Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
2083
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513aea178327cff31a00000e/mari-belajar-tentang-ban-tubless-dan-ban-biasa-tubetype
Bagi agan agan yang belum tahu perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa (Tubetype) ane mau berbagi biar semua yang disini pada tahu sebelum memutuskan menggunakan atau membeli Ban untuk kendaraannya :) P
Lapor Hansip
09-03-2013 14:51

Mari belajar tentang Ban Tubeless dan Ban Biasa (Tubetype)

Past Hot Thread
Bagi agan agan yang belum tahu perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa (Tubetype) ane mau berbagi biar semua yang disini pada tahu sebelum memutuskan menggunakan atau membeli Ban untuk kendaraannya emoticon-Smilie

Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa (Tubetype)


Ada 2 jenis kategori ban utama dari pabrikan ban yang seringkali membuat pemilik motor jadi bingung, pilih ban dengan ban dalam (with tube) atau ban tanpa ban dalam (tubeless)?

Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)

Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)

Profil ban (fisik) dan akibatnya
Umumnya ban dengan with tube memiliki profil yang lebih kotak, sehingga menyulitkan manuver di kecepatan tinggi, intinya lebih sulit dan berbahaya kalau kita mau ajak rebah di tikungan. Pada kecepatan yang rendah ban ini lebih ideal untuk diajak nyelip-nyelip diantara mobil-mobil. Sedangkan ban tubeless dengan bentuk ban yang umumnya lebih bulat, efeknya jelas, pada kecepatan tinggi motor dengan ban jenis ini enak dan gampang untuk diajak manuver sana sini, lebih stabil, membuat pengendaranya lebih percaya diri.

Ketahanan (durasi)
Ban non tubeless biasanya mampu bertahan hingga 2 tahun lebih, sedangkan ban tubeless karena umumnya dibuat dengan kompon lebih lunak, maka waktu pemakaian lebih pendek, untuk pemakaian sehari-hari bisa berkisar 1.5 tahun lebih.

Waktu hujan
Saat permukaan jalan basah, ban ditugaskan untuk mengalirkan alir secepatnya, karena itu ban basah mempunyai groove/kembang yang di design khusus dan groovenya lebih dalam. Saat hujan daya cengkram baik ban with tube atau tubeless bergantung pada tipe kembang ban itu sendiri. Enaknya seperti motoGP, waktu hujan, kita tinggal masuk pit, semotor-motor nya ganti!

Anti Bocor?
Apa betul ban tubeless anti bocor? Jawaban pendeknya betul! tapi bukan anti bocor, cuman lebih tahan bocor. Ban tubelss pun sebaiknya begitu terkena paku di jalan, secepatnya dibawa ke tukang tambal ban tubeless, walaupun ban tipe tubeless tidak langsung kempes, tapi jika dibiarkan, ini bisa merusak steel belt ban tersebut. Jadi pemilik ban tubeless sebaiknya melakukan pemeriksaan berkala pada ban, tahu-tahu bentuk bannya sudah tidak bulat lagi!


Tips Merawat dan Menambal Ban Tubeless


Bagi agan agan yang suka berkendara, masalah seputar ban bocor tentu sering ditemui dan harus diwaspadai. Meskipun ban masih baru, tapi kalo lagi apes, kempes juga ketusuk benda lancip seperti paku dan semacamnya. Lalu ban itu digantikan ban serep dan dibawa ke tukang tambal ban. Lalu apa yang akan dilakukan tukang tambal? Dengan pembelaan bahwa ban akan ditambal, ban yang tadinya utuh tadi sekarang ditusuk dengan alat tusuk yang besarnya kira kira sama dengan ukuran kelingking kita. Ban yang tadinya bocor hanya seujung jarum, sekarang dibuat bolong sebesar mulut pipa. Para tukang tambal ban tubeless menyebutnya dengan “Cara menambal ban tubeless”. Tahukah anda bahwa ini adalah permulaan dari kiamatnya ban baru kita.

Setelah dibolongi dengan alat tadi, tali serabut disumbatkan ke bolongan ban dengan regangan yang cukup potensial untuk semakin merusak ban. Mulai dari bahan karetnya, anyaman benangnya sampai anyaman kawatnya dibikin sobek dan putus berantakan, sehingga ban kita menjadi semakin lemah. Inilah bentuk kiamat dari ban kita setelah membayar ongkos tambal 8 – 10 ribu perak. Untuk pertama kalinya tambalan mungkin masih bisa bertahan selama beberapa minggu atau bulan, tapi jika bocor lagi dititik yang sama kagak bisa lagi disumbat dengan tali serabut itu. Melainkan harus menggunakan ban dalam. Lho ??.. ini kan ban Tubeless,.. masa pakai ban dalam ? emoticon-Malu (S)

Padahal kalau kita mau bersabar, ada cara yang jauh lebih unggul (dalam hal kekuatan, tidak merusak sama sekali), hemat waktu, biaya dan tenaga, dan …… dapat dikerjakan sendiri tanpa melepas roda.

Caranya adalah dengan mendongkrak roda yang bannya bocor (ban tidak perlu dilepas). Lalu putar setir agar ban mengarah keluar spakboard. Pompa sampai penuh lalu putar perlahan sambil disirami air. Setelah tampak gelembung udara pertanda bocornya, tandai daerah bocor (sebaiknya lingkari pake tip-ex). Cucilah hingga bersih daerah bocor
itu lalu dilap dengan lap kering. Setelah kering tetesi dengan lem power glue sehingga lem meresap ke dalam lubang.
Cukup dengan lem power glue yang harganya Rp.1000 saja. Bantulah dengan menusuk-nusukkan benda lancip seperti paku yang bersih ke lubang agar lem lebih lancar masuk. Lalu tunggu kering selama beberapa menit. Lalu pompa lagi Ok! Pekerjaan menambal selesai.

Apa keunggulannya?
1. Kuat dan anti gagal. Daya adesif lem power lebih tinggi dibanding daya kohesif karet sendiri, jadi titik ini menjadi lebih kuat daripada bagian yang lain. Tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental, karena hanya menggunakan lem, Life time guarantee!

2. Tidak terjadi pelemahan sedikitpun pada jaringan ban.

3. Tidak menambah massa yang mempe­nga­ruhi balancing.

4. Tidak akan pernah membutuhkan ban dalam sepanjang umur ban. Menggunakan ban dalam menambah biaya, menambah rumit setting roda, keandalan yang lebih rendah dan risiko kegagalan yang jauh lebih tinggi.

5. Tidak tergantung pada orang lain dan tukang tambal ban maupun alat-alat yang lebih rumit. Dapat dilakukan sendiri dengan mudah, cukup bermodalkan sebuah lem pawer Rp.1000 saja, satu pompa sepeda anak-anak di rumah, dan dongkrak yang sudah ada. Biaya yang jauh lebih rendah. Satu tabung kecil lem pawer dapat menambal puluhan
titik bocor.

6. Kondisi ban tetap utuh, seolah-olah ban tidak pernah mangalami bocor. Tidak merusak jaringan karet, benang dan kawat ban.

CARA BACA SPESIFIKASI BAN


Ban pada sebuah kendaraan (terutama di jalan raya) merupakan komponen wajib yang harus ada. Mungkin sesekali seorang pengendara motor mengganti ban motornya, entah karena sudah rusak, bocor ataupun karena sekedar ingin merubah penampilan motor dengan ban baru yang berbeda. Pada saat mengganti ban, mungkin pernah kita lihat disana tertera kode-kode pada bagian samping ban tersebut, apa sih makna kode tersebut?

Baiklah, untuk memperjelas pemahaman mari kita lihat gambar dibawah ini:


Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)

Ukuran Ban (Size Designation)

Pada saat membeli ban baru (terutama tanpa sample ban lama) kita akan ditanya oleh penjual ban “Mau yang ukuran berapa?”. Ada dua buah standar ukuran yang digunakan oleh pabrikan ban, beberapa toko mungkin ada yang menyebut nilai “2.50-17” dan sebagian besar toko lainya menyebut nilai “100/90-18”. Kedua nilai ini benar tetapi mengacu pada dua buah standar internasional yang berbeda.

Untuk ban dengan ukuran 2.50-17 mempunyai arti sbb:

Lebar tapak ban (Normal Section Width) adalah 2.50 inch,
Ukuran diameter velg (Rim Diameter) adalah 17 inch,
apabila setelah nilai 2.50 siikuti dengan garis miring dengan nilai lainya semisal 2.50/60, maka tebal atau rasio tinggi ban adalah 60% dari tapak ban = 60% x 2.50 inch.

Untuk ban dengan ukuran 100/90-18 mempunyai arti sbb:

Lebar tapak ban (Normal Section Width) adalah 100mm,
Ukuran diameter velg (Rim Diameter) adalah 18 inch,
Rasio tebal/tinggi ban (Aspect Ratio) adalah 90% dari lebar tapak ban atau 90% x 100mm = 90mm.


Maksimum Beban dan Kecepatan (Service Description)

Beban maksimal dan kecepatan biasanya ditulis menjadi satu di dalam tanda dalam kurung, misal “(73W)”. Angka “73” meripakan indeks beban (Load Index) dan Huruf “W” merupakan simbol kecepatanya (Speed Symbol). Untuk mengartikan simbol dan indeks diatas dapat dilihat dari tabel berikut ini:

Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)


sumber


TERIMAKASIH GAN SUDAH MAMPIR DI THREAD ANE !!!


Quote:kalau agan agan berkenan silahkan tinggalkan coment emoticon-Toast

ane sangat berharap emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
dan jangan lupa tolong emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

ane ga menerima emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Code:
[CENTER][color=green][FONT="Century Gothic"]THANKS GAN CENDOLNYA[/FONT][/color]
[img]http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2013/03/18/5146477_20130318041511.png[/img][/CENTER]
Diubah oleh .si46an.
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 100 dari 105
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
19-03-2014 21:50
dari hurupnya aja udah beda emoticon-Ngakak
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
19-03-2014 22:10
nais inpoh gan..emoticon-Cool
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
19-03-2014 23:20
mantap
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 00:16
Bagus banget gan infonya..emoticon-Smilie
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 04:04
nice inpo gan,
kpn2 pake tubeless deh
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 05:42
Awal2 ane pake ban tubles FD* yg buat touring, gila licin banget pas hujan, beberapa kali ane selip dan hampir kecelakaan, padahal dah pake teknik pengereman 30-70 emoticon-Cape d...
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 06:54
Nice thread bgt gan, tp syng motor gw dah keburu ganti ban dalem hiks
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 07:07
nice info gan, kbetulan ane pake ban tubeless.
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 07:51
thanks gan infonya. ban tubeless ane udh 2 kali kena paku gan dan yg seperti agan bisa di tambel dengan karet2 gitu. ane sedih emoticon-Mewek btw udh ane rate gan belom bisa kasih cendol karna blm iso emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 07:56
ban ane cuma comet biar muternya kenceng kek komet emoticon-Cool
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 15:30
Good idea gan... thx infonya
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 16:07
maksudnya di dongkrak itu gimana gan?
kalo ditambal langsung pake lem power glue aja bisa kan?
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 16:20
nice gan infonya
tapi ane masih pake ban motor yg ada ban dalamnya gan
kalau ban tubeless kalau bocor cari tempat tambal bannya masih jarang
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 16:23
ane pake yg tubeless dong emoticon-Cool
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 16:49
wah untung ente bikin thread ini gan... ane jadi tau perbedaan antara ban biasa ama tubless... besok kalau dah gundul ane ganti tubless aja deh biar keren buat ngebut motornya hehehe...
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 17:16
tiger ane pake tubeless gan emoticon-Traveller *makasih pencerahannya gan
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
20-03-2014 17:31
bagus bagus emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
21-03-2014 00:44
Quote:Original Posted By rangerMerah
Awal2 ane pake ban tubles FD* yg buat touring, gila licin banget pas hujan, beberapa kali ane selip dan hampir kecelakaan, padahal dah pake teknik pengereman 30-70 emoticon-Cape d...

Type apa tuh
0 0
0
Mari belajar tentang Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)
21-03-2014 19:43
baru tau kalo pake lem power glue ternyata bisa buat nambal ban tubeless
0 0
0
Halaman 100 dari 105
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Kendaraan Roda 4
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia