengalirkan dan mengandung air seperti laut, danau dan sungai, karena laut, danau dan sungai adalah sumber air suci (tirta amerta) dan bisa membersihkan dan menyucikan dari segala kotoran yang ada di dalam diri manusia dan alam.

emoticon-flower Upacara Bhuta Yajna emoticon-flower

Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)



Sebelum hari Raya Nyepi diadakan upacara Bhuta Yajna yaitu upacara yang mempunyai makna pengusiran terhadap roh roh jahat dengan membuat hiasan atau patung yang berbentuk atau menggambarkan buta kala ( Raksasa Jahat ) dalam bahasa bali nya sebut ogoh ogoh, Upacara ini dilakukan di setiap rumah, Banjar, Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi. Upacara ini dilakukan di depan pekarangan , perempatan jalan, alun-alun maupun lapangan,lalu ogoh ogoh yang menggambarakan buta kala ini yang diusung dan di arak secara beramai ramai oleh masyarakat dengan membawa obor di iringi tetabuhan dari kampung kekampung, upacara ini kira kira mulai di laksanakan dari petang hari jam enam sore sampai paling lambat jam dua belas malam, setelah upacara ini selesai ogoh ogoh tersebut di bakar, ini semua bermakna bahwa seluruh roh roh jahat yang ada sudah diusir dan dimusnahkan

emoticon-flower Saat hari raya Nyepi, seluruh umat Hindu yang ada di bali wajibkan melakukan catur brata penyepian. Ada empat catur brata yang menjadi larangan dan harus di jalankan: emoticon-flower

Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)



Amati Geni: Tidak menyalakan api serta tidak mengobarkan hawa nafsu.
Amati Karya: Tidak melakukan kegiatan kerja jasmani, melainkan meningkatkan kegiatan menyucikan rohani.
Amati Lelungan: Tidak berpergian melainkan mawas diri,sejenak merenung diri tentang segala sesuatu yang kita lakukan saat kemarin , hari ini dan akan datang.
Amati Lelanguan: Tidak mengobarkan kesenangan melainkan melakukan pemusat. Pikiran terhadap Sang Hyang Widhi Brata ini mulai dilakukan pada saat matahari “Prabata” saat fajar menyingsing sampai fajar menyingsing kembali keesokan harinya, selama (24) jam.

emoticon-flower Upacara Ngembak Geni emoticon-flower

Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)



Upacara Hari Ngembak Geni berlangsung setelah Hari Raya Nyepi berakhirnya ( brata Nyepi ). Pada esok harinya dipergunakan melaksanakan Dharma Shanty, saling berkunjung dan maaf memaafkan sehingga umat hindu khususnya bisa memulai tahun baru Caka dengan hal hal baru yang fositif,baik di lingkungan keluarga maupun di masyarakat. sehingga terbinanya kerukunan dan perdamaian yang abadi

Menurut tradisi, pada hari Nyepi ini semua orang tinggal dirumah untuk melakukan puasa, meditas dan bersembahyang, serta menyimpulkan menilai kwalitas pribadi diri sendiri. Di hari ini pula umat Hindu khususnya mengevaluasi dirinya, seberapa jauhkah tingkat pendekatan rohani yang telah dicapai, dan sudahkah lebih mengerti pada hakekat tujuan kehidupan di dunia ini.

Seluruh kegiatan upacara upacara tersebut di atas masih terus dilaksanakan, diadakan dan dilestarikan secara turun menurun di seluruh kabupaten kota Bali hingga saat ini dan menjadi salah satu daya tarik adat budaya yang tidak ternilai harganya baik di mata wisatawan domestik maupun manca negara.

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa makna Nyepi itu sendiri adalah manusia diajarkan untuk mawas diri, merenung sejenak dengan apa yang telah kita perbuat. Dimasa lalu, saat ini dan merencanakan yang lebih baik dimasa yang akan datang dengan tidak lupa selalu bersykur dengan apa yang telah diberikan oleh sang Pencipta
Sumber: 1 2 3 4 5


Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)

Akhir kata TS mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1936 kepada semua agan dan aganwati yang merayakan.. Semoga senantiasa mewujudkan kebaikan dengan Hyang Widhi Wasa, sesama manusia, dan alam semesta..


emoticon-flower Trit ini didukung oleh: emoticon-flower
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
emoticon-Kiss (S) emoticon-I Love Kaskus (S) Klik Banner Untuk
Mengikuti lomba design kaos dan jaket STK Rev
berhadiah lebih dari 2000 cendol dan ratusan ribu pulsa emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Kiss (S)


Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)


emoticon-PawCherrylie STK #90 emoticon-Kiss (S)
Diubah oleh cherrylie
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 45 dari 46
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
01-04-2014 10:01
wah. tret yang bermanfaat.
tambah pengetahuan
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
01-04-2014 10:01
selamat merayakan bagi yang merayakan
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
01-04-2014 10:34
happy day of silence emoticon-angel
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
01-04-2014 10:41
selamat merayakan hari Nyepi gan....
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
01-04-2014 11:34
cuman nyepi yang bisa tutup bandara, cuman nyepi yang bisa sepikan kota. selamat nyepi..
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
01-04-2014 11:44
Selamat Hari Raya Nyepi untuk teman-teman kaskuser yang merayakan.
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
01-04-2014 11:59
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
01-04-2014 13:41
SELAMAT TAHUN RAYA NYEPI ,,,, YANG MERAYAKAN NYA SAJA emoticon-Ngakak
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
01-04-2014 13:53
selamat hari raya nyepi bagi umat Hindu yang merayakan..
kemaren ane nonton ogoh-ogoh gan di Jogja.
tepatnya di Pura Jagatnata Banguntapan..
Indahnya perbedaan..
tiap tahun ada di Pura Banguntapan kalo di Jogja.
agan2 yg tinggal di Jogja yang belum pernah liat, tahun depan jangan sampe kelewatan ya..
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
01-04-2014 14:07
ada yang ikut omed-omedan ga tadi?? emoticon-Ngakak
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
01-04-2014 21:54
selamat hari raya nyepi bagi yg merayakanya
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
03-04-2014 18:52
saling menghormati antar umat beragama
indah gan
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
03-04-2014 19:35
selamat hari raya nyepi bagi yang merayakan, emoticon-Smilie
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
05-04-2014 08:09
emoticon-Takut (S) dengan ogoh-ogohnya... emoticon-Malu (S)
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
05-04-2014 08:15
seru,, selamat hari nyepi bagi yg merayakannya.
.

0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
12-05-2014 09:22
nice inpoh gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
30-05-2014 06:56
selamat hari nyepi buat yang merayakan emoticon-Selamat
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
30-05-2014 06:58
jadi tau sejarahnya ane emoticon-Belo
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
30-05-2014 06:59
Quote:Original Posted By rfk.
selamat hari nyepi buat yang merayakan emoticon-Selamat


emoticon-Bingung (S) bknnya udah lewat
0 0
0
Sejarah, Makna, Serta Pelaksanaan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka)
30-05-2014 09:59
Quote:Original Posted By NcR3w
kerjaan ente apaan gt gan ? emoticon-Blue Guy Cendol (L)
kalo ane sih, ga gitu juga emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Halaman 45 dari 46
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia