Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
15
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5309714a82cf1749080000ef/penyalahgunaan-sirene-oleh-pemilik-kendaraan-pribadi
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi Sebagai pengguna jalan raya, dalam beberapa bulan terakhir ini seringkali saya mendengar suara sirene ketika sedang mengendarai motor di jalan raya. Tapi suara sirene yang saya dengar bukan berasal dari mobil polisi atau ambulans, melainkan dari sebuah kendaraan pribadi. Awalnya saya biasa saja, tidak merasa keberatan dengan kendaraan pribadi ya
Lapor Hansip
23-02-2014 10:55

Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi

Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi

Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi


Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi


Quote:
Quote:
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi

SIRINE

Quote:Sebagai pengguna jalan raya, dalam beberapa bulan terakhir ini seringkali saya mendengar suara sirene ketika sedang mengendarai motor di jalan raya. Tapi suara sirene yang saya dengar bukan berasal dari mobil polisi atau ambulans, melainkan dari sebuah kendaraan pribadi.

Awalnya saya biasa saja, tidak merasa keberatan dengan kendaraan pribadi yang menggunakan suara sirene sebagai pengganti klakson standar lengkap dengan lampu isyarat berwarna biru-merah. Tapi lama-kelamaan kok malah disalahgunakan untuk memacu kendaraannya agar bisa melenggang lebih cepat di jalan raya?

Sebagai pengguna sepeda motor matic yang sudah terbiasa dengan kemacetan di ibukota Provinsi Jawa Barat, saya merasa tidak nyaman dengan keberadaan kendaraan pribadi yang menyalahgunakan sirene (mungkin kompasianer yang lain juga merasakan hal yang sama). Saya tidak peduli status sosial pemilik kendaraan pribadi yang menggunakan sirene, mau dia pejabat, ketua komunitas touring, atau anak presiden sekalipun.

Saya rasa pihak kepolisian harus bertindak tegas, sama halnya ketika penggunaan stiker instansi macam Polisi, TNI, atau Polisi Militer, dijual bebas dan disalahgunakan oleh pengguna kendaraan pribadi supaya tidak ditilang polisi.



Quote:
Quote:
Ada Ketentuan Pidananya lho!

Ada Ketentuan Pidananya lho!

Quote:Mengutip dari blog yang dikelola Sat Lantas Polrestabes Semarang, dalam UU No. 22 Tahun 2009, Pasal 59.

(1) Untuk kepentingan tertentu, Kendaraan Bermotor dapat dilengkapi dengan lampu isyarat dan/atau sirene.
(2) Lampu isyarat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas warna:
a. merah;
b. biru; dan
c. kuning.
(3) Lampu isyarat warna merah atau biru sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dan huruf b serta sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berfungsi sebagai tanda Kendaraan Bermotor yang memiliki hak utama.
(4) Lampu isyarat warna kuning sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf c berfungsi sebagai tanda peringatan kepada Pengguna Jalan lain.
(5) Penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sebagai berikut:
a. lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia;
b. lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah, rescue, dan jenazah; dan
c. lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor patroli jalan tol, pengawasan sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek Kendaraan, dan angkutan barang khusus.


Quote:
KETENTUAN PIDANA

Quote:Pasal 287 ayat (4) : Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar ketentuan mengenai penggunaan atau hak utama bagi Kendaraan Bermotor yang menggunakan alat peringatan dengan bunyi dan sinar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 59, Pasal 106 ayat (4) huruf f, atau Pasal 134 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Ternyata penggunaan sirene untuk kendaraan pribadi sudah diatur sedemikian rupa oleh negara. Tinggal masyarakatnya saja nih yang harus sadar aturan dan pihak berwajib harus berani menindak tegas pemilik kendaraan pribadi yang menyalahgunakan sirene.



Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
23-02-2014 10:58
paling enek kalo keluar kota ada ambulance cepet2 sirine tapi dibelakangnya pada ngikut emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
23-02-2014 11:05
terima kasih banyak agan info dan gambarnya
0 0
0
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
23-02-2014 11:18
Quote:Original Posted By mahajr
terima kasih banyak agan info dan gambarnya

Yoi gan
0 0
0
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
23-02-2014 11:26
Ane paling benci tuh gan emoticon-Mad








emoticon-roseemoticon-rose emoticon-Bata (S) emoticon-rose emoticon-rose
0 0
0
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
23-02-2014 11:31
bener tuh gan ane jga kurang setuju sma mobil pribadi yang pake sirine...
tp skrng mah banyak gan ditempat ane, jadi muak lihatnya...
0 0
0
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
23-02-2014 11:34
jangankan kendaraan pribadi, kendaraan yang punya wewenang pake sirine, tapi kalo menyalahgunakan wewenangnya juga bakal kena sanksi (kalo kena) emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
24-02-2014 17:06
baru tau ane gan kalau ada ketentuan pidananya, emoticon-Matabelo
0 0
0
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
24-02-2014 17:07
gmn mau tegas wong surat ijin penggunaan atribut pengawalan ada yg jual emoticon-Hammer2
mnurut ane sih g trlalu brmasalah asal bijak menggunakan cz ane pasang jg cm tepat sasaran wktu itu g sngaja ane nolongin korban tabrakan sm pernah jg ngejar pelaku tabrak lari,stelah itu jg ane kagak pake utk arogan d jln,cuma trpaksa buat klakson org yg kelakuannya g tertolerir contohnya sepasang pemotor berwajah berandal g pake helm jalannya jg berjejer d tngah jln emoticon-Hammer2
0 0
0
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
24-02-2014 17:07
bener gan , ane kurang setuju
itu mementingkan diri sendiri -___-
biar pengguna jalan minggir kan
0 0
0
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
24-02-2014 17:10
sama gan kese lama2 ane gan kalo org sombong
0 0
0
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
24-02-2014 17:11
kadang suka berisik banget gan emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
24-02-2014 17:12
Quote:Original Posted By SoftexGanjelMen
paling enek kalo keluar kota ada ambulance cepet2 sirine tapi dibelakangnya pada ngikut emoticon-Cape d... (S)


wkwkwk emoticon-Ngakak ane pernah kkaya gitu emoticon-Kiss
0 0
0
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
24-02-2014 17:15
bkn nya ga blh itu emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
24-02-2014 17:26
ane paling sebel gan ama anak motor..
pade sogol, ugal2an..
kaya dia aja yang bayar pajak, tp tau dah, bener bayar pa kaga tuh pajak..
emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)
0 0
0
Penyalahgunaan Sirene oleh Pemilik Kendaraan Pribadi
12-03-2014 12:40
Quote:Original Posted By kasetkuser


wkwkwk emoticon-Ngakak ane pernah kkaya gitu emoticon-Kiss


TS juga pernah
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia