wildlokzAvatar border
TS
wildlokz
75% Wilayah RI Laut Tapi Bisnis Sawit dan Tambang yang Berkembang
Jakarta -Industri dan budidaya rumput laut di Indonesia belum berkembang pesat. Penyebabnya belum optimalnya lahan rumput laut di dalam negeri karena pembangunan masih fokus di darat seperti bisnis tambang dan sawit.

"Lahan di bangsa kita itu belum optimal, itu sebetulnya cuma secuil. (Padahal) 75% daerah di Indonesia itu adalah laut. Itu sudah menjadi gambaran," kata Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Alex SW Retraubun saat acara Deklarasi Asosiasi Industri Rumput Laut Indonesia (Astruli), di Kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (28/2/2014).

Alex mengatakan, kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan industri rumput laut adalah terkait infrastruktur. Saat ini, industri rumput masih sebatas berada di pedesaan yang minim infrastruktur.

"Kemampuan daerah itu terbatas, di samping infrastruktur. Daerah itu listriknya on-off (nyala-mati)," tambahnya.

Data terakhir di Kementerian Perindustrian tahun 2008, produksi rumput laut sebesar 1,9 juta ton, hasil tersebut didukung dengan memanfaatkan lahan seluas 220 hektar, padahal potensi lahan rumput laut yang tersedia ada 1,1 juta hektar.

Dikatakan Alex, rumput laut merupakan komoditi unggulan yang berpotensi untuk dilakukan hilirisasi karena memiliki nilai tambah. Setidaknya menurut Alex, 500 produk bisa dihasilkan dari bahan baku rumput laut.

"Kita tidak bisa main sawit terus, main minerba terus, tapi kita genjot ini rumput laut. Kita akan menginisiasikan untuk memberikan insentif nanti," katanya.

Bersamaan dengan itu juga, hari ini dideklarasikan pembentukan Asosiasi Industri Rumput Laut Indonesia (Astruli) yang diketuai oleh Suryanto Kusumowiyono, membawahi industri-industri penghasil rumput laut di Indonesia.

"Ini sejarah baru bagi teman-teman para pelaku industri rumput laut. Kemenperin mendeklarasikan salah satu asosiasi rumput laut. Diharapkan bisa menjadi media yang dapat mensinergikan sebagai stakeholder di industri rumput laut Indonesia," jelasnya.

http://finance.detik.com/read/2014/0...ang-berkembang

yahhh begitu lah indo, apa mau di kata emoticon-Malu (S)
0
1.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.