• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • MAKANAN DAYAK SANGAR-SANGAR(ekstrim), SIAPA TAHAN? TAPI NYAMAN.(enak gan)

voidstaticAvatar border
TS
voidstatic
MAKANAN DAYAK SANGAR-SANGAR(ekstrim), SIAPA TAHAN? TAPI NYAMAN.(enak gan)
Seperti umumnya suku-suku di Nusantara, demikian pula suku Dayak, makanan utama mereka adalah nasi, yang dilengkapi dengan sayur mayur serta lauk pauknya.

1. JUHU SINGKAH (UMBUT ROTAN)

Umbut Rotan (rotan muda) adalah salah satu makanan khas yang dimiliki oleh Suku Dayak, terutama dari Kalimantan Tengah. Dalam bahasa Dayak Maanyan, umbut rotan dikenal dengan uwut nang'e. Sedangkan dalam bahasa Dayak Ngaju dikenal dengan juhu singkah.
Umbut rotan ini dikenal masyarakat dayak karena mudah diperoleh didalam hutan tanpa perlu menanamnya terlebih dahulu. Cara pengolahannya yaitu pertama rotan muda dibersihkan kemudian kulitnya dibuang dan dipotong dalam ukuran kecil. Umbut rotan seringkali dimasak bersama dengan ikan baung dan terong asam. Umbut Rotan memiliki rasa gurih, asam, dan kepahit-pahitan yang bercampur dengan rasa manis dari daging ikan sehingga membuat umbut rotan memiliki citarasa tersendiri.

2. BANGAMAT / PAING

Bangamat dalam bahasa Dayak Ngaju atau paing dalam bahasa Dayak Maanyan adalah masakan khas yang dibuat dari kelelawar besar / kalong (Pteropus vampyrus). Untuk konsumsi, kelelawar dengan jenis pemakan buah terbesar. Untuk kelelawar jenis pemakan serangga dan penghisap darah tidak digunakan dan tidak dikonsumsi untuk membuat makanan ini. Walaupun paing dikenal dan dikonsumsi di beberapa daerah, tetapi orang Dayak mempunyai ciri khas dalam pembuatannya. Paing yang akan dimasak dibersihkan dengan membuang kuku, bulu kasar ditekuk dan punggung, serta ususnya. Sementara sayap, bulu dan dagingnya dimasak. Untuk orang Dayak Ngaju paing dimasak dengan bumbu yang lebih banyak. Sedangkan untuk Dayak Maanyan, paing dimasak dengan bumbu yaitu serai dan daun pikauk (daun yang memiliki rasa asam). Paing sering dimasak bersama sayur hati batang pisang yang dipotong-potong, biasanya adalah pisang kipas. Serta juga bisa dimasak bersama dengan sulur keladi yang dipotong-potong.

3. WADI

Wadi adalah makanan berbahan dasar ikan atau menggunakan daging babi. Wadi bisa dibilang adalah makanan yang "dibusukan". Namun pembusukan ini tidak dibiarkan begitu saja,emoticon-Ngakak sebelum disimpan, ikan atau daging akan dilmuri dengan bumbu yang terbuat dari beras ketan putih atau bisa juga biji jagung yang di-sangrai sampai kecoklatan kemudian di tumbuk manual atau di blender. Dalam bahasa Dayak Maanyan bumbu ini disebut dengan Sa'mu dan dalam bahasa Dayak Ngaju disebut dengan Kenta. Pembuatannya yaitu ikan atau daging yang hendak diolah dibersihkan terlebih dahulu, kemudian direndam selama 5-10 jam dalam air garam. Kemudian daging atau ikan diangkat dan dibiarkan mengering. Setelah cukup kering ikan atau daging dicampur dengan Sa'mu sampai merata. Kemudian daging disimpan dalam kotak kaca, stoples, atau plastik kedap udara yang ditutup rapat-rapat. Simpan kurang lebih selama 3-5 hari. Untuk daging disarankan simpan lebih dari 1 minggu. Setelah selesao, wadi tidak bisa langsung dimakan tapi harus diolah kembali antara lain dengan cara digoreng atau dimasak. Walau pembuatannya terlihat mudah, tetapi apabila terjadi kesalahan sedikit saja dalam memasukan bumbu serta perendaman maka akan membuat wadi menjadi tidak enak bahkan tidak bisa dimakan. Oleh karena itu ada orang-orang tertentu yang memilki keahlian untuk membuat wadi yang enak.

4. KALUMPE / KARUANG

Kalumpe / karuang adalah sayuran yang dibuat dari daun singkong yang ditumbuk halus. Kalumpe merupakan bahasa Dayak Maanyan dan karuang sebutan sayur ini dalam bahasa Dayak Ngaju. Dalam pembuatannya, biasanya daun singkong ditumbuk halus dan dicampur dengan terong kecil atau terong pipit. bumbu untuk masakan ini adalah bawang merah, bawang putih, serai dan lengkuas yang dihaluskan. Apabila ingin bisa ditambahkan cabe. Kalumpe terasa sangat enak apabila sedang panas. Masakan ini biasa disajikan bersama dengan sambal terasi yang pedas dan ikan asin.

5. DAWEN MATELA

Sayur daun kates muda, biasanya dicampur dengan lemak babi.

6. LAMANG


Lamang adalah beras ketan yang dimasak dengan santan dalam bambu muda. Bahan utamanya adalah beras ketam putih, santan kelapa, daun pandan, dan sedikit garam. Beras ketan dicuci bersihkan dulu dan dimasukan ke dalam ruas bambu muda yang terlebih dahulu dilapisi dalamnya dengan daun pisang kemudian baru dituangkan santan ke berasnya dan di bakar dengan bara api, dijaga jangan sampai ruas bambu terbakar.

7. JUHU KUJANG


Juhu kujang adalah makanan yang berbahan dasar keladi, Gulai keladi diberi santan. Terkadang keladi bila dimasak terasa gatal, maka untuk menghilangkannya keladi dibersihkan, direbus dengan diberi garam secukupnya hingga mendidih dan kemudian airnya dibuang.
Setelah itu ikan yang telah dicampur bumbu-bumbu, santan kelapa, keladi, ditambahkan daun nangka muda yang telah dipotong kecil-kecil tujuh lembar lalu diletakkan di atas api hingga matang. Apabila daun nangka muda tidak ada, penghilang gatal dapat diganti kerak nasi.

8. TERONG MAPUI

Terong Mapui adalah Terong ungu yang sedang besarnya, dibakar dengan kulitnya hingga matang dan menjadi lembek. Kemudian siapkan lombok rawit, terasi, garam, serei, diulek halus, ditambah ikan bakar yang berlemak dan terong bakar, ditekan pelan-pelan sampai tercampur.

Salah satu makanan khas suku dayak yang banyak di gemari oleh banyak orang, terong ungu atau yang disebut terong mapui ini sangat pedas karena di campur dengan lombok rawit dengan rasa yang asam dan asin.

9. TEMPOYAK

Tompoyak berasal dari buah durian yang diawetkan menggunakan garam sebagai bumbu masakan asam ikan maupun sayur daun-daunan tergantung selera masing – masing.
Di Kalimantan Durian memang melimpah ruah banyaknya, sehingga seringkali tidak termakan dan terbuang mubazir, oleh karena itu masyarakat dayak sering membuat tempoyak agar durian masih dapat termakan sampai berbulan-bulan. Tempoyak biasa bertahan lama jika disipan ditempat yang bertutup.

10.MANDAI


Kulit dari buah yang sudah matang dibersihkan kulit dari luarnya, daging kulit berserta daging yang menjuntai pengikat buah diambil, kemudian di taburi dengan garam dan didiamkan beberapa hari sampai garam itu meresap, setelah itu sudah siap untuk di buat bahan masakan. Biasanya kulit ini dapat tetap disimpan selama beberapa bulan dalam cairan garam. Namun khusus kulit cempedak yang hanya dapat di dapatkan pada musim-musim tertentu bisa disimpan sampai satu tahun lebih didalam botol cairan garam, karena semakin lama disimpan akan semakin terasa enak ketika dibuat masakah. Selanjutnya adalah buah tarap yang hanya bisa didapatkan pada musimnya saja, buah tarap mentah harus direbus dulu, baru kemudian dibersihkan, sesudah itu baru digarami seperti juga buah nangka dan cempedak.
Mandai biasanya tidak dijual dipasaran, karena bisa dibuat sendiri dirumah, tapi khusus untuk mandai dari kulit nangka muda ada pembuatan khusus dengan cuka yang hanya bisa ditemukan di pasar-pasar traditional barabai, sayangnya mandai dari kulit nangka muda ini hanya dapat bertahan satu minggu.
Apa sebenarnya yang membuat orang-orang suka dengan mandai?..jawabannya adalah karena mandai itu teksturnya sangat mirip dengan daging. Tampilan fisiknya mirip cumi-cumi kecil. Sehingga orang-orang sering menyebutnya dengan daging mandai.

Sebenarnya masih banyak sekali makanan yang belum ditampilkan seperti macam-macam masakan juhu ada puluhan..

Juhu Dawen kayu. Sayur berkuah dedaunan yang dapat dimakan.
Juhu Dawen Saretak. Sayur berkuah daun kacang panjang.
Juhu Ujau. Kuah umbut-umbutan
Juhu Tantimun. Kuah timun, biasanya ditambah sedikit santan kelapa.
Juhu Enyoh. Kuah kelapa muda.
Juhu Singkah Enyoh. Kuah batang kelapa muda.
Juhu Singkah Hambie. Kuah batang rumbia muda.
Juhu Bua Pisang. Gulai buah pisang muda, pakai santan.
Juhu Batang Pisang. Gulai batang pisang, bersantan.
Juhu Kangkung. Gulai kangkung, bersantan.
Juhu Baluh Baputi. Kuah labu putih.
Juhu Baluh Bahenda. Kuah labu kuning, boleh bersantan boleh tidak.
Juhu Dawen jawau. Kuah daun singkong, boleh bersantan, boleh tidak.
Juhu Kanas. Kuah buah nanas muda.
Juhu Mantela Mangur. Gulai pepaya muda, boleh bersantan, boleh tidak.
Juhu Lauk. Kuah ikan
Juhu Kamenyo. Kuah daun kamenyo, rasanya asam.
Juhu Leping. Kuah daun leping rasanya asam.
Juhu Tampuyak. Kuah durian yang telah diasinkan, rasanya asam.
Juhu Dahian. Kuah durian muda.
Juhu Asem. Kuah asam muda.
Juhu Galimbing Tunjuk. Kuah belimbing wuluh
Juhu Rimbang. Kuah rimbang, rasanya asam.
Juhu Kulat. Kuah cendawan
Juhu Uwi. Kuah ubi,boleh diberi santan, boleh juga idak.
Juhu Bajei. Kuah paku boleh diberi santan, boleh juga tidak
Juhu Kalakai. Kuah daun kalakai.
Juhu jagung Muda. Kuah jagung muda
Juhu Dawen Paria. Kuah daun Paria (pare)
Juhu Paria. Kuah paria (pare)
Juhu Taya/Bengkel. Kuah taya/bengkel, pahit rasanya

Dan masih banyak jenis lain dengan nama yang berbeda selain Juhu,sekedar share aja.

ga peduli halal haram,klo bicara halal haram ya bukan indonesia lagi donk,yang namanya halal haram bukan dari Indonesia asli, yang penting ini tu salah satu macam2 kuliner asli indonesia dari borneo...

ditunggu gan trit2 dari daerah lainnya,ga sah urusin halal haramnya gan,

I love Indonesiaemoticon-Kiss

ane pgn klarifikasi dikit mengenai tempoyak,biar ga salah paham dari koment2 seperti ini,,emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:

Jadi gini,
Di internet byk yg nulis gtu..malahan ane baru tau..dikampung ane org2nya pada ga tau tempoyak dari sumsel seperti tulisan2 internet,
jadi tempoyak di pedalaman kalimantan adalah hasil kreasi budaya dayak yang sering mengawetkan makanan mereka yang berlimpah..seperti wadi ma mandai...krmungkinan gr2 yang lebih terekspose tu dari sumatra coz makanan2 dayak jarang ane temuin di internet jadinya ya org byk berasumsi itu khas dari sumatra...
tp gpp..mungkin ide na sma2 pgn ngawetin durian cmn mungkin sumatra ma kalimantan g saling tahu siapa yg bikin duluan
terus perlu dilihat juga judul trit ane,itu berbicara tentang apa yang dimakan oleh orang2 suku dayak yang bisa dibilang jarang terekspose ke dunia maya apa lagi ke telinga orang2 luar Kalimantan

sumber
Diubah oleh voidstatic 11-02-2014 13:25
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
23.5K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.