Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
549
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011236630/belajar-nulis-yuk
“Setiap tulisan merupakan dunia tersendiri, yang terapung-apung antara dunia kenyataan dan dunia impian (Pramoedya Ananta Toer - Rumah Kaca, h. 138)” Pernah g sih seraper semua terpikir buat nulis? Roman, Novel, Cerpen, sampe celetukan hati yang telah lama terpendam, mungkin? #ehem. Tapi sayangnya, semua itu cuma tersimpan di dalam laci kamar, hardisk, atau bahkan belum keluar dari kepala. Nah,
Lapor Hansip
31-10-2011 09:50

Belajar Nulis, Yuk !!

“Setiap tulisan merupakan dunia tersendiri, yang terapung-apung antara dunia kenyataan dan dunia impian
(Pramoedya Ananta Toer - Rumah Kaca, h. 138)”

Pernah g sih seraper semua terpikir buat nulis? Roman, Novel, Cerpen, sampe celetukan hati yang telah lama terpendam, mungkin? #ehem. Tapi sayangnya, semua itu cuma tersimpan di dalam laci kamar, hardisk, atau bahkan belum keluar dari kepala.

Nah, bagi seraper yang pada suka nulis, tapi merasa g pede. Atau yang udah punya karya tapi g tau gimana publishnya atau pengen dapet komentar, saran, dan kritik dari orang lain yang lebih paham biar karyanya lebih greget, atau sekedar ingin share dan pamer aja. Ngumpul dimari yuk! Kita belajar nulis bareng-bareng, kita komen bareng-bareng kalo ada yang kurang, kita dukung bareng-bareng biar menjadi sesuatu #alhamdulillahYah, dan kita jadikan menulis menjadi kegiatan kedua kita setelah membaca.

'Bagaimana kamu bisa menyepelekan tulisan, padahal kamu hidup karena sejarah yang ditulis tangan Tuhan!'

Mari Menulis!!

Indexes :

Cerpen
Quote:Setiap peristiwa adalah cerita. Dan setiap cerita layak diabadikan. Cerpen menggoda kita untuk menuliskan setiap kisah, peristiwa, ide, dan imaji dalam sentuhan sastra, bahasa, dan rasa, sehingga menjadi karya yang indah

1. Pesan di Mata Burung Gagak by ramundro
2. Penggaluan Massal by septmars
3. Dia Lahir di Lepa-Lepa by septmars
4. Nonton Konser by rabbit_foot
5. Na, Telpon Gw Donk by Zuko99
6. Hujan-Hujan Makan Laptop by after_dark
7. Mata Yang Tak Pernah Bohong by ramundro
8. Dinding Batu by Neoarm23
9. Tiga Rakaat by rabbit_foot
10. Rintik Hujan Tak Berdawai by Siyan.
11. Balada Sebatang Garpit by Neoarm23
12. Karma by Jangyuki
13. Ayahku (Bukan) Teroris Part 1: Please Forgive Them by lycantrophs
14. Babi Maung by ruangganti
15. Doppelgenger by TheOlderBrother
16. Curahan Hati Sang Narapidana Cilik by arshava
17. Boneka dan Bidadari [1] lanjutan [2] by Aaz_Hybrid
18. Aedes Aegepty by rabbit_foot Bagian 1 - Bagian 2 - Bagian 3 - Bagian 4
19. Ketika Harus Terbang dengan Sebelah Sayap by vitawulandari
20. Gadis Kecil Penjaja Payung by zikrii
21. Kecoa by xixixipeople
22. Cinta Yang Bisu by ramundro
24. I AM RICH by rabbit_foot
25. Mainan Anakku by letnankini [1] [2] [3]
26. Tentangmu Yang Selalu Manis by exewriyan
27. Malam Suram Empat Mahasiswa by katondio
28. Tembakan Di Pagi Mendung by katondio
29. Hari Yang Panas by katondio
30. Affair by febiolamongi
31. Giring : Banting Aku Mak! by Masonred
32. Sakitnya Oreo by CUMMIE
33. Tak Pernah Mati? by masonred
34. D-Day by tow2 Chapter 1
35. Kembara Kala by AjiMundi Part 1
36. Pembunuh Iblis by katondio Part 1
37. Perjalanan Pulang Dengan Angkot by Lady.Bathory
38. Natural by masonred

Draft Novel dan Sebagainya
1. Knight-Watch by @~by Chapter 1.1 1.2
2. The Collector by madstalinx Chapter [1.1] Chapter [1.2]

Puisi
Quote:Malu-malu aku mengintip sang bulan dari balik jendela. Menuliskan setiap kisah yang terekam dalam kerut tuanya. Mungkin fajar nanti sang bulan kan menghilang, tapi saat itu aku sudah bisa tersenyum gamblang. Aku telah merekamnya dalam tulisan

1. Aku mencintaimu by ramundro
2. Sepuluh Potong Imajinasiku Tentang Kita by Pelangi Hijau
3. Kaskus Serapium by ramundro
4. '.' by kid_bokis

Dan lain-lain
Quote:Genre tulisan lain menanti dipublikasikan. Ayo posting!! Posting mu mempengaruhi index ku. Hihi.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 23 dari 28
Belajar Nulis, Yuk !!
17-03-2014 19:24
CTRL + D dulu ya bro.

Kerenemoticon-2 Jempol, Ane bantu rating ya
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
06-04-2014 20:06
Nanya dong, sebaiknya bikin plot dan penokohanya terlebih dahulu atau biarkan cerita mengalir dengan sendirinya?

Soalnya saya sering susah saat mengarang sebuah cerita apabila sudah di mid cerita tersebut, bisaanya saya suka jadi bercabang ingin menjalani semua plot he3
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
18-04-2014 13:44
ikutan gabung ya om emoticon-Ngakak
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
18-04-2014 14:13
Quote:Original Posted By freyaanaya
Nanya dong, sebaiknya bikin plot dan penokohanya terlebih dahulu atau biarkan cerita mengalir dengan sendirinya?

Soalnya saya sering susah saat mengarang sebuah cerita apabila sudah di mid cerita tersebut, bisaanya saya suka jadi bercabang ingin menjalani semua plot he3


Kalau letnan bikin penkohan dulu Gan, soalnya penokohan itu penting.
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
18-04-2014 14:27
Gan, ane mau tau triknya biar konsisten gimana??

Boleh dikunjungi
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
19-04-2014 12:29
Quote:Original Posted By Jaggerz
Gan, ane mau tau triknya biar konsisten gimana??

Boleh dikunjungi


Buat kertas berisi target sehari berapa lembar Gan.
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
26-04-2014 09:27
Quote:Original Posted By freyaanaya
Nanya dong, sebaiknya bikin plot dan penokohanya terlebih dahulu atau biarkan cerita mengalir dengan sendirinya?

Soalnya saya sering susah saat mengarang sebuah cerita apabila sudah di mid cerita tersebut, bisaanya saya suka jadi bercabang ingin menjalani semua plot he3


Ane sih bikin penokohan dulu, lalu setting, baru plot. Soalnya kalau bikin plot dulu, nanti karakternya ga ada kan bingung emoticon-Big Grin

Kalau plot melenceng gpp Gan. Asal ngga menyimpang dari outline atau garis besar cerita yang sudah agan buat

0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
27-04-2014 15:41
Ane ngikut baca aja gan emoticon-Big Grin gak berbakat menulis, ilmu aja masih dikit emoticon-Mewek
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
01-05-2014 03:13
Ibuku Motivasiku, Dan Pahlawanku

Bagian Pertama

Teringat Masa Masa Balita :

Aku terbangun di malam hari, tak sengaja melihat ibuku tidur, aku tidak tega melihatnya saat tidur dengan lelap, karena pagi hari berbagai pekerjaanya yang membuatnya kelelahan. bekerja untuk membantu ekonomi keluarga kami, setelah itu beliau memasak untuk makan kami hari ini. Sungguh luar biasa, makhluk yang allah ciptakan untuk keluarga ku. Kadang, aku berfikir aku bisa apa? Sementara aku sendiri belum mempunyai penghasilan tetap dan pekerjaan. Mungkin aku salah, aku hanya memikirkan wanita, apabila aku kerja aku akan mencari wanita yang sangat ideal untuku. Sementara ibuku sangat besar jasanya untuk ku, tak terfikirkan olehku untuk membahagiakanya. Sebagian besar seorang ibu tidak akan meminta dibahagiakan anaknya, tapi yang pasti siapapun mereka akan berdoa kepada allah untuk kebaikan , dan kebahagiaan untuk anaknya, karena bagi mereka, suatu pemandangan yang indah apabila anaknya punya masa depan yang baik.
Suatu hari aku diperlihatkan suatu kejadian yang sangat membuatku meneteskan air mata,
Im, ikut ibu ya, njenguk anak temenya ibu? Okey bu habis sholat isya ya”. jawabku

Aku mengantar ibuku ke rumah sakit anak, disuatu ruang yang dihuni beberpa orang, penglihatanku tertuju pada suatu orang yang menggendong anaknya yang sakit, aku melihat ibunya tampak lesu, kusut, seperti tidak ter urus. Pada saat anak yang masih balita itu digendong bapaknya, anaknya selalu menangis, dia hanya diam apabila ibunya yang menggendong. Kemudian aku berfikir ibu ini pasti tidak pernah tidur, dan tidak pernah meninggalkan ruang bahkan rumah sakit ini. karena saat ibu tidak ada bagaimana nasib anak ini.
Ibuku bilang kepadaku “semua anak balita pasti pernah mengalami yang namanya masuk rumah sakit im,”

Loh berarti aku pernah masuk rumah sakit juga, dulu saat aku balita, ibuku juga seperti ini pikirku. Aku tidak ingat, tapi aku seakan melihat sang ibu tadi seperti ibuku, seperti memory dulu terulang kembali untuk mengingatkanku
Bersambung ya emoticon-Ngakak

Tolong Koreksi ya agan agan emoticon-shakehandemoticon-thumbsup
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
01-05-2014 08:38
Salken dulu semua yah... emoticon-Smilie
Ikut nimbrung ja dulu... Cz cita2 jd penulis tp pas udah nulis dapat 1 paragraf udah bingung emoticon-Malu (S)
Tp kalo da temen gini moga aja tambah giat latihan nulisnya.
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
03-05-2014 19:40
Sorry gan ane hapus. tks.
Diubah oleh SuperLamhot
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
03-05-2014 21:28
Quote:Original Posted By SuperLamhot
agan dan sista, ane mau share cerpen buatan ane. Kalo boleh, ane minta penilaian dan kritikannya ya. emoticon-Malu (S)

Untuk Cintamu Yang Berharga


keren gan emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
03-05-2014 22:26
gan contoh eyd yang benar gimana ya gan ??
Diubah oleh mpasha14
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
03-05-2014 22:43
Quote:Original Posted By pembacabuku
Ibuku Motivasiku, Dan Pahlawanku

Bagian Pertama

Teringat Masa Masa Balita :

Aku terbangun di malam hari, tak sengaja melihat ibuku tidur, aku tidak tega melihatnya saat tidur dengan lelap, karena pagi hari berbagai pekerjaanya yang membuatnya kelelahan. bekerja untuk membantu ekonomi keluarga kami, setelah itu beliau memasak untuk makan kami hari ini. Sungguh luar biasa, makhluk yang allah ciptakan untuk keluarga ku. Kadang, aku berfikir aku bisa apa? Sementara aku sendiri belum mempunyai penghasilan tetap dan pekerjaan. Mungkin aku salah, aku hanya memikirkan wanita, apabila aku kerja aku akan mencari wanita yang sangat ideal untuku. Sementara ibuku sangat besar jasanya untuk ku, tak terfikirkan olehku untuk membahagiakanya. Sebagian besar seorang ibu tidak akan meminta dibahagiakan anaknya, tapi yang pasti siapapun mereka akan berdoa kepada allah untuk kebaikan , dan kebahagiaan untuk anaknya, karena bagi mereka, suatu pemandangan yang indah apabila anaknya punya masa depan yang baik.
Suatu hari aku diperlihatkan suatu kejadian yang sangat membuatku meneteskan air mata,
Im, ikut ibu ya, njenguk anak temenya ibu? Okey bu habis sholat isya ya”. jawabku

Aku mengantar ibuku ke rumah sakit anak, disuatu ruang yang dihuni beberpa orang, penglihatanku tertuju pada suatu orang yang menggendong anaknya yang sakit, aku melihat ibunya tampak lesu, kusut, seperti tidak ter urus. Pada saat anak yang masih balita itu digendong bapaknya, anaknya selalu menangis, dia hanya diam apabila ibunya yang menggendong. Kemudian aku berfikir ibu ini pasti tidak pernah tidur, dan tidak pernah meninggalkan ruang bahkan rumah sakit ini. karena saat ibu tidak ada bagaimana nasib anak ini.
Ibuku bilang kepadaku “semua anak balita pasti pernah mengalami yang namanya masuk rumah sakit im,”

Loh berarti aku pernah masuk rumah sakit juga, dulu saat aku balita, ibuku juga seperti ini pikirku. Aku tidak ingat, tapi aku seakan melihat sang ibu tadi seperti ibuku, seperti memory dulu terulang kembali untuk mengingatkanku
Bersambung ya emoticon-Ngakak

Tolong Koreksi ya agan agan emoticon-shakehandemoticon-thumbsup


Bahasanya terlalu biasa. Coba dipermanis menggunakan diksi.
EyD-nya juga perlu diperbaiki. Sekian emoticon-Smilie.
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
03-05-2014 22:52
Quote:Original Posted By SuperLamhot
agan dan sista, ane mau share cerpen buatan ane. Kalo boleh, ane minta penilaian dan kritikannya ya. emoticon-Malu (S)

Untuk Cintamu Yang Berharga


Asik....
Ide ceritanya unik. Ini model cerpen yang sering dimuat di koran-koran emoticon-Smilie.
Bagus Gan.... emoticon-Matabelo.
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
04-05-2014 17:15
Gan... ane baru buat nih novel bertema detektif, ane masih baru banget di dunia tulis menulis ini. tolong dimaklumi ya kalau EYD nya masih kacau emoticon-Ngakak (S) bantu komen gan emoticon-Ngakak (S)

Truth Is Upheld

bagi yang berminat komen monggo emoticon-Ngakak maaf ane cuman kasih 1 bab kurang emoticon-Ngakak
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
04-05-2014 18:46
Cuma koreksi EyD, kan?
Letnan kasih contoh 1 paragaf ya Gan.


Truth Is Upheld
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
04-05-2014 19:39
Quote:Original Posted By letnankimi
Cuma koreksi EyD, kan?
Letnan kasih contoh 1 paragaf ya Gan.


Truth Is Upheld


makasih gan emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
05-05-2014 18:45
gan, ane suka iseng bikin2 cerpen di blog, ini salah satunya...
minta komentarnya dan sarannya dong.. emoticon-Cendol (S)

cerpenku
0 0
0
Belajar Nulis, Yuk !!
06-05-2014 01:29
minta comment-nya buat cerpen ane:

0 0
0
Halaman 23 dari 28
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Fat-loss,Gain-Mass,Nutrisi Diet & Suplementasi Fitness
5-bahan-makanan-yang-wajib-dihindari-dalam-diet-ala-tya-ariestya
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia