Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
42
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52ef13f519cb174a0a8b46bc/capung-langka-ditemukan-di-banyuwangi
Indonesia Dragonfly Society (IDS) dan Klub Fotografer Banyuwangi berhasil mengidentifikasi 54 jenis capung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Beberapa jenis capung di antaranya tergolong spesies langka yang setengah abad ini tidak ditemukan di daerah lain. Peneliti IDS, Tabita Makitan, mengatakan 54 capung itu diidentifikasi selama dua tahun sejak 2012 hingga 2013. Peneliti menelusuri berbagai t
Lapor Hansip
03-02-2014 10:58

Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi

Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi

Indonesia Dragonfly Society (IDS) dan Klub Fotografer Banyuwangi berhasil mengidentifikasi 54 jenis capung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Beberapa jenis capung di antaranya tergolong spesies langka yang setengah abad ini tidak ditemukan di daerah lain.

Peneliti IDS, Tabita Makitan, mengatakan 54 capung itu diidentifikasi selama dua tahun sejak 2012 hingga 2013. Peneliti menelusuri berbagai tempat mulai perairan Kalibendo, Kalongan, Licin, Karangrejo, Kampunganyar, dan Alas Purwo. "Temuan capung ini akan kami terbitkan dalam buku," kata Tabita seusai diskusi tentang "Konservasi Capung" di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, Rabu petang, 30 Januari 2014.

Hasil yang mengejutkan dengan ditemukannya beberapa spesies langka dari genus Drepanosticta. Genus Drepanosticta sebenarnya hanya ada lima di Pulau Jawa. Salah satu spesiesnya yakni Drepanosticta sundana yang ternyata masih dijumpai sekitar 2-3 ekor di perairan Kalibendo dan Kalongan, Banyuwangi.

Spesies langka lainnya adalah Leptogomphus Sp. Jenis ini ditemukan 1-2 ekor di daerah Kampung Anyar dan Kalongan. Yang terakhir adalah jenis Amphiaeschna ampla di perairan Kalibendo dan Kalongan sebanyak lima ekor. Ampla dicatat oleh peneliti asal Belanda, Lieftinck, pada 1940 dan belum ada pendeskripsiannya. Lieftinck mencatat temuan ampla di Sumatera dalam majalah Treubia Buitenzorg terbitan Bogor.

Menurut Tabita, ketiga jenis capung langka itu hanya bisa hidup dalam kondisi lingkungan yang baik. Capung-capung itu membutuhkan tempat hidup yang bervegetasi lebat dengan kualitas sungai yang bersih. Dengan demikian, artinya, adanya ketiga capung itu menunjukkan hutan dan perairan di Banyuwangi masih terjaga. "Ketiga jenis capung itu sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan," kata dia.

Ketua Indonesia Dragonfly Society Wahyu Sigit mengatakan tiga jenis capung itu semakin sulit ditemui di daerah lain di Pulau Jawa. Penyebabnya, kata Sigit, lingkungan semakin rusak sehingga habitat hidup capung pun terancam.

Indonesia Dragonfly Society melakukan penelusuran capung di Banyuwangi dalam kaitan mengidentifikasi ulang capung di Pulau Jawa. Berdasarkan publikasi ilmiah yang banyak dilakukan peneliti asing, kata dia, keragaman capung di Jawa sebanyak 172 jenis. Namun ini merupakan data lama yang belum pernah diperbarui. "Sampai awal 2014 kami baru bisa mengidentifikasi 75 jenis," kata dia.

Menurut Sigit, keberadaan capung cukup penting bagi kehidupan. Capung menjadi predator yang efektif bagi hama, seperti wereng, kepik daun, lalat, dan nyamuk. Capung juga berfungsi sebagai bio-indikator untuk menunjukkan apakah lingkungan di suatu daerah masih lestari atau telah rusak.

SUMBER

Sekarang udah ada gambarnya gan
tadi lupa masukin emoticon-Kiss
Diubah oleh bangjabrik
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 11:19
emoticon-Matabelo keren warnanya
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 11:22
wih emoticon-Matabelo
bagus warnanya warna kesukaan ane emoticon-Ngakak
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 11:23
wah hebat ane bantu sundul yah kaka,
bbiar banyak yang baca
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 11:24
hah, kok ga ada bedanya sama capung warung sebelah...
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 11:25
Capunya warnanya keren2
Tp sayang udah langka ya?
Capung bs jadi indikasi air d skitar tercemar ato ga
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 11:29
bagus amat tuh capung gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 11:32
Warnanya merah

emoticon-Matabelo
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 11:33
emoticon-Matabelo keren
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 11:35
Perasaan di tempat ane masih banyak capung begituan,
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 11:37
keren capungnya gan emoticon-Belo
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 11:38
Baru liat yang warnanya merah gan. emoticon-Belo
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 11
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 12:04
picnya dong gan emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 12:09
capung semangkin langka ya gan
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
03-02-2014 12:54
di rumah nenek ane banyak capung gan
[moanLab] Co.
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
10-02-2014 21:04
ngomong2in capung, kemaren ane sempet moto capung yg mampir ke rumah ane ni,lumayan sering ane liat capung yg mampir ke rumah, warnanya merah gan, cakep banget, termasuk langka apa enggak ni gan. sekarang udah jarang liat capung yg banyakan terbang bareng2, paling2 cuma 1 ekor aja
ni gan capung yg sempet ane foto emoticon-Matabelo
capung1

capung2

capung3

capung4
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
10-02-2014 21:58
ya gan bener jugaemoticon-Ngakak
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
12-02-2014 10:32
[/size]Quote:Original Posted By 3514351
harusnya dilestarikan tuh kalo langka


setuju gan hrs d lestariin
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
27-03-2014 14:37
kalau capung macam ini didaerah ane sering di jumpai gan emoticon-Malu
0 0
0
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
27-03-2014 14:44
Ane tinggal di banyuwangi gan
Ane nemuin capung yg menurut ane keren nyasar di rumah ane tp ga tau langka apa nggak nih gan
Ane share aja deh emoticon-Toast
Capung Langka Ditemukan Di Banyuwangi
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia