Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
3247
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5219a0f538cb170445000004/quotindonesia-negeri-sejuta-mini-marketquot-parah
Alhamdulillah, karena hari ini thread ane bisa jadi HT 2 X berturut turut, semua tidak lepas dari dukungan dan bantuan semua kaskuser. Terima kasih lagi buat mimin dan momod. Menurut Peraturan Presiden No.112 Tahun 2007 : 1. Pedagang Eceran Tradisional / Traditional Market ( Toko kelontong, warung, pasar tradisional/ bedak ) 2. Pedagang Eceran Modern / Modern Market : a. Minimarket, Jaringan Minim
Lapor Hansip
25-08-2013 13:15

"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)

Quote:
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)



Quote:
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)


Alhamdulillah, karena hari ini thread ane bisa jadi HT 2 X berturut turut, semua tidak lepas dari dukungan dan bantuan semua kaskuser. Terima kasih lagi buat mimin dan momod.




Quote:
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)



Quote:Menurut Peraturan Presiden No.112 Tahun 2007 :

1. Pedagang Eceran Tradisional / Traditional Market ( Toko kelontong, warung, pasar tradisional/ bedak )

2. Pedagang Eceran Modern / Modern Market :
a. Minimarket, Jaringan Minimarket ( swalayan )
b. Supermareket
c. Hipermarket

3. Pedagang Menengah

4. Pedagang Besar

Lokasi Toko Modern harus mengacu Rencana Tata Ruang Wilayah Kota/ Kabupaten dan Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten/ Kota termasuk peraturan Zonasinya. Dalam hal ini pemerintah pusat menyerahkan kewenangan mengenai kewilayahan kepada pemerintah daerah.

Kelemahan poin ini adalah sudah jamak bahwa aturan Tata Ruang Wilayah seringkali dilanggar karena berbagai macam kepentingan. Baik itu di Jakarta maupun di daerah.

Agan datang coba ke daerah daerah Kabupaten dan Kecamatan, liat pake kepala sendiri apa yang terjadi di sana? emoticon-Cape d... (S)


Dasar Hukumnya nie gan :

Dasar hukum:

1. Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern

2. Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 53/M-DAG/PER/12/2008 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern


Setelah agan baca itu semua sekarang silahkan lakukan survey ke desa desa dan kecamatan di setiap kabupaten kota, lalu apa ada di sana? apakah semua sudah berjalan sesuai aturan? [color=red]SAYA RASA TIDAK !!!


Banyak toko toko kecil dan warung yang bangkrut karena kehadiran mereka (Indomaret dan Alfamart). Pertanyaanya? Dimanakah otak waras para pemimpin di negeri ini bekerja? Dimanakah keberpihakan para wakil rakyat kepada pedagang kecil di pasar pasar tradisional, sehingga dengan mudah mereka bisa seenak jidat mengeluarkan izin rekomendasi pembangunan usaha waralaba melalui departemen terkait?



Quote:
Dari mie instant hingga terasi, dari beras hingga sandal jepit, semua ada di mini market seolah tak ingin kalah saing dengan pasar tradisional, MENJIJIKAN!



Quote:Judul thread ini rasanya tepat dan tidak berlebihan ketika kita jujur melihat situasi dan kondisi real di lapangan berkenaan dengan maraknya mini market atau pasar modern yang bertebaran hampir di seluruh pelosok Indonesia.

Sebuah keadaan yang sangat memprihatinkan bagi para pedagang kecil di pasar tradisional, kegelisahan mereka para pedagang bermodal pas pasan bisa kita maklumi tatkala mereka berhadapan secara head to head dengan pemilik toko dengan fasilitas dan barang yang lebih besar.

Di Indonesia khususnya di Pulau Jawa bahkan mungkin hampir di seluruh pelosok tanah air kita akan dengan mudah menemukan yang namanya Indomaret dan Alfamart. Kedua mini market ini seolah pasangan sejoli yang tidak bisa dipisahkan, dimana keduanya senantiasa hidup berdampingan bak romeo dan juliet.

Keberadaan dua toko waralaba tersebut benar benar sudah mengkhawatirkan, mereka bertebaran dimana mana hingga ke kampung kampung di seluruh pelosok tanah air. Ironisnya lagi, pemerintah yang dalam hal ini adalah Memperindag seolah olah tidak peduli dengan nasib pedagang kecil dengan terus menerus mengeluarkan izin pendirian mini market tanpa pertimbangan.(Davinof)



Quote:
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)


Di daerah ane sendiri yang namanya Indomart dan Alfamart bertebaran di hampir seluruh pelosok desa dan kecamatan. Bahkan banyak juga di beberapa kecamatan yang jumlah tokonya bisa lebih dari 10 toko.

Yang lebih gila lagi, di daerah ane terdapat beberapa toko bernama alfamart yang keduanya saling berdepan depanan, inikan sinting namanya. Belum lagi seterunya Indomaret yang juga hanya berjarak puluhan meter saja.

Parahnya lagi keberadaan dua toko tersebut sangat dekat bahkan berhadapan langsung dengan pasar pasar tradisional, selain itu banyak juga toko yang dengan sengaja dibangun untuk menjegal para pembeli masuk pasar tradisional.

Ini keterlaluan namanya, bukankah dalam beberapa peraturan disebutkan bahwa minimarket dibangun harus jauh dari pasar tradisional?

Pada beberapa kasus banyak kontra dan perisitiwa yang terjadi berkaitan dengan persoalan pembangunan mini market. Di beberapa daerah sering terjadi aksi demonstrasi dan pengrusakan mini market oleh masyarakat yang dianggap membunuh usaha rakyat kecil.








Foto dan gambar diambil dan diolah dari berbagai macam sumber di internet kecuali bahasa redaksi.
Diubah oleh davinof
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 149 dari 164
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 11:52
Ditempat ane juga Indomaret sama alfa bertetangga emoticon-Hammer2

Oh dan emang di daerah ane deket gerbang masuk pasar tradisional ada indomaret juga emoticon-Berduka (S)
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 11:56
Di Blikpapan, Kendari, Manado blum ada gan emoticon-Big Grin
Agak susah jg sih bagi yg udh brgantung dgn mini market sperti itu.
Biasanya klo kios2 kcil barang dagangannya ga selengkap di mini market yg dua itu emoticon-Traveller
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 12:10
miris emg gan ,

pasar tradisional uda jarang di minati lagi emoticon-Sorry
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 12:21
mungkin karna gampang dapet surat izinnya jadi gitu dahh emoticon-Hammer2
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 12:22
Iya Gan bener terlalu banyak...tiap mata memandang disisi jalan ada aj tuh minimarketemoticon-Ngakak
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 12:29
regulasi nya harus nya bs memihak pedagang kecil
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 12:33
ane pernah denger kalo aturannya minimarket dilarang masuk kampung2.. itu 5 thn yang lalu...

kenyataannya sekarang pada mblusukan
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 12:34
masyarakatnya juga yg lebih milih belanja di minimarket...ya makin subur juga pertumbuhannya

mungkin lebih nyaman kali belanja di minimarket CMIIW
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 12:39
maraknya minimarkert di Indonesia membawa pengaruh positif maupun negatif.
Tapi bagi ane yang bertindak sebagai konsumen, ane merasa terbantu dengan keberadaan mereka emoticon-Big Grin
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 12:45
mao gimana lagi, kl penegakan hukum dan peraturannya emang lembek, yah palingan cuman jadi wacana aj. percuma katanya ad pembatasan minimarket supaya pasar2 tradisional dan usaha kecil ga tersaingi.. semua omong kosong.. emoticon-Najis
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 12:48
warung2 kecil yang deket rumah jadi ga laku lagi gan, semenjak ada 2 waralaba ini emoticon-Hammer2
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 12:51
tapu indomaret dan.alfarmat.menciptakan lapangan.pekerjaan.juga.lhoo.gan
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 12:53
dulu sih jarang banget ada minimarket emoticon-Embarrassment
sekarang setiap 500 meter ada minimarket emoticon-Ngakak
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 12:53
alfa dan indo... memang bagai pinang dibelah kapak emoticon-Ngakak

(selalu berdekatan)
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 13:02
sebelumnya dulAane dulu juga sama gan pikirannya kaya ente.. nih ind*maret sama alf*maret emang dah kaya jamur dimusim hujan.. banyaaaak bgt, dah gitu didekat alfa pasti nongol indo.. tapi ane mikir2 gan.. semua ini ga bisa kita hindari..

maksudnya gini, mau ga mau jaman semakin modern gan, semua butuh praktis, demikian juga dengan kebutuhan pokok, maunya yg praktis, bersih, lengkap, dan deket dari rumah kita.. ane juga lebih sering belanja di minimarket, bukan karena ane ga pro usaha kecil.. tapi mindset ane (disini ane ngomongin mindset ane, ga tau jg mungkin mindset agan2 juga) mikirnya minimarket.. ane jalan naik motor, haus, pasti belok ke minimarket beli air, beli rokok.. sangat jarang ane belok ke toko kecil beli minum, rokok, kenapa?? karena mindset ane dah bilang "wah ntar di perempatan situ ke ind*maret ah, beli minuman.."

semua masyarakat modern mau ga mau harus menerima ini gan.. ane dulu juga sama, menentang gan, tapi setelah ane ngaca lebih sering belanja di minimarket daripada toko kecil, ane malu sendiri, apalagi sekarang minimarket bisa beli pulsa, beli tiket kereta api, pesawat, bayar angsuran telfon, listrik, kredit motor, praktis sekali dan menghemat tenaga dan biaya khan?? dan beginilah cara hidup orang modern, mau ga mau kita harus menerimanya..
tapi ga tau juga kalo agan2 ga merasa terbantu dengan hal ini, lebih suka ke stasiun langsung buat beli tiket kereta misalnya, atau musti ke bank buat bayar kredit, ya ga tau lagi..

sekali lagi disini ane bilang opini ane ya gan, maaf banget kalo ada yg ga berkenan, just share aja, diskusi.. emang ga menampik semua perubahan pasti ada yg dirugikan, dalam hal ini gaya hidup modern ini yg dirugiin toko kecil, tapi mau gimana lagi, kita ga bisa ngelawan prubahan jaman.

sekedar info, ane jg punya toko sembako dirumah, awalnya juga jengkel, akhirnya ane ga jadi jengkel karena berfikir seperti ini, trus toko ane rubah khusus jualan sembako aja, beras, telor, mie, tepung, melayani kebutuhan warung dan pedagang gerobak yg mangkal atau keliling kampus. kebetulan lokasi rumah ane banyak warung karena deket kampus.
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 13:03
ekonomi kerakyatan gan!!!!

rakyat yg punya modal kamsudnya emoticon-Ngakak
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 13:04
emang ane juga setuju sama ente gan.. kesian warung2 kecil..
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 13:05
and jarak" mini marketnya pun berdekatan emoticon-Hammer (S)
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 13:12
pasar tradisional jadi kurang peminat gan
0 0
0
"Indonesia Negeri Sejuta Mini Market" (PARAH)
03-03-2014 13:20
Di komplek perumahan ane aja udah ada 2 minimarket emoticon-Cape d...
terus di sebrang jalanya ada 1 minimarket dengan nama yang sama dengan di dalam perumahan emoticon-Cape d...
0 0
0
Halaman 149 dari 164
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia