gadiscihuyAvatar border
TS
gadiscihuy
Bau Badan : Atasi Bau Badan Tanpa Deodorant!
Baca judul di atas, keliatannya mustahil ya mengatasi atau menghilangkan bau badan atau bau keringat ketiak tanpa menggunakan deodorant.

Selama ini ane memang pake deodorant cair dalam bentuk roll-on atau yang padat dalam bentuk stick. Tapi hasilnya, deodorant yang ane pake meninggalkan bekas putih menebal di bagian ketiak baju. Nyebelin kan? Dicuci berkali-kali juga nggak hilang. Ya karena kita sering pake baju itu dan tiap kalo pake baju itu dibarengi dengan pake deodorant, pastinya meninggalkan bekas. Deodorant merek apapun dari yang harganya murah sampai yang mahal, sama saja hasilnya akhirnya dalam jangka waktu tertentu.

Ane akui memang, dengan pake deodorant, keringat di bagian ketiak khususnya, nggak lagi mengeluarkan bau tak sedap. Tergantikan oleh bau harum deodorant. Tapi apakah akan terus menerus memakai deodorant yang meninggalkan bekas di bagian ketiak baju?

Ini pengalaman ane sendiri gan.. alias kisah nyata yang ane alami. Ane menemukan tips mengatasi bau badan TANPA DEODORANT. Simak baik-baik ya agan dan aganwarti.

Tips Satu : KAPUR SIRIH
Tips yang satu ini warisan dari nenek moyang ane. Jaman dulu nenek kita kan demen banget menginang (bahasa jawa : nginang). Itu loh.. makan daun sirih, plus kapur (bahasa jawa: injet) dan gambir. Kalo ngeludah warnanya merah. Eh, ternyata, kapur sirih yang dipake menginang, bisa digunakan sebagai 'deodorant' loh. Caranya? Ambil kapur sirih secukupnya, encerkan dengan air. Usahakan tidak terlalu cair, tapi kental. Lalu usapkan cairan kapur tadi ke ketiak kita. Alhasil, selama beberapa jam, bau keringat ketiak hilang. Cara memperoleh kapur sirih juga nggak susah kok. Kalo agan pergi ke pasar tradisional, sering liat kan ada kios kecil, atau gerobak yang jualan macam-macam bunga, menyan dan gerabah untuk sesajen. Biasanya, mereka juga jualan kapur sirih.

Tips Dua: Bubuk Penghilang Bau Keringat

Tips yang kedua untuk mengatasi bau keringat, dengan menggunakan bubuk semacam bedak gitu.. orang menyebutnya dengan bubuk MBK (singkatan dari : Menghilangkan Bau Keringat). Cara pake bubuk ini gimana? Ya kayak kita pake bedak aja karena emang bentuknya sama percis dengan bedak. Taruh bubuk secukupnya di telapak tangan kita, lalu usapkan pada ketiak. Bedanya dengan bedak, bubuk ini untuk menghilangkan bau keringat sih... Kalo bedak kan untuk mengharumkan badan kita... Belinya dimana? Bubuk MBK ini sudah ada sejak 45 tahun lalu loh.. Dan biasa digunakan sama mbok-mbok di pasar, mbak-mbak PRT (ma'af). Bubuk MBK ini memang cuma bisa dtemukan di toko kosmetik pasar tradisional. Bilang aja gini: mbak beli eMBeKa. Tapi itu dulu... sekarang sih sudah ada kok di mini swalayan. Bahan dasarnya dari tawas yang ditumbuk sehingga jadi bubuk lembut. Harganya pun jauh lebih murah dibandingkan deodorant. Satu kardus bubuk MBK harganya sekarang Rp. 13.000,- saja. Isinya 12 kemasan kecil. 1 kemasan biasanya habis 1 bulan jika dipake tiap hari. Kalo beli satuan, malah mahal sekitar Rp. 2.000. Nah kebayang kan kalo beli 1 kardus, tahan selama 1 tahun.. Hehehe...
Oh ya, bubuk penghilang bau keringat ini, dipasaran terdapat 2 jenis, yang warna putih dan yang warna grey (silver). Kalo yang putih, bau harumnya nggak terlalu. Tapi yang grey, baunya lebih harum. Ane sih suka pake yang putih dibanding silver, karena selain lebih awet, baunya wanginya tak terlalu tajam sehingga ane masih bisa pake minyak wangi. Gitu gan..

Kapur Sirih vs Bubuk MBK
Sirih :
- hanya bisa dibeli di pasar tradisional
- tidak dapat di bawa2 pergi
- agak ribet memakainya karena harus diencerkan pake air
- kurang awet baunya hanya beberapa jam saja.

Bubuk MBK :
- mudah di dapat di toko kosmetik pasar tradisional dan mini swalayan
- praktis dibawa pergi
- mudah digunakan seperti pakai bedak.
- awet menahan bau keringat meski badan berkeringat dahsyat.
- tidak meninggalkan bekas di ketek (ketiak) maupun baju.

Supaya agan nggak salah beli, dibawah ini ada foto bubuk menghilangkan bau keringat. Mereknya terpaksa ane photoshop.

Spoiler for Kemasan kardus bubuk penghilang bau badan:


Spoiler for Isi kemasan berbentuk sachet:


Pengalaman ane sih.. pake bubuk sejenis bedak ini dirumah emang ribet.. taburannya kemana-mana. Nah, ada cara praktis yang bisa ane share ke agan dan aganwati.. Simak ya..

Di Rumah
Untuk pemakaian sehari-hari, beberapa bungkus bubuk ini ane tuang ke dalam wadah bekas bedak, merek apapun. Kan tutup atasnya bisa dicopot, sehingga mudah bagi kita untuk menuangkan bubuk. Supaya kita makenya nggak ribet. Kalo dibiarkan di dalam sachet-an kan bisa tumpah.. Kalo pake karet, duh.. ribet banget yaa...

Spoiler for Bekas Wadah Bedak Badan:


Bepergian
Nah, untuk keperluan bepergian, tuangkan bubuk ke dalam wadah kecil. Masukkan ke dalam tas yang biasa kita bawa ke kerja. Jadi sewaktu-waktu kita kelupaan pakai di rumah, wadah kecil ini siap menolong kita.. Suka panik kan kalo kelupaan pake deodorant? Ngaku deh.. hehehe... Ane manfaatin wadah kecil bekas tusuk gigi yang bisa ditemukan di mini swalayan. Wadahnya cukup praktis, dan tutupnya pun kencang serta kuat. Ada lubang cukup untuk jalan keluar bubuk.

Spoiler for Bekas Wadah Tusuk Gigi:


Spoiler for Bagian atas bekas wadah tusuk gigi:


Demikian tips dari ane cara praktis menghiangkan bau badan alias bau keringat di ketek. Kita tampil percaya diri, dan menolong orang di sekitar kita.. Kok bisa?? iya dong.. dengan tubuh kita yang bau harum, pasti orang di sekitar kita nggak kebauan keringat kaaan.. mereka kebauan harum kita, berarti juga kita menyenangkan hati orang. Dapat pahala loh.. Ah udah ah. Terima kasih agan sudah menyimak tips saya. Jangan lupa, cendolnya ya gan. Ane kan haus ngoceh panjang lebar... hehehe... Gan En (Terima Kasih)

emoticon-Blue Guy Cendol (L)




Diubah oleh gadiscihuy 08-03-2014 16:05
0
68.1K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.