Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
613
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5107ce9f0b75b49217000000/fyi--tradisi-adat-quotnikah-bajapuikquot-di-pariaman
Pada prinsipnya orang minang mengklasifikasikan adat menjadi empat macam yakni adat nan sabana adat (adat sebenar adat), adat nan diadatkan (adat yang diadatkan), adat nan taradat (adat yang bera
Lapor Hansip
29-01-2013 20:29

[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik"/ "Nikah dibeli" di Pariaman

Past Hot Thread
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman

[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman


Pada prinsipnya orang minang mengklasifikasikan adat menjadi empat macam yakni adat nan sabana adat (adat sebenar adat), adat nan diadatkan (adat yang diadatkan), adat nan taradat (adat yang beradat) dan adat istiadat.

Sederhananya, adat nan sabana adat itu merupakan aturan pokok dan falsafah hidup orang minang yang berlaku turun temurun tanpa dipengaruhi oleh tempat dan waktu, istilahnya ialah indak lakang dek paneh, ndak lapuak dek ujan. Dalam hal ini saya mencontohkan seperti sistem materlineal dan falsafah alam takambang jadi guru (Alam yang membentang dijadikan guru) yang dipakai oleh orang minang.


Kemudian adat nan diadatkan merupakan peraturan setempat yang diputuskan secara musyawarah dan mufakat atau aturan yang berlaku disuatu nagari (negeri/daerah) tertentu. Misalnya tata cara atau syarat-syarat pengangkatan penghulu dan tata cara perkimpoian. Sehingga adat perkimpoian antara satu daerah dengan daerah lainnya di dalam Minangkabau berbeda-beda, tata cara perkimpoian di Pariaman berbeda dengan tata cara perkimpoian di dareah lainya seperti Payakumbuh, Bukittingi dll.

Sedangkan adat nan taradat merupakan kebiasaan seorang dalam kehidupan bermasyarakat, misalanya seperti tata cara berpakaian, makan dll. Jika dahulu orang minang makan dengan tangan, maka sekarang orang minang sudah mulai menggunakan sendok untuk makan.

Terakhir ialah adat istiadat yang merupakan kelaziman dalam sebuah nagari atau daerah yang mengikuti situasi masyarakat. Biasanya adat istiadat ini dijewantahkan kedalam bentuk apersiasi seni, budaya, acara serimonial dan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, tradisi bajapuik yang dipahami teman saya sebagai transaksi perkimpoian itu termasuk kedalam kategori adat nan diadatkan. Di Minangkabau tradisi bajapuik atau transaksi perkimpoian ini hanya terjadi di daerah Pariaman, sedangkan dareah lainnya tidak mengenal istilah transaksi perkimpoian ini. Oleh karena itu, dengan adanya tradisi bajapuik ini Pariaman memiliki ciri khas tersendiri dalam tata cara perkimpoian dalam kebudayaan Minangkabau.

Pada umumnya bajapuik (dijemput) merupakan tradisi yang dilakukan oleh orang minang dalam prosesi adat perkimpoian, karena dalam sistem matrilineal posisi suami (urang sumando) merupakan orang datang. Oleh karena itu, datang karano dipanggia – tibo karano dianta (datang karena dipanggil – tiba karena diantar) diwujudkan kedalam bentuk prosesi bajapuik dalam perkimpoian. Namun, di Pariaman prosesi ini diinterpretasikan kedalam bentuk tradisi bajapuik, yang melibatkan barang-barang yang bernilai seperti uang. Sehingga kemudian dikenal dengan uang japuik (uang jemput), agiah jalang (uang atau emas yang diberikan oleh pihak laki-laki saat pasca pernikahan) dan uang hilang (uang hilang).

Secara teori tradisi bajapuik ini mengandung makna saling harga menghargai antara pihak perempuan dengan pihak laki-laki. Ketika laki-laki dihargai dalam bentuk uang japuik, maka sebaliknya pihak perempuan dihargai dengan uang atau emas yang dilebihkan nilainya dari uang japuikatau dinamakan dengan agiah jalang. Kabarnya, dahulu kala, pihak laki-laki akan merasa malu kepada pihak perempuan jika nilai agiah jalangnyalebih rendah dari pada nilai uang japuik yang telah mereka terima, tapi sekarang yang terjadi malah sebaliknya. Makna saling menghargai inilah yang menjadi prinsip dasar dari tradisi bajapuik.

Namun, dalam realitasnya yang terjadi saat ini, terdapat jurang yang tajam antara teori dan prakteknya. Tradisi yang dilaksanakan oleh masayarakat hingga kini sudah jauh berbeda dengan prinsip dasarnya. Jika sebelumanya nilai agiah jalang melebihi uang japuik, maka dalam prakteknya sekarang nilai agiah jalang malah lebih rendah dari pada nilai uang japuik. Bahkan dalam perkembangnya muncul pula istilah yang disebut dengan uang hilang. Uang hilang ini merupakan pemberian dalam bentuk uang atau barang oleh pihak perempuan kepada pihak laki-laki, yang sepenuhnya milik laki-laki yang tidak dapat dikembalikan.

Uang hilang yang sudah diberikan kepada pihak laki-laki tidak dapat dikembalikan, apapun yang terjadi baik pada masa pra nikah maupun pasca nikah. Pihak perempuan tidak dapat menuntut pengembalian, jika pihak laki-laki membatalkan dan mengambil uang hilang.

Sedangkan uang japuik, dimana secara hukum adat, apabila ikatan pertunangan dibatalkan oleh salah satu pihak, maka pihak yang membatalkan ikatan pertunangan diharuskan membayar dana sebesar uang japuik atau disebut juga dengan lipek tando (uang denda).

Fakta dilapangan mencatat bahwasanya perbedaan antara uang japuikdan uang hilang semakin samar, sehingga masyarakat hanya mengenal uang hilang dalam tradisi bajapuik. Biasanya uang hilang ini digunakan oleh pihak laki-laki untuk membiayai resepsi pernikahan, seperti untuk biaya makanan, biaya pelaminan, tenda dan perangkat hiburan dll.

Disamping itu, sebagian kecil disisihkan untuk membeli perhiasan untukagiah jalang sebagai barang yang akan diberikan kepada pihak perempuan dalam prosesi manjalang.

Semakin tinggi status sosial seseorang, maka semakin banyak biaya resepsi pernikahannya. Dengan kondisi tersebut pada akhirnya status sosial dan status pendidikan mempengaruhi jumlah uang hilang yang akan diterima oleh pihak laki-laki. Sayangnya fenomena ini semakin berkembang dalam tradisi bajapuik, sehingga tak mengherankan jika seorang yang status sosialnya tinggi akan dinilai dengan nilai uang hilang yang tinggi pula.

Disisi lain, tradisi bajapuik ini dianggap tidak bertentang dengan ajaran dalam islam yang mana laki-laki membayar mahar kepada perempuan. Disamping melaksankan tradisi bajapuik yang dianggap hanya sebagai hadiah perkimpoian, masyarakat Pariaman tetap membayar mahar sesuai dengan ajaran islam.

gambar-gambar pernikahan ala minang kabau

gambar


gambar


gambar


gambar


gambar


gambar



gambar

SUMBER

mudah-mudahan informasi ini berharga buat agan n sista terutama diri saya sendiri sebagai orang pariaman yang terkadang bingung kalo ditanya masalah ini emoticon-Ngakak


NOTE: SAYA ORANG MINANG KABAU BUKAN ORANG PADANG
Diubah oleh fachryan
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 31 dari 31
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
26-03-2014 13:35
indonesia itu memang indah sekali akan berbagai macam kebudayaan dengan thread ini ane jadi sedikit mgetahui adat sana, kebetulan ada cewek minang yg ane taksir ganemoticon-Shakehand2
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
26-03-2014 13:54
Kebanyakan terjadi dilapangan 85% persentase pernikahan secara adat pariaman itu kehidupan siperempuan lebih terjamin,jarang terjadi kimpoi cerai atau perselingkuhah seperti kebanyakan orang menikah dengan pacaran,dan juga wsiwanita jarang kerja banting tulang,uang itu bukan segalnya bagi keluarga siperempuan dipariaman, asal anak perempuan mereka terjamin dan terjaga serta tidak teraniaya,toh uang itu juga untuk diapakai anak permpuan mereka sebagai penambah modal dalam menjalani hidup berumah tangga.dan lagian karna laki2 yang dipilih sipaman untuk keponakannya telah lulus berbagai seleksi,seperti kemampuannya dalam bekerja,pola fikirnya dan kematangannya dalam berumah tangga,dan silaki laki akan berfikir ratusan kali tuk berbuat semena mena kepada siperempuan karna bukan namanya aja yang buruk karna nama keluarganya juga akan ikut cela,jadi karna itu jarang cewek pariaman jadi wanita malam (bukan berarti gak ada).
beda sama orang pacaran yang kebanyakan menikah karna nafsu,kadang kerja laki2 belum jelas sudah menikah,maklumlah wanita itu makhluk yang berfikir banyak mengandalkan perasaan bukan berdasarkan logika jadi mudah terpedaya,kadang setelah menikah rumah tangga mereka kebanyakan bertahan sampai beranak 2,dan kebanyakan setelah bercerai wanita akan menjadi gak bener alias jadi wanita malam,selain trauma karna pernikahan,juga karna keluarga banyak lepas tangan.
Diubah oleh derlintang
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
26-03-2014 13:54
Bangga jdi orang minang gan..

Tp bnyak suka dukanya d rantau orang.
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
26-03-2014 14:43
Quote:Original Posted By isengaje
sistem matrilineal membuat laki2 diminang itu seperti burung dalam sangkar emas... tinggal dirumah mertua seperti tamu,, dilayani tapi dak punya kuasa bahkan kepada anak sendiri,,,,,, makanya orang minang suka merantau...




Ga jg deh gan. Ane yg orang Minang kok ga merasakan yg seperti itu. Ane tetap punya kuasa atas anak sendiri, bahkan ortu ane jg melakukan hal yg sama. Ada waktu nya ketika orang lain harus ikut mempengaruhi keputusan seperti contoh nya dalam hal perkimpoian, tapi bapak jg tetap ada pengaruh ya. Kalau yg mau nikah itu anak perempuan, tetap bapak nya jg kan yg jadi wali
Diubah oleh onaldyuda
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
26-03-2014 14:51
Mantap gan. Istri ane Pariaman asli gan, ane Bukittingi. Tpi tinggal d Pekanbaru.. Waktu Kami kimpoi, pake adat national gan.. Ga pake uang japuik, agiah jalang Dan unag hilang gan....

Smoga yg Lain ga kaya gitu... Biar budaya minang selalu Lestari gan.
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
26-03-2014 14:53
Quote:Original Posted By derlintang
Kebanyakan terjadi dilapangan 85% persentase pernikahan secara adat pariaman itu kehidupan siperempuan lebih terjamin,jarang terjadi kimpoi cerai atau perselingkuhah seperti kebanyakan orang menikah dengan pacaran,dan juga wsiwanita jarang kerja banting tulang,uang itu bukan segalnya bagi keluarga siperempuan dipariaman, asal anak perempuan mereka terjamin dan terjaga serta tidak teraniaya,toh uang itu juga untuk diapakai anak permpuan mereka sebagai penambah modal dalam menjalani hidup berumah tangga.dan lagian karna laki2 yang dipilih sipaman untuk keponakannya telah lulus berbagai seleksi,seperti kemampuannya dalam bekerja,pola fikirnya dan kematangannya dalam berumah tangga,dan silaki laki akan berfikir ratusan kali tuk berbuat semena mena kepada siperempuan karna bukan namanya aja yang buruk karna nama keluarganya juga akan ikut cela,jadi karna itu jarang cewek pariaman jadi wanita malam (bukan berarti gak ada).
beda sama orang pacaran yang kebanyakan menikah karna nafsu,kadang kerja laki2 belum jelas sudah menikah,maklumlah wanita itu makhluk yang berfikir banyak mengandalkan perasaan bukan berdasarkan logika jadi mudah terpedaya,kadang setelah menikah rumah tangga mereka kebanyakan bertahan sampai beranak 2,dan kebanyakan setelah bercerai wanita akan menjadi gak bener alias jadi wanita malam,selain trauma karna pernikahan,juga karna keluarga banyak lepas tangan.


Setuju gan. Kudu d pejwan nih gan TS
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
26-03-2014 18:36
kalau urang piaman uang japuik nyo ado yg sehargo oto avanza emoticon-Big Grin
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
26-03-2014 21:03

keren gan..

emoticon-Baby Boy 1
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
26-03-2014 21:06
dapat pengetahuan baru tentang suku sebelah
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
26-03-2014 21:57
ini agak repot bacanya karena k4win selalu jadi kimpoi emoticon-Hammer2
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
30-03-2014 12:35
Quote:Original Posted By veltman

kalo udah cocok buruan nikah aja dech, nggak usah dengerin apa kata orang gans.. emoticon-Kiss


maunya gitu gan cuma ane kan backstreet dari babeh ane yg serem gila hahahaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

cuma kan kalo nikah takutnya harus ngikutin adat dia kan bingung juga emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
03-04-2014 16:49
Banyak juga yaa orang minang di thread ini.. emoticon-Matabelo

0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
06-04-2014 01:25
Saya orang Minang,disatu sisi bangga dan sisi lain jg ada sedihnya.. Wallahualam
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
07-04-2014 22:19
mantaaP infonya gan emoticon-Toast
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
15-04-2014 23:55
Assalamu'alaikum.wr.wb
Salam Sejahtera bagi kita semua
Namaste
Rahayu

emoticon-rose

Setelah sekian lama kita tidak bersua dalam suatu agenda gathering akbar bersama2, maka Forum Supranatural, Spiritual dan Budaya akan mengadakan GATHERING AKBAR 2014 yang bertemakan " TUMPLEK BLEK "

Tempat : Anjungan Jambi, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Waktu : Tanggal 3 Mei 2014, 08:00 - 17:00

Mahar: Rp 60,000 ( bonus : lunch, merchandise, kupon doorprize dan lelang)

#Mahar diluar tiket masuk TMII yang dibayar sendiri oleh masing2 peserta, untuk info tiket masuk TMII terkini :

- 1 orang = Rp 10,000
- 1 motor = Rp 6,000
- 1 mobil = Rp 10,000

#Mahar selain untuk bonus2 diatas juga digunakan dan dikumpulkan oleh panitia gathering untuk membayar sewa tempat, sound systems, kebersihan, karpet, meja, kursi dll emoticon-Kiss (S)

#Mahar Gathering Akbar naik Rp 10,000 dari mahar 2 tahun lalu emoticon-Cape d... (S)

#Kami Panitia Gathering Akbar berupaya mencarikan tempat yang kondusif dengan biaya sekecil2nya karena situasi dan kondisi yang ada pada tahun ini yang timingnya sangat bertepatan dengan tahun politik yang sangat riskan jika dilakukan di area sangat terbuka seperti beberapa tahun belakangan gath yang kita lakukan. Oleh karena itu kami mencari solusi dengan memilih tempat agak "misterius" yaitu didalam TMII, walaupun dengan resiko panitia akan nombok banyak dan serta peserta akan mengeluarkan mahar lebih untuk htm dan tiket masuk TMII sendiri. emoticon-Berduka (S) ( curcol : mode on )

#Namun karena sudah banyak warga Forsup, Forspirit dan Forbud yang meminta diadakannya Gathering Akbar yg sudah lama tidak kita laksanakan maka berbagai halangan, rintangan, hujan badai, kejaran pengusaha catering, tagihan petugas anjungan, kejaran tukang kredit, kejaran debt collector nantinya akan kami hadapi.

( koreski : bukan kita tapi ketua panitia tepatnya ) emoticon-Ngakak






Konsep acara ini merupakan konsep pameran dan ajang silaturahmi terbuka bagi seluruh warga Forum Supranatural, Spiritual dan Budaya khususnya. Oleh karena keterbatasan tempat maka kami menyediakan tempat bagi :

- 10 stand pameran berkarpet ( @ 3.2m X 2.4m ) bagi thread share / komunitas / perguruan / konsultasi yang telah mempunyai thread di forum supranatural, spiritual dan budaya yang ingin memperkenalkan thread share / komunitas / perguruan / konsultasinya kepada warga forum khususnya dan warga non forum pada umumnya

area stand berkarpet


- area terbuka dilingkungan anjungan jambi bagi thread share / komunitas / perguruan / konsultasi yang telah mempunyai thread di forum supranatural, spiritual dan budaya yang ingin memperkenalkan thread share / komunitas / perguruan/ konsultasinya kepada warga forum khususnya dan warga non forum pada umumnya

area terbuka & area atraksi


- doorprize berlimpah

doorprize


- barang lelang yang seluruh hasilnya akan dihibahkan untuk menambah dana sosial forum supranatural, spiritual dan budaya.


lelang


Dan yang paling terpenting, momen ini yang kita tunggu2 untuk saling mengenal lebih dekat secara offline, bersilaturahmi dengan para sesepuh dan tamu2 undangan serta warga forum supranatural, spiritual dan budaya khususnya.

Salam guyub rukun, salam salim sungkem selalu

emoticon-Salaman




Mohon diikuti info selanjutnya thread utama di Forum Supranatural :

~๑ஜ★۞ GATHERING AKBAR FORUM SUPRANATURAL, SPIRITUAL & BUDAYA 2014 ~๑ஜ★۞

http://www.kaskus.co.id/thread/53440...p-budaya-2014/

0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
25-04-2014 17:05
Quote:Original Posted By topamax



minang menganut adat
MATRILINEAL yang PATRIAKAT

tolong dibedakan 2 istilah yg mirip tapi tak sama..

Matrilineal :
Mater : Ibu
Linea : Garis

Garis keturunan (suku/marga) itu nerada diposisi wanita

Patriakat
Pater : Ayah
Archea : Kekuasaan

Kekuasaan dan lain lain ada di posisi laki2

ex :
1. di dalam suku,emng bundo kandung (kaum wanita) membawa nama suku/marga..
tapi ttep yg memimpin suku adalah Datuk (kaum laki2)

2. mungkin satu2nya kerajaan minang yg bnar2 masih berkuasa mutlak adalah Kerajaan Negri Sembilan, Malaysia..
prmindahan tahta adalah dr ayah ke anak..
jadi antara raja satu dan lainnya mempunya suku/marga yg berbeda2 tergantung ibunya..tapi tteeeeep,yg mimpin cowok..

nb : tolong pejwan klo berkenan




Quote:Original Posted By rickystream
emang keren di padang wanita yang menjadi kepala keluarga hehehe


Quote:Original Posted By jimexs


ah engga gan..ane orang minang kepala keluarga ttp orang tua laki2 kok emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By topamax


di pariaman itu..mana padang?
jangan2 mnurut ente provinsi sumatra barat itu padang..
jangan2 gatau ada nama provinsi namanya sumatra barat?
jangan2 gatau padang itu cm ibukota sumatra barat??

sejak kapan cewe jd kepala rumah tangga di suku minang?-.-"
dikeluarga gue ga tuh..ttep bokap tuh,nyokap cm ngasih nama suku "pitopang" ke gue....
baca post di page sblomnya..
matrilineal yg patriakat


Quote:Original Posted By topamax



betul gan emoticon-Malu (S)
terkadang sotoy sihemoticon-Stick Out Tongue
dijelasin matrilineal yg patriakat pun tak mengerti2-.-"


Terimakasih sudah dicerahken...
Mungkin yang ane maksud dengan wanita sebagai kepala rumah tangga diadat minang karena ada beberapa teman maupun tetangga menganut prinsip seperti yg ane sebutkan"

Contoh..
Ane pernah menyaksikan langsung ketika keluarga Padang yg kebetulan tetangga dkt rumah..
Ada suatu masalah yg tidak mungkin kami campuri..
Setelah lama berdebat akhirnya sang isterilah yg menentukan-mengambil keputusan,sementara sang suami tidak bisa berbuat banyak (awalnya bertahan dengan pendapatnya..namun ujung2nya sang suami pasrah ketika sang isteri mengeluarkan ultimatum)
Kami sbg tetangga kasihan melihat sang suami yg tak berdaya melihat situasi ketika itu..

Dilala...temen kantor ane juga curhat ke kita2" (isterinya orang padang)
Disaat2 tertentu sang isteri tampil sbg pengambil keputusan.
Hal ini membuat temen kerja ane terpukul dan kecewa.
Karena hal tersebut dimaklumi oleh keluarga isterinya.

Tapi g bisa jg ya kejadian diatas langsung kita jadikan pakem" bqhwa sang isteri sebagai kepala rumah tangga..

Ohyach..lontong padang enak bangeeeetsss...emoticon-Kiss (S)

0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
29-04-2014 10:31
nice gan buat info nya,, emoticon-Blue Guy Cendol (L)
unik juga ya tradisi nya,, emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
[FYI ] Tradisi Adat "Nikah Bajapuik" di Pariaman
19-05-2014 10:18
unik sekali tradisinya ya gan
0 0
0
Halaman 31 dari 31
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia