Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
8246
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003096086/murai-batu-mania
Burung Murai Batu merupakan salah satu burung berkicau cerdas terbaik (dari keluarga Turdidae) yang sangat banyak penggemarnya. Merawat burung Murai Batu sangat mudah dan menyenangkan. Jenis-jenis burung Murai Batu dan asal burung Murai batu yang banyak dikenal di Indonesia adalah Burung Murai Batu Medan, Burung Murai Batu Aceh, Burung Murai Batu Lampung, Burung Murai Batu Lahat, Burung Murai Batu
Lapor Hansip
08-01-2010 16:50

Murai Batu Mania

Quote:Burung Murai Batumerupakan salah satu burung berkicau cerdas terbaik (dari keluarga Turdidae) yang sangat banyak penggemarnya. Merawat burung Murai Batu sangat mudah dan menyenangkan. Jenis-jenis burung Murai Batu dan asal burung Murai batu yang banyak dikenal di Indonesia adalah Burung Murai Batu Medan, Burung Murai Batu Aceh, Burung Murai Batu Lampung, Burung Murai Batu Lahat, Burung Murai Batu Jambi dan Burung Murai Batu Kalimantan (Borneo). Suara burung Murai Batu sangat merdu dan bervariasi. Burung Murai Batu adalah salah satu burung penyanyi terbaik di dunia.

KARAKTER DASAR BURUNG MURAI BATU

1.Mudah beradaptasi, burung ini sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.
2.Petarung yang gampang naik darah. Apabila mendengar suara burung Murai Batu lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar.
3.Birahi yang cenderung mudah naik. Burung ini sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Stelan EF (Extra Fooding) yang over, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Murai batu betina, dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.
4.Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.

PEMILIHAN BAHAN BURUNG MURAI BATU YANG BAIK

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung Murai Batu

*Berkelamin jantan, ciri-ciri burung Murai Batu jantan dapat dilihat warna bulu hitam yang tegas mengkilap dan kontras serta memiliki ekor yang lebih panjang daripada burung Murai batu betina.
*Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
*Kepala berbentuk kotak, mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
*Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
*Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
*Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
*Panjang ekor yang serasi dengan postur badan. Pilihlah bentuk ekor yang sedikit lentur.
*Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.

MAKANAN YANG SESUAI UNTUK BURUNG MURAI BATU

*Voer (sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%, belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Murai Batu. Voer harus selalu tersedia didalam cepuknya. Selalu ganti dengan Voer yang baru setiap dua hari sekali.
*EF (Extra Fooding), pakan tambahan yang sangat baik buat burung Murai Batu yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberiannya EF tersebut.


Murai Batu Mania
profile-picture
profile-picture
nona212 dan pualamnii memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 318 dari 411
Murai Batu Mania
11-02-2014 10:18
gan mau nanya . ane punya murai muda hutan di rumah udah sekitar 3 mingguu.. 3 hari ini udah mulai ngeriwik setiap malem. apalagi kalo denger suara air gemericik..
biar murai ane cepet ngeplong harus gimana yah gan ? sehari ane kasih jangkrik 8 ekor + 3UH.. thankss gan
0 0
0
Murai Batu Mania
11-02-2014 12:59
Murai Batu Maniaan... mohon diterawang ye... ane kemarin beli MB MH murah karena cacat paruhnya patah tapi kagak copot. kira-kira jenis mana dan Jenkelnya apa ya..

nuwun
0 0
0
Murai Batu Mania
11-02-2014 13:16
Quote:Original Posted By stupid..things
Murai Batu Maniaan... mohon diterawang ye... ane kemarin beli MB MH murah karena cacat paruhnya patah tapi kagak copot. kira-kira jenis mana dan Jenkelnya apa ya..


nuwun


update gambarnya gan
kalMurai Batu Maniau garis putih di dada diantara warna hitam sama coklat itu apa emang normalnya kayak gitu gan??
0 0
0
Murai Batu Mania
12-02-2014 22:49

Mata MB Berair

Malem om2 pecinta MB, nubie need help ASAP.....
MB sy sedang dorong bulu pasca mabung, tp pas sy perhatiin 2 hari ini kok matanya berair ya om,itu gejala "senot" or gmn ya om?
Asupan harian sih jangkrik 7-10 ekor,kroto hampir tiap hari klo dapet (biar tumbuh bulunya bagus katanya).
Mohon pencerahan dan penanganannya ya om, kasian MB-nya, ga tega sy liatnya klo burung sakit gitu.
Need respon ASAP biar cepat ditangani.
Terima kasih s3belumnya.......

Regards,
Ecko
0 0
0
Murai Batu Mania
13-02-2014 01:15
Ane baca di forum sebelah katanya untuk murai kalimantan membedakan jenis kelaminnya itu agak susah yaaa gan emoticon-Bingung (S) katanya bulu hitamnya betina murai kalimantan juga berwarna hitam emoticon-Bingung (S)

temen ane tanya nih kira-kira ini jantan apa betina yaa om emoticon-Bingung (S)

jantan apa betina

0 0
0
Murai Batu Mania
13-02-2014 02:18
Quote:Original Posted By eckowp
Malem om2 pecinta MB, nubie need help ASAP.....
MB sy sedang dorong bulu pasca mabung, tp pas sy perhatiin 2 hari ini kok matanya berair ya om,itu gejala "senot" or gmn ya om?
Asupan harian sih jangkrik 7-10 ekor,kroto hampir tiap hari klo dapet (biar tumbuh bulunya bagus katanya).
Mohon pencerahan dan penanganannya ya om, kasian MB-nya, ga tega sy liatnya klo burung sakit gitu.
Need respon ASAP biar cepat ditangani.
Terima kasih s3belumnya.......

Regards,
Ecko


Waduuh kasian juga om matanya berair gitu, pas mabung ambrol di jemur lama kali tuh om? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Murai Batu Mania
13-02-2014 11:45
Quote:Original Posted By sigaretkretek


Waduuh kasian juga om matanya berair gitu, pas mabung ambrol di jemur lama kali tuh om? emoticon-Bingung (S)


beliin antibiotik om semacam Sepur-N, tetrachlor.. mudah-mudahan bisa membantu.

0 0
0
Murai Batu Mania
13-02-2014 15:37
Quote:Original Posted By stupid..things


beliin antibiotik om semacam Sepur-N, tetrachlor.. mudah-mudahan bisa membantu.


Sudah 2 hari om sy tetesin obat burung,sepertinya sih ada antobiotiknya, mudah2an bs membantu, buat perawatannya gmn ya om,dr takaran dan jenisnya apa aja?
Terima kasih sebelumnya....
0 0
0
Murai Batu Mania
14-02-2014 10:50
Quote:Original Posted By eckowp

Sudah 2 hari om sy tetesin obat burung,sepertinya sih ada antobiotiknya, mudah2an bs membantu, buat perawatannya gmn ya om,dr takaran dan jenisnya apa aja?
Terima kasih sebelumnya....


coba pakai superN tetesin 4-5x dicepuk minumannya. kalau ane belum pernah coba pakai obat itu. biasanya 1/4 kapsul tetrachlor yg buat ayam dilarutin kedalam air minumnya.
semoga sembuh gan momongannya
0 0
0
Murai Batu Mania
15-02-2014 10:28
Diubah oleh aspire007
0 0
0
Murai Batu Mania
15-02-2014 11:25
Quote:Original Posted By nic3guy
tambahan..........

Murai Batu Mania

mau nanya...
kalok masih muda bakalan kayak gini bedain jantan sama betina darimana tuh juragan?


0 0
0
Murai Batu Mania
16-02-2014 10:26
Quote:Original Posted By aspire007
numpang mejeng

Murai Batu Mania

http://www.youtube.com/watch?feature...&v=hUduxBGDKfw







Joss om murai nya.. Hehee ..
Indukannya ekor panjang berapa CM om asphire.??
Trotolannya di maharin berapa om.??
Barang kali Cukup sama isi kantong saya om...
0 0
0
Murai Batu Mania
17-02-2014 20:12
Murai Batu Mania

mejeng om... kalimantan apa borneo ya?
0 0
0
Murai Batu Mania
17-02-2014 21:52
Agan agan mastah mau tanya nih saya punya mb medan usia 1,5thn lah tapi rusak bulu bulu sama ekornya
Ekornya diputusin sendiri sama paruhnya trs bulu sekitar sayap jg di cabutin sendiri katanya tetangga ane mb nya sudah nganibal
Kira2 bisa sembuh gak gan nganibalnya itu trs perawatanya gimana ya gan biar bulu sma ekornya bisa tumbuh lgi
makasi ya agan agan mastah ane nybitol nih
0 0
0
Murai Batu Mania
18-02-2014 10:54
mb kampung

Diubah oleh plenoz
0 0
0
Murai Batu Mania
18-02-2014 11:01
Quote:Original Posted By sigaretkretek
Ane baca di forum sebelah katanya untuk murai kalimantan membedakan jenis kelaminnya itu agak susah yaaa gan emoticon-Bingung (S) katanya bulu hitamnya betina murai kalimantan juga berwarna hitam emoticon-Bingung (S)

temen ane tanya nih kira-kira ini jantan apa betina yaa om emoticon-Bingung (S)

jantan apa betina



jantan om
0 0
0
Murai Batu Mania
18-02-2014 12:42
suaranya?
bisa diadu gak gan suaranya?
0 0
0
Murai Batu Mania
19-02-2014 04:53

mohon bantuan nya gan...

Sejak 2 minggu lalu setelah perubahan cuaca MB ane kurang fit om, kondisi sekarang selesai mabung 1 blnan..klo pagi sblm kena sinar matahari bulu nya pada mengembang seperti sedang sakit, dan klo di pindah lg gantangan'y bulu balik mengembang. klo melihat dr fesses'y jg ga sperti biasa, kadang hijau basah, kadang jg hijau tua kehitam2an. jujur gan, ane aga2 parno krn bru x ini MB ane kaya gitu. Alhamdulillah EF msh doyan cuma voer nya aja yg agak berkurang dan suka di acak2.

Utk bsa fit kembali gmana ya gan..??
Murai Batu Mania
Murai Batu Mania
Diubah oleh bequre
0 0
0
Murai Batu Mania
19-02-2014 11:36
gan untuk murai biar birahi dan bertelur biasa d kasih apa y?

0 0
0
Murai Batu Mania
19-02-2014 16:39
maaf gan ane mau nanya dong, perbedaan dari murai batu aceh, medan, nias, jambi, lampung, lampung super, dan borneo itu apa yaa? mohon penjelasannya yaa emoticon-Smilie
0 0
0
Halaman 318 dari 411
icon-hot-thread
Hot Threads
Komunitas NFT Indonesia
gimana-cara-menjual-nft-opensea
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Anime & Manga Haven
anime-terbaik-menurut-saya
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia