abu.rizal.bakriAvatar border
TS
abu.rizal.bakri
Tips Membedakan Uang Asli atau Palsu


Anda tentu sering mendengar istilah uang palsu. Secara harfiah, uang palsu adalah uang yang dicetak atau dibuat tidak melalui mekanisme resmi Bank Indonesia. Lantas bagaimana cara membedakan mata uang asli dan palsu. Sementara perkembangan teknologi memungkinkan pihak tidak bertanggung jawab mencetak uang palsu dengan kualitas yang hampir sama.

Uang yang sering dipalsukan adalah pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000. Bank Indonesia telah melakukan upaya pencegahan dengan melakukan sosialisasi mengenai ciri – ciri uang palsu dan asli. Masyarakat diminta cermat dan teliti jika melakukan transaksi jual – beli. Pimpinan Bank Indonesia secara resmi mengimbau masyarakat agar waspada dengan peredaran uang palsu yang cenderung meningkat menjelang perayaan hari besar.

Jangan khawatir, Bank Indonesia, selaku otoritas pemegang hak percetakan uang di Indonesia memiliki pedoman sederhana yang bisa diterapkan secara mudah oleh masyarakat. Teknik itu sangat efektif untuk menghindarkan anda memiliki uang palsu. Berikut ini adalah tekniknya:

  • Uang Rp 1000: Lipat menjadi 4 bagian, tekan kuat-kuat, terus buka lipatannya. Jika pedang Pattimura bengkok berarti Palsu.
  • Uang Rp 5000: Ambil sisir lalu gesek pada uang. Jika jenggot Imam Bonjol rontok berarti palsu.
  • Uang Rp 10.000, 20.000, 50.000 dan 100.000: Letakkan di depan rumah. Jika hilang berarti uang anda asli. Selamat Mencoba...!!!


SUMBER

semoga tidak repost emoticon-Blue Repost
0
4K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.