Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
2896
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5263cc15f8ce17e43500000b/cara-jepang-membuat-warganya-malas-beli-mobil
Pemerintah Jepang memiliki kebijakan yang efektif untuk mengalihkan pengguna mobil pribadi ke transportasi masal. Seperti apa? AGUS WIRAWAN, Tokyo "DOAKAN ya besok lulus, sudah empat kali uji
Lapor Hansip
20-10-2013 19:27

Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil

Past Hot Thread
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil


Pemerintah Jepang memiliki kebijakan yang efektif untuk mengalihkan pengguna mobil pribadi ke transportasi masal. Seperti apa?

AGUS WIRAWAN, Tokyo

"DOAKAN ya besok lulus, sudah empat kali ujian praktik SIM (surat izin mengemudi)," ujar Naoko, tour guide di Kuil Asakusa, Tokyo, ketika berbincang dengan Jawa Pos pekan lalu. Bagi sebagian besar warga Jepang, ujian praktik SIM menjadi momok yang menakutkan. Banyak yang harus mengulang hingga sepuluh kali.

Ujian praktik dilakukan langsung di jalanan bersama petugas penilai. Terkadang hal-hal kecil jadi penyebab tidak lulus. "Teman saya bisa lulus setelah tujuh kali gagal," kata perempuan yang pernah tinggal setahun di Bali itu.

Membuat SIM di Jepang juga butuh biaya besar. Yang belum punya SIM sebelumnya harus menunjukkan sertifikat kelulusan dari tempat kursus mengemudi yang tarifnya JPY 200 ribu-JPY 300 ribu atau sekitar Rp 24 juta-Rp 36 juta (kurs JPY 1 = Rp 120). Pendatang yang sudah punya SIM dari negara asal tetap harus ujian praktik dengan biaya JPY 3.000. "Kalau 4-5 kali, tinggal kalikan saja," katanya.

Karena itu, warga Jepang yang sudah memiliki SIM pasti akan sangat berhati-hati dalam mengemudi. Negeri itu memberlakukan sistem poin untuk setiap pelanggaran yang pernah dibuat pengemudi. "Dengan pembuatan SIM yang sangat ribet dan biaya yang cukup besar itu, banyak orang Jepang akhirnya malas membeli mobil," ungkap Naoko.

Atase Perhubungan Indonesia di Jepang Popik Montanasyah menyebut mobil sebagai barang mewah. Bukan saja dari harganya yang mahal, tetapi biaya sehari-harinya juga sangat tinggi.

"Jumlah tempat parkir di Jepang sangat terbatas. Tarifnya juga sangat mahal. Belum lagi biaya tol dan harga BBM cukup tinggi, disertai denda yang berat kalau terjadi pelanggaran," katanya.

Kapasitas parkir gedung perkantoran di Tokyo tidak seperti di Jakarta yang muat ratusan mobil. Di Jepang rata-rata kantor pemerintah hanya menyediakan tempat untuk 20-40 kendaraan. Sementara itu, di mal-mal kapasitasnya hanya 50-100 kendaraan. "Tarifnya rata-rata JPY 600 per jam atau jika dikurskan ke rupiah sekitar Rp 72 ribu per jam," ungkapnya.

Ada juga yang menyediakan tempat parkir mini dengan tarif yang bervariasi. Mulai JPY 100 per 15 menit, JPY 200 per 20-30 menit, hingga JPY 500 per jam.

"Untuk parkir di tepi jalan diperbolehkan secara longitudinal hanya pada ruas jalan tertentu. Itu pun bayar dan hanya 15-60 menit, setelah itu harus pergi," kata Popik.

Ada juga beberapa tempat parkir umum yang bisa menjadi alternatif. Parkiran umum itu memiliki kapasitas yang cukup banyak. "Tarifnya lebih mahal, sekitar JPY 800 per jam (Rp 96 ribu)," sebutnya.

Biaya tol di Jepang juga sangat mahal. Tarif tol di Tokyo maupun kota lain berlaku sama, yaitu sekitar JPY 600 (Rp 72 ribu) untuk jarak dekat dan JPY 3.000 (Rp 360 ribu) untuk jarak jauh. "Dengan tarif parkir dan tol sebesar itu, orang Jepang malas untuk bepergian menggunakan mobil, kecuali benar-benar untuk keperluan yang sangat penting," ujar Popik.

Dengan besarnya pengeluaran untuk memiliki satu mobil, warga Jepang harus menjual mobil yang lama kalau ingin membeli mobil baru. Jika mobil yang lama tidak laku dijual, mereka terpaksa merongsokan kendaraannya melalui jasa scrapping. Ongkosnya lebih murah daripada harus memelihara dua mobil. (*/c10/ca)

sumber
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 48 dari 146
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:46
kalo ane tetep suka gan udah hobby susah pasti ada aja cara buat beli meskipun pajak dan parkir mahal emoticon-Sorry emoticon-Sorry
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:46
Indonesia jadi sasaran pasar yang sangat empuk buat produsen mobil. disamping masyarakat yang konsumtif, kepentingan duit bagi pengusaha juga tinggi
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:47
patut diterapkan di indo biar ga macet emoticon-Mad
mengurangi polusi udara emoticon-Mad
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:47
Cocok nih diterapkan di kota seperti jakarta... biar gerakan transportasi massal makin cihuy
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:47
Patut ditiru nih... di indonesia..
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:48
nice inpo gan... keren yak jepang. Indonesia mestinya bikin sistem yang bagus juga nihh
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:49
Kurang lebih hampir sama kayak singapur, dan negara negara maju di eropa, di prancis, parkir basement tarifnya bisa kena 11 euro sekitar 2 jam an.

Indonesia emang surga...
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:49
Coba cara seperti itu diterapkan di Indonesia, pasti 1 bulan udah ramai
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:50
Mahal nya itu gan yg bikin males
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:50
Ampun deh, bikin sim mahal banget udah gitu ujian sim nya sulit. kalau supir2 khusus truk dan supir transportasi sama jg atau ngga ya perlakuan saat bikin sim nya.
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:50
luar biasa triknya pemerintah jepang, bukan cuma itu yg perlu ditekankan tetapi sarpras transportasi massal jg perlu ditingkatkan, sehingga para pengguna angkutan Unum menjadi nyaman Dan aman.
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:50

terapin di indo??

semua pada pengen nerapin aturan ini di indo..
tapi harus diperhatiin dulu fasilitas pendukung di indo sudah mendukung belum??
busway aja masih sering meledak..
angkot ga aman..
gimana orang mau ninggalin kendaraan pribadinya?

harus diberesin dulu angkutan umumnya.. baru bisa diterapin aturan kaya gini
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:50
Lagi lagi kita kaalah dinamis sama Jepang daalam hal pemikiran
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:51
harusnya negeri ini mencontoh kebijakan seperti jepang tuh utk membatasi rakyatnya menggunakan pengguna pribadi.
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:51
mewahh bener dsna mobil yah emoticon-Big Grin
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:51
Quote:Original Posted By pirikipri
setuju kalo aturan kaya di jepang ini diterapin di indonesia,, memang harus transportasi massal utk solusi transportasi di indonesia..

tapi lebih utama lagi kalo yang diubah mindset warga indonesia dulu utk cinta transportasi massal,,karena masih buanyak yang pada gengsi pake yang massal2.. emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)


emoticon-Jempol
mindset nyang nomor atu...
kalo bnyk nyang pke trnsportasi umum barangkali pemerentah jg ngdukung dgn fasilitas yg lbh baik... prlahan tapi pasti... joss joss emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:51
mungkin kalau indonesia transportasi massal nya di perbaiki lagi malah pada mau naik transportasi umum gan
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:51
bersyukur yg di jakarta emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:52
Apa-apa mahal, jelas bikin males emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara Jepang Membuat Warganya Malas Beli Mobil
18-02-2014 21:52
jangan bandingin di indo la
mustahil kaya gini di indo
orang2 indo aja otaknya kaya kupret emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 48 dari 146
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia